Cara Melihat Barcode Whatsapp

Cara Melihat Barcode WhatsApp

Bagaimana cara melihat barcode WhatsApp? Barcode adalah susunan garis secara vertikal yang dibuat dengan campuran warna putih dan hitam yang memiliki ketebalan berbeda. Walaupun terkesan simpel, namun penggunaannya sangat penting sekali. Kode batang ini berfungsi untuk menampilkan data yang bisa terbaca pada mesin, dimana salah satu metode untuk membacanya ialah dengan melakukan atau memindai scan.

Biasanya barcode ini disebut juga sebagai kode batang alias QR Code. Kini Kamu dapat memindai barcode tersebut dari ponsel. Barcode sendiri ternyata sering dijumpai dalam berbagai aplikasi, termasuk aplikasi WhatsApp. Selain itu, biasanya dipakai untuk mengakses WhatsApp di laptop atau PC. Namun masih banyak yang belum memahami fungsi dari QR Code pada WhatsApp itu sendiri.

Read More

Sebelum membahas cara melihat barcode WhatsApp, Kamu tentu harus tahu apa fungsi dan kegunaan barcode WhatsApp itu sendiri terlebih dahulu.

Apa Saja Sih Manfaat Barcode WhatsApp?

Jika Kamu ingin memakai WA Web di laptop atau PC, tentu saja Kamu perlu memindai QR Code WhatsApp. Namun ternyata, ada banyak fungsi dari barcode WhatsApp itu sendiri yang harus Kamu ketahui di bawah ini :

1. Untuk Mengakses Akun WhatsApp

Manfaat barcode WhatsApp yang pertama ialah untuk mengakses akun WhatsApp Kamu sendiri. Pasalnya barcode ini mesti dipindai pemilik akun ketika akan membuka layanan WhatsApp Web di perangkat lapt0op. Sebelum dapat diakses, Kamu biasanya diminta scan barcode terlebih dahulu di hp berisi akun WhatsApp Kamu sendiri. Adapun tujuannya ialah untuk mendapatkan izin saat mengakses akun.

Melalui cara yang satu ini, tentu saja orang yang tidak mengetahui akun WA milikmu tidak akan dapat mengakses akun WA-mu. Secara singkatnya, barcode ini hanya dapat dipindai di hp pemilik dari akun tersebut.

2. Sebagai Keamanan

Selain untuk mengakses akun WhatsApp, Kamu juga bisa mengamankan akun tersebut dengan menggunakan barcode. Namun supaya lebih aman, biasanya barcode terus berubah seiring waktu.

Adapun perubahan dair bentuk barcode pada WA web ini berperan sebagai keamanan untuk para pengguna akun WA. Mengingat semuanya selalu berubah, biasanya setiap barcode hanya dapat dipakai sekali saja.

Selain itu, barcode yang tersedia di laptop atau PC sifatnya dinamis. Sehingga jika sudah ditampilkan, maka Kamu dapat memindainya langsung untuk mengakses atau login ke WA.

Cara Melihat Barcode WhatsApp

Cara Melihat Barcode WhatsApp
Tutorial Melihat Barcode WhatsApp

Tutorial Melihat Barcode WhatsApp

Jika Kamu ingin mengetahui barcode akun WA, maka ada beberapa langkah cara yang bisa Kamu lakukan berikut di bawah ini :

1. Persiapkan Perangkat Lain

Cara melihat barcode WhatsApp yang pertama ialah, Kamu harus membuka akun WA terlebih dahulu. Adapun untuk membuka akun WhatsApp tersebut tentu saja lewat perangkat lainnya. Sehingga, hal yang harus Kamu lakukan pertama kali ialah dengan mempersiapkan perangkat terlebih dahulu yang dapat digunakan untuk akses internet.

Sebaiknya pakai laptop atau PC untuk mengakses akun WhatsApp. Untuk memudahkanmu melihat barcode WhatsApp, pastikan akses atau jaringan internetmu tetap berjalan stabil sesuai kebutuhan.

2. Membuka WhatsApp Web

Langkah selanjutnya, Kamu harus membuka WhatsApp Web di alamat web.whatsapp.com. Lalu tunggu beberapa lama sampai halaman WhatsApp terlihat penuh. Selanjutnya Kamu akan diperlihatkan barcode pada halaman tersebut. Namun tentu saja barcode tersebut digunakan untuk login.

3. Mengakses Aplikasi WhatsApp di Hpmu

Cara melihat barcode WhatsApp berikutnya ialah dengan cara membuka aplikasi WA di hpmu. Selanjutnya ketuk di panel tiga titik pada bagian pojok kanan. Jika sudah, Kamu akan diperlihatkan beberapa pilihan. Misalnya saja opsi Grup baru, WhatsApp Web dan Saran Baru. Selanjutnya Kamu tinggal klik WhatsApp Web, selanjutnya akan diarahkan ke halaman scan.

Dari situlah, Kamu dapat melakukan scan halaman yang menunjukkan barcode WhatsApp tersebut. Silahkan arahkan perangkat kamera ke dalam barcode yang terlihat di laptop atau PC. Selanjutnya, secara otomatis Kamu akan memasuki chat yang ada di aplikasi.

4. Keluar dari WhatsApp Web

Langkah terakhir, Kamu aharus keluar atau log out dari halaman WA web. Sebab dengan keluar dari WhatsApp web ini, dapat membantumu mendapatkan barcode WhatsApp Kamu. Untuk logout dari aplikasi WhatsApp Web sendiri sangat mudah.

  • Pastikan Kamu mempunyai akses internet stabil yang sudah berjalan. Lalu akan ada panel-panel yang dijumpai di WhatsApp tersebut. Setelah itu, tinggal klik di panel ikon 3 titik yang ada di halaman WA web. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan menu, silahkan klik tulisan keluar.
  • Jika sudah, Kamu sudah sukses logout dari WhatsApp. Inilah yang disebut sebagai barcode WhatsAppmu. Sehingga Kamu dapat menggunakannya untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya jika Kamu kesulitan login pada aplikasi lainnya tinggal scan saja. Tentu akan jauh lebih cepat dan mudah.

Itulah tahapan cara melihat barcode WhatsApp yang bisa Kamu lakukan. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Membuat Barcode WA Langsung Chat

Sebenarnya Kamu juga bisa membuat barcode WhatsApp dan caranya sangat mudah. Kamu hanya memerlukan aplikasi QR Code beserta link nomor. Selain itu, ada pula aplikasi buat barcode WA lain yang dapat Kamu coba. Tapi sebaiknya pilih aplikasi QR Code saja. Berikut tahapan membuat barcode WhatsApp langsung :

1. Mempersiapkan Link WA

Cara yang dapt dilakukan pertama kali ialah Kamu harus mempersiapkan link. Adapun link tersebut ialah link nomor WA Kamu. Sebagian orang mungkin menganggap bahwa link di WA sudah tak asing lagi, terlebih jika Kamu sering melakukan transaksi secara online via WhatsApp.

Melalui link ini, orang lain pun dapat diarahkan langsung ke jendela WA Kamu dengan mudah. Ini bisa dilakukan otomatis, dimana mereka tidak perlu lagi menuliskan nomor pada akun WA-mu dengan cara manual.

2. Membuat Barcode Untuk Melakukan Scan WA

Di samping link WA, Kamu juga membutuhkan bantuan aplikasi lainnya, seperti QR Scan. Kamu bisa mendownload aplikasi QR Scan di Google PlayStore bernama Barcode Generator.

Adapun cara buat QR Code WhatsApp menggunakan aplikasi ini diantaranya sebagai berikut :

  • Langkah awal yang Kamu perlukan ialah link. Guna memudahkanmu untuk membuat barcode, Kamu dapat menyalin link https://api.whatsapp.com/send?phone=nomorhpyang dituju.
  • Silahkan cek link terlebih dahulu yang sudha dibuat di web browser. Apabila link yang Kamu buat sudah benar, selanjutnya akan muncul Whatsapp dan nomor hp yang ditulis.
  • Sesudah itu, Kamu bisa memilih kotak “Kirim Pesan”. Apabila kotak tersebut berguna dan Kamu dapat mencoba mengirim pesan lewat kotak tersebut, sehingga link tadi pun sudah siap dipakai.
  • Selanjutnya buka aplikasi Barcode Generator.
  • Apabila aplikasi ini sudah diunduh dan diinstal, selanjutnya buka dan tap di samping kiri bagian atas pada menu setingan dan tekan Add Code.
  • Selanjutnya saat sudah muncul opsi lanjutkan, tinggal tap pilian QR Code.
  • Kamu juga bisa memilih opsi URL.
  • Kamu pun sudah dapat memasukkan link WA yang telah dibuat di kolom URL yang tersedia.
  • Setelah itu, cukup melakukan tap di tanda centang dengan posisi di sebelah kanan bagian atas pada halaman aplikasi.
  • Maka barcode WhatsApp secara otomatis akan terlihat di halaman selanjutnya, Kamu pun bisa menekan export jika ingin menyimpan barcode.
  • Kini barcode WA sudah siap dipakai untuk berbagai kepentingan.

Itulah beberapa langkah membuat cara membuat barcode WhatsApp dan cara melihat barcode WhatsApp di perangkat PC dan hp. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

 

 

Related posts