Cara Refresh Browser

Cara Refresh Browser

Bagaimana cara refresh browser? Browser adalah salah satu platform untuk memudahkan dalam mengakses sebuah laman website pada internet. Dimana nantinya, pengguna akan diarahkan langsung pada website yang dituju dengan sangat mudah.

Browser sendiri biasanya dalam bentuk software maupun aplikasi yang dapat berguna untuk menampilkan layar website berupa HTML yang berada di dalam jaringan internet. Akan tetapi, jika ingin memnggunakan browser maka aplikasi atau software harus terhubung langsung pada jaringan internet. Bagi kamu yang akan membuka sebuah website tentu saja harus mengaktifkan terlebih dahulu kuota intenretnya. Dengan begitu, Kamu bisa leluasa dalam mengakses sebuah website.

Cara Kerja Browser

Sebelum membahas cara refresh browser, tentu saja Kamu harus mengetahui berbagai hal tentang browser. Bagi yang penasaran bagaimana sistem kerja browser, berikut akan dijelaskan mengenai prosesnya :

  • Ketikanlah sebuah alamat pada kolom pencarian dengan menggunakan URL (Uniform Resource Locator). Mulailah dengan mengetik situs yang paling mudah diingat yaitu google dengan mengetik www.google.com.
  • Selanjutnya web browser akan secara otomatis menerima permintaan dari pengguna yang kemudian melakukan fetching atau pengambilan data pada DNS.
  • Setelah itu data akan diambil berdasarkan IP dari perintah yang sebelumnya diketik oleh pengguna.
  • Lalu web browser akan mengakses pada server berdasarkan IP yang sebelumnya didapatkan dari DNS.
  • Server akan memberikan data berupa konten yang berasal dari www.google.com dengan bentuk berupa HTML dibarengi dengan file lainnya misalna CSS, PHP atau yang lainnya.
  • Baru setelah melalui berbagai proses maka browser akan menampilkan situs yang diminta oleh pengguna.

Sederhanya, itulah cara kerja dari sebuah web browser ketika menjalankan tugasnya dalam mendapatkan informasi berdasarkan situs yang diminta dengan jaringan internet yang kuat agar tidak loading terlalu lama.

Fungsi Browser

Setelah mengetahui cara kerja browser, kamu tentu saja harus tahu mengenai fungsi dari sebuah browser, yaitu :

1. Mendapatkan Informasi dengan Mudah di Internet

Kamu akan mendapatkan berbagai macam informasi yang dibutuhkan. Asalkan Kamu mengetahui situs web yang dituju, untuk selanjutnya Kamu akan mendapatkan informasi lewat situs web tersebut. Jika kamu tidak tahu situsnya, cobalah untuk masuk ke situs pencarian telebih dahulu seperti www.google.com kemudian ketikka keyoword yang akan kamu gali informasinya.

2. Menyimpan berbagai data di internet

Setiap browser selalu memiliki fasilitas penyimpanan berbagai data. Sebut saja seperti bookmark yang digunakan untuk menyimpan sebuah alamat website. Sehingga apabila sewaktu-waktu Kamu membutuhkannya, maka Kamu tak perlu lagi repot-repot harus mengetik ulang situs tersebut.

3. Membuka Berbagai File

Setiap ekstensi tentu saja ada aplikasi untuk membuka file tersebut. Seperti jika ingin membuka file dengan ekstensi doc maka harus memiliki aplikasi office. Begitupun, jika ingin membuka pdf maka harus memiliki aplikasi adobe pdf.

Bagi yang tidak sempat mendownload berbagai macam aplikasi untuk membuka sebuah file memakai ekstensi tertentu, kini tak perlu khawatir lagi. Sebab hampir sebagian besar browser mendukung untuk membuka berbagai macam file ekstensi.

Rekomendasi Browser Terbaik

Berdasarkan survei, ternyata google chrome menempati urutan pertama browser yang sering di akses untuk membuka sebuah website. Tercatat sekitar 59,72 % pengguna internet lebih suka membuka situs menggunakan google chrome.

Untuk lebih jelasnya berikut 10 urutan browser yang sering dipakai di tahun 2021 :

  • Google chrome dengan pengguna mencapai 59,72 %.
  • UC browser dengan pengguna mencapai 12,57 %.
  • Firefox dengan pengguna mencapai 8,02 %.
  • Samsung Internet dengan pengguna mencapai 3,86 %.
  • Safari dengan pengguna mencapai 3,80 %.
  • Opera Mini dengan pengguna mencapai 3,43 %.
  • Opera dengan pengguna mencapai 2,56 %.
  • Adroid Webview dengan pengguna mencapai 2,39 %.
  • UCWeb dengan pengguna mencapai 1,57 %, dan
  • Android Browser dengan pengguna mencapai 0,74 %.

Dilihat dari 10 besar browser yang paling banyak digunakan, tentu yang paling menarik adalah Google Chrome. Hal ini dikarenakna browser ini digunakan lebih dari 50 % dibandingkan dengan browser lainnya yang tidak mencapai 15 % bahkan kebanyak dibawah 10 %.

Cara Refresh Browser

Cara Refresh Browser
Refresh Browser Mudah

Tutorial Refresh Browser

Setiap browser memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun bagi kamu yang memiliki jaringan tidak stabil tentu merasa sangat menjengkelkan. Karena Kamu harus bersusah payah mengakses meskipun hanya satu situs saja.

Untuk mengantisipasinya adalah Kamu bisa terus melakukan cara refresh browser yang dimiliki selain memilih browser yang ringan dalam menghadapi situasi seperti itu. Sebagai rekomendasi browser yang memiliki jaringan stabil adalah dengan menggunakan google chrome. Google chrome tidak perlu kamu instal dengan mengunduh dari Play Store maupun App Store karena google chrome sudah ada pada hp bawaan.

Secara umum berikut cara refresh browser yang sedang loading :

  • Setiap browser memiliki tombol refresh yang berbentuk lingkaran dengan bagian ujungnya meruning seperti ujung panah. Biasanya terletak di kiri atas atau di kanan atas yang terletak pada bilah alamat.
  • Alternatif lainnya adalah dengan menyegarkan feed pada laptop atau komputer dengan menekan tombol F5 yang berada di deretan atas keyboard. Kelebihannya adalah tombol F5 ini multifungsi yang bisa digunakan di setiap browser yang kamu gunakan.
  • Bagi kamu pengguna Mac maka tombol yang digunakan pada keyboard bukan tombol F5 melainkan menekan dua tombol yaitu tombol ‘command’ + ‘R’. Dengan begitu situs yang loading lama akan secara otomatis melakukan refresh.

Adapun secara rinci cara refresh browser sesuai yang Kamu gunakan, dengan mengikuti langkahnya berikut ini :

1. Google Chrome

Bagi pengguna Google Chrome untuk Windows, coba tekan ‘Ctrl’ lalu tekan tombol ‘backspace’. Atau bisa juga dengan menekan tombol ‘ctrl’ kemudian tekan ‘F5’.

Untuk pengguna google chrome untuk Mac, tekanlah tombol ‘shift’ lalu tekan tombol ‘kembali’ atau bisa juga dengan menekan tombol ‘cmd’ ditambah ‘shift’ lalu tekan tombol ‘R’.

2. Mozilla firefox

Jika Kamu memakai mozilla firefox untuk windows, cukup tekan ‘ctrl’ + ‘F5’ atau bisa menekan tombol ‘ctrl’ + ‘shift’ + ‘R’.

Bagi pengguna mozilla firefox untuk Mac maka bisa menekan tombol ‘shift’ + ‘backspace’ atau bisa menekan tombol ‘cmd’ + ‘shift’ dilanjut dengan menekan tombol ‘R’.

3. Safari

Jika memakai Safari untuk Windows maka bisa refresh browser dengan menekan tombol ‘ctrl’ + ‘F5’.

Bagi pengguna safari untuk Mac cukup tahan tombol ‘shift’ lalu tekan tombol ‘backspace’ atau bisa menekan tombol ‘cmd’ + ‘shift’ dan terakhir tekan ‘R’.

Kebutuhan internet saat ini memang menjadi kebutuhan primer, pasalnya setiap orang mengakses berbagai macam informasi menggunakan internet. Oleh karena itu sangat penting jika kamu menentukan browser yang mana yang menjadi pilihan utama dan jaringan internet yang mana yang akan menjadi pilihan utama juga.

Internet yang stabil akan mendukung kelancaran akses internet, namun jika kurang stabil bisa melakukan refresh pada browser. Dengan begitu, Kamu tidak akan lagi merasa kesal karena aktivitas browsing-mu merasa terganggu. Selain itu, cara refresh browser di atas dapat dilakukan tergantung dari jenis web browser yang Kamu gunakan. Semoga bermanfaat!

Related posts