Cara Upload Foto ke Google

Jika Kamu ingin fotomu masuk ke Google Search, maka Kamu bisa mencoba cara upload foto ke Google. Perlu Kamu ketahui, ketika melakukan pencarian lewat Google, Kamu seringkali menemukan banyak pilihan gambar. Gambar ini biasanya berasal dari situs web tertentu di Google, lalu ditampilkan ketika pengguna internet sedang browsing atau mencari kata kunci terkait.

Apabila Kamu ingin cepat terkenal di Google, Kamu bisa mencoba cara upload foto ke Google. Dalam menampilkan gambar atau fotomu ke Google Images memang mudah dilangkan. Sementara, untuk mengupload foto di hasil pencarian pada Google Image sendiri tak bisa dilakukan dengan mengunggah foto langsung ke Google.

Read More

Cara Upload Foto ke Google

Cara Upload Foto ke Google
Tutorial Upload Foto ke Google

Tutorial Upload Foto ke Google

Ada beberapa tutorial cara upload foto ke Google yang dapat dilakukan. Kamu tinggal pilih mana tutorial yang paling mudah. Ini dia ulasannya :

1. Upload Foto ke Google Dengan Google Foto

Cara upload foto ke Google pertama ialah memakai platform Google itu sendiri. Dimana platform tersebut ialah Google gambar atau foto yang bisa menyimpan beberapa gambar sekaligus serta dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Namun, foto atau gambar yang diunggah di platform ini tak bisa muncul pada halaman Google. Sebab fungsi Google foto itu sendiri ialah untuk kebutuhan backup. Adapun cara untuk mengunggah foto memakai Google foto, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan persiapkan Google Account-mu lebih dahulu.
  • Setelah itu, buka web “photos.google.com”, jika sudah terbuka ketuk “Buat” lalu pilih “Album”.
  • Silahkan mengisinkan nama album lebih dulu dan ketuk pilihan “Tambahkan Foto”.
  • Tekan “Pilih dari Komputer” kemudian cari gambar atau foto yang akan disimpan di Google Foto.
  • Unggah foto atau gambar yang telah dipilih lalu tunggu sampai selesai prosesnya.
Terkait:  Cara Upload Video di Instagram

2. Upload Foto Lewat Google Drive

Cara upload foto ke Google yang kedua sebenarnya caranya tak jauh berbeda dari proses upload menggunakan Google Foto. Perbedaannya hanya terlihat dari fitur yang ditawarkan yang lebih banyak. Dengan Google Drive, Kamu dapat mengunggah berbagai macam file seperti video, foto, Rar, Zip, document dan lainnya.

Selain itu, Google Drive juga berfungsi untuk kebutuhan backup data. Berikut ada beberapa langkah yang  bisa dilakukan :

  • Langkah pertama, Kamu bisa masuk ke akun Gmailmu lebih dulu.
  • Setelah itu, buka web “drive.google.com”.
  • Selanjutnya ketuk “Baru” atau ketuk ikon “+” di samping kiri atas.
  • Jika sudah, ketuk “Upload File” kemudian cari foto atau gambar yang akan diupload ke Google Drive.
  • Proses unggahan biasanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama, Kamu bisa menunggunya sampai selesai.
  • Jika sudah selesai, selanjutnya foto akan langsung tersimpan di Drive akunmu dan dapat diunduh kembali kapanpun.

3. Upload Foto ke Google Lewat Blog atau Website

Adapun jika Kamu ingin foto atau gambarmu dikenal banyak orang, biasanya Kamu harus mengupload oto ke Google memakai blog atau website. Namun untuk melakukannya, Kamu harus mempunyai website lebih dulu. Jika ingin membuat website, biasanya dibutuhkan biaya yang tak sedikit dengan prosedur yang agak membingungkan bagi pemula.

Walaupun demikian, Kamu tak perlu khawatir sebab tak sedikit platform yang dapat Kamu manfaatkan jika ingin membuat situs web gratis Adapun langkah-langkah untuk membuat website gratisan dan cara upload gambar ke Google, ialah sebagai berikut :

  • Langkah yang perlu dipersiapkan pertama kali ialah akun Google.
  • Selanjutnya masuk ke akun Gmailmu seperti biasa.
  • Silahkan lanjutkan dengan membuka situs “Website” lalu masuk dengan klik “Sign In”.
  • Jika sudah, Kamu tinggal memilih akun yang ingin dipakai dan isikan opsi “Nama Tampilan”, selanjutnya tekan “Lanjutkan”.
  • Dalam pembuatan website atau blog baru, Kamu bisa mengklik opsi “Buat Blog Baru” lalu isikan judul, tema dan alamat situs. Apabila sudah selesai, tinggal klik “Buat Blog”.
  • Cara berikutnya tekan “Entri baru” di bagian atas.
  • Masukkan judul tulisan dan klik “Gambar” di bagian menu.
  • Tekan pilihan “Pilih File” kemudian cari gambar atau foto yang akan diunggah.
  • Lalu untuk menambahkan fotomu dapat memakai pilihan “Add Selected” kemudian pilih “Properties”.
  • Selanjutnya ketikkan nama image atau foto di opsi “Title Text” serta “Alt Text”.
  • Setelah selesai, Kamu tinggal pilih “Publikasikan”, kini fotomu sudah berhasil diunggah ke Google.
Terkait:  Cara Upload Video di Youtube

Bagaimana Caranya Supaya Gambar Muncul di Opsi Penelusuran?

Supaya gambar atau foto yang Kamu unggah sesuai atau relevan dengan keyword yang berkaitan, Kamu pun wajib menyertakan informasi pada foto/gambar tersebut dengan tepat. Contohnya, gambar atau foto yang diupload adalah foto pantai, sehingga informasi yang dapat ditambahkan ialah pemandangan, laut, alias pantai.

Dengan menambahkan informasi yang relevan dan tepat, akan sangat berpengaruh terhadap Google Search Image. Apabila keyword yang Kamu tambahkan kurang tepat, dengan begitu Google tak akan menampilkan foto tersebut. Oleh karena itu, ada beberapa langkah cara supaya gambarmu muncul di penelusuran Google. Berikut ini ulasannya :

1. Title Foto dan Text Pada ALT

Jika ingin meyisipkan foto di halmaan website, biasanya akan menemukan kode HTML berwarna biru dan merah. Supaya foto yang Kamu unggah bisa ditampilkan di hasil pencarian pada Google, dengan begitu ALT dan atribut title pun harus menyesuaikan gambar yang Kamu maksud.

Supaya gambar atau fotomu sering dipampang di Google, alangkah baiknya pemberian alt text dan title text memakai keyword yang relevan dan sering digunakan pengguna internet.

Jika Kamu tertarik menyimpan foto-foto di internet, Kamu tinggal memakai website. Bagi Kamu yang tertarik untuk menyimpan gambar lewat internet, Kamu bisa memakai website. Selanjutnya foto-foto yang diunggah dapat dioptimasi supaya muncul di halaman pertama Google Search.

2. Pemberian Nama File Gambar

Sebelum foto diupload, Kamu tentu saja harus melakukan pengisian nama yang sesuai dengan gambar. Nama yang diberikan tak perlu memakai spasi, Kamu bisa menggantinya menggunakan tanda setrip atau (-). Hal yang harus diperhatikan dalam tahapan ini yaitu nama file harus menyesuaikan gambar atau foto yang dimaksud.

Terkait:  Cara Duplikat Produk Shopee

3. Pastikan Mendukung Gambar dengan Text yang Mendeskripsikan Gambar Tersebut

Contohnya saja, jika foto yang dimasukkan ialah “Tas Kulit Berwarna Biru”, jadi sebaiknya tulisan di sekitar gambar ini harus berkaitan. Maksudnya ialah text yang ditulis harus melibatkan atau menceritakan kata-kata mencakup “warna biru” atau “tas kulit”, bisa juga “tas kulit biru”. Sehingga, peluang foto atau gambar tersebut muncul di halaman pencarian menjadi lebih besar.

Perlu Kamu Tahu!

Gambar yang telah teroptimasi secara maksimal bisa ditemukan dengan mudah di mesin pencari Googleberbentuk tampilan gambar. Hal tersebut sangat cocok bagi netter atau blogger yang sedang menggeluti usaha online yang menjajakan produk berbentuk barang dengan melibatkan gambar atau foto barang terkait. Apabila pengguna internet langsung mengklik foto tersebut, selanjutnya merkea akan dibawa menuju blog atau situs web tempat gambar tersebut dipajang.

Oke, demikian ulasan tentang cara upload foto ke Google agar muncul di Google Search dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

Related posts