Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit

Bagaimana cara tarik tunai kartu kredit BCA? Kartu kredit BCA adalah salah satu fasilitas yang ditawarkan bank BCA, dimana nasabah bisa menggunakannya untuk mengambil uang cash dengan mudah. Bahkan dalam waktu yang sangat singkat ketika ada keperluan yang mendesak.

Keunggulan dari kartu kredit BCA adalah Kamu bisa melakukan kredit kapanpun asalkan limit kartu kredit masih utuh. Kartu kredit BCA bisa menjadi solusi saat saldo kartu debit atau ATM-mu sudah menipis.

Read More

Kamu biasa melakukan tarik tunai dari kartu kredit BCA di mesin ATM BCA erdekat berdasarkan limit yang kamu miliki. Namun syaratnya, jika kamu ingin menarik sejumlah uang lewat mesin atm, maka maksimal uang yang bisa kamu ambil adalah 40 % dari limit kartu kredit milikmu.

Akan tetapi, kelemahannya ialah jika kamu secara terus menerus melakukan tarik tunai dari kartu kredit BCA, maka pengeluaranmu otomatis langsung tertarik sistem untuk menutupi kartu kredit. Oleh karena itu, Kamu sebaiknya bijak menggunakan kartu kredit BCA-mu.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Kehadiran kartu kredit memang bagai pedang bermata dua, yang artinya jika kita tidak bisa bijak memanfaatkannya justru bisa memberikan dampak yang merugikan. Dengan demikian, lebih baik Kamu bijak mengontrol keuangan memakai kartu kredit dnegan benar.

Sebelum kita membahas cara tarik tunai kartu kredit BCA, Kamu harus tahu beberapa hal yang wajib diperhatikan saat melakukan tarik tunai kartu kredit BCA. Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar melakukan tarik tunai kartu kredit BCA bisa kamu kontrol dengan baik :

1. Setiap Penarikan Tunai Kartu Kredit BCA Dikenakan Biaya Admin 4%

Perlu kamu ketahui, bahwa setiap bank menawarkan jumlah persentase biaya admin yang harus dibebankan kepada nasabah. Dalam kasus ini, bagi nasabah BCA yang menggunakan kartu kredit, maka beban adminnya adalah 4 % dari jumlah tarik tunai yang kamu lakukan. Semakin besar tarik tunai melalui kartu kredit BCA, tentu saja akan semakin besar pula biaya admin yang harus kamu bayar.

2. Ketentuan Limit Kartu Kredit BCA

Misalnya kamu memiliki limit kartu kredit bca sebesar Rp. 50.000.000, buka berarti kamu bisa mengambil limit secara keseluruhan. Yang harus kamu ketahui bahwa kamu hanya bisa menarik sebesar 40 % dari limit kartu kredit. Sehingga jika kamu memiliki limit Rp. 50.000.000 maka kamu hanya bisa tarik tunai hanya Rp. 20.000.000 saja.

Kebijakan terbaru dari manajemen bca terkait limit bca yang dikeluarkan tahun 2020 adalah bca memberlakukan limit tarik tunai hanya 20 % saja dari limit kartu yang ada. Dan nominal uang yang bisa kamu tarik dari kartu kredit sebesar RP. 100.000.

3. Tarik Tunai Dilakukan di Mesin ATM BCA

Tarik tunai kartu kredit bisa kamu lakukan di mesin atm khusus atm bca saja, oleh karena itu kamu jangan asal masuk atm hanya ingin segera tarik tunai kartu kredit bca.

4. Pembebanan Biaya dan Bunga Setelah Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Salah satu kelemahan dari tarik tunai kartu kredit BCA adalah selain kamu dibebankan oleh biaya admin saat transaksi tarik tunai, kamu juga akan dibebankan membayar bunga sesuai jumlah yang ditarik. Sehingga jika tidak terlalu penting lebih baik jangan dulu menggunakan kartu kredit. Anggap saja kartu kredit adalah jalan terakhir ketika kamu membutuhkan dana segar untuk kepentingan mendesak.

Perlu diketahui bahwa besaran bunga yang dipatok oleh pihak bank untuk setiap transaksi tarik tunai adalah sama dengan jumlah bunga cicilan kartu kredit milikmu. Adapun contoh perhitungan bunga bisa kamu lihat berikut ini :

Jika kamu melakukan tarik tunai dari kartu kredit sebesar Rp. 2.000.000. Jadi, uang yang harus kamu kembalikan yaitu Rp. 2.000.000 + 4 % biaya penarikan + beban bunga 2,25 % = Rp. 2.000.000 + Rp. 80.000 + Rp. 45.000 = Rp. 2.125.000.

5. Pembayaran Pengembalian Uang Tidak Bisa DIcicil

Jika kamu melakukan tarik tunai kartu kredit BCA seperti contoh diatas, maka yang harus kamu bayar yaitu RP. 2.125.000 secara kontan dan tidak boleh dicicil. Oleh karena itu, selalu pertimbangkan jika kamu memutuskan untuk melakukan tarik tunai apalagi dalam jumlah yang cukup besar.

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit
Tarik Tunai Kartu Kredit

Tutorial Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Walaupun begitu, dibawah ini akan dijelaskan bagaimana cara yang benar melakukan tarik tunai kartu kredit BCA. Karena bagaimanapun, ketika dalam kebutuhan mendesak dan tidak memiliki tabungan sama sekali di kartu debit milikmu, kartu kredit menjadi solusi paling tepat.

Berikut ini, ada beberapa langkah cara tarik tunai kartu kredit BCA mudah yang dapat Kamu tempuh, diantaranya :

  • Pertama carilah ATM BCA terdekat yang bisa kamu kunjungi, karena segala macam proses penarikan uang secara tunai dari kartu kredit dapat dilakukan di mesin ATM BCA.
  • Setelah itu, silahkan masukan kartu kredit BCA milikmu kedalam mesin atm BCA.
  • Lanjutkan juga dengan input nomor PIN kartu kredit BCA dengan benar.
  • Silahkan kamu pilih menu cash advance yang tertera pada layar.
  • Jika sudah, kamu hanya tinggal pilih menu tunai dan silahkan tentukan berapa jumlah nominal yang akan kamu tarik secara tunai dari kartu kredit milikmu.
  • Setelah selesai, silahkan ikuti langkah-langkah berikutnya hingga ada tulisan mengenai struk transaksi apakah akan dicetak atau tidak perlu dicetak.
  • Jika kamu ingin struk transaksi tersebut dicetak, silahkan pilih “Ya”. Dan jika tidak ingin dicetak maka cukup tekan tombol “Tidak”.
  • Karena kamu memilih untuk tidak mencetak struk transaksi, maka informasi mengenai tarik tunai dari kartu kredit akan muncul pada layar monitor mesin atm bca.
  • Tunggulah beberapa saat hingga mesin ATM mengeluarkan uang berdasarkan jumlah nominal yang kamu tentukan pada tahapan sebelumnya.
  • Kartu kredit yang dimasukan pada awal proses, akan keluar dengan sendirinya dari mesin ATM.
  • Silahkan ambil uang dan kartu kredit yang keluar dari mesin ATM.
  • Proses tarik tunai kartu kredit BCA telah selesai.

Kebijakan Baru Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Setelah membahas cara tarik tunai kartu kredit BCA, Kamu harus tahu dulu tentang kebijakan baru tarik tunai di kartu kredit BCA.

Sejak dikeluarkannya kebijakan tarik tunai tahun 2020, bank BCA memberikan beberapa keringanan agar nasabah bisa menggunakan kartu kreditnya dengan nyaman. Adapun kebijakan tersebut bisa kamu ketahui dibawah ini :

  • Suku bunga transaksi dan penarikan tunai saat ini hanya 2 % dari semual 2,25 %.
  • Bunga penarikan tunai yang dilakukan di BCA smartcash baik dulu dan sekarang tidak berubah yaitu sebesar 1,8 %.
  • Limit tarik tunai sekarang hanya 20 % saja dari limit kartu kredit yang semula mencapai 40 %dari limit kredit.
  • Denda keterlambatan pembayaran saat ini 1 % dari total tagihan berdasarkan transaksi yang dilakukan oleh nasabah atau paling maksimal denda Rp. 100.000. Jauh berbeda sebelum kebijakan tahun 2020 yaitu denda mencapai 3 %.

Demikianlah cara tarik tunai kartu kredit BCA dengan mudah sebagai solusi cepat mendapatkan uang tunai. Selain itu, pastikan untuk lebih bijak menggunakan kartu kredit BCA agar keuanganmu tidak terganggu!

Related posts