Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

  • Whatsapp

Bagaimana cara mencairkan tabungan emas Pegadaian? Menabung emas kini menjadi investasi yang plaing banyak disukai, mengingat harga emas yang stabil. Oleh karenanya, siapapun menjadi tertarik berinvestasi dengan menabung emas di Pegadaian. Selain itu, prosedur cara menabung emas di Pegadaian sendiri cukup mudah. Kamu tinggal mendaftarkan diri lewat Pegadaian Digital maupun langsung datang ke outlet atau cabang Pegadaian.

Jika Kamu telah menjadi nasabah dan sudah menabung emas di Pegadaian dalam waktu yang lama. Kemudian, Kamu memerlukan tabungan tersebut untuk dicairkan, maka Kamu bisa mencoba cara mencairkan tabungan emas Pegadaian.

Mekanisme menabung emas di Pegadaian sendiri sama seperti menabung di perbankan. Dimana para nasabah akan mendapatkan buku tabungan yang berisi transaksi pembelian serta penjualan emas namun menggunakan alterasi gr, dan bukan rupiah.

Menariknya, dengan menabung emas di Pegadaian maka emas yang disimpan dalam kondisi yang benar-benar aman. Kamu juga bisa mengecek jumlahnya di buku tabungan secara langsung. Selain itu, mencairkan tabungan jadi emas maupun rupiah benar-benar mudah dan prosesnya sangat cepat.

Cara Mencairkan Tabungan Emas di Pegadaian

Cara Mencairkan Tabungan Emas di Pegadaian

Panduan Mencairkan Tabungan Emas di Pegadaian

Dalam cara mencairkan tabungan emas Pegadaian sendiri, dapat dilakukan baik secara offline maupun online. Pencairan offline sendiri dilakukan di Pegadaian tempat Kamu membuat tabungan emas, sedangkan secara online bisa lewat Pegadaian Digital. Berikut ini panduan mencairkan tabungan emas yang bisa dilakukan di Pegadaian :

Terkait:  Cara Mencairkan Lem Eyelash Extension

1. Menjual Emas Langsung di Kantor Pegadaian

Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian pertama ialah dengan langsung mengunjungi kantor cabang Pegadaian terdekat dari tempat tinggalmu. Kamu bisa menjual emas ke Pegadaian secara langsung. Metode yang satu ini bisa Kamu lakukan apabila ingin memperoleh sejumlah uang tunai dengan cepat.

Setelah itu, pemilik tabungan akan bertransaksi bersama pegawai Pegadaian untuk mejual emasnya dengan harga jual emas saat itu. Jadi, harga emas yang diperoleh sesuai harga pasaran saat ini yang berlaku. Kamu juga bisa membawa uang tunai sebagai hasil penjualan dengan mudah. Tapi sebagai catatan, Kamu harus menyisakan sejumlah saldo tabungan setidaknya 1 gram.

2. Mencetak Emas Fisik dari Tabungan Emas

Kamu juga bisa mengajukan cetak emas fisik dari tabungan emas ke dalam emas fisik. Dimana pengajuan tersebut bisa dilakukan langsung di kantor Pegadaian sebagai tempat Kamu membuka rekening atau menabung emas. Kamu bisa memilih nilai emas fisik berdasarkan berat yang Kamu inginkan, dari berat 1 gram hingga sebanyak 100 gram.

Pada tiap pencetakan emas fisik akan dibebankan biaya cetak. Kamu selanjutnya akan diminta melakukan pembayaran biaya cetak sesuai nominal berat atau kadar emas yang sedang berlaku saat itu. Kemudian pihak Pegadaian pun akan langsung memberikan emas sesudah emas dicetak.

3. Pencairan Emas via Online

Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian berikutnya ialah Kamu bisa mencairkan emas secara online. Dengan cara mengakses program Pegadaian Digital jika ingin mencairkan tabungan emasmu. Lalu uangnya nanti akan ditransfer langsung ke rekening tabungan milikmu.

Program Pegadaian Digital sendiri merupakan sebuah layanna Pegadaian yang berbasis aplikasi untuk membantu transaksi Pegadaian lewat smartphone online. Sesudah penjualan emas dilakukan, maka uang akan langsung ditransfer dan langsung masuk otomatis ke rekening tabunganmu dengan nominal sesuai harga emas ketika melakukan penjualan.

Terkait:  Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Di dalam aplikasi Pegadiaan Digital sendiri, Kamu akan menemukan banyak fitur menarik, seperti Gadai Tabungan Emas, Gadai Online, Pengajuan Pembiayaan Haji, Pengajuan Pembiayaan Usaha Online, dan lainnya.

Mencairkan emas melalui aplikasi Pegadaian Digital sendiri untuk dikonversi menjadi uang dan ditransferkan langsung ke rekening bank merupakan langkah ideal yang paling efektif.

4. Melakukan Penjualan Emas Fisik di Butik Antam

Cara mencairkan tabungan emas Pegadaian selanjutnya, emas yang sudah dicetak bisa langsung dijual di gerai logam mulia atau butik Antam. Kamu bisa menemukan banyak pilihan Butik Antam yang sudah tersebar banyak di kota-kota besar di Indonesia. Kamu tinggal membawa emas batangan atau emas fisik saja ke gerai Antam dan lakukan proses penjualan.

Untuk harga penjualan sendiri sesuai harga jual ketika melakukan transaksi penjualan. Adapun uang yang telah diterima bisa berbentuk uang tunai maupun ditransfer. Transaksi ini tentu saja tak usah diragukan lagi apabila Kamu melakukannya langsung di gerai resmi Antam terpercaya. Sebagai pemilik emas, tentu saja Kamu harus jeli dalam memilih outlet atau gerai resmi Antam untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

5. Jual Emas Fisik di Agen Logam Mulia

Saat ini ada banyak agen Antam sekaligus berprofesi sebagai penjual logam mulia yang terpercaya. Emas yang dimiliki bisa dijual lewat agen resmi Antam. Harga jual yang didapatkan memang tak setinggi di butik outlet resmi atau Pegadaian. Tentu saja hal tersebut dilakukan oleh agen atau seller emas Antam supaya mereka mendapatkan laba. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri jika tak sedikit seller yang tidak resmi bersedia bertransaksi kapan saja dan dimana saja.

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Setelah mengetahui cara mencairkan emas Pegadaian di atas, Kamu harus tahu bahwa menabung emas tentunya sangat menguntungkan. Jadi wajar jika tak sedikit orang memilih untuk menabung emas. Adapun keuntungan tersebut diantaranya :

Terkait:  Cara Mencairkan Lem Eyelash Extension

1. Harga Emas yang Stabil

Emas bisa dikatakan sebagai satu-satunya produk investasi yang tidak terpengaruh oleh inflasi. Sehingga Kamu tak usah khawatir harganya anjlok saat krisis ekonomi. Jika dibilang, harga emas memang selalu stabil hingga terus meningkat. Jika mengalami penurunan biasanya angkanya tak terlalu signifikan.

Sedangkan harga emas di kantor Pegadaian tak jauh berbeda dari pasaran. Kamu pun tak akan merugi, justru sebaliknya Kamu dapat merasakan keuntungannya.

2. Minim Resiko

Mengingat harga emas yang cenderung stabil, maka resiko yang diambil tak akan terlalu besar. Tentu saja hal tersebut berbanding terbalik apabila Kamu memilih investasi lain. Misalnya reksadana, saham, barang mewah, deposito dan lainnya. Dimana semuanya bisa saja mengalami penurunan selama beberapa tahun yang akan datang.

3. Bersifat Liquid

Salah satu keunikan emas adalah bersifat liquid artinya mudah dicairkan. Hal ini terbukti dengan 5 cara mencairkan emas Pegadaian di atas. Melalui metode di atas, proses pencairan tabungan emas juga sangat cepat dan mudah.

4. Terpercaya dan Aman

Kamu tak perlu lagi khawatir menabung emas di kantor Pegadaian. Sebab perusahaan ini di bawah naungan BUMN atau milik negara. Sehingga sudah dipastikan bahwa Kamu akan memperoleh jaminan keamanan tinggi. Belum lagi, legalitasnya telah terpercaya.

5. Harga Terjangkau

Menariknya lagi, menabung emas di Pegadaian sendiri dapat dilakukan dengan harga yang terjangkau. Saat sudah mempunyai rekening tabungannya, Kamu dapat menambah saldo kapan saja. Tak perlu menyetor uang seharga emas satu gram. Sebab Kamu hanya perlu menyetorkan dana tabungan dari 0,01 gram.

Demikianlah ulasan tentang cara mencairkan tabungan emas Pegadaian yang bisa Kamu ikuti jika Kamu membutuhkan uang dalam waktu cepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Related posts