Cara Stop RBT XL

Bagaimana cara stop RBT XL? Setiap operator selular memiliki cara tersendiri untuk memanjakan pelanggannya, mulai dari sms gratis, nelpon gratis hingga paket internet yang serba murah dan menguntungkan. Cara ini berlaku bukan hanya operator xl saja, melainkan juga operator lain yang turut berlomba menjadi yang terbaik dalam hal pelayanan.

Namun, ada cara lain agar bisa menambah jumlah pelanggan setianya yaitu dengan menggunakan fitur Ring Back Tone (RBT). Fitur ini memungkinkan siapapun yang melakukan panggilan ke seseorang yang memasang RBT, akan mendengarkan lagu sebagai nada deringnya sampai orang tersebut mengangkat telponnya.

Read More

Mengenal Ring Back Tone (RBT)

Ring Back Tone alias nada sambung pribadi biasanya akan didengarkan pihak penelepon saat melakukan panggilan ke orang yang dituju atau orang yang dihubungi. Dengan kata lain ring back tone ini sebagai pengganti nada dering.

Panjang nada sambung pribadi umumnya sekitar 30 hingga 40 detik, tergantung dari kebijakan operator yang menyediakan layanan lagu-lagu pilihan sebagai nada dering. Harganya cukup lumayan dan biasanya berlaku selama 1 bulan penuh atau sesuai paket yang ada. Untuk selanjutnya, kamu harus bayar lagi jika ingin memperpanjang nada sambung pribadi tersebut.

Tarif RBT Operator XL

Sebelum kita membahas cara stop RBT XL, Kamu harus tahu dulu tarif RBT operator XL. Skema RBT perator seluler XL, biasanya terbagi kedalam 4 kategori. Hal ini tergantung dari lamanya penggunaan RBT tersebut, untuk lebih jelasnya berikut rinciannya :

  • Rbt bulanan dengan tarif Rp. 8.800/30 hari.
  • Rbt mingguan dengan tarif Rp. 3.300/7 hari.
  • Rbt harian dengan tarif Rp. 2.200/4 hari, dan
  • Rbt harian dengan tarif Rp. 550/1 hari.
Terkait:  Cara Live Wallpaper iPhone

Keempat kategori diatas sudah termasuk PPN sebesar 10 %. Selain itu, para pengguna XL juga bisa memilih beberapa lagu untuk RBT. Dengan syarat, RBT yang akan dimainkan saat menerima panggilan dari orang lain akan dimainkan secara acak.

Sekedar informasi saja bahwa biaya untuk penambahan RBT secara umum, biasanya hanya Rp. 7.700 saja untuk setiap lagunya, dan ini sudah termasuk PPN sebesar 10 %.

Registrasi RBT Untuk Operator XL

Dibawah ini ada 3 cara jika kamu ingin memiliki RBT. Cara tersebut bisa dengan melakukan panggilan ke nomor UMB, dengan melakukan pesan singkat ke nomor khusus dan panggilan ke nomor tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya :

1. Registrasi RBT Melalui Panggilan UMB

Cara yang pertama jika kamu ingin memiliki RBT di operator XL, yaitu dengan cara panggilan UMB. Ini adalah cara yang paling praktis, karena Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Buka menu panggilan pada hp kamu.
  • Ketik nomor berikut : *123*1818# lalu lakukan panggilan.
  • Ikuti petunjuknya sampai kamu memilih lagu dan membayar paket rbt tertentu pada menu tersebut.
  • Jika telah selesai silahkan cek nada dering milikmu dengan cara melakukan panggilan pada nomor tersebut.

2. Registrasi RBT Dengan Mengirimkan SMS

Cara selanjutnya yaitu dengan pesan singkat ke nomor khusus untuk aktivasi RBT, yaitu :

  • Buka menu pesan pada hp kamu.
  • Ketika format sesuai dengan ketentuan dengan format hanya mengetik kode lagu saja.
  • Jika kode lagu sudah kamu tuliskan pada pesan tersebut, silahkan kirim ke nomor 1818.
  • Ikuti petunjuk berikutnya, nantinya akan muncul notifikasi berupa pesan dari nomor 1818, bahwa kamu akan mengaktifkan RBT yang kamu inginkan.
Terkait:  Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu Indosat

3. Registrasi RBT XL dengan Panggilan ke 1818

Cara terakhir yaitu kamu bisa melakukan panggilan ke nomor yang digunakan khusus untuk aktivasi RBT, yaitu :

  • Buka menu panggilan pada hpmu.
  • Ketik nomor 1818 lalu panggil nomor tersebut.
  • Ikuti langkah-langkahnya dengan seksama untuk mendapatkan RBT yang kamu inginkan baik lagu yang kamu inginkan hingga paket sesuai jangka waktu yang dipilih.

Dari ketiga cara diatas, semua biaya akses baik panggilan telepon UMB, SMS maupun telpon ke nomor 1818 gratis tanpa pungutan biaya sama sekali.

Syarat dan Ketentuan Nada Sambung Pribadi

Hal ini perlu kamu ketahui, karena dengan mengaktifkan nada sambung pribadi atau RBT, berarti kamu harus tunduk pada kebijakan yang berlaku sesuai ketentuan operator XL, diantaranya :

  • Kamu akan dibebankan biaya bulanan yang aktif secara otomatis, setelah melewati waktu aktivasi. Misalnya, jika kamu mengaktifkan RBT untuk paket 30 hari, maka RBT tersebut tidak akan berhenti berlangganan, melainkan akan aktif secara otomatis untuk 30 hari lagi.
  • Jika kamu tidak memiliki pulsa yang cukup, maka RBT yang kamu miliki akan dikenakan biaya dengan tarif layanan untuk 1 mingguan.
  • Bagi kamu yang hanya membayar biaya langganan saja namun tidak memilih lagu sesuai keinginan kamu, maka akan secara otomatis lagu yang terdapat pada RBT milikmu akan di pilih secara acak oleh pihak xl.

Permasalahan Pada RBT

Saat ini permasalahan yang paling utama adalah ketika kamu sudah tidak menginginkan RBT lagi, tapi RBT tersebut secara otomatis aktif kembali saat waktu berlangganan bulan pertama habis. Jadi, untuk bulan selanjutnya akan otomatis diaktifkan kembali dengan memotong pulsa reguler yang dimiliki.

Mungkin Kamu merasa rugi, jika pulsamu harus berkurang secara otomatis untuk aktivasi layanan RBT setiap bulan. Karena itu, Kamu berniat untuk stop berlangganan RBT, agar pulsamu tidak dipotong secara otomatis lagi. Lalu, bagaimana cara stop RBT XL? Bagi pengguna XL yang ingin menonaktifkan layanan RBT, Kamu bisa mencoba cara yang akan Kami bagikan di bawah!

Terkait:  Cara Recording Google Meet

Cara Stop RBT XL

Cara Stop RBT XL
Stop RBT XL Mudah

Panduan Stop Berlangganan RBT XL

Bagi kamu yang ingin berhenti berlangganan RBT, ada beberapa langkah cara stop RBT XL yang bisa Kamu lakukan. Akan tetapi, jika Kamu sudah terbiasa menggunakan RBT sebaiknya pikirkan terlebih dahulu. Apakah akan menonaktifkan langganan RBT ataukah tidak. Karena nada sambung pribadi teleponmu akan kembali lagi ke nada dering standar umumnya.

Oke, langsung saja simak panduan cara stop RBT XL berikut ini :

1. Stop RBT XL Melalui Dial Phone

Langkah-langkah stop RBT dengan cara ini cukup mudah dilakukan, berikut akan dijelaskan dengan rinci :

  • Buka menu panggilan di perangkat hpmu.
  • Silahkan ketik nomor : *12*1819# dan lakukan panggilan langsung ke nomor USSD tersebut.
  • Selanjutnya di layar hp, akan muncul informasi berupa tampilan pop up. Kamu hanya tinggal pilih info layanan.
  • Berikutnya kamu cukup pilih berhenti berlangganan.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses stop RBT XL telah selesai dilakukan.
  • Nanti akan masuk pesan singkat dari nomor khusus yang menginformasikan bahwa layanan RBT-mu sudah dimatikan.

2. Stop RBT XL Melalui Call Center XL

Jika cara kedua tidak cukup, kamu bisa memilih cara yang kedua ini yaitu dengan melakukan panggilan pada Call Center XL. Adapun langkah-langkahnya bisa kamu ikuti berikut ini :

  • Buka menu panggilan pada hp kamu.
  • Silahkan ketik nomor tujuan dengan nomor 817.
  • Panggil nomor tersebut dan sampaikan pada operator bahwa kamu akan menonaktifkan RBT dan tidak akan memeperpanjangnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga RBT yang kamu miliki sepenuhnya dinonaktifkan.

Oke, itulah ulasan cara stop RBT XL yang bisa Kamu coba baik dengan melakukan panggilan ke USSD atau lewat Call Center XL. Bagaimana, mudah kan?

Related posts