Cara Cek Penerima PKH

Kementrian Sosial (Kemensos), akhir tahun ini kembali memberikan program BLT (Bantuan Langsung Tunai) untuk masyarakat yang tergolong ke dalam kelompok penerima bantuan PKH (Program Keluarga Harapan. Lalu, bagaimana cara cek penerima PKH itu sendiri?

Sebelum membahas tentang pengecekan penerima PKH, sebaiknya kita bahas terlebih dahulu tentang PKH. Apa itu PKH? PKH adalah singkatan dari Program Keluarga Harapan, yakni program perlindungan sosial dengan memberikan bantuan berupa uang tunai untuk golongan RTSM (Rumah Tangga Sangat Miskin). Adapun tujuan diadakannya program ini ialah sebagai upaya untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan.

PKH ikut membuka akses bagi keluarga miskin, khususnya untuk anak-anak dan ibu hamil dalam memanfaatkan fasilitas-fasilitas pendidikan (fasdik) dan fasilitas unit layanan kesehatan (faskes) yang telah tersedia di lingkungan masyarakat.

Jadi, tujuan dibentuknya Program ini ialah guna menekan angka kemiskinan sekaligus memjutus rantainya di antar generasi, mengubah perilaku kurang mendukung dalam hal peningkatan kesejahteraan dan meningkatan kualitas SDM.

Cara Cek Penerima PKH

Cara Cek Penerima PKH
Mengecek Penerima Bantuan PKH

Mengecek Penerima Bantuan PKH

1. Cek Penerima PKH Melalui Web Resmi Kemensos

Cara cek penerima PKH yang pertama ialah bisa dilakukan melalui web resmi dari Kemensos. Mengecek penerima bantuan PKH lewat situs ini bisa dilakukan dengan cara memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada KTP.

Sementara persyaratan yang wajib Kamu penuhi untuk menerima bantuan BLT PKH ialah sebagai berikut : mempunyai usaha, anggota KPM PKH yang sudah digraduasi, dan masyarakat rentan miskin atau miskin.

Selain itu berdasarkan laman Kemensos, ada beberapa macam usaha yang akan mendapatkan bantuan BLT PKH, diantaranya ialah usaha kuliner, usaha kelontong, pertanian dan peternak, penjahit, dan pedagang.

Selain menerima bantuan PKH senilai Rp. 3,5 juta, masyarakat akan didampingi pendamping PKH secara langsung untuk membantu merintisnya. Selain itu, sebagai informasi bahwa bantuan BLT PKH Rp. 3,5 juta ini adalah berbentuk bantuan modal bisnis untuk program reguler kemensos.

Dimana bantuan tersebut nantinya diberikan kepada sebanyak 10.000 masyarakat yang tergolong ke dalam kelompok PKH graduasi serta mempunyai rintisan usaha yang terdampak pandemi.

2. Cek Penerima Bantuan PKH

Cek penerima bantuan PKH juga dapat dilakukan lewat aplikasi pihak ketiga bernama Cara Cek Dana untuk program keluarga harapan. Kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store.

Jadi, bagi Kamu yang terdaftar menjadi anggota atua peserta penerima bantuan PKH, aplikasi Cara Cek Dana tentu saja berguna. Aplikasi ini menyediakan layanan cara cek penerima PKH yang Kamu dapatkan menggunakan panduan ter-update dan terkini, sehingga dijelaskan tahap demi tahapnya dengan mudah.

Adapun caranya yaitu Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Cara Cek Dana di perangkat HPmu, kemudian lakukan pendaftaran di sana dan ikuti petunjuk untuk mengecek penerima bantuan PKH di aplikasi tersebut.

Mengecek Saldo dan Pencairan PKH

1. Cek Saldo dan Pencairan PKH di BriLink

PKH termasuk salah satu bentuk dari mekanisme bantuan dana sosial yang awalnya dilakukan secara tunai. Namun kini dengan adanya Kartu Keluarga Sejahtera, maka bantuan disalurkan melalui metode non tunai. Nah, setelah Kamu mengecek penerima bantuan PKH di atas dan namamu atau nama salah satu anggota keluargamu tertera dalam daftar penerima bantuan PKH, maka bisa dialnjutkan dengan mengecek pencairan PKH.

Sebenarnya untuk penarikan  dana bantuan lewat Kartu Keluarga Sejahtera sendiri dapat dilakukan melalui Agen BRILink memakai mesin EDC. Penarikan uang KKS di Agen BRILink sebenarnya sama seperti penarikan uang pada kartu ATM umumnya, tapi sebelum Kamu melakukan penarikan, sebaiknya cek terlebih dahulu saldo dari kartu PKH KKS.

Metode ini dilakukan hanya bagi Kamu yang sudah menerima kartu PKH KKS. Berikut ulasan cara cek saldo penerima bantuan PKH di agen BRILink, diantaranya :

  • Persiapkan kartu PKH KKS terlebih dahulu.
  • Silahkan pilih “Mini ATM”.
  • Lalu pilih menu “Informasi” dan “Informasi Saldo”.
  • Setelah itu akan muncul instruksi “Please Swipe Customer Card!”.
  • Selanjutnya gesekkan kartu PKH KKS-mu.
  • Inputkan nomor PIN dan minta pemilik memasukkan nomor PIN.
  • Lalu tekan enter.
  • Connecting, dan tunggu sampai saldo terakhir KKS muncul.
  • Lalu tekan enter jika ingin mencetak struk saldo KKS.

2. Cek Saldo dan Pencairan PKH Tunai di Bank BNI

Jika kartu PKH KKS yang Kamu miliki dari bank BNI, maka Kamu tetap bisa melakukan tarik tunai di BRILink. Hanya saja, menu yang dipakai di mesin EDC berebda dari cara tarik tunai untuk pengguna PKH KKS bank BRI. Fitur atau menu yang dipakai untuk melakukan tarik tunai KKS BNI ialah Transaksi Bank Lain di menu “Mini ATM” lalu pilih “Transfer” selanjutnya pilih “Antar Bank”.

Kamu harus tahu bahwa di mesin EDC Brilink sebenarnya tidak memiliki menu khusus untuk tarik tunai di ATM Bank Lain, jadi menu yang digunakan ialah menu transfer antar bank.

Penerima Manfaat PKH dan Mekanisme Pembayarannya

Sebenarnya sasaran dari Program Keluarga Harapan yang awalnya Rumah Tangga ini menjadi Keluarga. Tujuan dari perubahan tersebut ialah guna mengakomodasi prinsip dari keluarga itu sendiri, yakni 1 orang tua dengan tanggung jawab besar terhadap kesehatan, pendidikan, masa depan dan kesejahteraan anak. Dengan begitu, keluarga sebagai unit relevan dalam peningkatan kualitas SDM untuk memutus garis kemiskinan yang terjadi antar generasi.

Bantuan dana sosial PKH diberikan bagi perempuan dewasaatau ibu yang disebut sebagai Pengurus Keluarga. Dana yang diberikan untuk pengurus keluarga dirasa lebih efektif dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan. Jika tidak ada wanita dewasa di dalam anggota keluarga, maka akan digantikan oleh kepala keluarga.

Hak dan Kewajiban dari Peserta PKH

Adapun hak yang diterima peserta PKH, ialah diantaranya :

  • Menerima bantuan dana tunai.
  • Mendapatkan pelayanan fasiltias kesehatan (untuk ibu dan anak-anak/bayi) di Posyandu, Puskesmas, Pollindes sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
  • Mendapatkan pelayanan pendidikan.

Di samping itu, para peserta PKH harus memenuhi persyaratan terhadap aktivitas pendidikan anak serta kesehatan keluarga.

Selain itu, perbedaan komposisi pada anggota keluarga kepesertaan Program Keluarga Harapan menjadikan dana bantuan yang akan diterima oleh peserta PKH bervariasi, entah itu per tahun ataupun per triwulan, sesuai komposisi dari anggota keluarga. Jika peserta PKH tak memenunhi kewajiban dalam kepesertaan mereka selama 3 bulan, maka akan dilakukan pengurangan dana bantuan tunai. Biasanya pemotongan akan dikenakan secara langsung dari total bantuan dalam periode tersebut.

Sebenarnya penggunaan bantuan PKH tidak diatur, namun diprioritaskan bagi pendidikan maupun kesehatan. Pemanfaatan bantuan PKH tidak diperbolehkan bagi hal-hal yang merugikan, baik itu untuk judi, minuman keras, rokok dan lain sebagainya. Dana bantuan tersebut nantinya akan dievaluasi serta disesuaikan dengan kemampuan perekonomian negara.

Nah, itulah ulasan tentang cara cek penerima PKH, pencairan dana PKH dan persyaratan penerima bantuan PKH itu sendiri. Semoga bemanfaat!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019