Cara Reset Wifi Indihome

Cara Reset Wifi Indihome

Sebagai pengguna wifi Indihome, tentu Kamu harus tahu cara restart wifi Indihome. Proses ini penting dilakukan sesusah melakukan settingan pada modem wifi. Di samping itu, melakukan restart atau reset wifi pun dapat dijadikan sebagai solusi atas permasalahan wifi Indihome-mu.

Sebelum menjelaskan tentang tata cara reset wifi Indihome, tentu saja Kamu harus mempersiapkan beberapa hal. Adapun syarat utama dalam proses reset wifi ialah alamat IP merk router-mu.

Read More

Kenapa Harus Mereset Wifi Indihome?

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa perlu me-reset wifi Indihome. Salah satunya mungkin saja Kamu ingin IP address berganti. Namun untuk lebih jelasnya, silahkan simak alasan melakukan cara reset wifi Indihome :

1. Jaringan Internet Putus-putus

Salah satu alasan yang membuatmu harus me-reset wifi Indihome ialah koneksi internet yang putus-putus. Kamu bisa mengeceknya menggunakan langkah berikut ini :

  • Silahkan tekan tombol kombinasi dari Windows+R.
  • Lalu ketikkan tulisan ping google.com -t
  • Kamu bisa cek pop up command line, biasanya akan tertera keterangan bertuliskan request time out dan koneksi pun akan tersambung kembali.

2. Lupa Kata Sandi Admin

Ada beberapa orang terkadang telah mengganti password default dari router atau modem yang disediakan pihak Indihome karena alasan keamanan. Akan tetapi, tak jarang ada pula yang lupa dengan kata sandi atau password yang telah dibuatnya. Adapun cara yang dapat dilakukan agar Kamu bisa memasuki bagian halaman admin kembali ialah dengan me-reset modem tersebut kemudian buat kata sandi baru kembali.

3. Koneksi Internet Lemot

Bagi user Indihome tentu pernah mengalami koneksi internet tiba-tiba lemot. Hal ini tentu sangat menyebalkan, apalagi jika Kamu sedang memerlukan koneksi internet secepatnya untuk keperluan yang urgent.

Maka dari itu, salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan me-reset koneksi pada wifi Indihome. Tapi sebelumnya, Kamu harus pastikan koneksi internetmu sedang mengalami trouble, adapun untuk mengeceknya silahkan ikuti panduan berikut :

  • Silahkan tekan tombol kombinasi Windows+R kemudian ketikkan tulisan ping google.com -t.
  • Lalu amati di bagian time, jika nilainya membengkak menjadi ratusan hingga ribuan misalnya, maka dipastikan bahwa koneksi internet wifimu bermasalah.

4. Melakukan Settingan Baru Pada Router atau Modem

Sesudah mengotak-atik pengaturan pada router atau modem wifi, Kamu biasanya harus melakukan restart lebih dulu agar settingan-nya aktif. Beberapa pengaturan yang dilakukan seperti blacklist mac address, ganti password, mengganti nama wifi dan lainnya.

5.  Aktifkan Paket Add On

Kamu bisa mengaktifkan add on yang sudah Kamu beli, dan terkadang untuk melakukannya harus me-reset modem wifi Indihome terlebih dulu.

6. Aktifkan Koneksi Internet Lagi Sesudah Terblokir

Kamu juga harus tahu bahwa jika Kamu telat membayar tagihan sehari saja, biasanya pihak Indihome akan langsung memblokir koneksi internetmu. Untuk beberapa kasus, Kamu harus me-restart modem Indihome lebih dulu supaya koneksi internet dapat terhubung lagi.

Cara Reset Wifi Indihome

Cara Reset Wifi Indihome
Reset Wifi Indihome

Tutorial Reset Wifi Indihome Mudah

Jika Kamu mengalami beberapa masalah di atas, maka salah satu solusi yang bisa dilakukan ialah dengan cara reset wifi Indihome. Untuk semua modem Indihome dari merek Fiberhome, Nokia, Huawei maupun ZTE, sebenarnya caranya sama saja.

Dengan kata lain, kita akan membahas beberapa solusi cara reset wifi Indihome dan Kamu tinggal memilih salah satunya saja, berikut ini :

Metode 1 : Mereset Wifi Indihome Lewat Tombol Power

Metode yang satu ini biasanya dilakukan saat koneksi internet wifi Indihome terasa lemot atau mungkin Kamu hanya ingin mengubah alamat IP saja. Silahkan ikuti perintahnya di bawah ini :

  • Pertama-tama silahan tekan power pada modem atau router, biasanya terdapat pada bagian belakang modem.
  • Silahkan tahan sebentar hingga semua lampu indikatornya mati.
  • Tekan power jika ingin menyalakan ulang.

Untuk pengecekan alamat IP sesudah atau sebelumnya Kamu bisa memakai web browser dari Chrome atau browser lainnya. Pada kolom pencarian di platform Google, ketikkan saja tuliskan my ip. Kamu bisa check alamat IP-nya, biasanya IP address baik sebelum maupun setelah di restart berbeda.

Metode 2 : Memakai Tombol Reset/Restart

Cara reset wifi Indihome yang kedua memang cukup tricky sebab letak tombol restart atau restart modem maupun router umumnya tersembunyi. Biasanya tombol reset pada modem berukuran kecil, serta letaknya tersembunyi di bagian dalam lubang. Untuk modem fiberhome sendiri, biasanya posisinya terletak di samping body. Kamu bisa cari lokasinya sendiri sesuai router yang Kamu miliki, biasanya terdapat tulisan reset tepat di dekat lubangnya.

Silahkan ikuti ulasannya berikut ini :

  • Silahkan ambil modem atau router wifi lalu cari tombol bertuliskan reset, umumnya ada di bagian belakang.
  • Kemudian ambil jarum untuk menekan restart atau reset.
  • Setelah itu, arahkan jarum ke lubang kecil lalu tahan sampai mati lampu indikatornya.
  • Lalu, lepaskan serta biarkan modem melakukan restart.

Metode 3 : Reset Wifi Indihome Melalui Website

Cara reset wifi Indihome selanjutnya ialah melalui website, cara ini dapat dilakukan di laptop, smartphone maupun PC, jadi lebih fleksibel. Asalkan perangkat tersebut terhubung pada jaringan wifi modem yang akan direset.

  • Pertama-tama, silahkan persiapkan perangkat yang akan Kamu pakai untuk melakukan reset koneksi atau akses wifi terlebih dahulu. Bisa melalui PC, tablet, smartphone, atau laptop.
  • Selain itu, pastikan perangkatmu sudah terhubung pada jaringan wifi Indihome.
  • Lalu buka web browser, di sini Kamu dapat melakukannya lewat Mozilla Firefox, Puffin, Opera, Google Chrome dan lainnya.
  • Ketikkan IP Address sesuai alamat yang tertera di belakang modem-mu. Biasanya IP Addressnya berupa 192.186.1.254 atau 192.168.1.1.
  • Silahkan login memakai password dan username bawaan sesuai yang tertulis di belakang modem, jika Kamu belum pernah menggantinya. Pada modem jenis fiberhome, biasanya default-nya isi “user” di kolom username dan isi “user1234” di kolom password. Isikan tanpa tanda petik.
  • Jika ingin me-restart koneksi, ketuk opsi management, pilih device reboot dan pilih lagi reboot.
  • Maka secara otomatis jaringan akan terputus dan modem Indihome-mu akan langsung restart otomatis tanpa harus menekan power.
  • Jika ingin mengubah ke password yang baru, tekan opsi Management dan pilih User Account.
  • Silahkan isi data-data berupa password lama serta password baru sesuai keinginan dan tekan apply.
  • Selanjutnya restart modem.

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah cara reset wifi Indihome yang dapat Kamu pilih sesuai kebutuhan. Adapun jika ada masalah lainnya terkait wifi Indihome yang tidak bisa diatasi sendiri, maka Kamu bisa menghubungi teknisi Indihome. Lalu, jika Kamu tidak dapat melakukan reset wifi Indihome melalui website, mungkin saja IP addres yang dimasukkan tak sesuai dengan perangkat modem/router yang Kamu pakai.

Oke itulah penjelasan tentang cara reset wifi Indihome. Kini Kamu pengguna Indihome dapat me-restart atau mereset wifi dengan mudah tanpa harus menghubungi teknisi Indihome. Dengan begitu, metode ini bisa dilakukan sebagai langkah pertama untuk menghemat waktu dan tentunya pengeluaran.

Related posts