Cara Melamar Kerja Lewat WA

Cara Melamar Kerja Lewat WA
Cara Melamar Kerja Lewat WA

Cara melamar kerja lewat WA memang masih terdengar asing di telinga, sebab bukan termasuk cara biasa. Umumnya orang-orang mengirimkan surat lamaran kerja menggunakan email atau langsung mengirimkannya lewat kantor Pos. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi digital seperti saat ini rasanya bukan hal mustahil bisa mengirimkan lamaran pekerjaan melalui Whatsapp.

Cara Melamar Kerja Lewat WA

Cara Melamar Kerja Lewat WA
Cara Melamar Kerja Lewat WA

Jika kamu ingin mencobanya, ada aturan khusus tidak tertulis yang harus diketahui apabila hendak melamar kerja lewat WA. Maka dari itu, penting sekali memahami beberapa hal berikut ketika hendak melamar pekerjaan melalui Whatsapp :

1. Riset perusahaan

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan yang ingin Anda lamar. Pelajari tentang profil perusahaan, nilai-nilai, dan misi mereka. Pastikan bahwa Anda memenuhi kualifikasi dan kebutuhan yang dicari oleh perusahaan tersebut.

2. Kontak yang tepat

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah nomor kontak yang digunakan perusahaan. Ini bisa berupa nomor telepon akun WhatsApp perusahaan, atau kontak perekrut yang mungkin sudah diberikan tugas untuk menjaring calon pelamar oleh perusahaan. Jika tidak ada informasi kontak yang tersedia, coba cari tahu melalui situs web perusahaan atau akun media sosial milik perusahaan tersebut.

3. Membuat Pesan Awal yang Menarik

Cara melamar kerja lewat WA selanjutnya adalah mulai nmembuat pesan dengan menunjukkan minat Kamu pada perusahaan dan posisi yang ingin Kamu lamar. Buatlah pesan awal yang sangat menarik dan singkat dengan cara memperkenalkan diri. Selain itu, tunjukkan pula bahwa kamu benar-benar komitmen atau seriusĀ melamar pekerjaan di perusahaan atau instansi tersebut.

4. Kirim CV dan Surat Pengantar

Setelah mengirimkan pesan awal yang menarik, kirimkan CV atau resume Kamu dengan dilengkapi surat pengantar melalui WhatsApp. Pastikan dokumen sudah dipersiapkan dengan baik dan disesuaikan dengan posisi yang Kamu lamar. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan format file yang Kamu kirimkan. Lalu, pastikan pula mengenai ukuran file hars sesuai dengan kapasitas yang diperbolehkan oleh WhatsApp.

5. Rincikan Pengalaman Kerja

Pastikan untuk merinci pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Kamu lamar. Jelaskan secara singkat tentang pengalaman kerja dan pencapaian selama bekerja di perusahaan sebelumnya.

6. Menyertakan Portofolio

Jika Kamu memiliki portofolio kerja, lebih baik sertakan link atau file dalam pesan tersebut. Ini akan membantu perekrut melihat pekerjaan yang sudah Kamu lakukan sebelumnya dan akan mempertimbangkan kualifikasi secara lebih baik.

7. Follow Up

Jika Kamu tidak mendapatkan balasan dalam waktu yang wajar, coba untuk kirim pesan follow-up dengan sopan pada perekrut. Jangan terlalu agresif atau terkesan memaksa, karena ini bisa merugikan peluang Kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang dilamar.

8. Panggilan Video atau Panggilan Suara

Apabila telah berhasil mendapatkan respons positif dari perekrut, segera minta jadwal untuk wawancara melalui panggilan video atau panggilan suara melalui WhatsApp. Pastikan agar koneksi internet dan peralatan yang digunakan untuk wawancara sudah siap agar terhindar dari gagalnya komunikasi melalui WA.

9. Pastikan Kehadiran Saat Wawancara

Jika perusahaan atau instansi membutuhkan Kamu untuk tahapan wawancara secara offline, segera konfirmasi kehadiran kepada perekrut.

Itulah beberapa langkah cara melamar kerja melalui WhatsApp. Meskipun cara ini terbilang efektif, namun tetap harus dipastikan terlihat profesional dan sopan dalam setiap pesan yang Kamu kirimkan. Selain itu, melamar pekerjaan via Whatsapp memang cukup riskan dariĀ scam, karenanya pastikan nomor kontak Whatsapp perusahaan benar-benar valid.

Related posts