Cara Cek Kuota Axis Lewat SMS

Bagaimana Cara Cek Kuota Axis lewat SMS? Apakah cara ini bisa dipakai untuk mengecek sisa kuota axis secara keseluruhan? Apakah caranya berbeda?

Yaps, pertanyaan tadi masih banyak dicari oleh pengguna jaringan data dan internet dari Axis. Terlebih untuk mereka yang mungkin menggunakan ponsel yang masih terbilang belum masuk kedalam jajaran smartphone seperti android ataupun iOS.

Walaupun begitu, tetap saja kok, banyak pengguna Android dan iOS yang juga menggunakan cara ini sebagai alternatif ketika mereka tidak memiliki Aplikasi AxisNet ataupun terbiasa menggunakan cara ini.

Tapi sebelumnya, mari kita bahas dulu tentang apa itu Axis, dan kenapa banyak digunakan oleh pengguna ponsel saat ini.

Yaps, Axis merupakan salah satu layanan provider jaringan data dan juga internet yang berdiri sejak tahun 2001 dengan menyajikan beragam pilihan paket untuk pengguna ponsel. Mulai dari paket nelpon ke sesama axis, nelpon ke operator selain axis, paket sms, dan juga paket internet.

Axis sendiri memang dikenal dengan kualitas jaringan atau sinyal yang cukup baik untuk dibeberapa wilayah. Inilah mengapa banyak sekali pengguna ponsel yang tetap setia menjadikan axis sebagai provider untuk urusan telpon, sms dan internetan.

Sampai akhirnya pada tahun 2014 silam, axis melakukan merger atau bersatu menjadi satu badan layanan usaha dengan pihak XL Axiata untuk melayani lebih dari 65 juta pengguna di Indonesia. Sebagaimana kita tau, XL Axiata juga memiliki kualitas jaringan yang cukup baik.

Itulah mengapa, saat ini Axis tak lepas menawarkan beragam pilihan paket internet untuk para pengguna smartphone dalam penggunaan daily seperti chatting, membuka social media, atau bahkan untuk sekedar melakukan searching melalui google.

Dan jangan lupa, Axis juga memiliki paket murah meriah untuk kamu yang senang bermain game online di smartphone.

Sebagaimana kita tau saat ini, ada beragam pilihan kuota yang disajikan pihak Axis, untuk para penggunanya. Mulai dari Axis Owsem, Paket Bronet Axis 24 Jam, Paket Kuota Aplikasi BOOSTR AXIS, dan Paket Internet OBOR.

Nah, masing masing nama paket diatas tentunya memiliki kapasitas kuota yang berbeda dan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Seperti misalnya:

Paket Axis Owsem

Paket ini cocok banget buat kamu yang senang bermain game online bersama teman teman, membuka banyak social media, melakukan streaming (youtube, film), dan juga belanja online. Nah, paket Axis Owesom ini memiliki pilihan kuota yang bisa kamu beli, mulai dari 16 GB, 24 GB, 32 GB, 48 GB, dan 80 GB.

Gak cuma itu aja kok, tiap pilihan kuota diatas tadi sudah termasuk juga dengan kuota untuk kamu yang senang bermain game online dan juga aplikasi lain, seperti Mobile Legend, Free Fire, Vain Glory, Hago, Modern Combat Black Out, dan AOV. Kemudian untuk kuota musik untuk aplikasi Smule dan Joox serta kuota sosmed untuk Instagram, Tiktok, Twitter, dan Facebook.

Paket Bronet Axis 24 Jam

Paket internet yang satu ini cocok banget buat kamu yang tetap terhubung atau online selama 24 jam. Sebab, paket ini tidak menggunakan batasan waktu ataupun pembagian kuota untuk tiap aplikasi yang kamu gunakan. Sehingga, tiap pilihan kuota yang kamu pilih di paket BRONET AXIS ini bisa dipakai untuk semua aplikasi ataupun kegiatan lain.

Untuk varian kuota dari paket Bronet Axis sendiri memiliki kapasitas kuota yang beragam. Mulai dari 1 GB, 2 GB, 3 GB, 5 GB, 8 GB, 10 GB, 12 GB, dan 16 GB dengan masa aktif selama 30 hari, dan menggunakan sistem dual timeband dari pukul 00.00-06.00 dan 00.00-23.59 (24 Jam)

Paket Kuota Aplikasi BOOSTR AXIS

Untuk paket yang satu ini, lebih dikhususkan untuk para pecinta ‘mabar’ dengan teman, ataupun menonton film series dan juga wadah / platform streaming lain, seperti Youtube, Netflix, Viu, Nimo TV, dan Kwai.

Masa aktif dari paket ini hanya sektiar 7 hari. Jadi, pengguna bisa menyesuaikan sendiri untuk masa berlangganan paket ini.

Paket Internet OBOR

Terakhir ada paket Obor, yang mana paket ini memiliki harga yang sangat terjangkau, dan dikhususkan untuk para kaum ‘kalong’ atau yang senang mendownload file-file berukuran besar ditengah malam hari.

Sebab, paket obor ini menawarkan kuota sebesar 10 GB dengan harga 39.900 ribu saja! Jadi, buat kamu yang senang begadang, gak perlu lagi deh tuh ngerasa ngantuk, karena dengan paket ini kalian bisa melakukan aktivitas internet dengan lancar.

Paket internet ini memiliki masa aktif selama 31 hari, dan untuk pembagian timeband nya, bisa kamu cek melalui aplikasi AxisNet ya.

Tapi sayangnya, ketika pengguna smartphone sudah mengetahui pilihan paket internet dari Axis yang akan dibeli, masih saja ada pengguna yang belum mengerti untuk cara cek kuota Axis lewat SMS. Padahal, jika kita tidak rajin mengecek sisa kuota, bisa saja kuota tiba-tiba habis dan alhasil kita tidak melanjutkan kegiatan online kita.

Cara Cek Kuota Axis Lewat SMS (OWSEM, BRONET, BOOSTR, OBOR)

Cara Cek Kuota Axis Lewat SMS
Cek Kuota Axis Lewat SMS

Nah, untuk kamu yang belum tau cara cek kuota axis lewat SMS, berikut adalah penjelasannya.

  • Langkah Pertama: Buka Aplikasi Pesan / SMS yang ada di perangkat Android atau iOS kalian.
  • Langkah Kedua: Buat pesan baru, dan ketikkan Kuota pada isi pesan.
  • Langkah Ketiga: Pada bagian penerima, langsung saja isikan dengan nomor 123
  • Terakhir: Kirim pesan tersebut.

Tunggu beberapa saat sampai kamu menerima balasan dari operator. Nantinya, balasan tersebut akan berisikan informasi tentang kuota dari paket data yang kamu miliki.

Misalnya, ketika kamu memiliki paket Axis Owsem dan juga Bronet Axis, maka diketerangan pesan akan tertulis sisa kuota Axis Owsem dan juga Bronet Axis kalian. Selama, masa aktif kuota tersebut masih ada.

Jadi, walaupun kuota sudah habis, tetap saja akan muncul keterangan dari sisa kuota kalian. Nah, inilah yang menurut saya sangat simple. Karena, walaupun cara ini terlihat jadul, tapi informasi tentang sisa kuota akan lebih lengkap disajikan, dan tidak perlu mendownload aplikasi apapun.

Tapi perlu dicatat ya guys, walaupun cara ini terbilang mudah dan agak jadul, pastikan kamu tidak mengalami kendala jaringan / sinyal, dan setidaknya memiliki sedikit pulsa utama.

Sebab kadang kala ada saja masalah yang terjadi, ntah itu tidak ada balasan setelah mengirimkan pesan untuk mengecek kuota, atau bahkan tidak ada notifikasi dari pesan.

Dan yang paling penting terakhir adalah, pastikan kartu kalian masih aktif dan tidak dalam masa tenggang. Sebab, walaupun kartu kalian masuk masa tenggang, tetap saja jaringan internet tidak bermasalah, namun kadang kala akan menggangg ketika kalian ingin berkirim pesan ataupun SMS ke operator, dan pengguna ponsel lain.

Usahakan ketika memang harus membeli kuota, lebih baik membeli pulsa terlebih dulu, hal ini berguna untuk menambah masa aktif kartu, agar tidak terjadi pemblokiran.

Sekian informasi seputar cara cek kuota axis lewat SMS, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi