Cara Merawat Cat Doff

  • Whatsapp

Bagaimana cara merawat cat doff pada kendaraan? Belakangan ini warna matte atau doff pada kendaraan telah menjadi pilihan favorit banyak orang. Meskipun sebenarnya perawatan pada cat warna dop atau doff berbeda dari cat metalik. Pada kendaraan yang berwarna metalik masih dapat dilakukan pemolesan apabila memiliki baret halus di bagian permukaan cat. Lalu, bagaimana sebenarnya cara merawat cat doff?

Sementara itu, pada kendaraan yang berwarna doff apabila terjadi goresan, biasanya tidak dapat dipoles. Sehingga solusinya harus diganti bagian panel bodinya atau dicat ulang.

Warna doff bersifat tak memantulkan cahaya apabila terkena oleh sinar matahari maupun lampu pada malam hari. Di samping itu, memiliki tampilan yang lebih kusam daripada motor atau mobil yang menggunakan cat metalik. Walaupun begitu, warna doff menjadikan kendaraan lebih elegan serta semakin garang. Sehingga tak heran apabila warna ini lebih populer di Indonesia khususnya dan sudah ada di berbagai jenis motor matik, termasuk Honda Vario 150.

Namun cara merawat cat doff untuk kendaraan sendiri tidaklah gampang dan membutuhkan cara khusus agar warnanya lebih awet. Sehingga salah saja dalam perawatannya bisa membuat cat putar dan warnanya pun tak sekeren saat baru dicat.

Kelebihan dan Kekurangan Cat Doff Kendaraan

Pemilihan jenis cat dan warna cat terkadang masih menjadi pertimbangan calon pembeli ketika membeli motor. Kemudian, bagaimana dengan memilih cat doff yang kini banyak diminati? Jika Kamu berniat untuk mengaplikasikan warna cat doff pada kendaraanmu, maka Kamu harus tahu dulu kelebihan dan kekurangan cat doff berikut ini :

1. Kelebihan Cat Doff

Cat doff mempunyai kesan yang sangat eksklusif dan sangar karena warnanya masih jarang sekali terlihat di jalanan. Warna cat doff iasanya lebih tahan terhadap swirlmark atau lecet ringan. Lebih gampang dibersihkan ketika berdebu atau kotor.

Daftar Isi

2. Kekurangan Cat Doff

Permukaan pada cat doff tak dapat dipoles menggunakan kompon atau wax apabila tergores. Selain itu, jika ada baret, maka Kamu harus mengecat ulang. Berbeda dengan cat metalik yang cukup dipoles saja jika hanya ada baret ringan.

Mengingat tidak mempunyai lapisan pernis, pada jangka panjang biasanya warna cat doff tampak memudar. Opsi perlengkapan perawatan pada cat doff sendiri terbatas dibandingkan dengan cat metalik. Bahkan harga cat doff masih bisa dibilang mahal.

Cara Merawat Cat Doff

Cara Merawat Cat Doff
Merawat Cat Doff

Panduan Merawat Cat Doff

Seperti kita ketahui bahwa kelemahan dari warna doff untuk kendaraan ialah lebih mudah mengalami cacat jika terkena goresan, baik debu maupun partikel kecil yang lainnya. Ada beberapa panduan cara merawat cat doff yang bisa Kamu lakukan berikut ini :

1. Membersihkan Permukaan Warna Doff

Cara merawat cat doff pada kendaraan yang pertama ialah membersihkan bagian permukaan warna doff. Saat membersihkannya, sebaiknya bersihkan bagian permukaannya terlebih dahulu memakai kain halus. Selain itu, Kamu juga bisa memakai kemoceng. Ini dilakukan agar kotoran dan debu dapat terangkat terlebih dahulu. Jika Kamu langsung menyiramnya menggunakan air, dengan begitu debu pun tak akan bisa hilang.

2. Mempersiapkan Dua Ember Air dan Sabun

Langkah kedua ialah mempersiapkan 2 ember lalu isi menggunakan air bersih. Untuk ember yang satu digunakan untuk mencmapurkan air dengan sabun, sedangkan yang satunya lagi berisi air saja yang nantinya dipakai untuk menyiram mobil/motor yang berwarna doff. Persiapkan juga beberapa peralatan dan bahan lain diantaranya sabun khusus untuk mencuci mobil, busa dan kanebo. Akan tetapi Kamu harus tahu bahwa busa yang dipakai tak mudah menempel dengan kotoran dan harus lembut. Sebab jika debu tadi melekat ke dalam busa dikhawatirkan bisa menggores bagian bodi mobil/motormu.

Terkait:  Cara Cepat Belajar Mobil

3. Memakai Sabun dan Sampo Khusus Kendaraan

Sampo maupun sabun yang dipakai harus sabun/sampo khusus bagi kendaraan. Jnagan sampai menggunakan sabun pencuci baju/pakaian, sebab bahan kimia yang ada di dalamnya akan berbeda. Selain itu, kualitas sampo untuk mencuci kendaraan ialah mudah berbusa dan mempunyai kontur yang lembut. Kamu bisa membeli sampo tersebut baik di minimarket maupun toko-toko perlengkapan maupun aksesoris kendaraan. Silahkan tuang sampo ke dalam ember berisi air kemudian aduk sampai berbusa.

4. Membersihkan atau Menyiram Kendaraan dengan Air Bersih

Langkah cara merawat cat doff untuk membersihkannya, setelah kendaraan dibersihkan memakai kemoceng atau kain sebelumnya maka Kamu tinggal menyemprot atau menyiramnya dengan air bersih. Sebaiknya jangan sampai menyemprot kendaraan pada tekanan tinggi sebab dapat berakibat fatal jika mengenai bagian komponen listrik, terlebih pada motor yang berteknologi injeksi.

Jika semuanya sudah disiram secara merata, selanjutnya celupkan busa pada ember berisi sabun dan gosokkan ke bagian bodi kendaraan. Kamu bisa melakukannya secara perlahan tanpa adanya tekanan guna menghindari terjadinya goresan. Nmaun apabila ada kotoran yang sukar dihilangkan misalnya kotoran hewan maupun yang lainnya, Kamu bisa menggunakan sikat gigit tapi harus digosok perlahan. Setelah hilang, siram kembali memakai air bersih.

5. Membilas Kendaraan

Jika sudah mencucinya, kini Kamu bisa membilas kendaraanmu memakai air bersih maupun air yang mengalir. Cek bagian kolong kendaraan, pastikan sudah bersih dengan benar dan kemudian keringkan memakai kanebo. Hindari menggunakan kanebo yang tak layak pakai, misalnya seperti kanebo mulai kaku dan penuh bekas lipatan. Agar hasilnya semakin maksimal, berikan semprotan khusus supaya kualitas warna cat doff kendaraanmu lebih awet dan kinclong.

Terkait:  Cara Menurunkan RPM Mobil Injeksi

Hal yang Harus Dihindari Pada Kendaraan Berwarna Doff

Selain cara merawat cat doff di atas, Kamu juga harus menghindari beberapa hal berikut agar warna doff pada kendaraanmu tidak pudar atau merusak kendaraan. Berikut ini yang harus dihindari pada warna doff :

  • Terkena minyak.
  • Dipoles memakai wax maupun pemoles lainnya.
  • Dibersihkan memakai sabun dengan kandungan bahan kimia tinggi.
  • Ditimpa memakai pernis maupun clear anti gores.
  • Memakai deterjen untuk pakaian.

Tips Agar Cat Doff Pada Kendaraan Tetap Awet

Kamu harus tahu bahwa cat doff adalah sejenis painting yang biasanya tak dilakukan pelindung warna/antigores atau pernis. Jadi akan cukup rentan memudar jika terkena paparan sinar matahari terlalu sering, memarkir mobil/motor di  luar yang terpapar matahari dalam waktu lama. Selain itu, Kamu juga tidak dapat melindungi cat menggunakan clear sebab bisa memicu perubahan warna.

Jika biasanya penegecatan untuk warna metalik, prosesnya mencakup penggunaan cat dasar, kemudian dilapisi cat warna metalik dan selanjutnya dilapisi clear anti gores. Sedangkan pada cat doff sendiri hanya melewati 2 tahapan saja tanpa clear anti gores.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa Kamu coba agar cat warna doff tidak memudar berikut ini :

  • Pastikan kendaraan selalu diparkirkan di tempat yang teduh, sehingga memungkinkan warnanya tetap awet serta tak cepat memudar.
  • Pilih shampo pembersih kendaraan yang ber-pH netral.
  • Tidak dianjurkan memakai obat pemoles apapun dengan tujuan untuk mengkilapkan kendaraan.
  • Jangan terkena minyak.
  • Tak menggosok cat kendaraan menggunakan mesin poles maupun manual sebab akan menghalus serta efek dop pun akan menghilang.

Ya, itulah beberapa langkah cara merawat cat doff pada kendaraan agar tetap awet dan tidak memudar. Dengan memahami cara merawat, keunggulan dan kelemahan cat doff pada kendaraan, Kamu bisa mempertimbangkan pemilihan cat warna ini sesuai kebutuhanmu.

Related posts