Cara Pasang Gas

Cara Pasang Gas
Cara Pasang Gas

Cara pasang gas yang aman dan benar, sudah menjadi salah satu kebutuhan umum yang sudah tidak bisa dipisahkan lagi. Apalagi kalau kamu tidak memiliki tabung gas elpiji di rumah, pastinya kamu akan merasakan kesulitan ketika memasak apapun setiap hari.

Meskipun ada banyak keuntungan ketika menggunakan gas elpiji, namun nyatanya terdapat beberapa orang yang masih belum bisa memasang has karena takut menimbulkan kebocoran hingga ledakan. Namun terkait hal ini, kamu tidak perlu mengkhawatirkannya lagi. Sebab pada artikel kali ini terdapat panduan lengkap pemasangan yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Berikut ini penjelasannya.

Tips Penting Sebelum Pasang Gas

Sebelum kamu memutuskan untuk memasang gas, alangkah baiknya kamu memperhatikan beberapa hal penting agar gas bisa terpasang dengan aman dan tidak menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan seperti kebakaran. Berikut ini adalah tips-tipsnya.

  1. Beli Gas Di Toko Terpercaya

Tips pertama yang harus kamu perhatikan sebelum kamu memasang gas adalah kamu harus membelinya di toko yang terpercaya. Jangan sampai kamu membeli asal-asalan di toko yang tidak jelas identitasnya. Kamu juga bisa membeli gas di toko langgananmu sebab hal ini sangat jauh lebih aman dibandingkan membeli di toko baru yang belum kamu ketahui kualitas gas yang diperjual belikan.

  1. Cek Kondisi Tabung

Tips kedua yang harus kamu lakukan agar lebih aman, maka sebaiknya kamu mengecek kondisi tabung gas sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Kamu juga harus memastikan bahwa tabung yang kamu gunakan adalah tabung gas yang masih dalam kondisi baik dan bukan dalam kondisi kadaluarsa.

Untuk bisa melakukan pengecekan ini, mak kamu bisa melihat tanggal produksinya yang ada di bagian samping tabung. Tabung biasanya akan bertahan dengan baik selama 30 tahun. Selain itu, kamu juga bisa mengecek simbol pertamina untuk mengecek keasliannya.

  1. Gunakan Regulator SNI

Sedangkan untuk penggunaan regulator yang akan kamu pasang pada gas, maka alangkah baiknya jika kamu menggunakan regulator jenis apapun mulai dari yang murah hingga yang mahal. Namun wajib yang aman untuk digunakan dan sudah memiliki logo SNI (Standar Nasional Indonesia).

  1. Perhatikan Penggunaan Regulator

Perlu kamu garis bawahi juga bahwa pemasangan regulator pada gas, sebaiknya jangan ditekan. Alangkah baiknya jika kamu menindihnya dengan batu atau benda berat lainnya. Kamu juga hanya perlu memasukkan kunci selang dengan memutar tombol witch ke bawah dan pastikan tidak ada bau dan suara gas mendesis.

Cara Pasang Gas

Cara Pasang Gas
Cara Pasang Gas

Bagi kamu yang masih belum tahu bagaimana cara pasang gas yang aman dan benar, maka kami akan memberitahumu setiap prosedurnya sehingga proses pemasangannya agar dapat berjalan dengan lancar dan mudah. Jangan pernah takut ketika kamu melakukannya, asalkan kamu mengikuti standar pasang tabung gas elpiji yang ada.

Memang benar, tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar orang harus mengalami nahas di mana terjadi ledakan akibat pemasangan gas yang salah. Maka dari itu, simak secara seksama dan ikuti panduan memasang gas di rumah dengan baik dan benar berikut ini.

Langkah 1: Bukalah Segel Plastik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah bukalah segel plastik terlebih dahulu. Kamu harus melepaskan plastik yang menutupi tabung gas. Tak hanya itu saja, kamu juga harus memastikan bahwa tabung gas yang baru saja kamu beli mempunyai segel pastik yang masih dalam kondisi baik dan bagus untuk menjaga isi dan kualitasnya sehingga tidak dapat menimbulkan beberapa masalah ketika dipasang.

Apabila kamu mendapatkan tabung gas dengan segel pastik yang rusak dan terbuka di salah satu toko, maka sebaiknya jika kamu menukar gasnya ke toko tempat kamu membelinya tadi.

Langkah 2: Pasang Rubber Seal

Langkah memasang gas yang benar selanjutnya adalah pasanglah rubber seal atau pelindung karet di dalam tabung gas. Jika dilihat secara umum, pelindung karet ini berbentuk menyerupai cincin dan warnanya agak kemerahan dengan ukuran yang lebih kecil. Jika rubber seal ini tidak ada, maka tentunya pemasangan gas elpiji tidak akan berjalan dengan lancar.

Apabila kamu tidak mempunyai rubber selai ini, maka kamu bisa memintanya kepada pihak agen penjualan gas atau toko agar kamu terhindar dari kebocoran. Tak hanya itu saja, penempatan regulator tersebut juga bisa mampu meminimalisir masalah yang tidak diinginkan seperti ledakan ketika sudah dipasang.

Jangan lupa juga untuk menggunakan regulator yang sudah berlogo dan berstandar SNI sehingga kamu bisa memastikan keamanan dan kekuatannya agar regulator tidak bisa lepas apalagi goyang ketika kamu sedang memasak makanan.

Langkah 4: Kunci Regulator

Langkah untuk memasang gas yang selanjutnya adalah silahkan kamu mengunci regulator sesudah sambungannya terpasang dengan baik dan tidak ditemukan kebocoran. Selain itu kamu harus mengunci regulator melalui tuas bewarna hitam dengan cara memutar 180 derajat ke arah kanan.

Periksa kembali tugasnya dan pastikan bahwa kamu sudah menguncinya dengan kencang dan rapat agar tidak dapat menimbulkan suara asing yang membahayakan. Apabila kamu sudah memasangnya dengan benar dan tidak merasa agak goyang, maka kamu bisa membuka dan pasangkan sekali lagi secara perlahan dan berhati-hati.

Langkah 5: Pastikan Semua Prosedur Sudah Tepat

Apabila sambungan antara selang dan regulator sudah terpasang dengan baik pada tabung gasmu, maka pastikan bahwa tidak ada kebocoran gas dengan cara memeriksa suara mendesis ataupun aroma dari gas itu sendiri. Namun sebelumnya, kamu harus hafal dengan ciri-ciri bau gas yang sangat tajam dan menyengat.

Apabila kamu mendengar suara mendesis dan muncul aroma menyengat, maka alangkah baiknya jika kamu melepaskan regulatornya dan menunggu beberapa saat hingga bau gas tadi benar-benar hilang. Kamu juga harus mematikan pemantik api pada kompor tabung gas yang dipasang demi mencegah timbulnya suara atau percikan api dari tabung elpiji.

Langkah 6: Patikan Sudah Tidak Ada Suara Berdesis

Langkah terakhir untuk memasang gas adalah pastikan bahwa tidak ada lagi suara mendesis dari tabung gas dan pastikan sudah tidak ada kebocoran dari segi suara ataupun aroma dari tabungnya. Apabila kamu sudah benar-benar yakin dengan prosedur pemasangan has sebelumnya, maka cobalah untuk menyalakan kompor untuk mengecek aliran gasnya.

Jangan lupa juga untuk menggunakan kompor gas dengan benar dan selalu berhati-hati agar percikan api tidak terkena selang yang bisa menimbulkan lelehan dan berujung ledakan. Dan pastikan juga bahwa penempatan kompos ataupun tabung gasnya kamu letakkan di tempat aman.

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara pasang gas yang baik, aman, dan mudah untuk kamu ikuti. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan membantumu. Selamat mencoba dan kamu harus tetap hati-hati ya. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya, ya.

 

Related posts