Cara Cek Hp Samsung Normal

Saat membeli smartphone tentunya ada beberapa hal wajib yang perlu Kamu lakukan lewat uji pengecekan hp secara langsung, agar Kamu tidak kecewa saat memilikinya. Seperti pada perangkat hp Samsung, Kamu bisa mencoba cara cek hp Samsung normal.

Saat ini samsung merupakan salah satu produk smartphone yang paling banyak diburu, sebab Samsung menawarkan perform dan kualitas yang handal.  Bahkan kualitasnya bisa menyaingi brand smartphone raksasa, Apple. Oleh karena itu, Kamu harus melakukan cara cek hp samsung normal untuk lebih meyakinkan.

Read More

Pentingnya cek hp samsung normal karena saat ini banyak sekali beredar produk samsung Kw, rekondisi atau black market, yang mungkin saja bisa bermasalah di kemudian hari.

Misalnya saja, kendala dari performa hp yang semakin lama semakin berkurang, fitur yang tersedia tidak dapat berjalan dan lain sebagainyaa. Maka dari itu, diperlukan langkah ideal dengan mengecek hp Samsung tersebut.

Cara Cek Hp Samsung Normal

Cara Cek Hp Samsung Normal
Tutorial Cara Cek Hp Samsung Normal

Panduan Cek Hp Samsung Normal

Perlu kamu ketahui, biasanya di konter-konter menerapkan sistem pengecekan hp second, lewat berbagai macam pengujian agar hp tersebut layak dijual Kembali. Adapun caranya yaitu dengan menghubungkan perangkat smartphone ke komputer memakai bantuan aplikasi pihak ketiga.

Namun bagi kamu yang hendak membeli hp jenis Samsung, tidak perlu melakukan hal tersebut karena ada cara yang lebih sederhana. Tujuannya agar Kamu dapat melakuan pengecekan hp langsung di outlet hp.

Terkait:  Cara Update Browser

Penecekan wajib dilakukan terutama untuk produk hp second, tapi Kamu juga penting mengecek hp baru. Kamu bisa mengecek fisik hp, spesifikasi, hingga cara cek garansi hp Samsung untuk hp baru. Mengingat bisa saja Kamu mendapatkan hp black market yang illegal.

Untuk lebih jelasnya dibawah ini akan dijelaskan cara cek hp samsung normal, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya untuk meyakinkan diri sendiri agar lebih nyaman saat membeli produk tersebut.

1. Cek Layar Secara Manual

Kamu bisa melakukan pengecekan layar hp Samsung dengan cara melihat dan menyentuh layar hp tersebut secara teliti dan detail. Lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Coba pegang hp samsung yang akan dicek, kemudian sentuh bagian layar pada hp Samsung tersebut secara keseluruhan. Cek keseluruhan fisik permukaan layar dan pastikan jangan ada yang terlewat.
  • Lihatlah apakah layarnya merespon ketika kamu melakukan gerakan menggeser, mengetuk dan juga posisi tahan.
  • Apabila ketiga langkah tersebut bisa dilakukan dan ternyata hp masih responsif, maka bisa dikatakan hp tersebut dalam kondisi normal.
  • Lanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu pastikan terlebih dahulu apakah ada ghost touch atau tidak dan ketika layar di sentuh apakah lepas sendiri atau tidak.

Ghost touch adalah kondisi dimana layar bergerak sendiri tanpa kamu sentuh. Apabila keadaan layar hp samsung kamu dalam keadaan normal maka tidak ada istilah gerakan ghost touch. Dengan cara cek manual layar seperti ini, sangat di rekomendasikan bagi kamu ketika akan membeli hp samsung baik baru maupun bekas. Ini termasuk cara paling mudah untuk mengecek kondisi fisik layar hp Samsung yang Kamu incar.

2. Cek Kondisi Layar Hp Samsung Melalui Kode Rahasia

Jika cara cek hp Samsung normal yang pertama masih belum cukup untuk membuktikan kondisi hp Samsung, apakah normal atau tidak, Kamu bisa memilih opsi kedua. Cara yang kedua ini juga tak kalah mudah, Kamu tinggal mengetikkan kode rahasia saja untuk mengeceknya.Adapaun langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini :

  • Apabila hp Samsung dalam keadaan mati, kamu coba nyalakan hp nya terlebih dahulu.
  • Tunggu beberapa saat hingga bisa masuk ke tampila home screen.
  • Sesudah masuk ke tampilan home screen, bukalah aplikasi panggilan telepon.
  • Jika sudah, coba ketikkan kode dial dengan kode rahasia*#0# dan panggil kode tersebut dengan klik OK atau menekan tombol panggil.
  • Silahkan tunggu, sampai ditampilkan informasi pada layar yaitu menu pengecekan samsung.
  • Kamu coba pilih tombol red, maka seketika itu layar akan berubah warna menjadi warna merah. Ketuk lagi layarnya dan msuk ke warna lain.
  • Warna selanjutnya adalah warna hijau, kamu ketuk tombol Green maka keseluruhan layar akan berubah menjdi warna hijau lalu ketuk kembali layarnya.
  • Satu warna lagi yaitu warna biru, ketuk tombol Blue, maka layar akan berwarna biru secara keseluruhan.
Terkait:  Cara Koneksi Hp ke TV Samsung

Kunci dari pengcekkan dengan menggunakan cara yang kedua ini adalah jika intruksi mengeluarkan warna biru misalnya, dan ternyata keseluruhan layar hp berwarna biru, artinya hp samsung normal. Namun sebaliknya, jika ada warna lain yang muncul, berarti hp samsung tersebut tidak normal pada bagian LCD nya seperti burn in atau shadow.

3. Cek Bagian Telepon Hp Samsung

Setelah pengecekkan layar hp samsung selesai, kamu pun diwajibkan untuk mengecek komponen lainnya seperti telepon. Apakah telepon bisa berfungsi dengan baik atau tidak merespon sama sekali. Berikut ini cara cek hp Samsung normal untuk menu telepon, yang bisa Kamu coba :

  • Lanjut pada menu yang sama yaitu *#0#. Di sana ada menu lainnya yang berhubungan dengan telepon yaitu menu ‘Receiver’.
  • Fungsi menu receiver adalah untuk mengecek apakah telepon pada hp samsung masih bisa berfungsi dengan normal atau sebaliknya. Ketika kamu klik tombol receiver pada layar, maka seketika itu layar akan berubah warna menjadi warna putih diikuti dengan nada panggilan serta dilengkapi oleh suara yang terdengar jelas.
  • Jika keadaan hp Samsung tidak seperti yang dijelaskan di atas, maka kemungkinan besar ada kondisi komponen yang cacat pada bagian telepon ini.

4. Cek Kondisi Getaran Hp Samsung

Penting sekali untuk mengecek getaran hp samsung karena fungsi dari getaran adalah sebagai salah satu cara untuk mendapatkan notifikasi ketika nada dering tidak diaktifkan. Cara untuk mengecek getaran sangat mudah sekali kamu lakukan, yaitu :

  • Klik tombol vibration pada menu lanjutan di *#0#.
  • Apabila di klik, untuk hp samsung normal maka layar akan berubah menjadi warna hitam denga diikuti getaran secara konstan.
  • Kemudian apabila getaran hpnya normal, maka akan ada notifikasi di akhir pengetesan yang menyatakan bahwa vibrator dalam keadaan normal.
Terkait:  Cara Kredit Hp di Samsung Store

5. Cek Sentuhan Hp Samsung

Cara ini bisa dibilang hampir sama tujuannya dengan cara pertama yang sudah dijelaskan sebelumnya. Akan tetapi, yang dilakukan pada cara kelima ini adalah lewat kode rahasia *#06#. Berikut akan dijelaskan cek hp samsung pada bagian touch yang tidak kalah penting untuk optimalisasi keseluruhan layar sentuh :

  • Setelah klik tombol touch, maka selanjutnya akan muncul kotak pada layar dengan tanda ‘X’.
  • Yang perlu kamu lakukan adalah menelusuri setiap sudut layar hp samsung sehingga bisa diketahui apakah layar hp samsung tersebut normal atau tidak.
  • Apabila saat ditelusuri berwarna hijau, maka bisa dipastikan hp tersebut masih normal terutama pada bagian sentuhan.

Itulah cara cek hp Samsung normal ataukah tidak dengan mengecek beberapa bagian terpenting yang sering digunakan pada hp Samsung. Selamat mencoba!

 

 

Related posts