Cara Ganti Nomor Grab

Bagaimana cara ganti nomor grab? Kenapa kita harus mengganti nomor grab? Apakah ada persyaratan khusus dan juga verifikasi yang harus dilakukan ketika kita ingin mengganti nomor grab? Apa saja langkah-langkahnya?

Berbicara tentang grab, mungkin sebagian dari kita sudah tak lagi asing dengan salah satu aplikasi layanan transportasi online yang satu ini.

Aplikasi yang berasal dari negara Singapura ini, sukses dan berhasil masuk kedalam Indonesia untuk memenuhi kebutuhan para pengguna dari segi transportasi dan kebutuhan lainnya.

Sebagaimana kita tahu saat ini kita mengenal dua aplikator transportasi online yang cukup populer, yakni gojek dan juga grab. Nah keduanya sama-sama memiliki layanan yang dapat membantu pengguna untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Kita bisa melakukan pemesanan untuk aktivitas berangkat dan pulang pergi kerja melalui grab bike ataupun grab car, melakukan pembelian makanan secara online melalui grab food, ataupun mengirim barang dengan menggunakan layanan grab Express.

Dengan begitu tentunya pengguna tak lagi harus bingung ketika mereka ingin berangkat kerja namun tidak memiliki kendaraan, atau lapar dikala tengah malam melanda, dan juga mereka tidak perlu keluar rumah ketika ingin mengirim barang ke suatu tempat.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan layanan grab, hanya dengan menginstal aplikasinya baik di perangkat smartphone Android ataupun iOS. Untuk cara pendaftarannya pun juga tidak terlalu sulit kok.

Karena di sini kamu bisa menggunakan email, nomor telepon, ataupun dengan menggunakan akun sosial media lainnya.

Walaupun begitu kamu tetap saja harus melengkapi profil, dan juga menggunakan nomor telepon yang aktif agar bisa terhubung dengan layanan dompet digital OVO, yang memang bekerjasama dengan grab.

Karena sebagaimana kita tahu, selain menggunakan pembayaran dengan metode cash atau uang tunai, kita juga bisa melakukan pembayaran grab dengan Ovo melalui top up saldo Ovo terlebih dahulu.

Oleh sebab itu kamu sangat disarankan untuk menggunakan nomor yang aktif ataupun memang masih berlaku, udah kan ketika kamu menggunakan layanan dari grab, ataupun melakukan pembayaran dengan menggunakan Ovo.

Tetapi jika mungkin kamu mengalami kendala pada nomor telepon yang kamu gunakan, mengikuti cara ganti nomor grab agar nomor lama yang terdaftar bisa kamu ganti dengan nomor yang aktif atau yang paling baru. Caranya juga gampang banget kok.

Cara Ganti Nomor Grab

Cara Ganti Nomor Grab
Ganti Nomor Grab

Cara Ganti Nomor Grab lewat Aplikasi (penumpang)

Untuk cara pertama kamu bisa mengganti nomor grab, melalui aplikasi grab itu sendiri. Namun aplikasi yang dimaksud disini adalah Ovo dan juga grab. Karena nomor telepon yang terdaftar di grab juga akan digunakan sebagai nomor telepon yang ada di Ovo.

Jika ternyata nomor ovo dan juga nomor geraknya berbeda, maka kamu tidak akan bisa menggunakan metode pembayaran Ovo ketika menggunakan layanan dari grab. Oleh karena itu, ganti nomor telepon di grab bisa mengikuti langkah-langkahnya bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut.

  • Download terlebih dahulu Aplikasi OVO di ponsel kalian
  • Setelah itu, silahkan login dengan menggunakan nomor ponsel yang sebelumnya sudah terdaftar
  • Kemudian, tekan pada tombol profil dari Aplikasi OVO, dan klik pada Edit Profil
  • Lalu, kamu bisa scroll kebawah dan mengganti nomor telpon sebelumnya dengan nomor telpon yang baru
  • Kemudian, kalian bisa mengklik pada tombol simpan, dan nantinya kamu akan menerima kode otp di nomor baru yang kamu masukkan tadi

Sampai sini, kamu sudah berhasil untuk mengganti nomor OVO, maka selanjutnya kita bisa langsung membuka Aplikasi GRAB, dan melakukan pembaruan nomor, seperti yang sama dengan di Aplikasi OVO. Caranya juga gak jauh berbeda kok.

  • Buka Aplikasi GRAB (penumpang) yang ada di smartphone kalian
  • Kemudian, klik pada menu ‘Akun’ yang ada dibagian pojok kanan bawah Aplikasi grab
  • Lalu klik pada tombol ‘edit profil’ dan kemudian kamu bisa mengganti nomor lama yang ada di grab, sesuai dengan nomor baru yang sudah diperbarui di Aplikasi OVO tadi
  • Setelah itu, klik pada tombol ‘simpan’ dan kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang mana dikirimkan ke nomormu yang baru
  • Jika sudah memasukkan kode OTP, maka kamu bisa mengklik pada menu ‘pembayaran’ di Aplikasi Grab
  • Dan terakhir, kamu tinggal mengklik pada tombol ‘AKTIFKAN SEKARANG’ agar nomor ponsel barumu bisa digunakan untuk melakukan top up OVO, ataupun melakukan pembayaran dengan menggunakan OVO.

Cara ini bisa dilakukan baik pada perangkat Android ataupun iOS. Dan untuk caranya juga gak jauh berbeda kok. Karena memang, dari pihak grab sendiri menyarankan jika kamu ingin mengganti nomor ponsel pada grab, maka kamu harus terlebih dahulu melakukan pengubahan nomor pada Aplikasi OVO.

Cara Ganti Nomor Grab untuk Driver

Kemudian, untuk para driver grab yang mungkin ingin mengganti nomor ponsel nya, mereka juga bisa melakukannya dengan cara yang sangat mudah, melalui Aplikasi Grab Driver. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Download terlebih dahulu Aplikasi Grab Driver dan login dengan menggunakan email terdaftar
  • Kemudian, kamu bisa mengklik pada tombol ‘lainnya’ yang ada dibagian pojok kanan bawah Aplikasi
  • Lalu, klik pada bagian profile dari Aplikasi grab driver kalian
  • Setelah itu, klik pada tombol pengaturan atau yang bergambar icon pensil, dan klik kembali pada nama di tab ‘Akun’
  • Nantinya kamu bisa menemukan opsi ‘nomor telpon’ dan kamu bisa mengklik pada opsi tersebut untuk memperbarui nomor telpon
  • Terakhir, masukkan nomor telpon baru kamu dan nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor barumu.

Sama seperti cara sebelumnya atau untuk penumpang, nomor telpon yang didaftarkan disini juga nantinya akan terhubung dengan akun OVO kalian. Jadi, semisal driver ingin mengganti nomor telpon mereka, maka jumlah saldo OVO cash yang mereka miliki akan menyesuaikan dengan nomor telpon baru jika memiliki saldo OVO didalamnya. Selain itu, nomor telpon ini juga sangat berpengaruh ketika driver ingin melakukan withdraw dari saldo dompet tunai, ke dalam OVO mereka. Maka dari itu, pastikan kamu menggunakan nomor yang benar, dan sudah didaftarkan ke OVO ya.

Dan untuk para driver, nomor baru ini juga berfungsi agar customer atau penumpang grab bisa menghubungi driver melalui nomor yang sudah diperbarui. Jika mungkin kamu mengalami masalah pada saat melakukan penggantian nomor telpon di Aplikasi Grab untuk penumpang atau Driver, kamu bisa menggunakan menu bantuan dari Aplikasi, agar nomormu bisa digunakan pada Aplikasi Grab.

Sebagai penutup, itulah tadi beberapa cara ganti nomor grab baik untuk customer ataupun driver. Silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah. Semoga artikel ini bisa menjadi refernsi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi