[Updated] Cara Record Google Meet

Cara Record Google Meet

WIGATOS.com | Temukan kemudahan dalam mengulas informasi dari hasil meeting kamu dengan cara record Google Meet. Karena dengan begitu, kamu jadi lebih leluasa dalam memahami materi yang telah disampaikan selama mengadakan pertemuan online tersebut. Alhasil, tidak hanya kamu yang dapat menikmati jalannya pertemuan. Orang lain pun bisa ikut merasakan atmosfer meet.

Meet atau pertemuan yang dimaksudkan disini, tidak hanya berlaku untuk kegiatan rapat saja. Kamu yang sekedar ingin bersilahturahmi atau membangun relasi bersama orang baru dengan memanfaatkan sambungan video call atau suara dari aplikasi Google Meet pun bisa banget! Buktinya saja, pihak Google telah memberikan durasi selama 60 menit secara gratis.

Read More

Google Meet dan Keunggulannya

Aplikasi Google Meet sendiri dapat dinikmati oleh setiap kalangan tanpa batas. Tapi, dengan syarat harus memiliki akun email terlebih dahulu. Selebihnya, dapat kamu nikmati melalui akses via website atau lewat aplikasinya secara langsung. Semua yang kamu butuhkan untuk bisa melangsungkan sebuah konferensi atau meeting online tersedia di Google Meet.

Maka dari itu, sebelum kamu mengoperasikan aplikasi keren satu ini kamu harus tahu dahulu apa saja yang menjadi keunggulan dari Gmeet. Biar semakin optimal dalam penggunaannya!

  • Mengirimkan dokumen atau file selama pertemuan online berlangsung
  • Melakukan chat lewat aplikasi Gmail dengan tampilan Gmeet yang berjalan di latar belakang
  • Membalas pertanyaan yang diajukan secara real time saat ada yang menggunakan fitur raise hand
  • Menonaktifkan kamera kapanpun disaat pertemuan masih berjalan
  • Membagikan layar perangkat ke para peserta pertemua melalui fitur share screen
  • Menyimpan catatan penting selama pertemuan online di Google Keep

Eits, masih banyak lagi keunggulan yang belum disebutkan. Kamu bisa langsung merasakan hal tersebut sendiri saat mengaplikasikan Gmeet untuk melangsungkan pertemuan online. So, untuk pembahasan berikutnya kita akan cari tahu cara record Google Meet. Biar lebih afdol.

Cara Record Google Meet

Cara Record Google Meet
Cara Record Google Meet

Cara record Google Meet tanpa menggunakan aplikasi bantuan screen recorder di perangkat kesayanganmu. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  1. Awali dengan bergabung ke room meet yang telah kamu terima dari undangan
  2. Pilih Aktivitas yang posisinya ada di bagian bawah kanan layar
  3. Klik opsi Perekaman
  4. Pilih tombol Mulai Merekam
  5. Pada laman berikutnya, pilih Mulai
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses perekaman mulai secara otomatis
  7. Setelah dirasa cukup untuk merekam, silahkan pilih Aktivitas > klik Perekaman
  8. Pilih Berhenti Merekam
  9. Ulangi pilih Berhenti Merekam pada laman tersebut

Tidak ada batasan waktu untuk kamu yang ingin merekam keseluruhan acara pertemuan. Hal ini, tentu sangat membantu peserta lain yang belum sempat ikut serta menghadiri pertemuan. Lantas, bagaimana kalau Google Meet-nya dibuka lewat HP?

Cara Record Google Meet di HP

Berikut cara record Google Meet di HP buat kamu kaum mageran atau si penyuka praktis di setiap kegiatannya. Sebagai pengingat dini, hindari menyalakan fitur kameranya ketika kamu sedang membuka rapat di dalam kamar mandi atau ketika melakukan suatu hal yang bersifat privacy. Karena, dikhawatirkan pertemuan tersebut sudah dirancang untuk direkam dari awal.

  1. Klik aplikasi Google Meet di HP
  2. Pilih Join Meeting dan tunggu sampai kamu diterima untuk bergabung
  3. Pilih ikon segitiga, kotak & lingkaran yang mewakili menu Aktivitas
  4. Kemudian pilih Rekaman Aktivitas
  5. Pilih opsi Mulai Merekam
  6. Pada laman pop-up windows, klik tombol Mulai
  7. Rekman dimulai dengan ditandai adanya notifikasi bertulisan Rec selama rapat berlangsung

Nanti, hasil rekamanan Google Meet tersebut secara otomatis akan tersimpan di dalam folder Google Drive milikmu. Kamu bisa mengunduhnya dan menyimpan di memori HP untuk permudah membagikan hasil rekaman atau sekedar memutar ulang tanpa harus terkoneksi ke internet terlebih dahulu.

Cara Record Google Meet di iPhone

Selanjutnya, masih berkutat dengan pembahasan cara record Google Meet. Tapi bedanya, kali ini kita akan membahas kalau dibuka lewat iPhone. Kalau sebelumnya anggaplah kamu pakai Android atau Windows. Berbeda dengan sistem operasi iOS. Begini step by step untuk record di Google Meet.

  1. Pastikan kamu mendapatkan izin dari pihak admin untuk bergabung rapat
  2. Minta izin kembali ke admin untuk bisa merekam proses berjalannya meeting
  3. Gunakan bantuan aplikasi eksternal apabila fitur rekam layar Google Meet tidak dapat diaktifkan
  4. Aktifkan semua fitur utama seperti panel layar, mikrofon, serta kamera
  5. Hentikan rekaman layar apabila rapat telah usai

Untuk merekam layar di iPhone, kamu cukup buka menu Pengaturan dan pilih Pusat Kontrol. Setelah itu, klik pada tomol + yang terdapat di samping tulisan Perekaman Layar. Ketuk ikon bulat berwarna abu-abu untuk memulai rekaman. Apabila ingin menghentikan record, kamu cukup menekan tombol rekam yang berwarna merah sampai statusnya berhenti.

Cara Record Google Meet di Laptop

Sedangkan untuk cara record Google Meet di laptop juga tidak jauh berbeda seperti yang ada di penjelasan atas. Apalagi, ruang gerak kamu dalam mengoperasikan Gmeet jadi lebih bebas dan leluasa. So, tunggu apalagi? Yuk, segera praktekan caranya dengan mengikuti instruksi di bawah ini:

  1. Masuk ke Google Meet dengan akun Gmail
  2. Join meeting dengan menggunakan link atau kode undangan yang telah kamu terima
  3. Saat video pertemuan mulai berlangsung, lihat tombol kea rah bawah, lalu pilih Activities
  4. Pilih tombol Start Recording setelahnya
  5. Saat rekaman mulai berjalan, partisipan atau peserta lain akan mengetahui hal tersebut
  6. Pilih Stop Recording apabil kamu ingin mengakhiri proses rekaman

Akan tetapi, hasil rekaman video pertemuan di Google Meet tersebut akan tersimpan secara otomatis di dalam akun Google Drive milik penyelenggara rapat. Maka dari itu, pastikan juga kamu memiliki izin dari pihak administrator sebelum memulai proses rekaman. Atau bisa loh dengan meminta host saja yang mengaktifkan dan membagikannya ke para peserta lain.

Cara Record Google Meet di Macbook

Karena sebelumnya kita membahas laptop dengan OS Windows, kurang lengkap rasanya nih kalau belum mengikusertakan iOS. Apalagi, kalau cara record Google Meet di Macbook yang akan kita bahas selanjutnya ini dapat menjadi informasi pelengkap buat kamu-kamu yang ada di kalangan pengguna produk Apple garis keras. Berikut penuturan selengkapnya:

  1. Langsung bergabung ke room meeting di Google Meet
  2. Tekan ketiga tombol berikut dalam satu waktu: Shift + Command + 5
  3. Muncul kontrol panel utuk merekam layar secara keseluruhan atau hanya bagian terpilih saja
  4. Pilih QuickTime Player, lalu lanjut klik File
  5. Klik Rekaman layar baru
  6. Pilih pnah yang terdapat di sisi ikon tombol Rekam untuk mengatur ulang perekaman
  7. Mulai Rekam dengan klik ikon bulat titik merah
  8. Jika ingin berhenti, tinggal klik ikon Stop atau tekan bersamaan Command + Control + Esc

Pada poin nomor 7, apabila kamu ingin merekam keseluruhan isi yang muncul di layar Mac. Maka, klik dimana saja ruang yang terdapat di layar tersebut. Sedangkan kalau kamu hanya ingin merekam sebagian, seret kursor ke area yang hanya hendak direkam. Kemudian, kamu klik tombol Mulai Rekam di bagian area tersebut.

Tahukan sekarang cara record Google Meet ternyata semudah itu? Biar kamu makin cerdas, jangan sampai ketinggalan juga nih, informasi cara record telefon di iPhone di pertemuan kita selanjutnya. Bye!

 

Related posts