6+ Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot Tanpa Gagal 🤎

Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot
Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot

WIGATOS.com | Termasuk jajaran ponsel eksklusif yang menghadirkan fitur dan spek mumpuni, dengan kualitas yang sudah tak diragukan lagi membuat Samsung selalu banyak dipilih. Meski demikian, seiring waktu penggunaan tentu saja perangkat Samsung akan mengalami penurunan performa, seperti lemot. Lantas, bagaimana cara mengatasi hp Samsung lemot?

Kinerja ponsel Samsung yang lemot biasanya terjadi karena beberapa faktor. Entah itu, karena spesifikasi dari perangkat itu sendiri maupun dari kebiasaan penggunanya yang menyebabkan HP samsung lemot. Misalnya saja, seperti kapasitas RAM yang terbatas, ruang penyimpanan yang penuh, banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, hingga adanya virus yang menginfeksi sistem.

Read More

Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot

Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot
Cara Mengatasi Hp Samsung Lemot

Untuk mengatasi masalah lemot pada HP Samsung, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Semua metode yang akan kami bagikan disini, tidak memerlukan root atau modifikasi sistem sehingga aman dan mudah dilakukan oleh siapa saja.

Kamu pun tidak perlu meminta bantuan kepada orang lain karena langkah-langkah dibawah ini sangat mudah dilakukan. Berikut  beberapa cara mengatasi HP Samsung lemot yang bisa kamu coba:

1. Mengatasi Hp Samsung Lemot dengan Hapus Cache dan Sampah pada Sistem dan Aplikasi

Cache adalah file sementara yang diproduksi oleh sistem dan aplikasi saat digunakan. Cache berguna untuk mempercepat proses loading dan menjaga kinerja sistem dan aplikasi.

Namun jika cache terlalu banyak dan tidak dibersihkan secara berkala, maka cache akan memenuhi ruang penyimpanan dan membebani RAM. Sehingga menyebabkan HP Samsung menjadi lemot dan ngelag ketika membuka aplikasi atau lebih parahnya pada saat pertama dibuka.

Untuk membersihkan cache dan sampah pada sistem dan aplikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih yang bisa kamu dapatkan secara gratis dari Google Play Store. Misalnya seperti aplikasi CCleaner, aplikasi Clean Master, atau aplikasi DU Speed Booste.

Setelah menginstal aplikasi pembersih, silakan jalankan aplikasi tersebut kemudian pilih opsi untuk membersihkan cache dan sampah. Biasanya aplikasi pembersih akan menampilkan berapa banyak ruang penyimpanan yang bisa kamu hemat setelah membersihkan cache dan sampah.

2. Mengatasi Hp Samsung Lemot dengan Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Salah satu penyebab HP Samsung lemot adalah terlalu banyak menginstal aplikasi yang tidak perlu atau tidak digunakan lagi dalam waktu yang lama.

Semua aplikasi ini tentu saja akan memakan ruang penyimpanan dan RAM dan bisa menyebabkan konflik dengan aplikasi lain untuk berbagi memori RAM. Oleh karena itu, sebaiknya kamu hapus atau uninstall aplikasi yang tidak digunakan lagi.

Untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi bisa kamu iktui langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Masuk terlebih dahulu ke menu Pengaturan yang ada di deretan menu pada HP Samsung.
  • Setelah itu buka menu Aplikasi.
  • Setelah terbuka, pilih opsi Unduhan.
  • Di sini kamau bisa melihat beberapa daftar aplikasi yang telah kamu instal di HP Samsung kamu.
  • Silakan pilih aplikasi yang ingin kamu hapus kemudian tekan tombol Uninstall atau Hapus yang biasanya akan muncul pada layar.
  • Ulangi langkah tersebut untuk setiap aplikasi yang ingin kamu hapus pada aplikasi lainnya yang tidak digunakan.

3. Mengatasi Hp Samsung Lemot dengan Matikan Animasi dan Live Wallpaper

Cara mengatasi hp Samsung lemot selanjutnya adalah dengan menonaktifkan animasi dan live wallpaper. Animasi dan live wallpaper merupakan fitur yang membuat tampilan HP Samsung menjadi lebih menarik dan terlihat hidup.

Namun, fitur-fitur ini juga membutuhkan resource sistem yang cukup besar, terutama memori RAM dan penggunaan CPU.

Jika HP Samsung kamu memiliki spesifikasi RAM dan CPU yang rendah, maka animasi dan live wallpaper akan membuat HP Samsung menjadi lemot dan ngelag.

Ada beberapa langkah untuk mematikan animasi pada HP Samsung bisa kamu ikuti dibawah ini:

  • Masuk terlebih dahulu pada menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Setelah itu masuk pada menu Tampilan.
  • Di situ pilihlah opsi Animasi kemudian pilih Tidak Ada.

Khusus yang ingin mematikan live wallpaper ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  • Masuk kembali pada menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Lalu masuk pada menu Tampilan.
  • Selanjutnya pilih opsi Wallpaper dan pilihlah opsi Wallpaper Statis.
  • Atur agar live wallpaper dalam keadaan mati.

4. Mengatasi Hp Samsung Lemot dengan Mengurangi Aktivitas Multitasking

Multitasking merupakan kemampuan perangkat untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan di HP Samsung. Fitur ini sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi penggunaan HP Samsung.

Namun, jika terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan, maka memori RAM akan cepat penuh dan CPU akan bekerja dengan sangat keras. Tentunya hal ini akan membuat HP Samsung menjadi lemot dan ngelag.

Untuk mengurangi aktivitas multitasking sebaiknya tutup atau hentikan segera aplikasi yang tidak kamu gunakan pada saat menjalankan aplikasi lain. Begini cara mengatasi hp Samsung lemot dengan mengurangi aktivitas multitasking :

  • Untuk menutup atau menghentikan aplikasi, kamu bisa menekan tombol Recent Apps atau Aplikasi Terakhir di HP Samsung.
  • Di sini kamu akan mendapatkan daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.
  • Silakan geser aplikasi yang ingin kamu hentikan ke sebelah kanan atau ke sebelah kiri.
  • Atau bisa juga jika ingin menghapus semuanya bisa menekan tombol Tutup Semua.

5. Mengatasi Hp Samsung Lemot dengan Melakukan Pembaruan Sistem dan Aplikasi

Pembaruan sistem dan aplikasi merupakan  proses untuk mengunduh dan menginstal versi terbaru dari sistem operasi Android dan aplikasi yang terinstal di HP Samsung milikmu.

Dengan melakukan pembaruan sistem dan aplikasi ini sangat berguna untuk memperbaiki bug, meningkatkan keamanan, dan dapat menambah fitur baru. Selain iut, proses ini juga dapat meningkatkan kinerja dan performa HP Samsung yang kamu gunakan.

Untuk melakukan pembaruan sistem caranya cukup mudah, yaitu :

  • Masuk ke menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Selanjutnya masuk pada menu Tentang Ponsel lalu pilih opsi Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Sekarang periksa apakah ada pembaruan lunak? Jika ada silakan Unduh dan Instal.
  • Tunggu beberpa saat hingga HP Samsung melakukan restart yang menandakan proses instalasi telah berhasil dilakukan.

Untuk melakukan pembaruan aplikasi, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Masuk ke menu Google Play Store terlebih dahulu.
  • Selanjutnya masuk pada Menu kemudian tekan pilihan Aplikasi dan Game Saya.
  • Klik Perbarui Semua.
  • Sekarang kamu tinggal menunggu sambil memastikan semua aplikasi di update menjadi versi terbarunya.

6. Reset Hp Samsung

Jika cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi HP Samsung yang lemot, maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan reset HP Samsung.

Reset adalah suatu proses yang dilakukan untuk mengembalikan HP Samsung ke kondisi awal atau pada setelan pabrik.

Dengan melakukan reset, maka semua data, pengaturan, dan aplikasi yang ada di HP Samsung akan terhapus secara permanen. Hal ini akan membuat HP Samsung menjadi bersih dan kembali ringan layaknya HP baru. Seperti pada cara reset hp Samsung A10s yang bisa kamu coba lakukan.

Namun, sebelum melakukan reset, pastikan terlebih dahulu untuk melakukan backup data penting yang ada di HP Samsung, seperti foto, video, kontak, pesan, dokumen, dan data penting lainnya.

Kamu bisa membackup data ke kartu memori eksternal, komputer, atau layanan cloud seperti menggunakan Google Drive atau Samsung Cloud.

Ketika ponsel Samsung kamu mengalami penurunan performa atau lemot, maka kamu bisa mencoba salah satu dari cara mengatasi hp Samsung lemot di atas!

Related posts