Cara Mendapatkan EFIN Pajak Secara Online

Peranan teknologi digital yang semakin pesat memang membawa banyak perubahan bagi berbagai hal, tak terkecuali dalam hal layanan perpajakan di DJP (Direktorat Jenderal Pajak). Layanan perpajakan tersebut biasanya dikenal sebagai DJP online. Tujuan pembuatan layanan ini adalah untuk memudahkan para wajib pajak dalam bertransaksi, seperti melaporkan SPT pajak atau membayar pajak. Inilah yang mendasari banyak orang mencari cara mendapatkan EFN pajak secara online.

Layanan DJP online bisa diakses kapanpun dan dimanapun dengan mudah. Jika Kamu ingin memakai layanan ini, tentu saja Kamu harus melakukan pendaftaran di portal online terlebih dahulu. Pembuatan akun DJP secara online sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa persyaratan, seperti pembuatan EFIN. Karena tanpa EFIN ini, Kamu tidak dapat mengakses layanan e-filling di DJP Online.

Read More

EFIN ialah singkatan dari Electronic Filling Identification Number, sebagai nomor identitas dari Direktoran Jenderal Pajak bagi wajib pajak untuk melakukan transaksi secara elektronik. Contohnya, melaporkan pemberitahuan SPT Pajaka tau pajak tahunan yang dilakukan melalui e-filling dan membuat kode billing pembayaran pajak.

Sebenarnya EFIN sendiri terbagi ke dalam 2 jenis, yang pertama ialah EFIN pribadi, yaitu nomor yang telah diberikan kepada pihak WP (Wajib Pajak) perorangan atau WP OP. Dalam cara mendapatkan efin pajak secara online sendiri tidak dapat diwakilkan orang lain.

Sementara EFIN badan adalah nomor yang telah didapatkan oleh Wajib Pajak Badan. Biasanya aktivasi EFIN bisa dilakukan baik oleh perseorangan atau pengurus yang mewakilin perusahaan atau badan.

Biasanya EFIN Badan digunakan oleh PT, BUMN, Firma, BUMDes, organisasi politik, yayasan, koperasi maupun badan resmi yang lainnya yang telah dikenakan pajak.

Daftar Isi

Fungsi EFIN Untuk Apa?

Bagi sebuah badan atau lembaga, fungsi EFIN meliputi beberapa hal berikut :

  • Dapat mengakses DJP Pajak secara online di DJP online.
  • Tetap menjaga kerahasiaan dalam data perusahaan/badan yang diinput pada sistem DJP.
  • Dapat membantu perusahaan melaporkan pajak tahunan dengan mudah. Data perusahaan selanjutnya akan tersimpan dalam sistem DJP online.

Tak jauh berbeda dengan hal di atas, EFIN Pribadi berguna untuk menjaga supaya data WP tidak bojor. Dengan adanya EFIN ini diharapkan bisa menjadi solusi menjaga privasi dan kerahasiaan data wajib pajak.

Adapun fungsi lainnya EFIN bagi WP perseorangan ialah agar mempermudah akses untuk memasuki portal DJP online. Karena tanpa adanya EFIN, maka wajib pajak tak bisa mengakses portal DJP tersebut.

Cara Mendapatkan EFIN Pajak Secara Online

Cara Mendapatkan EFIN Pajak Secara Online
Mendapatkan EFIN Pajak Secara Online

Tutorial Mendapatkan EFIN Pajak Secara Online

Sebenarnya untuk memperoleh nomor EFIN sendiri tidaklah sulit. Sekarang ini, mengikuti cara mendapatkan EFIN pajak secara online tidak lama. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah untuk memperoleh nomor EFIN di bawah ini :

1. Unduh Formulir Permohonan

Hal yang mesti dilakukan pertama kali ialah download formulir untuk permohonan EFIN terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduh formulir tersebut dengan cara online di situs web kantor pajak resmi yaitu di web pajak.go.id.

Setelah memasuki laman di atas, Kamu bisa mengakses formulir online lalu unduh dengan mengklik download. Selanjutnya, formulir online akan langsung terunduh melalui format PDF. Selain itu, formulir tersebut bisa dipakai wajib pajak perseorangan, bendahara, wajib pajak badan, hingga kuasa dari wajib pajak.

2. Melakukan Pengisian Formulir Online

Setelah formulir tadi diunduh, cara mendapatkan efin pajak secara online lainnya ialah Kamu bisa mengisinya secara langsung. Ada beberapa data di dalam formulir yang wajib diisi, seperti nama lengkap, NPWP, tempat dan tanggal lahir, email, nomor hp aktif dan data lainnya. Pada kolom EFIN, Kamu dapat mengosongkannya lebih dulu. Jika sudah terisi semua, bubuhkan tanda tangan.

Terkait:  Cara Mendaftar EFIN Online

3. Pengambilan Foto

Cara mendapatkan EFIN pajak secara online berikutnya ialah melakukan swafoto. Pasalnya objek yang akan diambil mencakup foto formulir yang telah diisi, NPWP asli dan foto selfie yang diambil sambil memegang KTP. Khusus untuk pengambilan foto bersama KTP juga NPWP, sebaiknya pastikan NPWP dan KTP tersebut tampak jelas terlihat. Sebab petugas akan langsung mengecek kevalidan nomor tersebut.

4. Mengirimkan Berkas

Seluruh berkas yang telah dipersiapkan kemudian di email-kan langsung ke alamat KPP atau Kantor Pelayanan Pajak sebagai tempat mendaftarkan pajak. Apabila Kamu tidak mengetahui mana KPP tempatmu mendaftar, Kamu dapat mengecek menurut nomor NPWP.

Pada alamat email KPP tersebut, Kamu bisa mencarinya di Google atau mesin pencari. Seluruh KPP mempunyai sosial media dan situs web. Di website ini biasanya aada alamat email dan alamat kantor. Kamu juga dapat menghubungi langsung via media sosial KPP untuk menanyakan terkait prosedur pengiriman dokumen permohonan EFIN secara online.

Ketentuan prosedur untuk pengiriman dokumen permohonan EFIN, Kamu bisa memakai subjek bertuliskan “Permohonan EFIN”, selain itu sangat disarankan mengirimkannya pada jam kerja. Tujuannya supaya email tersebut langsung diproses.

5. Menunggu Balasan Email

Cara mendapatkan EFIN pajak secara online selanjutnya, Kamu perlu menunggu sampai beberapa saat. Apabila tidak ada respons, Kamu bisa langsung menghubungi KPP di media sosial KPP tersebut.

6. Melakukan Aktivasi EFIN

Ini merupakan tahap terakhir untuk mendapatkan EFIN secara online. Umumnya sesudah 24 jam, Kamu akan menerima balasan email berisi kode EFIN. Sesudah itu, barulah Kamu bisa masuk ke dalam portal DJP pajak dan klik “Daftar Di Sini”. Silahkan masukkan EFIN, NPWP, beserta kode keamanan dan tekan “verifikasi”.

Terkait:  Cara Hitung Pajak Mobil

Setelah itu, Kamu dapat membuat kata kunci atau password untuk memasuki laman dari DJP online. Silahkan buka email kembali, lalu tekan link aktivasi yang sudah dikirimkan. Sesudah itu, Kamu pun akan diminta login. Silahkan masuk menggunakan password dan NPWP. Selanjutnya EFINmu akan langsung aktif dan bisa dipakai untuk melakukan transaksi pajak online.

Bagaimana Mengetahui EFIN Pajak yang Lupa?

Bagaimana apabila Kamu lupa dengan EFIN-mu? Tak perlu khawatir, DJP online kini telah membuat prosedur pengurusan nomor EFIN ketika Kamu lupa dengan nomornya.

Adapun langkahnya yaitu manfaatkan fitur live chat di portal web layanan pajak. Biasanya live chat ini berada di samping kanan pada laman tersebut.

Cara selanjutnya bisa menghubungi pusat layanan pajak lewat media sosial. Adapun salah satu media sosial yang aktif serta bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyampaikan keluhan, seperti di Twitter tepatnya di @kring_pajak. Kamu bisa bertanya langsung kemudian meminta EFIN baru melalui cara tersebut.

Untuk memperoleh EFIN yang baru, Kamu wajib mempersiapkan beberapa ketentuan dan syarata, seperti akun email dan nomor hp yang diinput terlebih dahulu ketika mendaftar EFIN. Kamu juga wajib memberitahukan tahun SPT pajak terakhir yang dilaporkan.

Semua data tersebut nantinya dipakai untuk melakukan konfirmasi, apakah semua data terkait wajib pajak telah terdaftar dalam sistem mereka atau tidak. Apabila data yang telah diberikan sudah sesuai, Kamu akan menerima email dari petugas langsung yang berisi tentang seputar nomor EFIN berbentuk PDF yang terproteksi.

Oke, itulah ulasan terkait cara mendapatkan efin pajak secara online dan cara mengatasi EFIN yang lupa. Bagaimana, mudah kan?

 

Related posts