Cara Menaikkan Produk di Shopee

Cara Menaikkan Produk di Shopee

Bagaimana cara menaikkan produk di Shopee? Bagi penggila online shop, Shopee merupakan marketplace terbesar dan populer yang sudah sangat familiar. Berkat fitur subsidi free ongkir yang dimilikinya, Shopee mampu menggaet ribuan pengguna sekaligus pencinta online shop untuk tetap setia berbelanja di Shopee. Tak hanya disukai oleh pembeli, Shopee juga disukai penjual online karena berpotensi mendatangkan banyak pelanggan.

Walaupun terlihat mudah, namun pada kenyataannya berjualan di aplikasi Shopee harus mengetahui trik-trik tersendiri. Adapun alasannya ialah ada banyak pesaing yang menjual produk serupa. Salah satu trik berjualan di aplikasi Shopee supaya menarik lebih banyak peminat ialah Kamu harus mempunyai rating yang baik. Apabila ratingmu di bawah 4, maka pembeli akan ragu berbelanja produk di online shop-mu. Lalu, bagaimana cara menaikkan produk di Shopee?

Cara Menaikkan Produk di Shopee

Cara Menaikkan Produk di Shopee
Menaikkan Produk di Shopee

Tutorial Menaikkan Produk di Shopee

Meskipun cara menaikkan produk di Shopee sebenarnya cukup mudah, namun tak sedikit seller di Shopee yang belum mengetahui triknya terutama untuk para pemula. Apabila hal ini terjadi, Kamu bisa simak ulasan berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan login ke dalam akun Seller di Shopee melalui perangkat PC supaya lebih mudah.
  • Di tampilan utama akan muncul berbagai pilihan menu, pilih “Produk Saya”.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan semua item produk yang telah Kamu jual.
  • Pilih produk dengan penjualan terbanyak.
  • Sesudah klik produk, Kamu akan melihat tampilan detail, ketuk “Aksi” di samping kanan.
  • Setelah itu akan muncul berbagai opsi, Kamu tinggal klik “Naikkan produk”.
  • Selesai, kini Kamu telah berhasil menaikkan produk di tokomu.
  • Kamu bisa melakukan cara di atas untuk beberapa item produk yang dijual.

Nah, itulah langkah-langkah menaikkan produk yang Kamu jual di Shopee. Sementara jika Kamu ingin menaikkan rating produk di Shopee, ada panduan yang harus Kamu coba di bawah ini!

Trik Menaikkan Rating Produk di Shopee

Agar penjualan produkmu lebih laris, tak ada salahnya untuk mencoba menaikkan rating produk di Shopee berikut ini :

1. Lakukan Evaluasi

Hal yang harus Kamu lakukan pertama kali ialah melakukan evaluasi. Sebuah usaha yang dapat berkembang ialah yang selalu melakukan introspeksi untuk setiap kesalahan yang telah mereka lakukan. Kamu harus mengevaluasi tentang alasan kenapa rating atau bintang untuk produkmu buruk. Sebab normalnya, untuk produk yang bagus akan memperoleh setidaknya bintang 4 dan sempurnanya bintang 5. Akan tetapi, jika Kamu memperoleh bintang 3, bintang 2 bahkan bintang 1, maka Kamu harus melakukan evaluasi produkmu sendiri.

Melalui evalaluasi inilah, Kamu dapat memperbaiki performa produk dan toko onlinemu agar lebih baik lagi. Biasanya ada buyer yang juga menyertakan ulasan dan komentar terkait produkmu, tapi ada pula yang tak ingin membeberkan alasannya. Adapun tugasmu di sini ialah mencari tahu apa alasan mereka memberikan rating yang kecil atau buruk.

Apabila rating yang buruk disebabkan oleh pengepakan atau pengemasan, maka Kamu harus meningkatkan kualitas pengemasan produkmu. Sementara jika dikarenkan kualitas produk jualanmu yang buruk, Kamu pun harus memperbaiki kualitas dari produk tersebut. Jadi, sebaiknya jangan menganggap pembeli produkmu sebagai raja, tapi anggaplah pembelimu sebagai teman. Tugasmu adalah harus mendengarkan pendapat mereka dengan baik.

2. Mengikuti Program Flash Sale

Cara menaikkan produk di Shopee berikutnya ialah mengikuti flash sale. Adapun program flash sale di sini adalah salah satu program yang kerap diadakan Shopee pada waktu-waktu tertentu. Sesuai namanya, biasanya program ini membuat pembeli mendapatkan produk mereka dengan harga lebih murah. Kamu dapat mengikutikan beberapa item produk di online shop-mu di Shopee untuk mengikuti flash sale tersebut.

Kemudian profuk flash sale tersebut ada di halaman utama pada aplikasi, agar peluang konsumen yang melihatnya lebih banyak. Program ini juga banyak disukai pengguna karena memang harga yang ditawarkan jauh lebih murah daripada harga normal. Untuk menarik perhatian pembeli yang lebih banyak lagi, Kamu dapat mengingatkan pembeli apabila tokomu melakukan flash sale pada jam dan hari tertentu.

3. Memberikan Voucher Toko

Kamu juga bisa menaikkan rating dengan cara memberikan voucher toko. Ada banyak program di aplikasi Shopee yang dapat Kamu pergunakan untuk meningkatkan rating sekaligus performa penjualan pada tokomu. Pasalnya voucher tersebut berbentuk kode tertentu, untuk kemudian kode tersebut akan dimasukkan ketika konsumen melakukan checkout atau pembaaran.

Melalui voucher inilah, mereka nantinya akan menerima potongan harga pembelian yang sudah dilakukan. Kamu dapat memberikan voucher tersebut dengan batas pembelian produk tertentu. Selain itu, ada pula beberapa seller di aplikasi Shopee, yang memberikan voucher ke pengikut atau follower baru serta melakukan minimal jumlah pemberian tertentu.

4. Blokir Pembeli Iseng/Nakal

Pesatnya persaingan di marketplace Shopee terkadang memunculkan konsumen nakal sekaligus seller atau pembeli lain yang ingin menjatuhkan lapak atau toko orang lain. Mereka biasanya memberikan bintang buruk dalam ulasan produk. Jika Kamu merasa tak ada sesuatu yang salah terkait produkmu, tak masalah jika packingan dan kecepatan pengiriman produkmu, namun ada saja pembeli yang memberikan rating bintang yang buruk.

Beberapa diantaranya ada yang memberikan rating 3 bahkan parahnya ada yang 1 pada produkmu. Ini biasanya dilakukan oleh konsumen nakal atau iseng yang berusaha menjatuhkan usahamu.

Tak ada cara lain selain memblokir akunnya supaya kejadian yang sama tak terulang kembali. Dengan banyaknya karakter konsumen yang kamu jumpai di Shopee harus membuatmu lebih pandai lagi mengidentifikasi karakter dan sifa dari setiap konsumenmu.

5. Memberikan Cashback

Untuk menaikkan rating pada produk Shopee berikutnya ialah dengan memberikan cashback. Sekarang ini demi menarik pembeli, Kamu tak hanya bisa melakukan cara membuat diskon di Shopee saja tetapi juga lewat cashback yang diberikan. Adapun cashback tersebut bisa berbentuk poin yang dapat digunakan pembeli untuk memperoleh potongan harga pada pembelian selanjutnya. Dengan semakin besar nilai cashback koin, maka semakin banyak pula pembeli yang akan membeli produk di tokomu.

6. Ubah Bintang Penilaian

Kamu juga bisa meningkatkan rating pada produk Shopee dengan cara mengubah penilaian. Apabila Kamu merasa kesalahan terjadi pada produkmu atau pelayananmu, maka tak ada salahnya meminta maaf lalu minta pembeli mengubah penilaiannya. Biasanya penilaian dapat diberikan 2 kali sesudah penilaian pertama dan konsumen dapat mengubah penilaiannya kembali.

Ada pembeli yang tak suka diajak berdiskusi lewat chat dan terkadang mereka langsung menilai di kolom komentar. Inilah yang bisa  membuat rating produkmu turun. Silahkan ajak pembeli berdiskusi untuk mengatasi masalah yang terjadi. Bahkan ada seller yang sampai rela retur demi memperbaiki penilaian pada produk mereka.

Demi menaikkan rating produk, minta semua pelangganmu memberikan penilaian sesudah produk diterima. Kamu harus menjadi penjual aktif juga komunikatif, sebagai salah satu syarat utama untuk menaikkan rating pada produk Shopee secara efektif.

Ya, itulah beberapa trik dan cara menaikkan produk di Shopee yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan.

 

Related posts