Cara Log Out dari Gmail

Cara Logout dari Gmail

Dengan banyaknya layanan Google yang mengandalkan Gmail atau akun Google, membuat banyak orang dapat mengaksesnya di berbagai macam perangkat. Tak hanya dari perangkat smartphone saja, tak sedikit pengguna Gmail berseliweran memakai perangkat komputer publik semisal warnet atau yang lainnya. Pastinya, akun Gmail berisi data-data private tersebut dapat disalahgunakan. Inilah pentingnya cara log out dari Gmail.

Kenapa Harus Keluar dari Akun Gmail?

Sebenarnya untuk masuk ke akun Gmail sangat mudah, walaupun pengamanan yang telah diterapkan cukup berbelit. Hanya saja untuk logout dari Gmail terkadang banyak disepelekan para penggunanya.Sehingga banyak orang yang melupakan cara log out dari Gmail. Lebih parahnya, walaupun pengguna sudah tahu cara untuk keluar dari Gmail, seringkali kelupaan mengeluarkan akun Gmail tersebut langsung lewat perangkat yang juga diakses orang lain.

Ketika akun Gmailmu diakses orang lain, orang tersebut bisa saja dengan leluasa dapat melihat inbox Gmail-mu. Apalagi jika pesan tersebut berisi informasi penting. Tak hanya dapat melihat isi percakapan di email bersama kenalanmu, pihak yang tidak bertanggung jawab juga dapat mengakses layanan transaksi keuangan serta layanan-layanan yang bersifat rahasia atau penting lainnya. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui cara logout dari Gmail.

Cara Log Out dari Gmail

Cara Logout dari Gmail
Cara Keluar dari Gmail

Bagaimana Cara Keluar dari Gmail?

Akses menuju layanan Gmail di perangkat komputer dapat dilakukan lewat aplikasi Google Mail yang sudah diinstal pada sistem operasi serta lewat browser atau perambatn baik di Mozilla Firefox, Google Chrome, maupun yang lainnya. Sehingga cara logout-nya juga mesti disesuaikan dengan metode yang Kamu pakai untuk  dapat mengakses layanan Google Mail tersebut.

1. Cara Keluar dari Gmail di PC/Komputer

Jika Kamu menginstal aplikasi Google Mail di PC-mu, maka cara log out dari Gmail yang dapat Kamu lakukan sangat mudah. Berikut ulasannya :

  • Silahkan ketuk atau klik di gambar akun Google Mail-mu yang biasanya terletak di samping kanan bagian atas pada tampilan aplikasi Gmail. Gambar tersebut biasanya memuat identitas atau wajah yang disertai oleh alamat atau nama akun Gmail milik pengguna.
  • Untuk selanjutnya, tinggal klik “Sign Out” jika Kamu ingin keluar dari akun Gmail di PC.

Kamu juga dapat menghapus akun-akun Google Mail yang telah tersimpan pada aplikasi sekaligus. Adapun caranya hampir sama seperti langkah-langkah di atas.

  • Ketuk atau klik di gambar akun Google Mail milikmu yang terletak di pojok, dan Kamu akan ditampilkan beberapa akun Gmail yang tersimpan lainnya. Silahkan klik gambar akun Gmail yang lain yang akan Kamu hapus aksesnya pada aplikasi Gmail di PC.
  • Jika sudah menampilkan akun yang dimaksud, ketuk “Sign Out”.

2. Cara Keluar dari Gmail dari Browser di PC

Layanan Gmail pun dapat diakses langsung dari browser, entah itu diakses lewat bookmark, ekstensi atauupun speed dial dan add ons dalam aplikasi browser. Menariknya, cara untuk memakai Gmail sendiri cukup konsisten walaupun diakses lewat browser. Ini artinya, Kamu dapat menerapkan beberapa langkah yang serupa seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk keluar dari Gmail lewat browser. Caranya tinggal cari gambar atau foto akun Gmailmu dan klik “Sign Out”.

3. Cara Keluar dari Gmail Secara Remote

Untuk kasus lain, mungkin Kamu baru ingat bahwa Kamu belum sempat keluar dari akun Gmail menggunakan perangkat komputer yan sudah tak dapat dijangkau kembali. Maka dari itu, Kamu tetap dapat melakukan cara log out dari Gmail secara remote atau dalam jarak jauh agar akses menuju akun Gmailmu tetap aman. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama silahkan login menuju akun Gmail yang ada di perangkat PC-mu yang Kamu jangkau sekarang ini dengan gulir ke bawah sampai menemukan tombol “Details” di samping “Last Account Activity”.
  • Silahkan ketuk “Sign out all other web sessions” di jendela baru.
  • Selanjutnya akan mengakiri seluruh sesi yang telah disimpan di seluruh perangkat lainnya di luar perangkat yang Kamu pakai saat ini.

4. Mencabut Akses ke Akun Gmailmu

Sebenarnya tak ada cara keluar dari akun Gmail memakai akun utama pada perangkat android. Tapi, Kamu bisa mencegah perangkat untuk mengakses semua akun Google-mu, seperti Gmailmu. Hal ini sangat penting dan berguna ketika Kamu kehilangan ponsel atau laptop atau lupa melakukan logout dari laptop teman misalnya. Berikut cara cabut akses ke akun Gmail milikmu.

  • Pada komputer, silahkan buka akun Gmail milikmu.
  • Ketuk atau klik gambar profil Gmailmu yang berada di samping sudut kanan bagian atas pada halaman.
  • Klik  “Google Account”.
  • Silahkan temukan pilihan “Security”.
  • Gulir layar ke bawah pada “Your Device” dan masuk ke opsi “manage device”.
  • Sentuh atau klik entri pada perangkat yang akan Kamu blokir akses ke akun Google Mail milikmu.
  • Di samping akses akun, tekan tombol “remove” yang berwarna merah.
  • Ketuk “remove” untuk mengonfirmasi sekali lagi.

5. Cara Keluar Akun Google Mail Pada Aplikasi Mail di iPad dan iPhone

Jika Kamu ingin keluar akun Gmail di aplikasi mail yang terdapat pada iPad dan iPhone, silahkan ikuti panduan di bawah ini :

  • Langkah pertama yang bisa Kamu lakukan ialah,  silahkan akses pengaturan di aplikasi Pengaturan atau Settings baik di iPad maupun iPhone.
  • Jika sudah, selanjutnya masuk ke opsi “Mail” kemudian masuk ke “Accounts” dan pilih akun Gmail yang ingin di logout.
  • Setelah itu, silahkan tap di menu “Delete Account” atau Hapus Akun.
  • Selanjutnya, Kamu tinggal mengecek aplikasi Mail kembali dan silahkan lihat hasilnya.

Ada banyak pengguna iPhone yang mengira jika tombol delete account atau hapus akun justru menghapus akun Gmail secara permanen, sebenarnya ini tidak benar. Dimana fungsi dari Hapus Akun disini ialah untuk mengeluarkan atau logout akun Gmail di aplikasi Mail yang ada di iPad atau iPhone.

6. Cara Keluar dari Gmail Lewat Aplikasi Gmail di iPad dan iPhone

Untuk cara berikut ini terutama bagi Kamu yang akan melakukan logout Gmail pada aplikasi Gmail yang ada di iPad dan iPhone. Simak ulasannya disini :

  • Silahkan buka aplikasi Google Mail yang sudah terpasang di iPad atau iPhone.
  • Selanjutnya, Kamu tinggal melakukan tap ikon pada akun Gmail-mu. Biasanya terletak di pojok kanan bagian atas pada layar.
  • Setelah itu, Kamu tinggal memilih opsi “Kelola Akun Pada Perangkat Ini”.
  • Langkah selanjutnya, tekan “Hapus dari perangkat ini”.

Apabila Kamu ingin menambahkan akun Gmail kembali pada aplikasi Gmail, Kamu tinggal masuk lagi ke opsi kelola akun Gmail sebeumnya dan pilih opsi “Tambahkan Akun Lain”.

Demikianlah 6 cara log out dari Gmail lewat komputer dan smartphone beserta cara cabut akses ke Gmail agar lebih aman saat Kamu lupa mengeluarkan akun Gmailmu dari perangkat lain. Kamu bisa memilih salah satu cara di atas tergantung dari perangkat yang digunakan!

 

Related posts