Cara Daftar UTBK

Bagaimana cara daftar UTBK? Ya, UTBK merupakan kependekan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer, sebagai tes syarat masuk untuk perguruan tinggi. Biasanya UTBK diselenggarakan oleh LTMT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Selain itu, UTBK adalah alternatif tes seleksi untuk memasuki pendidikan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang ada di Indonesia, di samping jalur mandiri dan SNMPTN.

Seperti kita ketahui bersama bahwa proses ujian seleksi untuk memasuki perguruan tinggi adalah hal menakutkan. Tak hanya itu saja, ujian seleksi tersebut membutuhkan banyak persiapan untuk pendaftar. Terlebih untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN. Hal tersebut dikarenakan SBMPTN membutuhkan tahapan lebih rumit dan banyak jika dibandingkan SNMPTN. Seperti halnya UTBK sebagai salah satu bagian terpenting pada SBMPTN.

Aturaran Dalam Pendaftaran UTBK

Namun sebelum membahas cara daftar UTBK, Kamu harus tahu dulu aturan terkait UTBK yang telah mengalami perubahan oleh pihak Pemerintah. Di bawah ini, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh pendaftar terkait UTBK SBMPTN :

1. Jadwal Pelaksanaan UTBK

Untuk jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN sendiri berbeda-beda setiap tahunnya. Di tahun 2022 pelaksanaan registrasi akun LTMPT dilaksanakan mulai dari 14 Februari – 17 Maret 2022, dilanjutkan dengan pendaftaran UTBK-SBMPTN mulai 23 Maret sampai 17 April 2022. Lalu pelaksanaan ujian TBK-SBMPN gelombang 1 pada tanggal 17-23 Mei 2022, gelombang II dilaksanakan pada 28 Mei sampai 3 Juni 2022.

Terkait:  Cara Daftar IB BRI

2. Biaya Registrasi Peserta KIP Kuliah

Pendaftaran bagi yang mempunyai KIP kuliah biasanya tak akan dibebankan biaya registrasi ketika melakukan satu kali tes UTBK. Namun, apabila peserta yang memiliki KIP Kuliah akan melakukan UTBK kedua kali, biasanya dibebankan biaya Rp. 200 ribu untuk pelaksanaan ujian soshum atau saintek, sementara kelompok campuran biasanya akan dibebankan biaya Rp. 300 ribu.

3. Biaya Registrasi Bagi Peserta Non KIP Kuliah

Untuk para peserta non KIP kuliah, registrasi UTBK biasanya akan dibebankan biaya, dalam tahap pendaftaran ke satu hingga kedua. Adapun biaya registrasi untuk yang menjalankan tes kelompok soshum atau saintek senilai Rp. 200 ribu. Sementara bagi yang lebih memilih kelompok untuk campuran soshum dan saintek sendiri dibebankan biaya Rp. 300 ribu.

4. Memilih Kelompok UTBK

Untuk peserta UTBK yang akan mengikuti ujian 2 kali, kelompok yang diambil untuk tahap kesatu serta kedua sama. Ini artinya,  apabila di tahap pertama peserta memilih kelompok saintek, secara otomatis ujian kedua peserta wajib memilih saintek lagi.

5. Hasil UTBK Diumumkan

Pengumuman hasul dari UTBK akan dilakukan pada tanggal 23 Juni 2022.

Cara Daftar UTBK

Cara Daftar UTBK
Cara Pendaftaran UTBK Online

Persyaratan Daftar UTBK

Kamu harus tahu bahwa tidak seluruh siswa bisa mengikuti ujian masuk UTBK. Sebab ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para peserta tes UTBK. para calon peserta disini ialah siswa MA/SMA/SMK atau kelas 12 dan lulus pada tahun 2022, selain itu juga berlaku bagi siswa yang mengambil paket C serta lulus pada tahun 2022.

Di samping itu, bagi peserta yang lulus MA/SMA/SMK sederajat dan lulus pada tahun 2021 maupun 2020 juga bisa mengikuti pendaftaran tes UTBK. Hal ini juga berlaku bagi siswa yang mengambil paket C dan lulus pada tahun 2020 dan 2021.

Terkait:  Cara Daftar UKM Online

Jadi jika Kamu telah memenuhi persyaratan mengikuti UTBK, selanjutnya Kamu bisa mengikuti panduan cara daftar UTBK SBMPTN yang bisa diikuti :

1. Mendaftar Akun UTBK

Cara daftar UTBK yang pertama yaitu Kamu harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Untuk pendaftaran akun sendiri, Kamu bisa berkunjung ke halaman situs https://portal.ltmpt.ac.id. Dalam registrasi akun ini diperlukan NISN pendaftar, NPSN, dan tanggal lahir.

2. Login

Apabila Kamu telah berhasil memiliki akun untuk LTMPT, cara daftar UTBK berikutnya ialah Kamu bisa melakukan login. Adapun login biasanya memakai password dan username yang sudah dibuat sebelumnya. Kamu bisa mengunjungi kembali situs portal LTMPT di atas.

3. Lakukan Verifikasi Data

Cara daftar UTBK berikutnya ialah memverifikasi identitas data dirimu. Proses validasi dan verifikasi data tersebut biasanya dilakukan dengan melakukan pengisian biodata, memverifikasi data yang sudah diisi dan mengupload foto berwarna serta terbaru. Ingat, lakukan verifikasi dengan benar sebab bisa gagal jika terjadi kesalahan.

4. Jenis Ujian UTBK

Silahkan masuk ke menu registrasi UTBK. Dari sini, pendaftar bisa memilih jenis ujian UTBK sesuai keinginan. Dimana jenis ujian tersebut mencakup ujian soshum, saintek maupun campuran antara keduanya. Di samping itu, Kamu juga bisa memilih tempat pelaksanaan ujian UTBK, agar para pendaftar nantinya akan memperoleh slip pembayaran.

5. Melakukan Pembayaran

Apabila Kamu telah menerima slip pembayaran, langkah cara daftar UTBK selanjutnya yaitu melakukan pembayaran untuk pendaftaran UTBK. Biasanya metode pembayaran ini bisa dilakukan baik di bank BTN, BNI, maupun Mandiri. Untuk pembayaran dapat dilakukan selambat-lambatnya dalam 1×24 jam. Kepada para peserta yang mempunyai KIP (Kartu Indonesia Pintar) tak akan dibebankan biaya registrasi.

Terkait:  Cara Daftar DANA Paylater

Kamu harus ingat jika slip bukti pembayaran adalah hal terpenting dan wajib disimpan. Sebab nantinya dapat dijadikan sebagai bukti bahwa Kamu sudah membayar pendaftara dan berhak mengikuti registrasi UTBK. Sehingga pastikan bukti pembayarannya tidak hilang dan sudah disimpan dengan baik.

6. Login Akun LTMPT

Apabila Kamu telah melakukan pembayaran, cara daftar UTBK berikutnya ialah masuk ke akun LTMPT milikmu kembali sebagai pendaftar. Dari sini, Kamu bisa mengunduh sekaligus mencetak kartu pendaftar ujian UTBK. Setelah Kamu melewati proses ini, maka selanjutnya Kamu bisa mengikuti tes UTBK.

7. Melaksanakan Ujian UTBK

Cara daftar UTBK selanjutnya ialah melaksanakan ujian UTBK berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sementara itu, untuk lokasi tempat berlangsungnya ujian UTBK biasanya dipilih ketika proses mendaftar. Jika sudah menjalankan tes, Kamu tinggal menunggu hasil ujian yang nantinya diumumkan berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan.

Tips Agar Lulus Ujian UTBK

Setelah mengikuti tahapan proses pendaftaran UTBK di atas, kini saatnya Kamu mengikuti trik sukses agar lulus ujian UTBK. Berikut ulasan rahasianya :

1. Bangun Kesadaran Mental

Banyak yang mengabaikan hal ini, tapi sebenarnya Kamu harus benar-benar mempersiapkan mental untuk mengikuti ujian UTBK. Bangun mindset jika apa yang diusahakan memang hasilnya tidak akan bisa diprediksikan, melainkan ketika hasil ujiannya keluar.

2. Latihan Mengerjakan Soal-Soal UTBK

Kamu harus sering-sering berlatih mengerjakan soal-soal ujian UTBK pada tahun lalu. Dari sini, Kamu bisa mengukur sejauh mana kemampuanmu sekaligus mendapatkan pengalaman untuk mengerjakan soal ujian UTBK.

3. Membuat Target Belajar Harian atau Mingguan

Jika Kamu hanya mengandalkan konsep belajar mengalir begitu saja, rasanya memang tidak direkomendasikan. Sebab di sini Kamu harus terus mendorong pengetahuan dan kemampuanmu supaya benar-benar mampu dan siap untuk menghadapi ujian UTBK serta mampu bersaing di hadapan ribuan peserta UTBK yang lainnya. Oleh sebab itu, buatlah target belajar mingguan atau harian.

Misalnya, Kamu dapat menargetkan bahwa di minggu ini Kamu harus mendalami 1 bab materi, selanjutnya pada minggu berikutnya Kamu harus mendalami materi yang lain atau seterusnya.

Demikianlah ulasan terkait tata cara daftar UTBK SBMPTN yang wajib Kamu ketahui berikut trik-trik agar sukses melaksanakan UTBK. Semoga membantu!

 

Related posts