Cara Mendapatkan Kode EFIN Secara Online

Pengurusan terkait transaksi pajak kini memang lebih dipermudah dengan adanya layanan DJP online. Hal ini tentu saja membuat para wajib pajak lebih mudah untuk melakukan transaksi pajak, hingga melaporkan SPT pajak tahunan dengan mudah. Untuk menggunakan layanan DJP online, Kamu harus memiliki kode efin terlebih dahulu. Karena itu, di sini kita akan membahas cara mendapatkan kode EFIN secara online.

Dalam mengurus pajak, sebelumnya memang dilakukan secara langsung bertatap muka untuk menyelesaikan berbagai macam urusan hingga urusan tersebut tuntas. Namun karena kondisi kesibukan atau hal-hal lainnya memaksa memaksamu untuk melakukan segala sesuatunya secara daring.

Read More

Walaupun begitu, tetap untuk wajib pajak harus dilakukan oleh setiap orang. Direktorat Jenderal Pajak melakukan sebuah terobosan baru yaitu dengan menggunakan layanan perpajakan secara online melalui situs yang sudah ditentukan, yaitu kamu harus masuk ke situs www.pajak.go.id. Selanjutnya Kamu bisa melaporkan SPT tahunan serta dapat membuat kode khusus yaitu kode billing dengan menggunakan email pribadi atau cara lainnya yang direkomendasikan dari bagian perpajakan.

Satu hal yang perlu kamu ketahui yaitu jika ingin memaksimalkan manfaat dari layanan perpajakan secara online maka kamu diwajibkan harus memiliki kode EFIN. EFIN sendiri termasuk kepanjangan dari Electronic Filing Identification Number untuk selanjutnya bisa membuat akun kamu pada djponline. Yang kamu lakukan adalah cukup masuk ke situs www.djponline.pajak.go.id.

Sekilas mengenai kode EFIN yaitu sebuah nomor idetitas milik sendiri yang langsung diterbitkan oleh bagian Direktorat Jenderal Pajak kepada masyarakat yang mengharuskan wajib pajak untuk selanjutnya bisa melakukan berbagai transaksi elektronik pada situs yang telah disediakan yaitu misalnya melaporkan SPT tahunan dengan masuk pada e-filling dan bisa digunakan juga untuk membuat koe billing pembayaran pajak.

Kegunaan EFIN Perseorangan atau Badan

Berdasarkan survei dan pengalaman dari beberapa sumber, maka ada tiga manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika sudah memilki kode efin untuk keperlua perpajakan, diantaranya :

Terkait:  Cara Mendapatkan EFIN Secara Online

1. Hemat Waktu dan Proses Pelaporan Pajak

Kode efin bisa dikatakan sebagai kode akses dalam memperlancar proses pembayaran pajak sampai informasi berbagai perpajakan tanpa perlu melakukan antrian yang cukup melelahka di Kantor Pelayanan Pajak sehingga bisa menghemat waktu dan proses pelaporan pajak bisa langsung di eksekusi secepatnya.

2. Menjamin Sistem Keamanan Rahasia Data Perusahaan

Tentunya ini adalah manfaat yang sangat penting karena bisa menjaga kerahasiaan data perusahaan yang sangat sensitif sebagai database perpajakan.

3. Dilakukan dengan Cara Otomatis

Baik bagi wajib pajak perorangan maupun wajib pajak Badan, tentu adanya kode efin dapat mempermudah dalam pelaporan SPT tahunan secara online karena tidak perlu mengisi data kembali sehingga langsung melaporkan pajak saja. Begitupun untuk tahun – tahun berikutnya yang hanya mengisi yang dipelukan saja tanpa harus mengisi isian dasar seperti nama perusahaan, alamat perusahaan atau alamat pribadi.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan kode EFIN atau mungkin kamu sebelumnya sudah pernah daftar namun lupa kode EFIN maka pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai cara mendapatkan kode EFIN secara online.

Cara Mendapatkan Kode EFIN Secara Online

Cara Mendapatkan Kode EFIN Secara Online
Mendapatkan Kode EFIN Secara Online

Panduan Dapatkan Kode EFIN Secara Online

Untuk melakukan aktivasi, maka kamu harus mengikuti langkah – langkah berikut ini sebagai persiapan melakukan aktivasi yang sebenarnya :

  • Kamu sebagai wajib pajak diwajibkan melakukan permohonan aktivasi EFIN ke alamat email resmi perpajakan. Email tersebut bisa kamu dapatkan pada link www.pajak.go.id/unit-kerja. Bagi kamu yang berada di Jawa Barat, maka kamu akan di arahkan untuk masuk ke link berikut ini : www.tiny.url/kontakkpp-jabar1.
  • Perlu diingat bahwa satu email pemohon berlaku hanya untuk satu permohonan saja dalam hal pelayanan aktivasi kode EFIN.
  • Kemudian kamu akan di berikan petunjuk untuk melakukan swafoto atau selfie lengkap dengan memegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Jika semua data sudah kamu kirimkan, kemudian petugas terkait akan melakukan pengecekkan terhadap data yang kamu kirimkan, selanjutnya jika semua data sudah lengkap da sesuai maka petugas terkait akan membuat kode EFIN lalu mengirimkannya ke alamat email yang sudah kamu daftarkan dengan format pdf (portable document file).
Terkait:  Cara Bayar Pajak Mobil Online

Pada suatu kasus, jika ternyata kamu sebelumnya sudah mendaftar untuk mendapatkan kode EFIN namun lupa kode tersebut, maka kamu harus mengikuti langkah – langkah berikut ini untuk mendapatkan kode EFIN terbaru :

  • Kamu akan diarahkan untuk menyampaikan permohonan lupa kode EFIN ke alamat email pajak KPP. Pastikan subyek harus jelas mengenai permohonan mendapatkan kode baru.
  • Ingat bahwa satu email hanya berlaku untuk satu permohonan saja.
  • Permohonan kamu yang akan dikirimkan melalui alamat email harus dilengkapi dengan PORO (proof of record ownership).

Informasi bagi kamu bahwa efin online terbagi ke dalam dua jenis layanan berdasarkan kategori subyek pajak yaitu wajib pajak pribadi dan wajib pajak Badan. Pada dasarnya dalam hal pembuatan EFIN secara online tidak terlalu beda, yang membedakan adalah ada beberapa dokumen yang dibutuhkan ketika ingin mengajukan EFIN online.

Proof of Record Ownership Bagi yang Lupa Kode EFIN

Cara mendapatkan kode EFIN secara online ketika lupa kode EFIN memang cukup merepotkan, terlebih jika lupa kode EFIN, maka kamu harus mengirimkan permohonan seperti yang dijelaskan pada pembahasan sebelumnya dengan melengkapi PORO. Berikut tata cara kelengkapan PORO pada email :

1. EFIN Untuk Wajib Pajak Pribadi

Khusus bagi kamu yang lupa kode efin, berikut cara melengkapi email dengan PORO :

  • Persiapkan nomor NPWP milik kamu.
  • Isi nama dengan lengkap
  • NIK harus sesuai dengan nomor KTP
  • Alamat tempat tinggal harus sesuai dengan yang tertera pada KTP
  • Alamat email yang sebelumnya sudah kamu daftarkan pada DJP Online
  • Nomor telepon yang sudah didaftarkan pada situs DJP Online

Point – point di atas tentunya wajib kamu persiapkan agar permintaan kamu bisa segera di proses mengingat ada beberapa kasus ketika ingin meminta kode efin kembali namun kelengkapan tidak lengkap atau tidak sesuai dengan data pada saat pendaftaran sebelumnya.

Terkait:  Cara Menghitung KPR

2. EFIN Untuk Wajib Pajak Badan

  • Persiapkan nomor NPWP yang sudah terdaftar.
  • Nama lengkap badan
  • Alamat email badan yang sudah terdaftar pada DJP online
  • Nomor telepon badan yang sudah terdaftas pada DJP online.
  • EFIN pengurus yang terletak pada SPT tahunan pajak penghasilan. Lampirkan saja yang sudah jatuh tempo.
  • Nomor telepon atau nomor handphone yang mengajukan permintaan aktivasi efin terbaru.
  • Isi tahun pajak, status pajak sampai nominal SPT tahunan yang terakhir dilaporkan oleh Badan yang bersangkutan.

Itulah cara melengkapi permohonan aktivasi nomor efin melalui email dengan menggunakan PORO. Melalui cara ini, jika kamu melengkapi data – data tersebut maka permohonan kamu akan cepat ditanggapi oleh bagian perpajakan.

Pajak sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi dari suatu negara. Oleh karena itu kamu atau Badan yang sudah berbadan hukum wajib membayar pajak dan melaporkan pajak tahunan. Tujuannya adalah guna memperlancar pembangunan negeri menjadi lebih baik. Karena itu, ikuti cara mendapatkan kode EFIN secara online di atas untuk akses DJP online.

Related posts