Cara Menyembunyikan Teman di Facebook

Cara Menyembunyikan Teman di Facebook

Bagaimana sih cara menyembunyikan teman di Facebook? terkadang kita menginginkan privasi pada media sosial, seperti Facebook. Entah karena risih, atau mungkin demi kenyamanan pribadi saat menggunakan Facebook. Salah satunya ialah dengan menyembunyikan jumlah teman di Facebook.

Menyembunyikan daftar teman di Facebook adalah salah satu cara agar Facebook kita tetap terjaga privasinya dari publik. Karena pastinya ada saja orang yang penasaran dengan berapa jumlah temanmu, atau mungkin siapa saja daftar temanmu di Facebook. Jika Kamu ingin melakukannya, Kamu bisa mencoba tutorial cara menyembunyikan teman di Facebook berikut ini!

Cara Menyembunyikan Teman di Facebook

Cara Menyembunyikan Teman di Facebook
Menyembunyikan Teman di Facebook

Tutorial Menyembunyikan Teman di Facebook

Cara menyembunyikan teman di Facebook sendiri tidaklah sulit, metode ini tentu saja berhasil untuk tidak menampilkan daftar temanmu di akun Facebookmu. Dengan demikian, orang lain tidak akan mengetahui daftar temanmu atau jumlah temanmu di Facebook. Diantara beberapa pilihan cara yang ada, Kamu bisa memilih salah satunya. Oke, langsung saja simak panduannya berikut ini :

1. Menyembunyikan Teman di Facebook via Aplikasi di Android

Cara yang paling praktis dan mudah untuk menyembunyikan list temanmu ialah lewat aplikasi Facebook di perangkat android. Kamu mungkin kesulitan untuk menemukan letak opsi pengaturannya sebab untuk mengatur setingan privasi list teman Facebook memang cukup tersembunyi. Selain itu, sebelum Kamu mengikuti langkah cara menyembunyikan teman di Facebook, pastikan dulu Kamu sudah memasuki aplikasi FB di android.

Oke, langsung saja simak tutorialnya berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan buka aplikasi FB android.
  • Silahkan ketuk ikon garis tiga tepat di samping kanan atas layar.
  • Lalu pilih opsi “Settings & Privacy” dan pilih Settings.
  • Scroll layar ke bawah, kemudian masuk ke bagian Privacy dan pilih opsi Privacy Settings.
  • Klik “Who Can See Your Friends List?”.
  • Kemudian pilih lagi opsi Only Me.

2. Menyembunyikan Teman di Facebook via Facebook Lite

Selain dari aplikasi Facebook aslinya langsung, Kamu juga bisa mencoba cara menyembunyikan teman di Facebook Lite. Facebook Lite bisa dibilang sebagai aplikasi andalan bagi Kamu yang memakai ponsel android berspesifikasi terbatas. Mengingat aplikasi ini memang lebih ringan dibandingkan aplikasi Facebook utama.

Walaupun memiliki fitur dan tampilan yang lebih ringan dan simpel, Kamu juga dapat menyembunyikan list teman via aplikasi Facebook Lite di android.

Untuk menyembunyikan daftar teman melalui Facebook Lite di perangkat android, berikut ini :

  • Langkah pertama, silahkan buka Facebook Lite Apps di android.
  • Pilih ikon garis tiga tepat di pojok kanan bagian atas layar.
  • Lalu ketuk opsi Pengaturan.
  • Selanjutnya di bagian Privasi, tinggal ketuk opsi Pengaturan Privasi.
  • Klik pilihan “Siapa yang bisa melihat daftar teman Anda?”
  • Setelah itu tinggal pilih opsi “Hanya Saya” saja, jika Kamu tidak menginginkan temanmu juga untuk melihat daftar teman di akun FB-mu.

3. Menyembunyikan Teman di Facebook via Browser Android

Alternatif lainnya untuk menyembunyikan daftar teman di Facebook ialah dengan mengakses Facebook via browser di android. Kamu tak perlu lagi harus beralih aplikasi mengingat Kamu dapat mengaturnya lewat Facebook Web secara langsung.

Cara menyembunyikan teman di Facebook ini juga dapat diterapkan baik di iOS maupun hp android. Baik memakai browser web seperti Firefox, Google Chrome, UC Browser, Opera Mini maupun yang lainnya.

Penasaran dengan caranya? Simak ulasan di bawah ini :

  • Silahkan buka Facebook versi web di browser perangkat androidmu.
  • Pilih ikon garis tiga tepat di samping kanan di atas layar.
  • Lalu pilih “Pengaturan” dan ketuk opsi “Pengaturan Privasi” di bagian “Privasi”.
  • Klik “Siapa yang bisa melihat daftar teman Anda”.
  • Lalu pilih opsi “Hanya Saya”.

4. Menyembunyikan Teman di Facebook via Browser Komputer

Bagi Kamu yang lebih nyaman mengakses Facebook via web browser komputer, tentu cara ini bisa dijadikan sebagai alternatifnya. Dengan metode ini, Kamu tak perlu ribet harus beralih lagi ke aplikasi FB di android, apalagi jika Kamu sedang tidak memegang hp.

Di sini, Kami mencoba memakai Google Chrome sebagai perambannya. Kamu bisa menyesuaikan caranya untuk browser lain yang digunakan, seperti UC Browser, Mozilla Firefox, dan lain sebagainya.

Oke, untuk lebih jelasnya simak ulasan cara menyembunyikan teman di Facebook via browser PC di bawah ini :

  • Silahkan buka situs web Facebook via browser laptop/PC/komputer Kamu.
  • Masuk ke halaman profil FB-mu.
  • Ketuk menu “Teman”.
  • Selanjutnya ketuk ikon pensil dan “Edit Privasi”.
  • Di dalam pilihan “Daftar Teman” silahkan atur ke “Hanya Saya” saja.

Nah, itulah 4 cara menyembunyikan teman di Facebook yang bisa Kamu lakukan dengan mudah.

Apa yang Terjadi Jika Menyembunyikan Daftar Teman di Facebook?

Jika Kamu melakukan cara menyembunyikan teman di Facebook seperti yang sudah dijelaskan di atas, Kamu harus tahu apa saja yang terjadi selanjutnya. Apabila Kamu telah menyembunyikan teman di Facebook, ada beberapa hal yang terjadi, diantaranya :

1. Publik Tidak Dapat Melihat Daftar Teman

Ini adalah salah satu keunggulan sekaligus tujuan yang Kamu harapkan, yaitu daftar temanmu tidak akan diketahui oleh publik. Dengan menyembunyikan teman atau daftar teman di Facebook, pastinya orang lain tidak dapat melihat list teman Facebook-mu secara keseluruhan.

2. Masih Tetap Berteman

Kamu tak perlu khawatir jika sudah mengikuti cara di atas untuk menyembunyikan daftar temanmu dari Facebook. Karena dengan melakukan cara di atas, Kamu tentu saja masih akan tetap berteman bersama list temanmu di Facebook. Hanya saja, daftar teman yang ada di akunmu tidak bisa diakses atau dilihat oleh teman ataupun orang lain yang tidak Kamu kenal (publik). Mengingat kategori yang Kamu pilih ialah “Hanya Saya”, jadi yang bisa melihat daftar teman Facebook cuma Kamu pribadi.

3. Orang Lain Masih Bisa Melihat Teman Bersama

Dengan menyembunyikan teman di Facebook sebenarnya memungkinkan orang lain untuk tetap dapat melihat daftar teman bersama di akun Facebook-mu. Namun hal ini tentu saja tak masalah, karena tujuanmu adalah agar orang lain atau pengguna lain tidak bisa melihat daftar teman Facebook-mu secara keseluruhan.

Kesimpulan

Dengan menyembunyikan teman di Facebook sesuai metode di atas, tentu saja Kamu bisa sedikit leluasa karena orang lain tak perlu tahu dengan siapa saja Kamu berteman. Selain itu, dikhawatirkan pula mereka atau orang yang tak bertanggung jawab memanfaatkan akunmu dengan menghubungi teman-temanmu via Facebook.

Memang ada banyak keuntungan dengan menyembunyikan daftar teman di Facebook. Selain itu, sebenarnya opsi pengaturan privasi menyembunyikan list teman di akun Facebook tak hanya dilakukan dengan menyembunyikannya dari semua pengguna Facebook. Sebab Kamu juga dapat menyembunyikan daftar teman hanya dari pengguna Facebook tertentu saja.

Privasi dalam bermedia sosial sebenarnya penting untuk diperhatikan, apalagi dengan banyaknya kasus orang-orang yang memanfaatkan akun kita untuk meraup keuntungan. Salah satunya ialah dengan melakukan cara menyembunyikan teman di Facebook. Semoga bermanfaat!

Related posts