Cara Bitly WA

Cara Bitly WA

Terlalu panjang menggunakan link saat ingin berbagi link di media sosial? Ya, Kamu bisa menggunakan bit.ly. Ini juga dapat dilakukan untuk mempersingkat link WhatsApp yang akan Kamu bagikan. Karena setiap orang bisanya cenderung menyukai link-link yang simpel dan tak terlalu panjang. Selain itu, Kamu bisa mencoba cara bitly WA dengan mudah, agar link WhatsApp-mu lebih pendek, singkat dan menarik.

Sekilas Tentang Bitly

Bagi Kamu yang baru mendengar istilah ini, bitly ialah sebuah situs web dengan layanan mempersingkat tautan alias linl.

Misalnya saja, Kamu mempunyai link untuk halaman produk berupa : grosircelana.com/celana-panjang-wanita-kulot. Jika dikonversi ke dalam Bitly, Kamu dapat memperpendek link tersebut menjadi bit.ly/CelanaKulot.

Tak hanya mudah diingat dan diketik saja, penggunakan link yang lebih pendek tentu saja akan tampak rapi jika digunakan di media sosial. Contohnya seperti story IG. Terlebih pada beberapa platform media sosial seperti Twitter, yang masih memiliki batasan terkait jumlah karakter pada postingan Twitter serta dalam informasi akun. Dengan kata lain, Bitly memiliki peran penting yang sangat dibutuhkan.

Tak hanya itu, melalui link yang singkat inilah, maka postingan akan lebih terfokus pada pesan yang akan disampaikan, karenanya dapat mempermudah pembaca untuk memahaminya.

Terlebih lagi, Bitly dapat dimanfaatkan tanpa berbayar. Kamu dapat memilih paket yang berbayar dari harga $35/bulan jika ingin memperoleh banyak fitur canggih, diantaranya sebagai berikut :

  • Pasang domain sendiri, dengan tujuan link yang dibuat dapat memakai merk atau brand perusahaanmu. Contohnya menjadi grosircela.na/CelanaKulot.
  • Mempersingkat banyak link dalam satu waktu, tentunya dapat menghemat waktumu.
  • Melakukan pengaturan redirect, supaya Kamu dapat mengalihkan link pada halaman tujuan sesuai keinginan.

Cara Bitly WA

Cara Bitly WA
Tutorial Cara Bitly WA

Tutorial Cara Membuat Bitly WA

Di bawah ini kita akan membahas kumpulan cara bitly WA dan membuat link Bitly menggunakan beberapa program. Jika Kamu tertarik membuatnya, simak ulasan informasinya berikut ini ”

1. Buat Link Bitly Melalui Browser

Sebelum cara bitly WA, Kamu juga bisa mencoba membuat link Bitly melalui browser. Silahkan masuk ke situs web bitly.com. Lalu, Kamu tinggal membuat akun di Bitly terlebih dulu. Ini dia caranya :

  • Silahkan pilih ‘sign in’ jika ingin mendaftar akun, Kamu juga bisa memilih tulisan ‘get started for free’ jika sign in tidak tersedia.
  • Tekan ‘here’ tepat di bawah halaman.
  • Kamu bisa mengisi data-data yang ada, seperti email adress, username beserta password.
  • Kemudian pilih alasan pembutan link, misalnya saja untuk promosi, pekerjaan atau lainnya.
  • Kamu bisa mengisi nama sekaligus apa saja yang ingin dilakukan. Namun jika Kamu ingin mengosongkannya, tinggal lewati saja tahapan ini. Caranya tinggal tekan ‘skip this step’.
  • Silahkan pilih menu bertuliskan shorten di bawah web.
  • Salin link yang panjang dan ingin dipersinkat dengan cara paste link yang panjang tersebut ke dalam kotak bertuliskan ‘shorten your link’ kemudian tekan ‘shorten’ jika ingin mengubah ke Bitly.
  • Kamu pun sudah berhasil mengedit link website ke dalan Bitly. Caranya cukup salin alamat web tersebut dengan cara pilih ‘copy’ di samping kanan layar.
  • Kamu tinggal menempatkan alamat web di WhatsApp maupun platform lainnya.

2. Buat Bitly Melalui Aplikasi

Cara Bitly WA juga dapat dilakukan menggunakan aplikasi. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama-tama, Kamu dapat menginstal Bitly Apps di App Store maupun Play Store.
  • Jika sudah menginstalnya, buka dan masuk ke dalam aplikasi Bitly. Lalu pilih sign up apabila Kamu belum mempunyai akun.
  • Jika Kamu sudah mempunyai akunnya, tinggal ‘sign in’.
  • Sesudah login ke akunmu, tekan (+) tepat di samping kanan bagian bawah jika ingin menyisipkan singkatan link.
  • Tempelkan link yang panjang yang akan Kamu persingkat, lalu tekan create.
  • Dengan begitu, Bitly secara otomatis akan langsung memberikan link yang sudah disingkat.
  • Untuk mengkostumisasi link yang ada di belakang bitly, Kamu tinggal mengeditnya.
  • Sesudah itu, tekan ikon centang yang ada di samping kanan atas dan simpan link yang sudah disingkat.

3. Buat Bitly WA

Selanjutnya Kamu bisa coba cara bitly WA dengan langkah-langkah berikut :

  • Silahkan buat Bitly WhatsApp dengan cara melengkapi kode berikut https://api.whatsapp.com/send?phone= ketikkan nomor sesudah tanda ‘=’ (sama dengan).
  • Untuk menambahkan pesan pembuka, tambahkan kode berupa &text= tepat di belakang nomor, lalu isi tulisan atau teks yang akan dimasukkan.
  • Apabila ada spasi pada pesan, tinggal ganti spasinya memakai kode %20.
  • Setelah itu, masuk menuju halaman utama dan tekan ‘create’.
  • Tempelkan link API WA yang sudah dibuat ke kolom bertuliskan ‘paste long url’.
  • Kamu juga dapat membuat Bitly custom, caranya edit link tadi yang telah disingkat di kolom kosong yang tersedia, atau ikuti panduan cara custom link.

Kelebihan Memakai Bitly

Sesudah Kamu memahami cara bitly WA di atas, Kamu harus mengetahui kelebihan bitly, berikut ini :

1. Bitly Tidak Berbayar alias Gratis

Memakai Bitly tentu saja tidak berbayar alias gratis. Semua fitur yang terdapat pada paket gratisannya juga sudah dapat digunakan untuk keperluan mempersingkat link atau tautan.

2. Dapat Melakukan Kustomisasi Link

Melalui penggunaan bitly, maka dengan otomatis dapat mempersingkat link-mu ke dalam beberapa karakter secara acak. Tapi selain itu, Kamu juga dapat mengubahnya tergantung keinginan. Contohnya, apabila link tersebut berisi tentang produk yang didiskon, Kamu pun dapat mengubah Bitly ke dalam bit.y/DiskonHarbolnas.

3. Bisa Memantai Performa Link

Ada fitur analytics yang disediakan bitly untuk membantumu melakukan pemantauan performa link. Sehingga, Kamu dapat mengetahui jumlah klik pada link tersebut.

4. Dapat Diintegrasikan Pada Layanan Lain

Menariknya lagi, Kamu dapat menghubungkan Bitly ke dalam layanan lain, misalnya tools marketing atau media sosial, lewat API. Jika Kamu melakukannya, maka Kamu dapat mempersingkat link memakai Bitly pada platform yang disambungkan tanpa harus mengakses kembali dashboard Bitly.

5. Dapat Mempersingkat Link Sesuai Kebutuhan

Bitly versi gratisan juga dapat dipakai untuk mempersingkat hingga 100 link per bulannya. Tentu saja, jumlah tersebut cukup banyak jika Kamu membagikan link tersebut secara rutin.

6. Lebih Aman

Tahukah Kamu, bahwa link yang Kamu persingkat memakai Bitly dienkripsi menggunakan protokol HTTPS. Karenanya menjadi lebih aman terhadap aksi pencurian data dan informasi oleh hacker.

Keuntungan Menyingkat Link

Selain kelebihan Bitly, mempersingkat link dengan Bitly juga memiliki banyak keuntungan. Apa saja keuntungannya?

  • Membuat tampilan link yang Kamu buat lebih rapi. Apalagi jika Kamu ingin memakainya untuk mempromosikan produkmu di media sosial, penggunaan link harus yang enak dipandang.
  • Link yang terlalu pannjang dengan kombinasi simbol, huruf dan angka berdempetan akan terlihat tidak profesional. Sehingga jika penggunaannya dipaksakan bisa membuat audiens atau calon pembeli ragu mengkliknya.
  • Dengan mempersingkat link memakai bitly, tentu saja bisa meminimalisir terjadinya kesalahan penulisan pada link tersebut.

Oke, dengan kelebihan bitly dan keuntungan mempersingkat link di atas, memang sudah seharusnya Kamu mencoba cara bitly WA untuk mempersingkat link WA sebelum dibagikan. Semoga bermanfaat!

 

Related posts