Cara Screenshot iPhone 11

Cara Screenshot iPhone 11

Fitur tangkapan layar atau screenshot merupakan salah fitur berguna yang dapat Kamu manfaatkan. Tapi sayangnya, masih saja banyak pengguna yang tak mengetahui fitur screenshot, khususnya bagi yang memakai iPhone 11 untuk pertama kalinya. Padahal cara screenshot iPhone 11 cukup mudah dilakukan.

Terkadang, kita ada saja keinginan untuk melakukan tangkapan layar pada gambar di iPhone. Entah itu, hanya karena ingin menyimpan hasil tangkapan layar saja, atau mungkin ingin memperlihatkan bukti ke orang lain pada layar smartphone tersebut.

Read More

Fitur Screenshot Pada iPhone

Pada iPhone versi atau generasi sebelumnya dengan Touch ID atau tombol home, pengambilan screenshot biasanya dilakukan memakai tombol power dan home secara bersamaan hingga beberapa detik. Kombinasi tombolnya terlihat berbeda antara perangkat smartphone android dengan iPhone.

Sesudah tombol Touch ID atau home dihilangkan di iPhone X maupun di atasnya, kombinasi tombol dalam mengambil tangkapan layar pun turut berubah. Apalagi pada perangkat iPhone 11 series, cara screenshot-nya sudah pasti tak lagi sama. Lalu, bagaimana cara screenshot iPhone 11?

Cara Screenshot iPhone 11

Cara Screenshot iPhone 11
Screenshot iPHone 11

Tutorial Screenshote iPhone 11 (iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max)

Jika Kamu ingin melakukan tangkapan layar pada gambar di iPhone, maka ada beberapa langkah cara screenshot iPhone 11 yang dapat dicoba berikut ini :

  • Persiapkan layar yang akan di screenshot lewat perangkat iPhone. Kemudian buka aplikasi atau buka pada bagian tertentu di situs yang akan Kamu ambil tangkapan layar.
  • Lalu tekan kombinasi tombol volume up (+) dan power bersamaan untuk melakukan tangkapan layar. Biasanya tombol power terletak di samping kanan iPHone-mu ketika Kamu melihat layar. Sementara tombol volume up atau naik sendiri yaitu tombol atas yang ada di sisi berlawanan pada hpmu.
  • Kamu bisa melepaskan kedua tombol tersebut. Dari sini, Kamu akan menemukan flash  berwarna putih pada layar, yang diikuti oleh suara shutter pada kamera. Selanjutnya Kamu bisa melepaskan tombol dengan cepat. Hasil tangkapan layar, akan disimpan secara otomatis pada aplikasi fotomu. Kamu bisa menemukannya pada folder screenshot atau folder bernama all photos.
  • Silahkan klik gambar kecil jika ingin mengedit atau melihat screenshot. Sesudah mengambil screenshot, biasanya Kamu akan menemukan thumbnail sementara pada samping kiri bawah di layar hp. Kamu bisa mengetuk thumbnail tersebut jika hendak membuka screenshot untuk mengeditnya, bisa juga menggeseknya ke samping kiri jika hendak menyimpannya.

Itulah langkah-langkah cara screenshot iPhone 11 yang bisa Kamu coba, gimana mudah kan?

Cara Screenshot iPhone Seri Lainnya

Selain cara screenshot iPhone 11, Kamu juga bisa mencoba screenshot untuk perangkat iPhone seri lainnya. Setiap tipe iPhone menawarkan tampilan dan fitur yang terus berubah sehingga membuat cara screenshot pun mengalami perbedaan, tergantung dari jenis smartphone yang dipakai. Ini dia langkah-langkah screenshot perangkat iPhone lainnya yang bisa Kamu coba :

1. Screenshot Memakai Tombol Samping dan Utama

Bagi pengguna iPhone 4, Kamu bisa mencoba cara screenshot ini. Perlu kita ketahui, tahun 2014 lalu, pabrikan Apple telah meluncurkan seri iPhone dengan tombol samping, sebagai pengganti tombol atas di versi sebelumnya. Selain itu, iPhone 4 termasuk tipe pertama yang memiliki tombol samping.

Hal tersebut tentu saja sangat mempengaruhi cara screenshot di perangkatnya. Namun sama halnya dengan tipe sebelumnya, seluruh tipe perangkat smartphone tersebut masih mempunyai tombol utama di bagian depan.

Melalui tombol tersebut itulah, ada banyak fungsi yang bisa dikerjakan oleh pengguna dengan cepat. Fungsi salah satunya yaitu untuk melakukan screenshot. Ada beberapa jenis iPhone yang mempunyai tombol samping, seperti tipe 7.

Berikut langkah cara melakukan tangkapan layar pada iPhone 7 beserta semua tipe iPhone yang mempunyai tombol samping, berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan pilih tampilan layar yang akan di screenshot.
  • Silahkan tekan kombinasi antara tombol utama di depan bersama tombol samping.
  • Setelah itu, hasilnya biasanya akan langsung muncul berbentuk gambar kecil tepat di pojok sebelah kiri pada bawah layar hpmu.
  • Jika ingin melihatnya, Kamu bisa mengetuk gambar tersebut atau bisa menggeser ke samping kiri jika ingin menutupnya.

2. Screenshot Memakai Tombol Atas dan Tombol Utama

iPhone besutan Apple diluncurkan pertama kali tahun 2007, dan seri iPhone tersebut mempunyai 2 tombol penting, yakni tombol power terletak di atas dan disebut sebagai tombol atas, serta tombol home atau utama di depan.

Kedua tombol tersebut mempunyai fungsi penting untuk aktivitas tangkapan layar di perangkat gadgetmu. Seluruh tipe hp yang mempunyai tombol tersebut sudah mempunyai kemampuan dalam melakukan tangkapan layar.

Sebenarnya caranya sangat mudah, Kamu bisa mengerjakannya dengan cepat. Seri iPhone 5s yang mempunyai tombol atas juga termasuk salah satu varian terlaris yang dijual oleh Apple. Adapun langkah-langkah screenshot perangkat iPhone 5s bisa dilakukan melalui tutorial berikut :

  • Pilih mana tampilan gamar yang akan disimpan memakai metode screenshot.
  • Silahkan tekan tombol bagian atas bersamaan tombol home atau utama sebentar.
  • Lakukan pratinjau hasil screenshot di bawah sudut sebelah kiri pada layar.
  • Jika ingin membuka preview, Kamu bisa melakukannya dengan cara mengetuknya, kemudian geser ke samping kiri jika ingin menutupnya.

3. Screenshot Seri iPhone X ke Atas

Pabrikan Apple selalu memanjakan para penggunanya dengan memberikan perubahan signifikan, dimulai sejak diluncurkannya seri iPhone X tahun 2017 lalu. Mulai dari tipe iPhone X, kita tak lagi menemukan tombol home bagian depan pada gawai besutan Apple tersebut.

Tak hanya dari segi tampilan fisiknya yang mengalami perubahan, tetapi juga dari sistem keamanannya. Semua perangkat iPhone X maupun di atasnya sudah memakai fitur Face ID yang menggantikan peranan Touch ID.

Pasalnya fitur baru tersebut bekerja dengan cara memindai wajah pengguna dalam mengakses ke perangkat hpmu. Keberadaan fitur Face ID sudah membuatnya kehilangan tombol home, dan tentu saja bisa mengubah cara tangkapan layar yang dilakukan pada jenis atau varian sebelumnya.

Berikut cara tangkapan layar pada seri iPhone X atau di atasnya yang memiliki fitur Face ID. Diantaranya :

  • Silahkan pilih tampilan yang ingin dilakukan screenshot.
  • Kemudian tekan tombol Volume Naik dan tombol samping secara bersamaan dengan tepat.
  • Hasil tangkapan layar pun akan muncul di pojok kiri bawah pada layar yang berbentuk gambar berukuran kecil.
  • Jika ingin melihat hasilnya, klik gambar kecil atau geser ke samping kiri jika ingin menutupnya.

Bagaimana Cara Menemukan Hasil Screenshot Pada iPhone 11?

Tak sedikit orang yang mengatakan bahwa hasil tangkapan layar seringkali tak tersimpan pada File Manager. Apabila hal tersebut terjadi, berikut ulasan cara menemukan tangkapan layar dari iPhone 11, diantaranya :

  • Silahkan buka Galeri di hpmu.
  • Setelah itu, tap pada folder foto, pilih album.
  • Kemudian di folder tangkapan layar, Kamu akan melihat seluruh hasil screen shot yang telah dilakukan.
  • Selesai.

Itulah langkah cara screenshot iPhone 11 dan tutorial tangkapan di seri iPhone lainnya beserta cara mengecek hasil screenshot. Semoga bermanfaat!