Cara Mematikan Laptop Dengan Keyboard

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Apakah touchscreen laptop kalian bermasalah atau mouse yang tidak berfungsi, jadi tidak bisa mematikan laptop? ketika kalian mengalami hal ini jangan khawatir. Kalian bisa mencoba cara mematikan laptop dengan keyboard yang akan dibagikan tutorialnya di bawah ini!

Kerusakan barang elektronik bisa saja terjadi apabila sudah digunaka dalam jangka panjang. Jika belum bisa memperbaikinya karena keterbatasan dana misalkan, maka kalian harus menyiasatinya dengan cara lain. Termasuk ketika laptop tidak bisa dimatikan menggunakan tombol power. Sebagai solusinya, kalian bisa coba cara mematikan laptop dengan keyboard.

Jangan Asal Sembarangan Mematikan Laptop

Terkadang, jika sedang dalam kondisi mendesak seperti laptop lemot, maka kita tidak jarang menggunakannya secara tanpa sadar. Misalnya saja, tanpa pikir panjang mematikan laptop langsung dari tombol power dengan cara menekan tombol tersebut cukup lama, sampai laptop mati sendirinya tanpa berproses terlebih dahulu.

Bukan hanya menekan tombol power cukup lama, bisa juga langsung mematikan listrik yang terhubung ke laptop dengan mencabut kabel sebagai penghubung nya atau dengan mencabut baterai secara paksa.

Padahal semua itu akan menyebabkan laptop menjadi rusak. Misalnya saja, RAM akan bermasalah, terjadinya kerusakan prosessor, dapat memicu registry error, atau bisa menyebabkan bad sector pada hard drive terutama drive C.

Dengan melihat dampak akibat mematikan laptop secara paksa, maka lebih baik kalian tetap tenang menghadapi permasalahan ini agar laptop tetap dalam kondisi yang baik.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard
Mematikan Laptop dengan Keyboard

Untuk mengatasi hal tersebut, seperti kondisi laptop performanya sangat lamban, lalu mouse rusak dan touchpad atau touchscreen bermasalah. Maka untuk mematikan laptop bisa dengan menggunakan keyboard agar proses mematikan laptop sesuai dengan semestinya tanpa adanya paksaan oleh pemilik. Berikut cara mematikan laptop dengan keyboard

Metode 1  Mematikan Laptop Dengan Tombol Kombinasi

Ada banyak pilihan tombol kombinasi yang digunakan sebagai alternatif untuk mematikan laptop. Simak cara mematikan laptop dengan keyboard melalui tombol kombinasi ini :

1. Kombinasi Ctrl + Alt + Del

Pada keyboard tentunya banyak tombol-tombol yang bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. Bukan hanya untuk menulis saja, tapi keyboard pun bisa melakukan hal lainnya termasuk mematikan laptop dengan menekan beberapa tombol kombinasi. Kali ini akan di jelaskan mengenai tombol kombinasi Ctrl + Alt + Del.

Berikut tutorial mematikan laptop memakai tombol kombinasi di keyboard :

  • Pastikan agar laptop berada pada layar utama.
  • Selanjutnya tekan tombol Ctrl + Alt + Del secara bersamaan.
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi yang tersedia pada layar laptop, di antaranya pilihan Shut Down, Restart, dan Sleep.
  • Pilih opsi shut down dengan menekan tombol tanda panah pada keyboard.
  • Terakhir tinggal tekan enter.
  • Biarkan laptop mati dengan sendirinya.

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling populer. Oleh karena itu, kalian harus menghafal ketiga tombol kombinasi yang sudah di jelaskan di atas sebagai alternatif dalam upaya mematikan laptop.

2. Kombinasi Alt + F4

Jika metode di atas adalah cara mematikan laptop dengan keyboard melalui 3 tombol kombinasi, maka cara selanjunya yaitu dengan menggunakan 2 tombol kombinasi saja. Disini kalian hanya menggunakan tombol Alt dan tombol F4. Berikut ulasannya :

  • Posisikan layar laptop dalam keadaan standbye pada layar utama.
  • Selanjutnya tekan tombol kombinasi Alt + F4.
  • Ada beberapa opsi yang akan muncul pada layar sebagai tindakan yang harus dilakukan.
  • Kalian cukup pilih shut down atau bisa juga memilih Update and Shut Down jika ada pilihan seperti itu.
  • Jika sekalian ingin melakukan update Windows, maka lebih baik pilih opsi Update and Shutdown.

Untuk opsi ini, biasanya selama proses mematikan laptop akan ada notifikasi update berupa persentase update yang berjalan. Karena update akan cukup berpengaruh dalam mematikan laptop. Ini merupakan hal yang wajar mengingat laptop sedang melakukan update.

3. Kombinasi Win + X

Tombol kombinasi lainnya adalah dengan menggunakan tombol Windows (Win) dan tombol huruf X. Pada dasarnya, kedua tombol ini digunakan untuk menjalankan Power User. Nantinya akan diperlihatkan beberapa menu untuk melakukan perintah pada laptop seperti Task Manager, Computer Management, dan juga yang paling utama adalah menu Shut down. Caranya cukup mudah dilakukan, yaitu :

  • Pastikan kembali agar laptop berada pada posisi standbye di layar utama.
  • Setelah itu, klik tombol Windows ditambah dengan tombol huruf X. (Win + X).
  • Selanjutnya, kalian cukup tekan tombol U agar bisa membuka pilihan Shut Down.
  • Sekali lagi, tekan tombol U untuk mendapatkan opsi dan memilih Sign Out.

4. Kombinasi Win + Power

Kombinasi dua tombol ini sebenarnya lebih di khususkan bagi para pengguna Windows 10 dan di atasnya. Sedangkan untuk kombinasi Win + X yang sudah di bahas sebelumnya adalah untuk Windows versi 8.1.

Berikut langkah cara mematikan laptop dengan keyboard menggunakan kombinasi Win + X, yaitu :

  • Pastikan kembali laptop dalam keadaan stanbye pada layar utama.
  • Selanjutnya, tekan tombol Win bersamaan tombol power.
  • Berikutnya tinggal tekan tombol U saja agar bisa masuk pada pilihan Shut Down.
  • Tekan sekali lagi huruf U untuk mematikan laptop dengan cara ini.

Cukup banyak kombinasi tombol-tombol pada keyboard untuk melakukan tindakan cara mematikan laptop denga keyboard. Setidaknya kalian mengetahui minimal 1 cara mematikan laptop dengan kombinasi tombol keyboard di atas, agar suatu saat jika di butuhkan tidak akan menyita waktu lama.

Metode 2 : Mematikan Laptop Memakai Command Prompt.

Mungkin cara yang kedua jarang dilakukan bagi pengguna laptop, karena memang caranya harus masuk terlebih dahulu pada Command Prompt. Akan tetapi, jika keyboard laptop kalian bermasalah terutama pada tombol kombinasi yang sudah dijelaskan di atas. Sebagai alernatifnya, kalian bisa memakai Command Prompt untuk mematikan laptop.

Mematikan laptop dengan memakai CMD sebenarnya sangat mudah, ini ulasannya :

  • Buka aplikasi command prompt yang terdapat pada menu utama. Jika tidak ingin pusing mencarinya,  akses kolom pencarian lalu ketikkan comand prompt.
  • Ada cara lain lagi jika ingin membuka command prompt yaitu melalui apliaksi Run. Caranya yaitu pastikan terlebih dahulu kalian ada di layar utama. Tekan tombol Windows lalu diikuti dengan menekan R. Selanjutnya pada kolom pencarian cukup ketik tulisan CMD. Terakhir enter, sesaat kemudian command prompt akan muncul pada layar laptop.
  • Untuk mematikan laptop melalui command prompt, kalian cukup memberikan perintah berupa syntax agar laptop bisa mati secara otomatis melalui pemrogaman. Adapun tulisan yang perlu di ketik pada comand prompt adalah : shutdown -s.
  • Setelah itu, cukup tekan tombol enter pada keyboard.
  • Seketika itu maka laptop kalian akan melakukan proses shut down melalui command prompt.

Berdasarkan pembahasan cara mematikan laptop dengan keyboad di atas, dapat disimpulkan bahwa ada banyak cara yang bisa kalian coba untuk mematikan laptop hanya memakai keyboard. Silahkan pilih mana cara yang paling mudah dilakukan sesuai dengan kebutuhan kalian. Semoga membantu!

 

Related posts