Cara Cicil Emas di Pegadaian

Cara Cicil Emas di Pegadaian
Cara Cicil Emas di Pegadaian

Pegadaian atau singkatan dari rumah gadai satu ini, ternyata merupakan bagian dari lembaga milik pemerintahan (BUMN). Berbagai layanan serta bantuan dalam bidang keuangan terus ditingkatkan oleh perusahaan. Alih-alih kalian meminjam ke rentenir yang belum pasti bunga dan lain sebagainya. Mending cari tahu cara cicil emas di Pegadaian saja. Dijamin aman deh..

Kalian jadi tidak perlu bingung lagi kalau mau berinvestasi sekaligus menabung untuk masa depan. Tinggal gunakan saja fitur “Cicil Emas” di Pegadaian. Melalui layanan tersebut, kamu dan berjuta orang lainnya di luar sana yang ingin memiliki emas batangan jadi bisa terwujud. Soalnya, sistem kepemilikan emas batangannya melalui jalur kredit atau cicilan. Bisa online.

Read More

Buat kamu yang malas keluar mencari outlet resmi Pegadaian. Ada cara paling mudah agar dapat menikmati layanan tersebut. Buka aplikasi belanja online di Shopee. Setelah itu, pilih menu “Pulsa, Tagihan dan Tiket”. Kemudian, pilih opsi berikutnya di kategori keuangan dan klik pilihan “Emas”. Nah, disitulah pengguna dapat melakukan registrasi akun dan miliki CIF.

Cara Cicil Emas di Pegadaian

Cara Cicil Emas di Pegadaian
Cara Cicil Emas di Pegadaian

Cara Cicil Emas di Pegadaian Digital

Manfaat yang dapat kalian rasakan dengan menggunakan layanan cicilan emas di Pegadaian ini, sangatlah banyak. Tidak sekedar supaya kamu memiliki emas batangan saja. Melainkan, pelanggan juga dapat melakukan pencairan dana kapan saja. Alias emasnya dijual. Kalau via Shopee, batas maksimum penjualan per harinya ada di 100 gram atau sekitar Rp 915.000,-.

Cara cicil emas di Pegadaian digital, bisa dilakukan melalui aplikasi resmi milik Pegadaian di Google Play Store. Kalian juga dapat memanfaatkan platform Shopee yang telah bekerjasama dengan lembaga gadai tersebut. Akses 24 jam nonstop. Pemilik emas yang menabung online, akan dikenakan biaya admin penyimpanan atau brankas sebesar Rp 30.000 per tahun. Check!

  1. Download aplikasi Pegadaian melalui Play Store
  2. Registrasi akun (bila belum memiliki) > login ke aplikasi
  3. Di halaman beranda, pilih menu “Cicil Emas”
  4. Ikuti sesuai instruksi yang diberikan oleh sistem
  5. Pilih “Beli Emas” sesuai jumlah rupiah yang kalian inginkan
  6. Klik pilihan merek emas, lalu pilih tombol “Tambah”
  7. Klik berapa jumlah dari emas yang akan kalian cicil > pilih tombol “Selanjutnya”
  8. Tentukan jangka waktu cicilan yang kalian inginkan. Lalu, pilih kantor cabang “Pegadaian” untuk pengambilan emas batangan
  9. Layar akan menunujukkan angsuran emas setelah berhasil bayar uang muka > pilih “Setuju dengan Persyaratan serta Ketentuan” yang berlaku
  10. Tampilan “Konfirmasi” terhadap pembayaran > klik salah satu bank untuk transfer pembayarannya
  11. Terima “Pemberitahuan” yang dikirimkan dalam bentuk SMS untuk menyelesaikan tagihan bayar uang mukanya
  12. Setelah transaksi berhasil, otomatis pembelian emas kalian telah selesai.

Berapapun jumlah gram yang kalian miliki, akan muncul di tampilan laman utama di kolom saldo efektif. Nilai dari setiap gramnya dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pasar. Entah itu di bagian pembelian ataupun penjualan dari emas. Selain itu, periksa juga pada tampilan dari informasi “Saldo Blokir” yang terletak tepat di bawah tulisan “Saldo Efektif”. Cek poin!

Ikon bintang atau yang mewakili kehadiran dari menu “Poin”. Umumnya nanti dapat kalian gunakan sebagai potongan harga pembelian atau bisa juga ditukarkan dengan voucher yang di bawah keterangan “Tukar Poin Kamu”. Bagaimana cara mendapatkannya? sangatlah mudah. Pengguna aplikasi Pegadaian digital hanya perlu lakukan transaksi. Setiap berhasil dapat poin.

Cara Kredit Emas di Pegadaian 2020

Lembaga Pegadaian juga memberikan opsi lainnya kepada masyarakat untuk bisa memiliki emas dengan metode cicilan atau kredit tanpa aplikasi. Yaitu, silahkan kalian kunjungi secara langsung outlet resmi Pegadaian terdekat. Tetapi, kamu perlu ingat! Ada persyaratan yang harus dilengkapi. Nanti, kreditur emas dapat melakukan pembayarannya via ATM atau tunai.

Cara kredit emas di Pegadaian 2020 dapat kalian proses dengan mudah setelah memenuhi apa yang telah dipersyaratkan oleh pihak lembaga. Tidak lupa juga membawa uang tunai atau via debit card (transfer). Berikut syarat-syarat yang harus kamu penuhi:

  • Lampirkan dokumen fotokopi identitas diri atau KTP
  • Lakukan pembayaran uang muka di awal kurang lebih sekitar 15%
  • Isi dan lengkapi form yang diberikan oleh petugas Pegadaian
  • Lakukan penandatanganan akad

Selanjutnya, hal yang perlu dilakukan oleh kreditur emas untuk mengajukan proses cicilan emas. Diantaranya:

  1. Nasabah melakukan pengisian formulir berisi pengajuan kredit emas
  2. Tentukan jumlah berat atau gram dari emas, kisaran atau jangka waktu lamanya kredit, serta cara pembayarannya
  3. Pemohon diwajibkan lakukan pembayaran uang muka
  4. Tandatangani akad pembelian emas
  5. Lakukan pembayaran cicilan di setiap bulan
  6. Dapatkan emas batangan fisik setelah berhasil lakukan pelunasan cicilan emas.

Masih merasa bingung? Tidak perlu khawatir. Ini dia detail pelayanan yang perlu kalian lihat dan perhatikan dengan seksama. Khusus untuk kategori cicil emas perseorangan. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

  • Menentukan jangka waktu pembayaran. Mulai dari 3, 6, 12, 18, 24, hingga 36 bulan
  • Biaya administrasi per transaksi dikenakan sebesar Rp 50.000
  • Margin pemeliharaan dihitung berdasarkan rumus berikut: 0,92% x nilai dari taksiran biaya emas per bulan.

Cicil Emas di Pegadaian untuk Kategori Arisan

Pembelian emas dengan sistem pembayaran angsuran, dapat juga diterapkan untuk nasabah yang sudah terbiasa berinvestasi bersama teman-teman. Dikenal dengan sebutan arisan. Lalu, kalian bisa menentukan juga kurun waktu cicilannya. Berikut penjelasannya:

  1. Anggota arisan terdiri dari 6 orang dalam satu kelompok
  2. Jumlah periode dari cicilan, disesuaikan berdasarkan banyaknya anggota arisan
  3. Jumlah, jenis, serta gram emas setiap anggotanya wajib sama
  4. Dalam satu bulan harus ada satu anggota yang berhasil melunasi satu batang emas. Kemudian, emas tersebut nantinya diserahkan kepada salah seorang anggota kelompok sebagai salah satu hasil dari kesepakatan bersama
  5. Besar uang mukanya minimal sebesar 10% bagi setiap anggota
  6. Rumus untuk margin pemeliharaan yang berlaku adalah 0,92% x nilai dari taksiran biaya emas per bulan.

Cicil Emas dengan Metode Kolektif (Emasku)

Layanan angsuran cicilan emas buat kalian yang ingin dapatkan perlindungan saat menabung di Pegadaian. Kamu, bisa pilih fitur kolektif satu ini. Berikut manfaat selengkapnya:

  1. Ditujukan untuk individu atau personal
  2. Nasabah akan menerima perlindungan dalam bentuk asuransi diri berupa kecelakaan, cacat tetap, hingga meninggal dunia dengan jumlah pertanggungan yang bisa didapatkan mencapai angka Rp 30 juta
  3. Kurun waktu untuk angsuran emas tetap yang telah ditentukan adalah 12 bulan
  4. Pilihan gram emas yang dapat dipilih, diantaranya ada 1, 5, 10, serta 25 gr
  5. Besar uang mukanya mencapai 20% dari jumlah keseluruhan emas
  6. Adapun rumus margin pemeliharaannya yaitu: 1% x nilai dari pembiayaan emas per bulan
  7. Besar nilai administrasi yang dibebankan kepada nasabah, memiliki rumus yang sama dengan cara perhitungan untuk margin pemeliharaan.

Jenis logam mulia emas yang dapat kalian pilih diantaranya ada Antam, UBS, Galery 24, dan Lotus Archi. Adapun simulasi cicilan emas bisa kalian lakukan setelah pilih “Denominasi” yang tertera. Mulai dari 0,5 gram sampai dengan 1000 gram. Contoh, kamu pilihannya di 0,5 gram. Maka besar uang muka minimalnya adalah Rp 83.850 dari harga logam Rp 559.000.

Sekian pembahasan mengenai cara cicilan emas di Pegadaian kali ini. See you on the next awesome topics. Enjoy your days, keep smile, and bye bye!

 

Related posts