Cara Bebas Ongkir di Tokopedia

Setiap pengguna sekaligus pelanggan Tokopedia tentu sangat antusias jika mendapatkan promo bebas ongkir. Karena kita tak perlu memikirkan beban biaya pengiriman yang ditambahkan dalam total belanjaanmu. Jadi harganya lebih murah dan terjangkau. Lalu, gimana cara bebas ongkir di Tokopedia? Untuk lebih jelasnya, simak terus artikel ini sampai habis!

Keunggulan Berbelanja di Tokopedia

Ada banyak keunggulan yang bisa Kamu dapatkan dengan berbelanja produk di Tokopedia :

Read More

1. Promo Eksklusif

Selain banyaknya seller terpercaya yang bisa kita jumpai. Tokopedia juga menawarkan banyak pilihan promo eksklusif dan menarik. Seperti cashback, gratis ongkir hingga kupon belanja. Diantaranya promo cashback dari tagihan pulsa, listrik, PDAM hingga produk-produk digital yang lainnya. Tak hanya itu saja, di Tokopedia pun ada promo free

2. Lebih Praktis dan Mudah

Dengan berbelanja di Tokopedia semuanya menjadi lebih praktis dan mudah. Kamu bisa berbelanja tanpa antri dan repot, berbelanja online di Tokopedia lebih cepat karena hanya memakai smartphone saja. Selain itu, aplikasi Tokopedia pun telah tersedia di berbagai OS, baik di iOS maupun android.

3. Garansi 7 Hari

Kamu juga akan mendapatkan garansi selama 7 hari. Ini adalah keuntungan yang diperoleh pembeli untuk pengembalian produk yang cacat, hilang saat pengiriman dan tak sesuai deskripsi. Selain itu, garansi tersebut juga berlaku selama 7 hari sejak Kamu mengajukan complain. Kamu akan memperoleh pengembalian barang atau refund sesuai kesepakatan.

Terkait:  Cara Cek Ongkir di Tokopedia

Masih banyak lagi keuntungan berbelanja di Tokopedia yang tidak bisa dibahas satu per satu. Jika Kamu ingin mendapatkan free ongkir Tokopedia, Kamu bisa mengikuti cara gratis ongkir Tokopedia di bawah ini!

Skema Gratis Ongkir di Tokopedia

Melihat tanggapan positif dari pelanggan tokopedia sekaligus sukses menarik pelanggan baru akibat adanya gratis ongkir, Tokopedia telah memberikan skema baru terkait gratis ongkir. Berikut ulasan skema cara gratis ongkir Tokopedia :

1. Minimal Transaksi Belanja di Tokopedia Harus Rp. 50 ribu

Selain mencari barang yang berlogo gratis ongkir, kamu juga bisa mendapatkan subsidi bebas ongkos kirim dengan biaya pengiriman ditanggung Tokopedia. Caranya Kamu tinggal membeli barang seharga Rp. 50 ribu atau akumulasi barang yang kamu beli total harus berjumlah Rp. 50 ribu.

2. Minimal Transaksi Belanja di Tokopedia Harus Rp. 250 ribu

Cara bebas ongkirdi Tokopedia yang kedua, bagi kamu yang berada di luar pulau Jawa mengingat kebanyakan produk yang dibeli berada di pulau Jawa, Kamu pun berhak mendapatkan free ongkir antar pulau. Namun, syarat yang wajib kamu penuhi selain mencari barang yang berlogo gratis ongkir, ialah harus berbelanja produk di Tokopedia minimal seharga Rp. 250 ribu.

Dapatkan Gratis Ongkir Berdasarkan Kota Tujuan

Kamu juga harus tahu bahwa Tokopedia telah mempersiapkan free ongkir sesuai kota tujuan. Sebut saja, jika kamu berada di kota Makassar atau Kota Medan maka akan mendapatkan subsidi gratis ongkos kirim secara maksimal. bahkan kamu akan di subsidi setara dengan Rp 20 ribu – Rp. 50 ribu.

Selain itu, pihak tokopedia menyajikan gratis ongkos kirim berdasarkan durasi pengiriman barang yang kamu beli. Ini artinya jika kamu memilih metode pengiriman dengan waktu pengiriman yang cukup lama, maka kamu akan di subsidi biaya ongkos kirim dengan sangat murah. Namun kelemahannya adalah kamu harus menunggu dari waktu biasanya.

Terkait:  Cara Belanja di Tokopedia

Namun jenis ekspedisi yang menyediakan subsidi ongkos krim ialah layanan ekspedisi ekonomi, dari jasa pengiriman SiCepat atau Anteraja. Secara otomatis, jika kamu memilih layanan Ekonomi maka durasi estimasi barang sampai ke tempat tujuan akan muncul pada layar. Begitupun dengan layanan lain seperti Reguler atau Ekspress.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini akan dijelaskan layanan subsidi ongkos kirim berdasarkan kota tujuan :

  • Rute pengiriman dari Medan ke Medan, estimasi waktu pengiriman 1 – 2 hari dengan maksimal subsidi ongkir yang diberikan sebesar Rp. 20 ribu. Berat barang yang bisa di subsidi ongkir adalah maksimal 2 kg. Adapun ongkir akhir yang harus dibayarkan oleh pembeli adalah Rp. 0.
  • Rute pengiriman dari Jakarta ke Medan, dengan estimasi waktu pengiriman selama 3-4 hari dengan maksimal subsidi ongkir yang diberikan sebesar Rp. 40 ribu. Berat barang yang bisa di subsidi ongkir adalah maksimal 2 kg. Adapun ongkir akhir yang harus dibayarkan oleh pembeli adalah Rp. 0 jika menggunakan layanan Ekonomi dengan durasi pengiriman selama 6-7 hari.

Beberapa Layanan Gratis Ongkir di Kota Lainnya

Kamu tidak perlu khawatir jika kamu bukan berdomisili di kota Medan atau Jakarta. Karena untuk kota-kota lainnya lebih diprioritaskan lagi. Artinya pemberian subsidi ongkir akan diberikan tanpa batas dengan maksimal barang yang kamu beli adalah 2 kg. Untuk memastikan, Kamu bisa cek gratis ongkir dengan cara cek ongkir di Tokopedia.

Cara Bebas Ongkir di Tokopedia

Cara Bebas Ongkir di Tokopedia
Tutorial Cara Bebas Ongkir di Tokopedia

Panduan Cara Bebas Ongkir di Tokopedia

Ada 2 cara bebas ongkir di Tokopedia, baik itu dari seller maupun gratis ongkir yang didapatkan oleh pembeli. Berikut diantaranya :

Metode 1 : Aktifkan Gratis Ongkir di Tokopedia Untuk Penjual

Jika ingin tokomu lebih laris pembeli, maka Kamu harus mengaktifkan layanan bebas ongkir di Tokopedia untuk memanjakan konsumenmu. Salah satu caranya adalah dengan mengaktifkan bebas ongkir pada salah satu atau beberapa barang yang kamu jual. Adapun langkah-langkahnya bisa kamu ikuti dibawah ini :

Terkait:  Cara Top Up Grab Driver di Tokopedia

1. Akses Halaman Tokopedia Seller

Silahkan akses halaman Tokopedia Seller terlebih dahulu. Tujuan dari adanya Tokopedia seller adalah untuk mempermudah mengelola barang yang kamu jual di tokopedia.

Untuk mengaktifkan bebas ongkir, pilihlah menu ‘Iklan dan Promosi’ yang berada di sebelah kiri layar dengan klik tombol ‘Home’.

Setelah itu, kamu tinggal klik ‘Tambah Jumlah Pensanan Baru’ pada menu tersebut lalu pilihlah tombol ‘Bebas Ongkir’.

2. Pelajari Syarat Aktivasi

Setelah menentukan barang free ongkir, selanjutnya pelajari aktivasi yang akan muncul segera pada layar. Adapun syarat aktivasi yang perlu kamu ketahui adalah :

  • Melakukan pinpoint lokasi toko milikmu. Lakukan dengan benar jangan sampai salah dalam menandai toko.
  • Mengaktifkan jasa antar barang SiCepat Regular Package, Anteraja Reguler, atau Kurir Rekomendasi Reguler yang tersedia pada syarat aktivas.

Jika sudah, setting syarat aktivasi sesuai dengan keinginan kamu, selanjutnya klik tombol hijau di atas dimana tombol tersebut adalah tombol ‘Aktivkan Bebas Ongkir’. Dengan klik tombol tersebut maka segala macam syarat dan ketentuan mengenai gratis ongkir telah sepenuhnya kamu setujui.

3. Lihat Riwayat Pesanan Gratis Ongkir

Jika kamu sudah mengaktifkan layanan gratis bebas ongkir, kemudian kamu ingin cek barang-barang yang sudah terjual yang berlogo gratis ongkir. Kamu bisa melihatnya pada menu ‘Bebas Ongkir’ di Tokpedia Seller.

Pada menu tersebut akan dirinci dengan jelas mengenai jumlah pesanan yang di beli oleh pelanggan dan estimasi jumlah pendapatan yang kamu terima dari fitur bebas ongkir tersebut.

Itulah bagaimana cara mengaktifkan bebas ongkir di tokopedia bagi seorang seller yang menjual barang-barangnya di tokopedia.

Metode 2 : Membeli Barang Bebas Ongkir di Tokopedia Untuk Pembeli

Lantas bagaimana jika kamu seorang pelanggan yang berencana ingin membeli barang dengan layanan gratis ongkir? Cara gratis ongkir Tokopedia untuk pembeli sangat mudah, kamu cukup ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

  • Masuk ke toko yang dituju atau kamu bisa klik kolom pencarian dan mulai mencari barang yang dimaksud dengan mengetiknya.
  • Seketika itu, akan muncul banyak barang yang kamu cari, kamu juga bisa mempersempit pencarian berdasarkan filter yang tersedia.
  • Pilihlah barang yang ada logo gratis ongkir.
  • Lakukan pembayaran dengan menggunakan metode yang kamu inginkan dan tentukan juga metode pengiriman, baik itu menggunakan SiCepat atau Anteraja.
  • Ikuti prosesnya hingga selesai hingga kamu berhasil membeli barang tersebut dan tunggu beberapa hari kedepan hingga barang tersebut sampai ke tempat tujuan.

Oke, itulah tahapan-tahapan cara bebas ongkir di Tokopedia baik untuk seller maupun untuk pembeli. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

Related posts