Cara Nelpon ke Luar Negeri

Bagi Kamu yang memiliki sanak saudara atau anggota keluarga di luar negeri, tentu harus tahu cara nelpon ke luar negeri. Selain itu, Kamu juga tentu harus memikirkan tarifnya agar tak terlalu mahal saat melakukan percakapan. Sebenarnya setiap provider biasanya menyediakan paket nelpon ke luar negeri. Selain itu, Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk menelpon ke mancanegara tanpa khawatir menyedot pulsa yang terlalu besar.

Cara Nelpon ke Luar Negeri

Cara Nelpon ke Luar Negeri
Menelpon ke Luar Negeri

Metode 1 : Nelpon ke Luar Negeri Menggunakan Aplikasinya

Selain mengandalkan kartu operator, ternyata kita juga bisa mengandalkan aplikasi untuk menelpon ke luar negeri. Ada beberapa aplikais yang bisa Kamu gunakan diantaranya seperti Skype, WhatsApp, Viber maupun yang lainnya. Jika Kamu ingin melakukan panggilan ke lintas negara, di bawah ini ada beberapa ulasan cara nelpon ke luar negeri :

1. Melalui Aplikasi WhatsApp

WhatsApp termasuk aplikasi chatting populer yang multifungsi. Karena selain bisa chatting maupun video call, Kamu pun bisa memanfaatkan WhatsApp untuk melakukan panggilan ke luar negeri. Berikut langkah – langkah cara nelpon ke luar negeri via WhatsApp :

  • Buka aplikasi whatsapp via perangkat hp, jika belum menginstallnya tinggal unduh dan install aplikasi WhatsApp via App Store maupun Play Store.
  • Setelah membuka WhatsApp, Kamu tinggal masuk ke dalam fitur kontak. Jika belum memasukkan nama kontak yang ingin Kamu hubungi di luar negeri tinggal masukkan kontak baru melalui menu penambahan kontak.
  • Pada menu penambahan kontak dari orang yang akan kamu hubungi, Kamu harus sisipkan kode negara terletak di depan nomor kontak atau hp. Contohnya seperti negara Indonesia yang ber kode +62.
  • Jika sudah tersimpan kontak yang akan kamu hubungi, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan panggilan menggunakan aplikasi WhatsApp.
Terkait:  Cara Nelpon Lewat Michat

Sebelum melakukan panggilan luar negeri dengan aplikasi whatsapp, Kamu harus memastikan orang yang akan dihubungi juga mempunyai aplikasi serupa. Selain itu, dengan menelpon via WhatsApp tentunya Kamu tak perlu khawatir dengan jumlah pulsa regulermu, sebab panggilan via WhatsApp hanya memakai kuota internet yang tersedia.

2. Memakai Aplikasi Skype

Berbicara mengenai aplikasi pihak ketiga, skype merupakan aplikasi untuk video call dan panggilan telepon paling cocok digunakan untuk layanan ke seluruh penjuru dunia. Pada dasarnya, Skype digunakan untuk tujuan bisnis. Skype sendiri bisa kamu operasikan baik pada android, iOS maupun pada Windows.

Jika Kamu baru pertama kali menginstallnya, lakukan pendaftaran lebih dahulu. Kamu bisa mengaksesnya di halaman pertama. Tujuan pendaftaran ini adalah agar Kamu bisa menikmati semua fitur yang tersedia di aplikasi Skype secara gratis. Tak hanya itu saja, Skype juga menawarkan kualitas video call dengan sangat jernih. Hanya saja koneksi internet yang dimiliki harus baik supaya bisa melakukan panggilan telepon maupun video agar tanpa hambatan.

3. Melalui Aplikasi Viber

Aplikasi viber bisa dijdaikan alternatif untuk melakukan panggilan telpon ke luar negeri, selain melakukan panggilan telpon biasa, kamu juga bisa melakukan panggilan video. Aplikasi Viber diluncurkan sejak tahun 2010 dan hadir sebagai kompetitor Skype. Ada banyak fitur yang bisa Kamu nikmati dengan menggunakan aplikasi viber.

Fitur-fitur tersebut diantaranya fitur berkirim pesan teks, bisa berkirim video, gambar emoji, melakukan panggilan seperti biasa sampai video call. Bahkan Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini ke dalam cara nelpon ke luar negeri.

Untuk bisa menikmati fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi Viber, tentu saja Kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu via Apps Tore maupun Google Play Store. Jika sudah diinstal, secara otomatis nomor hpmu akan langsung terdaftar otomatis sebagai nomor viber. Setelah Kamu mempersiapkan semuanya, langkah berikutnya tinggal lakukan panggilan telepon ke luar negeri. Namun pastikan dulu lawan bicaramu telah menginstal aplikasi viber supaya Kamu dapat berkomunikasi dengan lancar.

Terkait:  Cara Nelpon di Aplikasi Michat

4. Melalui Aplikasi LINE

Salah satu aplikasi terbaik yang tak kalah penting untuk digunakan saat melakukan panggilan ke luar negeri gratisan ialah dengan LINE. Kamu hanya perlu mengandalkan kuota internet. Selain itu, tak jauh berbeda dari WhatsApp, aplikasi LINE juga bisa dibilang multifungsi sebab menawarkan fitur menarik berupa sticker atau emoji bergerak. Bahkan Kamu juga dapat mengunduh berbagai pilihan emoji atau stiker.

Jika ingin memanfaatkan fitur di LINE, pastikan untuk mengunduh aplikasi LINE terlebih dulu yang dapat Kamu peroleh via App Store atau Play Store. Jika ingin mendaftar, pakai nomor hp utamamu sebagai nomor registrasi untuk aktivasi.

Namun sebelum memanggil lawan bicaramu di luar negeri melalui aplikasi LINE, tentunya pastikan dulu teman atau lawan bicaramu tersebut sudah memiliki aplikasi LINE di perangkatnya. Dengan begitu, Kamu tinggal melakukan panggilan telepon ke luar negeri via LINE.

5. Melalui Aplikasi IMO

IMO bukanlah nama baru yang masuk sebagia rekomendasi aplikasi telepon lintas negara. Hal ini dikarenakan, IMO sudah ada beberapa tahun kebelakang dan sebenarnya sudah biasa dimanfaatkan untuk panggilan secara internasional tanpa repot mengeluarkan pulsa reguler. Kamu dapat mengakses IMO baik di iOS atau di android. Jadi Kamu tidak perlu khawatir jika sistem kerja hp lawan bicara kamu yang ada di luar negeri berbeda.

Tak hanya percakapna dengan satu orang saja, tetapi aplikasi ini memungkinkanmu melakukan percakapan bersama beberapa orang untuk lebih hemat biaya dan juga waktu. Jika belum mempunyai aplikasi IMO, silahkan unduh aplikasinya di Play Store maupun di App Store.

Nah, itulah pilihan aplikasi yang bisa Kamu gunakan ke dalam cara nelpon ke luar negeri tanpa mengeluarkan pulsa reguler. Jadi, Kamu cukup aktifkan kuota internet utama di hpmu agar bisa menikmati layanan panggilan ke luar negeri melalui salah satu dari aplikasi di atas.

Terkait:  Cara Nelpon ke Malaysia

Selain aplikasi, Kamu juga bisa menggunakan paket nelpon ke luar negeri dengan memanfaatkan paket yang ditawarkan oleh masing-masing provider seluler. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak panduannya di bawah ini!

Metode 2 : Nelpon ke Luar Negeri dengan Paket Nelpon

Alternatif lainnya selain cara nelpon ke luar negeri pake aplikasi, Kamu juga bisa memanfaatkan paket nelpon dari masing-masing provider, tergantung provider mana yang digunakan. Berikut ini beberapa informasi terkait cara melakukan panggilan ke luar negeri dengan paket nelpon untuk tiap-tiap provider, diantaranya :

1. Telkomsel

Produk yang bisa kamu gunakan untuk melakukan panggilan adalah menggunakan simPATI. Ada beberapa tarif dasar melakukan pangilan ke luar negeri yaitu Rp. 18.000 per menit, sementara panggilan ke Arab Saudi sekitar Rp. 15.000,- per menitnya.

Untuk tarif dasar SMS, kamu bisa mengirimkan SMS dengan biaya sekitar Rp. 2.000 tiap kali mengirimkan pesan SMS.

2. XL

Bagi provider Xl, tarifnya berbeda – beda untuk setiap negara yang akan kamu tuju setiap kali Kamu melakukan panggilan. Seperti ke Afghanistan dengan kode negara +93 untuk panggilan pada pukul 00.00 – 24.00 biasanya tarif yang harus dikeluarkan Rp. 3.900,- . Jika kamu memiliki kerabat yang berada di Alaska tentu akan lebih murah lagi yaitu tarif dasar nelpon dari pukul 00.00 – 24.00 sebesar Rp. 1.000,-

Ya, itulah beberapa panduan cara nelpon ke luar negeri yang bisa digunakan baik menggunakan aplikasi pihak ketiga atau dengan memanfaatkan paket nelpon dari tiap-tiap provider. Bagaimana cukup mudah dilakukan bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts