Cara Aktifkan GPS di HP Samsung

GPS atau singkatan dari Global Positioning System ini, seringkali sengaja ditanam atau lebih tepatnya dipasangkan untuk dapat melacak lokasi seseorang. Sebenarnya, cara aktifkan GPS di Hp Samsung juga bisa mencegah terjadinya hal-hal kejahatan. Entah itu penyalahgunaan email, atau ketika pemiliknya kehilangan gadget. Oleh sebab itu, kehadirannya cukup penting.

Contoh paling mudahnya, buat kamu yang sering menggunakan aplikasi ojek online. Terlepas dari apa kebutuhan kalian, tentu wajib untuk mengaktifkan GPS supaya driver bisa melacak lokasi dari pemesan atau customer. Sudah bisa kalian bayangkan bukan? Kalau hingga saat ini teknologi tersebut belum muncul ke masyarakat. Pasti pekerjaan meningkat, sebab manual.

Read More

Ketika berpergian ke tempat asing, kalian juga jadi lebih merasa tenang sebab ada panduan dari G-Maps yang bisa temani kamu ke lokasi tujuan. Ya, lumayan hemat tenaga tidak perlu terlalu sering menanyakan ke orang sekitar juga. Namun, tidak disarankan untuk kalian fokus memperhatikan layar gadget ketika sedang menyetir atau mengendarai sepeda motor. Bahaya.

Cara Aktifkan GPS di HP Samsung

Cara Aktifkan GPS di HP Samsung
Cara Aktifkan GPS di HP Samsung

Cara Aktifkan GPS di HP Samsung J1 Ace

Samsung J1 Ace adalah salah satu produk hits di sekitar tahun 2016 silam. Selain tampilan di bagian luarnya yang terlihat elegan, dan penempatan setiap menunya sangat simple. Otomatis, kamu yang baru belajar menggunakan smartphone pasti bisa otodidak mengoperasikannya. Ya, memang semudah itu. Harganya kini sudah termasuk murah. Sebesar Rp 1,1 jutaan, baru.

Penasaran dengan spesifikasi lengkapnya? Mari kia mulai dari bagian OS terlebih dahulu. Di Operating System masih menggunakan model Android v4.4.4 (KitKat). Sudah jauh tertinggal kalau dibandingkan dengan keluaran produk hp saat ini. Memori internalnya 8 GB, dengan RAM sebesar 1 GB. Resolusi kamera depan sekitar 2 MP, dengan 5 MP di bagian belakang.

Terkait:  Cara Melacak Handphone Samsung yang Hilang

Cara aktifkan GPS di hp Samsung J1 Ace. Meskipun OS yang dimiliki oleh series klasik sulit untuk menyetarakan keunggulan dalam operasional aplikasi dengan standar saat ini, kalian masih bisa menggunakan GPS. Berbeda dengan apk yang harus diunduh bila belum terpasang. Sedangkan alat tersebut sudah melekat dengan sistem internal ponselnya. Simak di bawah ini.

  1. Buka menu pengaturan yang terdapat di Samsung J1 Ace atau smartphone kalian
  2. Klik pilihan “Keamanan dan Lokasi” dengan ikon gembok
  3. Berikutnya, klik menu “Lokasi”, dan perhatikan keterangan tulisan di bawahnya. Biasanya akan terlihat Aktif atau Nonaktif
  4. Apabila dalam posisi aktif, kalian tinggal geser sja tombol yang ada di samping tulisan Aktif ke kiri. Artinya, memposisikan ke mode Off atau Nonaktif
  5. Kalian juga dapat memilih “Mode” untuk menyesuaikan pilihan pada perangkat
  6. Cara aktifkan GPS di hp Samsung selanjutnya, kalian klik opsi “Akurasi Tinggi”. Artinya, penentuan lokasi didasarkan pada jaringan Wi-Fi, Bluetooth, ataupun jaringan selular
  7. Proses selesai.

Kekurangan dari pengaktifan alat GPS di ponsel, sebenarnya sangat berpengaruh ke kondisi pemakaian baterai. Umumnya, baterai akan mudah habis ketika kamu terus mengaktifkannya disaat tidak dibutuhkan. Alhasil, performa hp ikut menurun. Kalau kalian memiliki ponsel keluaran 2018 ke atas. Cara nonaktifkannya lebih mudah lagi. Scroll layar dari atas ke bawah.

Setelah itu, akan muncul panel berisikan beberapa pengaturan dasar yang sering digunakan ketika pengoperasian ponsel. Pilih “Lokasi atau Location” > tunggu beberapa saat sampai di bagian ikonnya terjadi perubahan warna. Kalau dalam kondisi off, kalian akan melihat icon tampak seperti warna dasar dari panel tersebut. Sama halnya ketika nonaktifkan settings lain.

Terkait:  Cara Cek HP Samsung

Cara Aktifkan GPS di HP Samsung J7

Beralih sedikit ke versi yang lebih upgrade dari series J1. Dimana, perusahaan Samsung ini menawarkan beberapa jenis pilihan. Diantaranya ada Galaxy, Core, Prime, Pro, dan Plus. Ya, memang variannya cukup banyak. Buat kalian yang masih terhalan oleh ketersediaan budget tapi sekedar ingin memiliki hp Samsung. Bisa nih, pilih salah satu varian di atas. Murah loh…

Harga yang ditawarkan kepada pada pelanggan untuk pembelian seri J7, kurang lebih ada di kisaran 1,5 juta sampai dengan 2,6 jutaan. Tergantung spesifikasi yang tersedia juga. Kalau kamu butuh smartphone klasik tapi OS sudah Nougat. Kalian harus memilih versi J7+. RAM dan ROM berkapasitas jauh lebih besar. Dibandingkan dengan versi yang lain, tentunya.

Cara aktifkan GPS di hp Samsung J7 juga tidak seribet seri di bawahnya (J1). Karena teknologi yang ditawarkan sudah lebih canggih. Berbekal OS Android 7.1, ukuran RAM ada di 4 GB, serta memori internalnya sebesar 32 GB. Kalau kamu bayangkan dengan produk hp keluaran baru-baru ini. Ya, termasuk standar. Kamera 16 MP (depan), dan 13+5 MP (back).

  • Tarik atau scroll layar hp kalian dari atas ke bawah sampai muncul panel
  • Muncul panel yang berisikan beberapa ikon pengaturan, lalu klik icon mirip G-Maps
  • Tap sekali ikon lokasi tersebut
  • Perhatikan sampai ikonnya berubah warna
  • Kembalikan posisi panel ke semula dengan tap tombol kembali atau scroll ke atas
  • Mulai gunakan aplikasi Gojek, Grab, atau platform lain sesuai kebutuhan kalian
  • Selesai.

Mari kita bahas sedikit lebih spesifik tentang detail dari beberapa jenis seri J7 lainnya. Kan dipenjelasan sebelumnya, sudah sedikit dibocorkan apa saja varian lain yang bisa kamu pilih. Nah, sekarang kalian akan menemukan rincian secara lengkapnya serta kisaran harga di tahun 2020 silam. Apa saja variannya? Berikut penjelasannya.

Terkait:  Cara Menyembunyikan Aplikasi

1. Samsung J7 Pro

Bagian luarnya tampak elegan dan ramping, serta didukung dengan layar yang lebar. Chipset yang digunakannya, yaitu Exynos 797- Octa (14 nm). Lalu, kapasitas RAM di 3 GB, serta memori internal sebesar 32 GB/64 GB. Adapun ukuran hpnya sendiri, yakni 152,5 x 74,8 x 8 mm. Berat 1 itemnya mencapai 181 gram. Ukuran layar sekitar  5,5 inci, kamera depan 13MP.

2. Samsung J7 Core

Kalau berdasarkan urutan perilisannya, Samsung J7 core ini berada di urutan terbaru setelah 4 jenis varian lainnya. Bila digabungkan, dengan varian plus, maka urutan core termasuk ke no. 5. Rilis di bulan Juli. Kualitasnya cukup standar dengan harga Rp 1,8 jt. OS yang digunakan Andorid v7.0 (Nougat). RAM sebesar 2 GB, dan internal 16 GB. Berat 170 gr, kamera 5 MP.

3. Samsung J7 Prime

Series Prime dari J7 ini, memiliki penawaran harga yang sama dengan core di angka Rp 1,8 juta. Ukuran layarnya sendiri, 5,5 inci dengan chipset Exynos 7870 Octa (14 nm). RAM di 3 GB. Memori internal tersedia di 2 macam 16 GB atau 32 GB. Berat per item  167 gr. Lalu, di bagian kamera depannya 8 Mp, f/1,9 serta belakang di 13 MP, f1,9 (wide). Baterai tanam.

4. Samsung Galaxy J7

Keluaran bulan Juni, 2017. Galaxy J7 memiliki berat sebesar 171 gr. Ukuran RAM hanya di 1,5 GB dengan memori internal 16 GB. Ukuran hpnya sendiri, adalah 152,2 x 78,7 x 7,5 mm. Kamera depan dipasang dengan 5 MP, f/2,2 (wide), dan di bagian belakang 13 MP, f/1.9 (wide). Model baterainya Removabel Li-Ion 3000 mAh. Varian warna, Gold, White, Black.

Sekian penjelasan mengenai cara aktifkan GPS di hp Samsung kali ini. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Enjoy your days, keep smile, and bye bye!

 

Related posts