Cara Upload Podcast di Spotify

Cara Upload Podcast di Spotify

Jika Kamu tertarik menjadi podcaster, tentu harus memahami dan mempelajari cara upload podcast di Spotify. Spotify adalah aplikasi besutan dari Swediea yang sedang populer sekarang ini. Bahkan aplikasi ini disebut-sebut sebagai aplikasi paling banyak dipakai di tahun 2020 dalam mendengarkan podcast. Dengan kata lain, apabila Kamu tertarik menjadi podcaster, maka Spotify bisa menjadi tempat ideal jika ingin mendapatkan lebih banyak pendengar.

Apa Saja Ketentuan File Podcast Spotify?

Sebelum mengunggah podcast yang telah dibuat agar muncul di Spotify, sebaiknya pastikan dulu file audio yang Kamu buat sudah sesuai ketentuan Spotify. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi supaya podcast-mu diterima Spotify :

Read More
  • Ukuran file tiap episodenya maksimal harus sebesar 200MB dalam durasi sekitar 83 menit untuk kualitas 320 Kbps, sedangkan pada kualitas 128 kbps durasinya selama 200 menit.
  • Kualitas audio unggahan harus berbasis ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 Part 3 (MP3) yang kisaran bitrate-nya sekitar 96-320 kbps.
  • RSS podcast wajib memiliki gambar, nama dan setidaknya 1 episode.
  • Adapun maksimal karakter pada judul podcast maupun lainnya yang dibaca pendengar ialah sebanyak 20 karakter.
  • Jika memakai special character berupa *&* atau lainnya, wajib melakukan endoce lebih dulu.

Cara Upload Podcast di Spotify

Cara Upload Podcast di Spotify
Upload Podcast di Spotify

Tutorial Upload Podcast di Spotify

Ada beberapa langkah cara upload podcast di Spotify yang bisa Kamu ikuti panduannya berikut ini :

1. Membuat Akun di Spotify

Jika Kamu yakin ingin mengupload podcast dan telah memenuhi persyaratan dari Spotify, Kamu harus melanjutkan langkah berikutnya dengan membuat akun podcast-mu. Lalu, silahkan buka web Spotify for Podcasters lalu masuk ke akun tersebut.

Jika ingin login atau masuk, tinggal klik “login” di samping kanan pada bagian atas halaman. Spotify otomatis akan menampilkan opsi login, apakah masuk

2. Baca Terms & Conditions dan Setujui Kolom Tersebut

Langkah berikutnya juga tak kalah mudah, namun di sini Kamu harus memahami persyaratan atau ketentuan penting sebelum membuat podcast. Jika sudah login, Kamu akan dibawa ke kolom “agree to our terms and conditions”. Untuk melanjutkan prosesnya, silahkan setujui kolom “terms & conditions” tersebut. Caranya dengan klik “I have read and agree to the terms and conditions”.  Kemudian, tekan tombol bertuliskan “continue”.

3. Menginputkan Link RSS Feed

Pada halaman berikutnya yang ditampilkan pada Spotify ialah “Whats the link to your podcast’s RSS feed?”. Dalam tahapan ini, wajib menginputkan RSS link pada podcast yang ingin ditampilkan di aplikasi Spotify, caranya dengan mengetiknya manual pada kolom yang ada. Kamu bisa memperoleh link tersebut lewat podcast hosting service-mu.

Adapun yang dimaksud dengan podcast RSS feed yaitu URL yang dipakai Spotify dalam mendistribusikan sebuah informasi terbaru. Apabila tanpa memakai RSS feed, maka update podcast episode terbaru harus dilakukan dengan cara manual. Setelah itu, tekan “Next” jika ingin lanjut ke langkah berikutnya.

4. Lakukan Verifikasi Kepemilikan Podcast

Cara upload podcast di Spotify selanjutnya ialah melakukan verifikasi oleh pihak Spotify sebagai bukti bahwa Kamu pemlik dari podcast yang akan diunggah. Spotify biasanya memastikan podcast tersebut memang benar miliki, adapun caranya ialah dengan cara mengirimkan kode tertentu yang dapat ditemukan di inbox masuk emailmu.

5. Inputkan Detail Informasi Podcast

Jika Spotify telah berhasil diverifikasi, langkah berikutnya ialah melengkapi informasi mengenai podcast-mu. Aplikasi Spotify memerlukan informasi mengenai negara tempat podcast dibuat, provider hosting, bahasa yang dipakai, kategori utama serta tambahan. Selain itu, Kamu akan diminta menginputkan 3 subkategori maksimal.

Jadi jangan sampai ada yang salah dalam informasi tersebut. Selanjutnya, tekan “submit” dan Kamu pun akan ditampilkan halaman yang bertuliskan “Nice! We got Your podcast”. Sehingga Kamu hanya perlu menunggu beberapa lama saja agar Spotify mengulas podcast-mu, serta menampilkannya bagi calon pendengar.

Selain memahami cara upload podcast di Spotify seperti di atas, Kamu juga harus mengetahui tips membuat podcast agar muncul di Spotify.

Persiapan Membuat Podcast

Dalam membuat podcast di spotify, Kamu harus mempersiapkan beberapa peralatan, seperti mikrofon, audio interface, digital audio workstation, dan komputer/laptop.

1. Komputer atau Laptop

Kamu pastinya memerlukan komputer atau laptop untuk editing audio yang telah direkam. Dalam hal ini, Kamu dapat mengedit suara, memotong audio dan lain sebagainya.

2. Digital Audio Workstation

Merupakan software yang harus dimiliki di komputer atau PC untuk membantu editing hasil dari rekaman agar hasilnya lebih halus. Perangkat lunak ini bisa diunggah dengan cara gratis.

3. Audio Interface

Di sini Kamu memerlukan audio interface apabila Kamu memutuskan memakai mikrofon analog. Fungsi alat podcast yang satu ini adalah untuk mengubah audio analog ke audio digital.

4. Mikrofon

Mikrofon merupakan alat wajib yang mesti disediakan apabila Kamu ingin membuat konten podcast berkualitas. Kamu bisa memilih mikrofon yang berkualitas bagus supaya hasil suaranya jernih. Tinggal pilih mikrofon analog atau USB.

Tips Membuat Podcast di Spotify

Jika sudah mempersiapkan peralatan tersebut, tinggal ikuti panduan cara membuat podcast di Spotify, berikut ulasannya :

1. Tentukan Topik Bahasan

Hal paling utama dalam pembuatan podcast ialah menentukan topik untuk pembahasan. Silahkan pilih topik bahasan sesuai minat serta pemahaman, dengan begitu Kamu telah menguasai topik yang akan dibahas. Menariknya lagi jika Kamu mengambil topik yang memang belum terlalu banyak diperbincangkan orang lain. Tujuannya agar podcast buatanmu lebih eksklusif.

2. Buat Narasi Serta Alur Pembahasan

Sesudah Kamu menetapkan topik pembahasan, hal yang harus diperhatikan berikutnya untuk menerapkan cara pembuatan podcast lewat Spotify ialah alur pembicaraan atau narasi podcast-mu. Jika Kamu mempersiapkannya sejak awal, narasi tersebut inilah yang nantinya membantu pembahasan supaya tetap dapat berjalan lancar. Namun sebaiknya tidak terlalu fokus untuk membaca narasi. Kamu harus bisa melakukan improvisasi supaya pembicaraan lebih natural.

3. Proses Rekaman Audio

Apabila topik, tema dan narasi telah terkumpul, kini saatnya Kamu melakukan perekaman memakai peralatan yang telah dipersiapkan. Sebaiknya pastikan Kamu harus melakukan perekaman suara dengan keadaan hening. Tujuannya agar mempermudah proses editing. Pastikan pula mikrofonnya telah terhubung pada laptop.

Selanjutnya jika rekaman telah selesai dilakukan, Kamu tinggal melakukan pengecekan kembali dengan mendengarkan hasil rekaman ulang. Apabila terdengar sudah pas, lakukan pengeditan sesuai keinginan. Namun tetap pastikan file-nya kurang dari atau sama dengan 200 MB dan tidak lebih dari itu.

4. Menentukan Host Website

Dalam cara upload podcast di Spotify, pastikan pembuatan podcast harus mempertimbangkan host website. Seperti halnya dalam pembuatan website yang memerlukan web host, tentu saja pembuatan podcast pun memerlukan media host. Tujuannya supaya podcast yang dibuat bisa tersedia dalam jaringan internet berbentuk MP3. Apabila telah mempersiapkan host website, Kamu pun akan memperoleh RSS feed apabila sudah mengunggah podcast.

5. Menentukan Judul, Cover dan Nama Podcast

Langkah berikutnya ialah tentukan nama, judul serta cover podcast. Lalu pastikan namanya maksimal 20 karakter. Kemudian persiapkan gambar yang akan dipakai untuk cover podcast. Pastikan pula logo atau gambar yang digunakan tak mempunyai copyright apapun.

Jika semua tahapan di atas sudah dilakukan, Kamu pun tinggal melakukan cara upload podcast di Spotify. Adapun langkah-langkahnya sudah Kami jelaskan di atas. Bagaimana, mudah kan

 

 

Related posts