Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel

Cara mengaktifkan paket darurat Telkomsel sebenarnya penting sekali saat dalam keadaan mendesak. Kita tidak tahu pasti, kondisi darurat terjadi dan mengharuskan kita menghubungi keluarga atau rekan kerja dengan secepatnya. Namun tentu saja, kita juga terkadang lupa mengecek pulsa Telkomsel sehingga pada saat dibutuhkan ternyata pulsa habis. Hal inilah yang membuat kita akhirnya kelabakan mencari tukang pulsa.

Jika Kamu membutuhkan pulsa dalam kondisi mendesak pagi atau siang hari mungkin tidak masalah, tapi bagaimana jika Kamu memerlukannya saat tengah malam. Apabila hal ini terjadi, maka tak ada jalan lain selain melakukan cara mengaktifkan paket darurat Telkomsel.

Read More

Menariknya, Telkomsel memang menyediakan layanan aktivasi paket darurat untuk para penggunanya. Hal ini bertujuan agar para pengguna Telkomsel bisa menggunakan pulsa tersebut saat kondisi darurat, dan untuk pembayarannya sendiri akan dipotong saat pengisian pulsa selanjutnya. Dalam kasus ini, kita bisa katakan bahwa pulsa darurat Telkomsel sangat membantu.

Namun sayangnya, tak sedikit orang yang belum mengetahui pulsa darurat Telkomsel. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan paket darurat Telkomsel?

Mengetahui Paket Darurat Telkomsel

Sebelum membahas cara mengaktifkan paket darurat Telkomsel, Kamu harus tahu dulu apa itu paket darurat? Paket darurat adalah layanan khusus yang telah disediakan Telkomsel kepada penggunanya, yang mana paket ini bisa diaktifkan jika kondisinya benar-benar urgent. Terlebih ketika Kamu memerlukan koneksi internet, tapi tidak bisa melakukan pembelian paket atau pulsa langsung di outlet penjualan pulsa.

Terkait:  Cara Nelpon Tanpa Pulsa Telkomsel

Sebenarnya paket darurat Telkomsel bisa dipakai semua pengguna operator Telkomsel, tapi ada beberapa kriteria dan ketentuan khusus. Selain bagi pengguna tetap, ternyata Telkomsel memberikan penilaian khusus menyesuaikan penggunaan pulsa oleh penggunanya.

Kamu bisa mengaktifkan paket darurat dengan kapasitas yang berbeda, mulai dari kuota 100 MB, 200MB, hingga 1 GB. Biasanya paket darurat Telkomsel hanya dapat diaktifkan selama 1 hari sampai 1 minggu saja.

Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel

Cara Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel
Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel

Tutorial Mengaktifkan Paket Darurat Telkomsel

Sebenarnya ada 5 panduan cara mengaktifkan paket darurat Telkomsel yang bisa Kamu coba, diantaranya lewat SMS, kode dial hingga aplikasi dari My Telkomsel. Silahkan simak tutorialnya berikut ini :

1. Aktivasi Paket Darurat Telkomsel via UMB atau Kode Dial

Tentu saja memakai kode dial menjadi cara pertama yang dapat dilakukan. Selain mudah dan cepat, tentu saja cara ini tidak memerlukan pulsa. Ada beberapa tahapan untuk mengaktifkan paket darurat Telkomsel lewat kode dial, berikut ini :

  • Pertama-tama masuk ke dalam opsi panggilan di hpmu terlebih dulu, silahkan ketikkan kode *500*5# di hpmu, kemudian proses USSD pun akan berjalan.
  • Kamu tinggal menunggu sampai opsi informasi terkait paket darurat ditampilkan di layar. Tapi jika tidak muncul juga, maka Kamu masih belum termasuk ke dalam kriteria pengguna Telkomsel yang memerlukan paket darurat.
  • Tapi jika muncul opsi paket darurat, maka Kamu dapat melihat besaran paket darurat Telkomsel yang dapat diambil. Entah itu paket SMS, telepon hingga internet.
  • JIka Kamu menyetujui penawaran dari paket darurat Telkomsel, silahkan tekan “1” di menu yang tersedia lalu tekan OK.
  • Selanjutnya Kamu hanya perlu menerima SMS aktivasi langsung dari nomor 5111 ke nomor hpmu.
  • Selanjutnya Kamu sudah bisa memakai paket darurat Telkomsel untuk berbagai keperluan.
Terkait:  Cara Registrasi Kartu Telkomsel

2. Aktivasi Paket Darurat Telkomsel via MyTelkomsel

Cara mengaktifkan paket darurat Telkomsel berikutnya, bisa dilakukan dari aplikasi My Telkomsel. Meskipun untuk mengaktifkannya paling tidak Kamu masih dapat terkoneksi ke internet seperti memakai Wifi. Berikut cara aktivasi paket darurat Telkomsel lebih lengkapnya :

  • Pertama-tama, silahkan instal My Telkomsel Apps di hpmu terlebih dahulu, jika Kamu belum mempunyai aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya ikuti instruksi registrasi dengan cara mengisi identitas diri, nomor hp dan verifikasi.
  • Jika sudah berhasil mengakses aplikasi, silahkan masuk ke menu unggulan di aplikasi My Telkomsel.
  • Setelah itu, pilih paket darurat, lalu Telkomsel selanjutnya akan langsung mengirimkan SMS ke hpmu jika nomor hpmu telah memenuhi kriteria pengguna layanan paket darurat.
  • Selanjutnya balas pesan dengan mengetikkan “Yes”, kemudian tunggu lagi balasan aktivasi langsung dari nomor 5111.
  • Langkah terakhir, pakai paket darurat Telkomsel sebelum masa pemakaiannya habis, sebab paket ini hanya akan berakhir dalam waktu 1 hari atau beberapa hari saja.

3. Aktivasi Paket Darurat dengan SMS

Kamu juga bisa menggunakan cara mengaktifkan paket darurat Telkomsel dengan SMS. Adapun cara melakukannya sebenarnya sangat mudah, berikut ini panduannya :

  • Ketika Kamu kehabisan pulsa atau kuota, biasanya secara otomatis Telkomsel akan melakukan penawaran secara langsung berupa layanan paket darurat.
  • Biasanya akan ada informasi layanan paket darurat Telkomsel yang dapat diambil. Entah itu dari jumlah kuota, harga yang dibayarkan dan waktu pemakaian paket darurat.
  • Jika Kamu menyetujui penawaran paket darurat Telkomsel, maka Kamu dapat membalas pesan SMS dengan menekan “Yes” lalu kirim ke nomor 5111.
  • Silahkan tunggu beberapa lama sampai pemberitahuan masuk ke hpmu, cek apakah aktivasi sudah berhasil dilakukan atau justru gagal.
  • Apabila berhasil, Kamu pun sudah dapat menggunakan layanan paket darurat Telkomsel tersebut.
  • Tapi jika belum berhasil, Kamu bisa mengulangi kembali atau bisa memakai cara lain jika setelah dicoba ternyata tidak berhasil.
Terkait:  Cara Menonaktifkan Kartu Telkomsel

4. Aktivasi Paket Darurat Telkomel via Penawaran Telkomsel

Seringkali ketika kehabisan pulsa atau kuota tak terjadi penawaran langsung dari Telkomsel, jadi Kamu perlu memancingnya supaya bisa mendapatkan penawaran dari provider ini terlebih dahulu. Adapun caranya, bisa disimak berikut ini :

  • Pertama-tama, sebaiknya pastikan Kamu tidak mempunyai kuota internet atau pulsa Telkomsel sama sekali. Adapun tujuannya supaya Kamu layak menerima paket darurat Telkomsel.
  • Sesudah itu, Kamu bisa mencoba memakai internet, mengirimkan SMS atau melakukan telepon.
  • Ketika berusaha memakai layanan tersebut, namun tidak berhasil, maka Telkomsel pun akan langsung mengetahui bahwa penggunanya sedang memerlukan paket darurat.
  • Silahkan tunggu beberapa lama hingga Kamu mendapatkan penawaran layanan paket darurat Telkomsel.
  • Langsung balas SMS tersebut dengan mengetikkan YES lalu kirim lagi ke nomor 5111.
  • Selanjutnya beberapa lama kemudian, Kamu akan menerima notifikasi aktivasi langsung ke ponselmu. Nah, dari sinilah Kamu sudah bisa memakai paket darurat Telkomsel.

5. Meminta Kepada Teman atau Keluarga

Selain cara di atas, Kamu juga bisa meminta kepada teman atau keluarga saat benar-benar memerlukan pulsa darurat. Berikut ulasannya :

  • Pertama-tama sebaiknya pastikan Kamu tidak mempunyai kuota Telkomsel atau pulsa Telkomsel sama sekali, lalu tunggu sampai ada pesan penawaran langsung dari Telkomsel. Berisi pengajuan ke keluarga atau teman.
  • Penawaran tersebut biasanya berisi besaran kuota yang dapat diminta serta harga yang wajib dibayarkan keluarga atau temanmu.
  • Jika setuju, silahkan balas pesan dengan mengetikan format YES (spasi) Nomor Keluarga dan kirim  ke nomor 88441.
  • Tunggulah sampai Telkomsel menghubungi keluarga atau temanmu, jika mereka menyetujui secara otomatis kuota data darurat akan langsung masuk ke hpmu.
  • Selanjutnya, Kamu dapat memanfaatkan kuota tersebut untuk keperluan yang benar-benar urgent. Namun sebelumnya, jangan lupa hubungi keluarga atau teman terlebih dahulu yang sudah dimintai pertolongan.

Nah, itulah 5 opsi cara mengaktifkan paket darurat Telkomsel yang bisa Kamu coba untuk mendapatkan paket darurat saat benar-benar membutuhkannya.

 

 

Related posts