Cara Mengaktifkan M Banking BCA

Cara Mengaktifkan m Banking BCA

Cara mengaktifkan m Banking BCA sebenarnya cukup mudah dilakukan, bahkan kini bisa melakukannya tanpa harus pergi ke bank. Bank BCA memang telah terbukti selalu memudahkan para nasabahnya untuk melakukan berbagai transaksi perbankan. Salah satunya yaitu lewat layanan m-BCA yang menawarkan lebih banyak fitur dan kepraktisan untuk para nasabah BCA.

M-BCA adalah bagian dari mobile banking bank BCA. Dimana layanan ini dapat diakses lewat BCA Mobile untuk para pengguna smartphone iPhone maupun android. Di samping layanan m-BCA, sebenarnya bank BCA pun telah menyediakan KlikBCA.

Read More

Kita tahu bahwa KlikBCA berbeda dari m-BCA. Karena KlikBCA adalah salah satu layanan dari internet banking BCA yang memerlukan token untuk transaksinya. Sementara m-BCA sendiri bisa langsung digunakan tanpa harus menginputkan kode verifikasi yang berasal dari Token.

Melalui layanan m-BCA ini, transaksi perbankan menjadi lebih mudah. Akan tetapi, untuk dapat memakai layanan yang satu ini dengan maksimal, para nasabah wajib mengaktifkan layanan m-BCA terlebih dahulu. Sebelum aktivasi, layanan perbankan hanya dapat dilakukan lewat kantor cabang BCA. Akan tetapi, kini bank BCA telah mengambil keputusan lewat layanan aktivasi untuk transaksi finansial mobile BCA tanpa harus ke bank.

Jika Kamu belum mengetahui cara mengaktifkan m banking  BCA, kini tak perlu khawatir karena ada beberapa langkah aktivasi yang bisa diikuti.

Kenapa Aktivasi Layanan Finansial BCA Perlu Dilakukan?

Adapun alasan kenapa aktivasi layanan finansial BCA harus dilakukan dikarenakan supaya layanan mobile BCA dapat digunakan untuk melakukan transaksi finansial, seperti bayar tagihan, transfer, beli pulsa, maupun transaksi lainnya.

Jika nasabah tidak mengaktifkan finansial, tentu Kamu hanya dapat memakai layanan mobile BCA ini untuk pengecekan saldo dan melakukan transaksi non tunai. Hal ini tentu saja sangat disayangkan, sebab tujuan mengaktifkan mobile BCA sendiri ialah untuk mempermudah proses transaksi.

Melalui aktivasi finansial, tentu saja layanan mobile banking BCA dapat dipakai untuk melakukan transfer, beli pulsa, bayar tagihan hingga transaksi lainnya. Seluruh transaksi akan membantu para nasabah bertransaksi kapan saja dan dimana saja.

Sehingga nasabah bank BCA, tak perlu lagi pergi ke ATM jika ingin melakukan pembayaran tagihan atau transfer. Terlebih bank BCA saat ini menawarkan layanan cardless tanpa kartu yang hanya dapat dipakai jika nasabah telah mengaktifkan layan finansial mobile BCA.

Melalui fasilitas cardless ini, maka para nasabah BCA pun dapat melakukan setor tunai dan tarik tunai d ATM BCA tanpa memasukkan kartu debit/ATM BCA.

Jika ingin melakukan transaksi tanpa menggunakan kartu, tentu saja nasabah wajib mengakses aplikasi mobile BCA terlebih dahulu. Silahkan buka opsi cardless, kemudian pilih transaksi keuangan yang akan dilakukan.

Cara Mengaktifkan m Banking BCA

Cara Mengaktifkan m Banking BCA
Mengaktifkan m Banking BCA

Tutorial Mengaktifkan m Banking BCA

Cara mengaktifkan m Banking BCA sebenarnya cukup mudah dilakukan. Jika Kamu belum mengaktifkan layanan m banking BCA ini, maka harus mengikuti beberapa langkah berikut :

1. Daftar dan Mengaktifkan m Banking BCA via ATM

Metode yang satu ini menawarkan banyak keuntungan. Diantaranya dapat dilakukan kapanpun. Kita tahu bahwa mesin ATM bisa beroperasi selama 24 jam full. Selanjutnya Kamu tak perlu mengantre panjang di kantor cabang bank BCA. Oke, untuk mengaktifkan mobile banking BCA, ada beberapa langkah yang bisa diikuti berikut :

  • Pertama-tama, silahkan cari gerai ATM BCA yang paling dekat dan tentunya berfungsi baik.
  • Lalu masukkan kartu debit/ATM BCA-mu ke slot mesin ATM.
  • Inputkan PIN ATM.
  • Setelah itu, cari kemudian pilih “Daftar Autodebet/e-banking”. Biasanya menu ini berada di samping kiri.
  • Setelah itu, Kamu akan dibawa ke pilihan sub menu selanjutnya. Temukan lalu klik “Mobile Banking”.
  • Kemudian layar akan memunculkan tulisan notifikasi bahwa Kamu akan mengaktifkan layanan mbanking BCA, kemudian PIN yang Kamu buat jangan diberitahukan ke orang lain.
  • Kamu tinggal pilih “Lanjutkan” di bawah opsi peringatan di tas.
  • Setelah itu, akan muncul kolom untuk diisi oleh nomor ponsel yang Kamu daftarkan. Tekan “Ya” untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya akan muncul kolom kembali. Kamu perlu mengisinya menggunakan PIN m banking BCA. Nah, pin inilah yang bisa kamu tentukan. Kamu bisa mengunakan PIN yang sama seperti PIN untuk ATM atau buat baru.
  • Konfirmasi ulang PIN mobile banking BCA.
  • Setelah itu, di layar akan muncul notifikasi bahwa registrasi mobile BCA-mu sudah sukses.

2. Daftar dan Mengaktifkan Mobile Banking BCA via Customer Service

Cara mengaktifkan m banking BCA selanjutnya ialah melalui Customer Service BCA. Pendaftaran m BCA lewat CS bank BCA sebenarnya tidak fleksibel. Karena Kamu perlu melakukannya hanya di jam kerja, pada jam 07.30 sampai jam 16.00. Sedangkan pada tanggal merah dan hari Minggu tutup. Di samping itu, jarak antara kantor cabang BRA dengan rumahmu belum tentu juga berdekatan.

Meskipun begitu, bukan berarti cara ini tidak mempunyai keunggulan. Apabila Kamu mendaftarkan mobile banking lewat customer service, maka seluruh proses akan dilakukan oleh CS. Kamu hanya perlu menunggu, membuat PIN m banking BCA, kemudian Kamu pun bisa langsung menggunakan m BCA jika sudah diaktivasi oleh  Customer Service.

Akan tetapi, Kamu harus memenuhi beberapa ketentuan dan persyaratan yang wajib dibawa sebelum Kamu mendatangi kantor BCA untuk bertemu CS. Adapun syarat yang dituju ialah KTP, kartu ATM BCA, buku tabungan dan nomor hp aktif. Semuanya wajib ditunjukkan langsung ke Customer Service untuk dijadikan bukti jika Kamu adalah pemilik rekening BCA.

Mana yang Lebih Baik, Daftar m-BCA di ATM atau Customer Service?

Jika dibandingkan, tentu saja cara mengaktifkan m banking BCA di customer service lebih baik. Kenapa? Karena transaksi m-BCA dikategorikkan ke dalam 2 bagian, yaitu transaksi finansial dan non finansial. Dengan mengaktifkan m BCA via ATM hanya dapat dilakukan untuk melakukan transaksi non finansial saja. Sementara dengan mengaktifkan mBCA via Customer Service lebih komplit layanannya, termasuk bisa bertransaksi finansial.

Adapun maksud dari transaksi non finansial sendiri, diantaranya seperti mutasi rekening, pengecekan saldo, info kurs, infu bunga dan lainnya. Sementara transaksi finansial itu sendiri melibatkan transaksi perpindahan dana, seperti payment, e-commerce dan transfer.

Mengaktifkan Mobile Banking m-BCA via Hp

Jika nomor ponselmu sudah terdaftar melalui cara di atas, sebenarnya Kamu memerlukan satu tahapan proses lagi, yakni mengaktifkan mobile banking bank BCA di hp yang ingin digunakan. Adapun cara mengaktifkan m banking BCA yang bisa Kamu coba di ponsel, ialah sebagai berikut :

  • Pastikan Kamu sudah mengunduh aplikasi mBCA di hp telrenbih dahulu.
  • Lalu pilih layanan m-BCA kemudian tekan “Yes/Ok”.
  • Selanjutnya masuk ke menu “m-Admin” lalu tekan “Yes/Ok”.
  • Silahkan tekan “Yes/OK” di kolom persetujuan jika Kamu setuju dengan ketentuan dna syarat yang diberikan.
  • Inputkan nomor yang ada di permukaan bagian depan pada kartu ATM, terdiri dari 6 digit.
  • Silahkan inputkan PIN m-BCA lalu tekan lagi “Yes/Ok”.
  • Kamu pun sudah berhasil mengaktifkan mobile banking bank BCA di hp.

Nah, itulah beberapa panduan cara mengaktifkan m banking BCA yang bisa Kamu coba agar Kamu bisa melakukan transaksi keuangan dengan mudah hanya dalam genggaman saja.

Related posts