Bagaimana Cara Membuat Email

Bagaimana Cara Membuat Email
Bagaimana Cara Membuat Email

Apakah kalian termasuk salah satu orang yang sangat mengedepankan penggunaan teknologi di era digital seperti saat ini? Kalau iya, pas banget nih. Kamu pasti sudah tahu bagaimana cara membuat email. Ya, alamat surel yang kerap digunakan sebagai media untuk bertukar pesan ataupun berbagi informasi penting. Ternyata, telah muncul di dunia sejak tahun 1971.

Beliau bernama Ray Tomlinson. Seorang penemu, serta pekerja dari suatu grup yang dikenal dengan BBN Technologies atau Bolt Beranek and Newman. Dimana, posisinya kala itu di bagian Departemen Pertahanan, Amerika Serikat. Lebih lanjut lagi, akhirnya setelah terima tugas dalam program CPYNET atau kirim data eksperimen ke komputer yang berjarak jauh.

Read More

Penemuan email ini, mulai muncul. Kerennya, karya dari Tomlinson ini didapatkan olehnya ketika sedang mengerjakan proyek sampingan milik pribadi. Terpisah dari tugas utama. Dia lah orang yang pertama kali berhasil meninggalkan sebuah pesan pada komputer lain. Lalu, hingga memasuki tahun 1990, mulai tersebar luas di seluruh dunia. Karena, ada internet.

Bagaimana Cara Membuat EmailBagaimana Cara Membuat Email

Bagaimana Cara Membuat Email

Bagaimana Cara Membuat Email Baru

Tim Berners-Lee yang berasal dari negara Inggris, merupakan seorang yang menjadi tokoh utama dalam kemajuan teknologi dunia maya. Berners-Lee inilah, sosok dibalik keberhasilan yang diraih oleh seluruh perkembangan jaringan internet saat ini. Kamu, bisa rasakan search apapun melalui browser dengan kecepatan internetnya mencapai 5G. Umumnya, masih di 4G.

Bagaimana cara membuat email baru, tentu hal pertama yang kalian perhatikan selain dari HP atau perangkat lain. Kecepatan internet juga menjadi alasan terbesar, apakah alamat surel kamu berhasil dibuat atau malah sebaliknya. Oleh karena itu, pastikan jaringan yang connect ke device sudah stabil dan lancar. Kalian juga bisa pilih, mau di platform Yahoo, Gmail, dll.

Sebelumnya, perlu kalian ketahui. Ada beberapa situs layanan email yang terlebih dahulu rilis di masyarakat Indonesia, hingga pada akhirnya muncul lah Gmail. Mulai dari RocketMail, YMail, dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Akan tetapi, saat ini orang lebih sering akses di Gmail. Pasalnya, ruang penyimpanan gratis yang diberikan jauh lebih besar. Aman dan oke.

  • Masuk ke aplikasi Gmail terlebih dahulu (bebas, bisa menggunakan PC/laptop, tablet, atau smartphone)
  • Bagaimana cara membuat email? Tentu kalian harus membuat akun Google terlebih dahulu
  • Mulai dengan mengisi berbagai macam informasi yang diberikan oleh sistem, dan penuhi kelengkapan data kalian
  • Ketika muncul beberapa opsi rekomendasi alamat email yang bisa kalian gunakan untuk kedepannya, pilih salah satunya saja. Nanti, pilihan tersebut lah yang akan terus menerus digunakan sebagai email tetap (permanent)
  • Masukkan kata sandi dengan mengisinya menggunakan gabungan dari huruf kapital dan biasa disetai dengan angka (sampai sistem mendeteksi kalau password tergolong rumit)
  • Masukkan nomor HP atau mobile, sebagai opsional (berfungsi ketika kalian lupa kata sandi atau ingin login menggunakan verifikasi dari smartphone)
  • Perhatikan isi dari peninjauan privasi serta persyaratannya
  • Proses pembuatan email kalian telah selesai, dan langsung dapat digunakan.

Buat kalian yang ingin lakukan perubahan seperti halnya yang biasa ditemukan pada menu setelan di HP. Kamu bisa temukan pengaturannya pada menu “Kelola Akun”. Selain ubah foto profil atau ganti nama user, ada juga pilihan autentikasi keamanan 2 langkah. Supaya, kamu dapat mengetahui perangkat mana saja yang telah login menggunakan akunmu. Lokasi.

Keterangan jenis perangkat yang digunakan, hingga lokasi dari device tersebut. Semua hal itu dapat kamu temukan pada kolom keamanan atau security. Setelah itu lihat di bagian your device atau perangkat kalian. Disana, nanti pengguna akan menemukan informasi di negara mana akunmu sudah login. Tanggal, dan bulan ketika akun berhasil masuk juga terlihat jelas.

Tombol yang sangat membantu bagi kalian yang ingin mendeteksi keberadaan ponsel hilang. Tepat di bagian paling bawah dari your device terdapat opsi find a lost device. Tentu, ini lebih dibutuhkan bagi mereka yang sedang disudutkan dalam situasi panik, bingung, dan tidak tahu harus berbuat apa. Kamu juga dapat melakukan pencariannya, secara mandiri. Lebih praktis.

Bagaimana Cara Membuat Email di HP

Instruksi yang telah disebutkan di atas, biasanya digunakan untuk praktek melalui perangkat selain dari HP. Misalnya PC, laptop, atau bahkan via tablet. Sesuaikan dengan apa yang kamu miliki. Tenang, proses pembuatannya cepat dan dapat diaplikasikan juga melalui smartphone. Supaya, praktis karena dapat dibawa kemana saja. Selain itu, harga perangkatnya affordable.

Bagaimana cara membuat email di HP, tentu tidak jauh berbeda ketika kamu registrasi diri di Google dengan menggunakan PC/laptop. Pastikan, smartphone yang akan digunakan untuk praktek caranya sudah tersambung dengan jaringan internet. Baik itu melalui WiFi atau data internetmu. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja yuk disimak penjelasan berikut ini!

1. Masuk ke Aplikasi Google Mail (Gmail)

Umumnya, bagi kamu pengguna HP Android. Baik Gmail atau layanan Google lainnya, pada menu aplikasinya sudah muncul secara otomatis. Artinya, user hanya tinggal lakukan update bila ada notifikasi. Tidak perlu melakukan unduhan secara manual di Play Store. Setelah itu, mulai buka aplikasinya untuk mulai tahapan pertama. Pilih tambahkan email baru untuk start.

Mulai buat akun dengan memilih pilihan di tampilan siapkan email, yaitu opsi Google. Lalu, tekan “Buat Akun” dan pilih “Untuk Diri Sendiri”. Lanjutkan langkah berikutnya, dengan isi kolom sesuai apa yang ditampilkan pada layar smartphone kalian. Pastikan saat pengisian datanya, semua informasi yang diberikan bersifat valid. Dalam arti lain, tidak ada rekayasa.

2. Isi Informasi Sesuai Data yang Diinstruksikan Oleh Sistem

Halaman berikutnya, pengguna akan diminta untuk mengisi informasi data diri yang sesuai dengan ID di KTP. Mulai dari nama lengkap, berlanjut ke informasi dasar seperti tanggal, bulan, dan tahun kelahiran kalian. Tentukan juga pilihan gender kamu, pada kolom bawahnya. Nanti akan muncul pilihan perempuan atau laki-laki. Tap salah satunya untuk bisa tekan next.

Selanjutnya, kalian akan dialihkan ke menu pilih laman Gmail. Pada halaman kali ini, kamu bisa tentukan ingin mengikuti beberapa saran yang telah disiapkan oleh pihak Google atau boleh jadi buat alamatnya secara mandiri (ketik sendiri). Disini, pengguna akan menemukan 2 opsi saran yang berasal dari sistem. Kalau pilihnya buat sendiri, ada kolom baru untuk diisi.

3. Pilih yang Tepat untuk Kalian

Alamat surel pilihanmu yang telah berhasil ditetapkan, nantinya akan bersifat permanen. Bisa diubah dengan cara membuat akun Gmail baru lagi terlebih dahulu. Pilih tombol berikutnya, lalu akan diarahkan ke halaman “Buat Sandi yang Rumit”. Pastikan password mengandung unsur huruf, simbol, dan angka. Campuran tersebut, dapat membuat sandinya jadi rumit.

Biar kalian tidak bingung, centang bagian kotak kecil yang berada di bawah kolom pengisian sandi. Pilih “Tampilkan Kata Sandi” supaya kamu bisa mengingatnya, dan memperhatikan bahwa semuanya sudah benar. Halaman berikutnya, akan muncul pilih yang tepat untukmu. Ada 3 opsi, jangan tambahkan nomor telepon, saya ikut, serta tambahkan nomor biar aman.

Selesai deh proses pembuatan emailnya. Jadi, apa kesimpulan dari topik kali ini mengenai bagaimana cara membuat email? Pasti mudah dong. Penasaran dengan informasi lainnya. Stay tune di Wigatos. See you on the next topics. Enjoy your days, keep health, and bye bye!

Related posts