Cara Beli Yamaha 125ZR Malaysia

Cara Beli Yamaha 125ZR Malaysia

Gimana sih cara beli Yamaha 125zr Malaysia? Motor adalah salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh hampir semua orang. Keutamaan motor adalah penggunanya bisa dengan mudah melewati berbagai medan jalan untuk menuju lokasi tujuan. Tentu saja kendaraan motor berbeda dengan mobil, yang memungkinkanmu harus berkendara di jalan yang lebar. Sementara dengan memakai motor sendiri, Kamu bisa leluasa bermanuver di jalanan sempit sekalipun.

Sekilas Tentang Motor 4 Tak

Di Indonesia, secara umum motor 4 tak atau motor empat langkah adalah motor yang paling banyak digunakan dengan alasan perputaran mesin lebih halus. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan tentang sistem pergerakan pada motor 4 tak di bawah ini :

1. Katup Hisap

Awal mula proses hisap akan bekerja, yaitu ketika katup hisap mulai terbuka. Jika sudah masuk ke dalam kondisi ini maka piston pada motor mulai mengalami pergerakan ke arah bawah. Tujuan gerakan ke bawah terlebih dahulu yaitu untuk membuat tekanan pada silinder sehingga tekanan menjadi rendah. Alhasil udara bisa didapatkan dari pergerakan tersebut dan bahan bakar bisa dengan mudah masuk lewat lubang katup.

Jika keadaan piston sudahd alam posisi TMB (Titik Mati Bawah), dan silinder sudah mulai terisi campuran bahan bakar kemudian udara sudah masuk, maka yang terjadi selanjutnya adalah penyesuaian tekanan di dalam ruang silinder. Jika kondisi mesin penggerak sudah masuk kedalam tahapan ini, selanjutnya akan masuk ke dalam tahapan berikutnya yaitu tahapan kompresi.

2. Tahapan Kompresi

Langkah kompresi bertujaun supaya tekanan paa bahan bakar dan campuran meningkat, karenanya bisa terbakar dengan mudah. Selain itu dapat menghasilkan tenaga yang lebih maksimal/besar. Dalam tahap kompresi akan terjadi beberapa hal berikut :

  • Kedua katup dalam kondisi menutup.
  • Piston bergerak dari posisi TMB (Titik Mati Bawah) ke TMA (Titik Mati Atas).
  • Campuran bahan bakar dan udara dimampankan agar tekanannya meningkat.

3. Pembakaran

Langkah berikutnya adalah proses pembakaran dimana busi yang ada akan dinyalakan ketika piston naik pada titik TMA di tahap sebelumnya. Kemunculan percikan api pada busi dapat mempengaruhi ledakan kecil pada silinder motor dan akan mendorong pergerakan piston secara simultan dari TMA ke TMB dan begitu seterusnya.

4. Pembuangan

Ini adalah langkah terakhir pada proses pembakaran mesin empat langkah. Dimana proses pembuangan terjadi apabila piston sedang berada pada titik TMB lalu katup buang akan dengan mudah terbuka.

Itulah pergerakan empat langkah pada mesin 4 tak, jika kendaraan memakai sistem 2 tak, biasanya yang terjadi hanya dua langkah saja yaitu hisap dan buang. Dimana kedua proses tersebut terjadi secara bersamaan ketika piston bergerak ke bagian bawah.

Mesin Motor 2 Tak

Tidak bisa dpungkiri walaupun mesin 4 tak cukup banyak digunakan oleh masyarakat di tanah air, bukan berarti motor yang mempunyai sistem mesin 2 tak tidak layak untuk di kendarai. Hal ini disebabkan, keunggulan motor mesin 2 tak ini memiliki tarikan yang tinggi dibandingkan dengan mesin 4 tak.

Ada beberapa kelebihan motor yang menggunakan mesin 2 tak, diantaranya :

  • Jumlah komponen untuk mesin 2 tak lebih sedikit jika dibandingkan dengan mesin 4 tak, sehingga biaya perbaikan lebih rendah.
  • Tenaga yang dihasilan dari motor dengan menggunakan mesin 2 tak jauh lebih besar dibandingkan dengan mesin 4 tak.

Dengan melihat kelebihan di atas tentu saja mesin 2 tak bisa di unggulkan terutama untuk medan-medan berat.

Jika Kamu sedang mencari produk motor yang menawarkan spesifikasi mumpuni untuk menemanimu bermanuver ke berbagai medan, maka rekomendasinya adalah motor Yamaha 125zr. Motor ini awalnya dipasarkan di Malaysia dan sudah tersebar hingga ke berbagai negara, dan salah satunya adalah Indonesia.

Spesifikasi Yamaha 125ZR dan Harganya

Yamaha 125ZR adalah motor bermesin 2 tak yang sejak kemunculannya mendapat perhatian lebih dari masyarakat. Bukan tanpa alasanĀ  kenapa Yamaha 125ZR menjadi primadona dalam waktu singkat, mengingat spesifikasi motor Yamaha 125zr ini lebih tinggi disamping spek motor kompetitornya.

Jika dilihat berdasarkan perbandingannya, motor Yamaha 125ZR dengan kapasitas mesin 125cc dengan sistem 2 bahkan tak sebanding dengan motor 4 tak berkapasitas 150cc. Selain itu, power Yamaha 125R adalah 12kw yang jika dibandingkan dengan motor Aerox 155cc powernya hanya 11,3 kw saja.

Untuk lebih jelasnya berikut spesifikasi dari Yamaha 125ZR agar kamu bisa lebih mendalam tahu mengenai motor ini :

  • Kapasitas mesin sebesar 124,3 cc bermesin 2 tak tanpa pendingin udara.
  • Bore x stroke sebesar 53,8 x 54,7 mm.
  • Kompresi mesin sebesar 6,5 :1.
  • Max power sebesar 12 kw pada 7.500 rpm.
  • Max torsi 16.1 nm pada 7.500 rpm.
  • Ignition system menggunakan digital advance magneto tube C.D.I.
  • Sistem pelumasan menggunakan Autolube.
  • Transmisi dengan 6 percepatan.
  • Dimensi motor yaitu 1.900 x 675 x 1.040 mm.
  • Tinggi jok 752 mm.
  • Ground clearance 135 mm.
  • Bobot isi sebesar 106 kg.
  • Sasis menggunakan twin tube frame.
  • Kapasitas tangki BBM sebesar 5.5 liter.
  • Rem depan dan rem belakang menggunakan cakram.

Diatas adalah spesifikasi umum untuk Yamaha 125ZR, jika dilihat dari spesifikasinya tentu motor ini memiliki banyak kelebihan untuk digunakan sehari-hari. Menariknya lagi, motor Yamaha 125ZR termasuk sejenis motor yang bandel dan tidak terlalu banyak menawarkan pergantian.

Yamaha 125ZR Malaysia di banderol dengan harga RM 8.846 atau jika di konversi ke dalam rupiah yaitu Rp. 27.5 juta.

Cara Beli Yamaha 125ZR Malaysia

Cara Beli Yamaha 125ZR Malaysia
Beli Yamaha 125ZR Malaysia

Bagaimana Cara Beli Motor Yamaha 125ZR Malaysia?

Bagi yang berecana ingin membeli motor Yamaha 125ZR, Kamu harus mengikuti tata cara beli Yamaha 125ZR Malaysia dengan mudah, berikut ini :

1. Survey Kendaraan

Lakukan survey terlebih dahulu ke dealer terdekat, jika kamu ingin membeli motor baru maka kamu tidak perlu pusing memikirkan perbandingan harga. Namun jika kamu ingin membeli motor second, maka sebaiknya survey ke beberapa dealer untuk mengetahui perbandingan harga dari motor ini.

2. Cek Kondisi Motor Keseluruhan dan Test Ride

Cara beli Yamaha 125ZR Malaysia selanjutnya adalah mengecek kondisi motor keseluruhan. Hal ini perlu kamu lakukan, agar bisa mengetahui performa motor Yamaha 125ZR, sehingga kamu tidak kecewa jika jadi membelinya. Lakukan review secara umum dengan cara melihat komponen motor dan menanyakan kepada orang yang mengetahui riwayat motor.

3. Kondisi Mesin

Khusus bagi kamu yang akan membeli motor Yamaha 125ZZR second, yang paling utama adalag dengan cek kondisi mesin. Diantaranya adalah cek apakah ada rembesan oli atau tidak, cek busi masih bagus atau tidak, cek riwayat pemakaian oli motor hingga cek aki motor.

Selain itu kelistrikan harus kamu perhatikan seperti starter motor dan lampu motor baik lampu depan maupun lampu belakang apakah berfungsi dengan baik atau ada yang perlu diganti. Cara beli Yamaha 125ZR Malaysia ini sangat penting terutama jika Kamu tertarik membeli motor second.

4. Metode Pembayaran

Ada beberapa cara mengenai pembayaran biasanya tergantung dealer tempatmu membeli motor, bisa dengan kontan atau bisa juga dengan kredit. Pilihlah cara pembayaran yang nyaman menurut kamu.

Demikianlah ulasan terkait langkah-langkah cara beli Yamaha 125ZR Malaysia baru ataupun second yang bisa Kamu lakukan. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts