Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Bagaimana cara menonaktifkan WhatsApp sementara? Whatsapp Messenger atau yang lebih dikenal dengan whatsapp merupakan aplikasi chatting atau perpesanan di ponsel. Aplikasi WhatsApp biasanya dapat dinikmati, baik lewat perangkat berbasis android maupun yang berbasis iphone dengan menggunakan koneksi internet.

Whatsapp bisa dibilang sebagai aplikasi perpesanan lintas platform karena kamu bisa mengirim pesan lintas operator. Misalnya, Kamu pengguna Telkomsel tetap bisa berkirim pesan WhatsApp bersama teman dari provider lain. Asalkan Kalian sudah memiliki akun WhatsApp. Selain itu, WhatsApp juga dapat dijalankan memakai koneksi internet baik itu 3G, 4G atau bahkan bisa menggunakan wifi.

Apa Saja Fitur yang Tersedia di WhatsApp?

Fitur – fitur yang ada pada whatsapp cukup banyak dan bisa memenuhi kebutuhanmu untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan syarat sudah menginstall aplikasi WhatsApp dan mendaftar akun Whatsapp. Untuk lebih jelasnya berikut ada beberapa fitur yang harus kamu ketahui pada WhatsApp, diantaranya :

1. Pilihan Mode

Ada dua opsi mode yang bisa kamu gunakan di WhatsApp, diantaranya adalah mode terang dan mode gelap. Mode terang bisa dikatakan sebagai mode default atau bawaan dari Whatsapp, sedangkan mode gelap memiliki tampilan keseluruhan yang berwarna hitam. Pada mode gelap WhatsApp, memungkinkan pemakaian baterainya menjadi lebih irit. Jadi, Kamu bisa menyesuaikan pemilihan mode tersebut tergantung kebutuhan.

2. Memutar Pesan Secara Berurutan Tanpa Jeda

Fitur ini sangat menarik memungkinkanmu bisa saling berbalas pesan menggunakan fitur voice note. Selain itu jika kamu ingin memutarnya kembali, maka secara otomatis pesan suara akan diputar dan lanjut ke pesan suara berikutnya. Jadi, Kamu tak perlu lagi repot-repot menekan tombol play untuk memutar pesan suara yang diterima atau dikirim.

Terkait:  Cara Melacak Keberadaan Seseorang Melalui Whatsapp

3. Panggilan Grup WhatsApp

Jika kamu ingin melakukan kontak suara dengan sesama teman kamu dalam grup WhatsApp, kini Kamu dapat menikmati panggilan grup WhatsApp. Fitur ini memungkinkanmu untuk melakukan obrolan langsung lebih dari 2 orang. Untuk menggunakan fitur ini, sebelumnya jika melakukan panggilan grup WA Kamu harus menghubungi salah satu akun terlebih dahulu. Akan tetapi, kini Kamu bisa melakukan panggilan ke beberapa orang atau akun WhatsApp sekaligus secara langsung.

4. Recent Kontak

Jika kamu sering mengirimkan pesan baik itu pesan suara, video atau mengirimkan dokumen kepada orang lain, maka fitur recent kontak akan secara otomatis menempatkan kontak tersebut berada paling atas. Hal tersebut bisa mempermudahmu dalam berkomunikasi bersama orang yang sering di Kamu ajak chatting atau berbalas pesan WhatsApp.

Itulah beberapa fitur standar yang dimiliki WhatsApp. WhatsApp memang bukan hanya aplikasi berbalas pesan saja, melainkan juga bisa mengirim pesan media, seperti suara, dokumen, hingga video. Menariknya lagi, Kamu juga bisa saling bertukar stiker atau mengirimkan stiker-stiker lucu di WhatsApp dan menyimpannya di hpmu.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara
Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Tutorial Mematikan WhatsApp Sementara

Dengan banyaknya fitur pada aplikasi perpesanan Whatsapp, tentu saja banyak orang yang terbantu memudahkan aktivitasnya sehari-hari. Baik untuk urusan bisnis, pekerjaan maupun keluarga. Namun apa jadinya jika Kamu harus menerima notifikasi WhatsApp terus menerus karena memiliki banyak grup WhatsApp?

Dengan banyaknya notifikasi tentu siapapun akan merasa terganggu. Sebab Kamu akan mendapatkan notifikasi terus menerus dari pesan-pesan yang telah dikirimkan di grup.Inilah alasan utama kenapa tak sedikit pengguna ingin mematikan WhatsApp sementara dengan mencari cara menonaktifkan WhatsApp sementara di hp.

Ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan Whatsapp sementara. Dengan begitu, Kamu merasa lebih nyaman dan terbebas dari banyaknya notifikasi yang membuatmu merasa terganggu. Untuk lebih jelasnya berikut 4 cara menonaktifkan whatsapp sementara :

Terkait:  Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus

1. Berhenti Paksa

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara yang pertama ialah dengan menghentikan WhatsApp secara paksa. Metode ini bisa kamu lakukan baik pada perangkat android maupun pada iphone. Adapun langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Bukalah menu settings yang ada di hp, caranya masuk ke opsi pengaturan dengan memilih settings
  • Carilah opsi aplikasi di menu tersebut. Biasanya Kamu akan ditampilkan banyak aplikasi, mulai dari aplikasi bawaan atau aplikasi hasil instalasi di hpmu.
  • Cari aplikasi Whatsapp, selanjutnya klik satu kali pada ikon Whatsapp.
  • Setelah masuk ke jendela berikutnya, kamu akan melihat beberapa opsi yang bisa dipilih. Termasuk opsi force stop atau berhenti paksa dan hapus instalasi WhatsApp.
  • Pilihlah opsi pertama yaitu force stop atau berhenti paksa lalu pilih OK.
  • Tunggu beberapa saat, selanjutnya aplikasi WhatsApp yang sudah diinstall akan berhenti sementara.

2. Uninstall Aplikasi WhatsApp

Cara menonaktifkan WhatsApp sementara ini bisa dikatakan sebagai trik ampuh untuk menghindari notifikasi Whatsapp yang simultan. Caranya sangat gampang, yaitu :

  • Kamu bisa langsung klik ikon whatsapp pada beranda, untuk mengkliknya sendiri sebaiknya cukup lama sekitar 2-3 detik sampai muncil opsi menu yang baru.
  • Bukalah menu baru tersebut. Biasanya menu yang dimaksud menampilkan informasi mengenai aplikasi Whatsapp yang ada di perangakt ponselmu, termasuk tombol uninstall.
  • Pilihlah opsi uninstall dengan tunggu beberapa saat hingga proses uninstall telah berhasil.

3. Mematikan Pemberitahuan di WhatsApp

Ini adalah cara yang baik untuk menonaktifkan sementara Whatsapp-mu, yaitu dengan menonaktifkan notifikasi pada pengaturan whatsapp. Metode ini memungkinkanmu untuk tidak perlu menghapus aplikasi tersebut di ponselmu.

Untuk mematikan notifikasi di WhatsApp sebenarnya bagi pengguna iPhone maupun android tak jauh berbeda. Berikut panduannya :

  • Buka aplikasi perpesan Whatsapp dengan cara mengetuknya sekali saja.
  • Buka opsi settings di aplikasi Whatsapp, biasanya dengan mengakses ikon tiga titik yang terletak di samping kanan atas layar.
  • Pilihlah notifikasi dengan mengkliknya sekali.
  • Setelah muncul jendela baru, kamu akan mendapatkan menu berikutnya yang berupa opsi pengaturan selanjutnya yaitu personal dan group.
  • Jika ingin mematikan semua notifikasi maka klik sekali saja pada pilihan notifikasi dan matikan pop up perpesanan yang masuk baik pada group atau secara personal.
  • Untuk pilihan lainnya, kamu juga bisa menonaktifkan nada dering, getar, dan juga pengatuan lainnya yang berhubungan dengan notifikasi whasapp yang mengganggu.
Terkait:  Cara Clone Whatsapp di Oppo

4. Menonaktifkan Data Latar Belakang

Biasanya penggunaan WA di hp menggunakan data latar belakang, inilah alasan kenapa pemberitahuan bisa muncul di layar hp saat ada orang yang mengirimkan chat, baik secara personal maupun grup.

Adapun cara menonaktifkan WhatsApp sementara dengan menonaktifkan data latar belakang ialah sebagai berikut :

  • Buka pengaturan ponsel lalu cari menu aplikasi. Di dalamnya terdapat banyak pilihan aplikasi yang telah terinstall di perangkat hpmu.
  • Cari aplikasi Whatsapp atau jika ingin langsung kamu tinggal ketik saja pada kolom pencarian di menu aplikasi sehingga tidak perlu repot – repot scroll ke bawah.
  • Sesudah terbuka, ketik Whatsapp, kemudian carilah pilihan data seluler.
  • Matikan pilihan izinkan penggunaan data latar belakang Whatsapp.
  • Selesai.

Cara – cara di atas bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin menonaktifkan WhatsApp sementara dalam waktu lama, maka lebih baik lakukan uninstal atau jika hanya beberapa hari saja maka pilihan mematikan notifikasi whatsapp bisa jadi pilihan utama. Semoga ulasan cara menonaktifkan WhatsApp sementara di atas bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts