Cara Kompres Foto di iPhone

Cara Kompres Foto di iPhone

Terkadang saat transfer foto, kita harus melakukan compress ukuran foto terlebih dahulu. Karena tidak semua perangkat atau aplikasi bisa melakukan transfer foto dengan ukuran yang besar. Begitu pula bagi Kamu pengguna iPhone. Oleh sebab itu, jangan lewatkan cara kompres foto di iPhone disini!

Kompres foto adalah aktivitas untuk memperkecil size foto yang awalnya mempunyai ukuran file besar, menjadi lebih kecil. Tujuan kompres foto itu sendiri, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya yaitu untuk mentransfer foto ke berbagai perangkat dan aplikasi. Selain tidak semua aplikasi menerima transfer foto dalam jumlah yang besar, juga cara ini dapat menghemat data. Termasuk untuk mengisi persayratan lamaran pekerjaan via online, yang biasanya hanya bisa mengirimkan foto maksimal 1 MB.

Read More

IPhone adalah salah satu pabrikan hp terkena, dan bisa dibilang sebagai perangkat kelas high-end, yang mempunyai kualitas foto lebih handal dibandingkan merek lainnya. Namun Kamu harus tahu bahwa semakin tinggi kualitas foto, maka akan semakin besar pula ukuran file foto tersebut.

Mengecilkan ukuran foto yang semula berukuran besar bukan berarti menurunkan kualitas foto itu sendiri, namun lebih ke arah menghemat ukuran filenya agar tidak terlalu besar. Oleh karena itu, kamu perlu tahu langkah-langkah cara kompres foto di iPhone yang harus kamu ikuti agar kualitas foto tetap terjaga.

Cara Kompres Foto di iPhone

Cara Kompres Foto di iPhone
Tutorial Kompres Foto di iPhone

Tutorial Kompres Foto di iPhone

Dengan melakukan kompres foto di iPhone, sebenarnya bisa membuatmu lebih leluasa saat mentransfer foto itu sendiri. Apalagi jika aktivitas transfer yang Kamu gunakan memakai aplikasi WhatsApp yang membutuhkan ukuran file yang rendah, atau sesuai keperluan di atas. Menariknya, ada beberapa cara kompres foto di iPhone yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan.

Beberapa cara tersebut, diantaranya seperti memakai situs khusus kompres foto hingga menggunakan aplikasi-aplikasi untuk kompres foto. Namun yang pasti, setiap cara mempunyai kelebihan kekurangannya tersendiri.

Untuk mengurangi rasa penasaranmu, berikut tutorial cara kompres foto di iPhone yang bisa Kamu coba :

1. Lewat Situs Web compressjpeg.com

Situs yang wajib kamu kunjungi untuk melakukan kompres foto, salah satunya ialah compressjpeg.com. Laman ini menyajikan userface yang sangat simpel, dibandingkan website sejenisnya. Dari segi bahasa, banyak pilihan bahasa yang bisa Kamu tentukan agar memahami petunjuk yang tersedia di situs tersebut. Namun biasanya, jika Kamu membuka situs ini, maka akan otomatis memakai layanan bahasa Indonesia.

Berikut ulasan cara kompres foto di iPhone memakai web compressjpeg.com :

  • Buka situs compressjpeg.com

Di perangkat iPhone milikmu, bukalah browser bawaan untuk membuka situsnya. Namun jika kamu ingin membuka di browser lainnya seperti UC Browser, Mozzilla, hingga Brave juga tidak masalah.

Setelah membuka browser, masuk ke kolom pencarian dan ketikkan nama situsnya yaitu : www.compressjpeg.com.

  • Upload file

Kelebihan dari situs ini yaitu bisa melakukan kompres data dari berbagai file yang mendukungnya seperti file dalam bentuk JPEG, PNG, GIF dan PDF.

Karena kamu ingin kompres foto, maka Kamu tinggal memilih foto yang diinginkan lewat galeri iPhone, khusus file yang berekstensi JPEG.

Untuk melakukannya, klik tombol ‘Unggah File’, carilah file foto yang ingin kamu kompres, kemudian klik fotonya untuk dapat dikompres secara otomatis di compressjpeg.com.

  • Unduh File

Setelah siap, kamu hanya perlu klik ‘Unduh Semua’ pada menu bagian bawah. Tunggulah beberapa saat hingga proses kompres berhasil dilakukan.

Beberapa kelebihan dari situs ini adalah bisa unggah file hingga 20 gambar sekaligus. Kamu pun bisa mengunggahnya baik secara terpisah atau bisa juga dalam bentuk file ZIP. Dengan begitu, kamu akan menghemat waktu sekaligus mendapatkan jumlah foto yang banyak hanya dalam satu kali klik saja.

2. Melalui Web compressnow.com

Situs yang kedua yaitu laman web compressnow.com, dimana kamu bisa mengatur level kompres secara mandiri. Adapun cara kompres foto di iPhone memakai compressnow.com adalah sebagai berikut :

  • Buka situsnya terlebih dahulu, memakai web browser pada hp Iphone.
  • Kemudian masuk pada kolom pencarian, dengan cara ketikkan nama situsnya yaitu : compressnow.com.
  • Jika situsnya sudah terbuka, klik upload atau jika memungkinkan cukup drag fotonya pada situs tersebut.
  • Pilihlah foto yang ingin di kompres kemudian klik OK.
  • Sebelum melakukan kompres foto, atur level kompres foto yang ada di bagian atas dengan cara menggeser slider. Semakin ke kiri kamu menggeser slidernya, maka ukuran foto akan semakin kecil.
  • Selanjutnya, sesudah melakukan pengaturan pada ukuran file fotonya, terakhir tinggal klik ‘compress’.
  • Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Melalui situs compresnow.com, Kamu bisa melakukan kompres foto hingga 10 foto dalam satu kali klik. Kelebihannya adalah pengaturan level kompres yang bisa kamu atur sendiri dengan menggeser slidernya dan hasil akhirnbya nanti file gambar atau foto tersebut secara otomatis berbentuk ZIP.

3. Aplikasi Image Size

Cara kompres foto di iPhone selanjutnya ialah dengan memakai aplikasi pihak ketiga yaitu Image Size. Kamu bisa mendapatkannya di Apps Store untuk melakukan kompres foto dengan aplikasi ini. Berikut tutorialnya :

  • Download aplikasi Image Size

Yang perlu dilakukan pertama kali yaitu harus download aplikasinya terlebih dahulu, dan Kamu bisa mendapatkannya lewat App Store. Oleh karena itu, masuk terlebih dahulu ke halamanApps Store, lalu klik pada kolom pencarian aplikasi dan ketikkan nama aplikasinya yaitu : Image Size.

Download dan Instal aplikasinya, tunggu beberapa saat hingga proses install berhasil dilakukan, tujuannya agar bisa segera menggunakan aplikasi Image Size untuk kompres foto.

  • Mulai menggunakan Image Size

Setelah berhasil di download, buka aplikasi Image Size tersebut, lalu pada aplikasi halaman depan, tinggal klik ikon kota yang berada di kiri atas. Ikon tersebut berfungsi untuk mengambil foto yang ada pada galeri foto di hp Iphone untuk dikompres.

Setelah itu klik ‘choose’ , lalu pilih ukuran yang diinginkan sesuai yang telah tersedia di aplikasinya, melalui berbagai pilihan ukuran, misalnya saja berukuran pixel, mm, cm, dan inch.

Jika ingin mengubah ukuran foto secara manual, dibagian bawahnya ada kolom width dan height yang bisa kamu ubah tergantung kebutuhan. Langkah terakhir, tinggal klik download (ikon bertanda panah). Hasil fotonya akan secara otomatis tersimpan pada ‘Camera Roll’ di Iphone.

4. Aplikasi Photo Compress & Resize

Selain aplikasi Image Size, Kamu juga bisa mengandalkan aplikasi Photo Compress & Resize. Berikut tutorial cara komre

  • Download aplikasi di Apps Store

Pertama-tama, download terlebih dahulu aplikasinya yang ada di Apps Store dengan masuk ke dalam opsi pencarian, lalu cari aplikasinya. Apabila sudah ketemu, lakukan install aplikasi hingga aplikasi Photo Compress & Resize terpasang pada hp Iphone milikmu.

  • Gunakan Aplikasi

Jika sudah terinstall, buka aplikasinya dan gunakan dengan cara memilih ikon gambar lalu pilih foto yang ingin kamu kompres. Pada beberapa tombol, kamu bisa menentukan kualitas foto secara mandiri.

Apabila sudah selesai menentukan ukuran file kompresnya, berikutnya tinggal mulai kompres foto tersebut. Tunggu beberapa saat hingga proses kompres selesai.

Nah, itulah 4 cara kompres foto di iPhone yang bisa Kamu lakukan, baik memakai aplikasi maupun situs web khusus untuk kompres foto. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts