Cara Download Play Store yang Hilang

Apa saja cara download Play Store yang hilang? Kok bisa sih Google Play Store nya hilang? Bagimana cara mengembalikan Play Store yang Hilang? Dimana kita bisa mendownload Google Play Store nya kembali?

Jika kita melihat beberapa pertanyaan diatas, tentunya hal ini dialami oleh para pengguna smartphone dengan OS Android, yang mana mereka merasa panik dan juga bingung ketika aplikasi Google Play Store mereka menghilang. Padahal, sebagaimana kita tau, play store sendiri merupakan salah satu layanan penting yang biasanya ada di perangkat Android. Karena, dengan menggunakan play store, kita dapat mendownload beragam aplikasi yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, jika pengguna kehilangan aplikasi Play Store, maka mereka tidak bisa melakukan aktivitas yang berkaitan dengan akun google.

Loh, kenapa Google Play bisa hilang? Bukankah tidak bisa dihapus? Iya, sebenarnya layanan Google Play Store memang merupakan aplikasi system yang tidak bisa di uninstall atau bahkan dihapus. Namun kadang kadang, ada saja pengguna android yang mungkin sudah melakukan root ataupun mengoprek ponsel mereka, tanpa sengaja mengganti tatanan aplikasi sistem, dan menghapus aplikasi play store melalui file manager di root directory mereka.

Jika hal ini terjadi, mungkin saja icon dari play store masih akan muncul dan bisa kamu lihat di daftar list aplikasi kalian. Namun ketika dibuka, maka akan muncul pop up ‘this app has force close’ atau ‘google play menutup sendiri’. Nah, oleh karena itu, jika hal ini terjadi maka kita harus segera mencari solusi, agar bisa kembali menggunakan layanan play store seperti biasa.

Nah adapun cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan kembali menginstall play store yang sebelumnya hilang. Dan untuk cara download play store yang hilang ini, tidaklah sulit kok. Ada beberapa cara yang bisa kamu pakai, seperti

Cara Download Play Store yang Hilang

Cara Download Play Store yang Hilang
Download Play Store yang Hilang

Cara Download Google Play yang Hilang lewat ApkPure

Cara pertama adalah, kita akan mendownload kembali play store yang hilang tadi, dengan bantuan situs ApkPure. Sebagaimana kita tau, situs ApkPure sendiri memang menyediakan beragam aplikasi untuk pengguan android. Nah selain itu, di ApkPure ini, kita juga bisa kok mendownload kembali Google Play yang hilang pada perangkat kita. Dengan cara

  • Buka situs apkpure.com dari segala macam perangkat, bisa HP, komputer, atau laptop
  • Kemudian, klik pada kolom pencarian, dan ketikkan kata kunci ‘Google Play Store’ dan tekan Enter
  • Setelah itu, kamu akan melihat aplikasi Google Play Store. Pastikan Developernya adalah ‘Google LLC’ ya
  • Lalu, klik pada Google Play Store tersebut, lalu klik tombol ‘DOWNLOAD APK’
  • Terakhir, kamu tinggal menunggu beberapa saat (hitungan detik) dan pengunduhan akan dimulai secara otomatis.

Nah, setelah prosess downloadnya selesai, maka kamu tinggal menginstall aplikasi tersebut seperti biasa, dan kemudian setelah installasi nya selesai kamu tinggal me-restart ponsel kalian, dan kemudian login seperti biasa dengan menggunakan akun gmail kalian masing masing.

Cara Download Google Play yang Hilang lewat OpenGapps

Cara kedua yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan situs OpenGapps. Berbeda dengan ApkPure yang mana meyediakan file apk, OpenGapps akan memberikan kamu file dengan format .zip yang mana didalamnya sudah sangat lengkap dengan aplikasi dari Google termasuk juga Google Play Store. Caranya adalah

  • Kunjungi situs OpenGapps di opengapps.org melalui browser di komputer kamu agar lebih mudah ketika mendownload
  • Setelah itu, tak perlu menunggu lama, disini kamu akan diminta untuk memilih detail dari Gapps yang akan kamu pakai, seperti
    • Platform (ARM, ARM64, x86, dan x86_64)
    • Versi Android (5.0 s/d 10)
    • Variant (aroma, super, stock, dll)
  • Nah, jika kamu merasa bingung untuk memilih Gapps apa yang cocok untuk androidmu, maka kamu bisa mengaksessnya terlebih dahulu melalui ponsel (untuk mencocokkan secara otomatis) dan barulah kemudian membukanya di komputer
  • Setelah itu, klik pada icon panah kebawah atau Download, dan secara otomatis unduhan akan dimulai
  • Lalu, pindahkan file .zip yang sudah didownload tadi kedalam internal storage pada ponsel kalian
  • Selanjutnya, matikan ponsel kalian dan masuk kedalam mode TWRP dengan menekan tombol Power + Volume Up
  • Setelah itu, ketika masuk di TWRP, pilih pada Install > dan pilih file .zip dari Gapps tadi
  • Terakhir, Swipe to Install, dan tunggu prosessnya selesai, lalu pilih reboot to system.

Nah, opengapps ini sebenarnya dikhususkan untuk pengguna yang sudah melakukan root, atau belum root namun sudah menginstall TWRP pada ponsel mereka. Walaupun terlihat sulit, tapi dengan file .zip dari opengapps ini, teman teman akan mendapatkan semua aplikasi dari Google, secara lengkap.

Oleh karena itu, jika kamu ingin menggunakan cara kedua ini, pastikan terlebih dahulu kamu sudah melakukan root dan juga menginstall TWRP. Kamu bisa mencari informasi seputar cara root dan install TWRP di google sesuai dengan versi ponsel kalian.

Namun perlu diketahui dulu ya, ketika kalian sudah melakukan ROOT, maka garansi dari ponsel kalian sudah tidak lagi berlaku. Jadi, cara kedua ini sebenarnya sangat ber-resiko untuk pengguna ponsel yang tidak mengerti caranya. Namun untuk para opreker, cara ini sangat membantu mereka terlebih ketika akan mengganti custom rom yang tidak include dengan layanan Google Apps.

Cara Download Google Play yang Hilang lewat Reset Pabrik

Langkah terakhir adalah, jika mungkin hilangnya aplikasi Google Play dikarenakan kesalahan atau mungkin tak sengaja teruninstall karena aplikasi untuk menghapus file system, maka kamu bisa melakukan reset pabrik atau factory reset. Cara ini menurut kami merupakan cara terbaik. Sebab, ketika kamu melakukan reset pabrik, maka secara otomatis file rom dari ponsel tersebut akan ter-recovery kembali seperti biasa.

Namun untuk melakukan reset pabrik sendiri tentunya akan berbeda cara di tiap perangkatnya. Oleh karena itu, kamu harus tau lebih dulu, bagaimana cara melakukan reset pabrik untuk jenis ponsel yang kamu gunakan. Dan jangan lupa, walaupun reset pabrik memang tidak menghapus semua data yang ada di penyimpanan, namun tetap saja tak ada salahnya untuk melakukan backup data terlebih dahulu.

Nah, ada juga hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan sebelum melakukan reset pabrik. Jika kamu adalah pengguan smartphone dengan jenis xiaomi, pastikan dulu kamu mengingat data login untuk mi account kalian. Sebab, apabila kalian tidak mengetahuinya, maka hal ini bisa menjadi masalah ketika pengguna selesai melakukan reset pabrik, dan harus masuk kedalam perangkat mereka dengan menggunakan akun MI.

Nah, itulah tadi beberapa cara download Google Play yang hilang, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi