Cara Memperbarui Whatsapp yang Kadaluarsa

  • Whatsapp

Bagaimana cara memperbarui WhatsApp yang kadaluarsa? Sama seperti aplikasi lainnya, WhatsApp juga mengalami masa kadaluarsa tersendiri. Jika kita tidak memperbaruinya, bisa mempengaruhi kinerja aplikasi WhatsApp itu sendiri.

Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang paling diminati oleh siapa saja karena bisa saling mengirimkan pesan baik berupa pesan biasa, pesan suara, pesan video atau hanya sekedar saling bertukar stiker. Bukan itu saja, ada fitur yang paling menarik dari whatsapp yang dapat dinikmati, diantaranya kamu bisa melakukan update status sama seperti program media sosial lain seperti facebook, twitter maupun instagram.

Dari waktu ke waktu, sistem pembaruan WhatsApp terus di optimalkan oleh pihak pengembang. Akan tetap hal tersebut bisa saja menjadi boomerang bagi para pengguna HP yang lama dengan alasan tidak kompatibel dengan HP lama tersebut. Selain itu, pengguna juga tidak dapat menikmati fitur terbaru yang ditawarkan oleh pengembang.

Akan tetapi, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara memperbarui whatsapp yang kadaluarsa sehingga kamu bisa terus menikmati fitur paling baru dari whatsapp.

Cara Memperbarui WhatsApp yang Kadaluarsa

Cara Memperbarui WhatsApp yang Kadaluarsa
Memperbarui WhatsApp yang Kadaluarsa

Tutorial Memperbarui WhatsApp yang Kadaluarsa

Aplikasi WhatsApp yang Kamu gunakan tentu saja akan mengalami masa kadaluarsa. Hal inilah yang membuatmu tidak akan bisa menikmati layanan terbaru dari WhatsApp. Apalagi jika sistem pembaruan yang dilakukan oleh HP tidak secara otomatis terinstal, sehingga membuat WhatsApp-mu tidak up to date. Oleh karena itu pembaruan sangat penting agar Kamu bisa menikmati versi terbaru WhatsApp dan sejumlah fitur menarik lainnya.

Untuk melakukan pembaruan, ada beberapa cara memperbarui WhatsApp yang kadaluarsa yang bisa kamu lakukan, berikut adalah langkah – langkah yang bisa kamu ikuti :

Terkait:  Cara Backup Whatsapp Iphone Ke Pc

1. Melalui Google Play Store

Google play merupakan market standar yang tertera pada perangkat android manapun. Berbeda dengan pabrikan Apple yang menamai market aplikasinya sebagai App Store. Sementara untuk isinya sendiri hampir sama, yang berbeda adalah dari segi kompatibilitas aplikasi. Karena aplikasi yang berbasis android tidak bisa di instal pada HP yang berbasis apple, begitupun sebaliknya. Untuk memperbarui whatsapp melalui Google Play, berikut adalah langkah – langkahnya :

  • Buka Google Play di perangkat HP-mu, cari ikon berbentuk segitiga yang terlihat kombinasi biru, merah dan kuning.
  • Klik ikon di bagian kanan atas, setelah itu pilihlah koleksi aplikasi dan perangkat.
  • Setelah memasuki koleksi aplikasi dan perangkat, kamu bisa memilih detail update aplikasi yang tersedia.
  • Cek aplikasi yang ada pada jendela berikutnya dengan mencari aplikasi Whatsapp, setelah itu klik update pada WA tersebut yang terletak tepat di samping kanan ikon WhatsApp.
  • Lihat progress update pada jendela HP-mu lalu tunggu beberapa saat sampai proses download selesai.
  • Jika sudah selesai, kamu bisa membuka aplikasi whatsapp dengan versi terbarunya sehingga kamu bisa menikmati fitur – fitur yang paling baru.
  • Pastikan semua langkah – langkah diatas diikuti dengan benar karena menyangkut keberhasilan, serta agar tidak menyebabkan error pada aplikasi Whatsapp. Jika terjadi error maka Kamu harus mengulang dari awal lagi. Hal terpenting adalah koneksi internet harus stabil karena pengunduhan dilakukan dengan menggunakan jaringan internet dan kamu tidak perlu khawatir terhadap ukuran file nya karena hanya mencapai puluhan megabyte saja.

Perlu kamu ketahui, jika ternyata pada pembaruan aplikasi tidak terdapat aplikasi whatsapp, berarti aplikasi whatsapp milik kamu sudah paling update dan tidak perlu untuk di instal ulang.

2. Website Resmi Whatsap

Cara memperbarui WhatsApp yang kadaluwarsa berikutnya ialah dengan masuk ke dalam website resmi Whatsapp itu sendiri. Cara masuknya cukup mudah dan tidak perlu melalui PC juga, tapi bisa dilakukan melalui browser yang ada di HP. Untuk langkah – langkahnya, berikut akan dijelaskan dengan rinci bagaiman cara memperbarui whatsapp yang kadaluarsa melalui website resmi :

  • Buka browser yang ada pada HP atau di perangkat PC-mu.
  • Pilihlah browser yang terpercaya seperti Google Chrome, Mozilla,UC Browser ataupun Brave browser.
  • Buka situs whatsapp dan kunjungi halaman update whatsapp pada jendela situs tersebut.
  • Kemudian, kamu akan melihat ada versi whatsapp terbaru dan dilanjutkan dengan pengunduhan. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses download benar – benar telah selesai.
  • Sebelum melakukan pengunduhan, alangkah baiknya kamu memeriksa versi whatsapp yang telah terinstall terlebih dahulu. Kemudian mencocokkannya pada whatsapp yang akan kamu unduh. Jika ternyata masih pada versi yang sama, maka kamu tidak perlu melakukan proses update. Akan tetapi, jika ternyata versinya berbeda, Kamu sebaiknya lakukan download dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.
  • Setelah proses download selesai, Kamu cukup melakukan pemasangan WhatsApp dan menimpa whatsapp lama yang sudah kadaluarsa. Kamu tak perlu khawatir dengan semua data di Whatsapp karena secara otomatis data tersebut tetap tersimpan. Asalkan Kamu tidak mengganti hpmu, tapi meskipun Kamu mengganti ponsel tetap pastikan untuk membackup seluruh data WhatsApp agar tidak hilang.

3. Lakukan Penginstalan Ulang

Cara memperbarui WhatsApp yang kadaluarsa berikutnya ialah dengan menginstal ulang. Cara ini dapat dilakukan apabila cara pertama dan cara kedua susah untuk dilakukan atau aplikais mengalami error. Oleh karena itu, cara ini merupakan langkah yang tepat untuk mengganti whatsapp yang telah kadaluarsa dengan Whatsapp yang terbaru. Adaun untuk langkah – langkahnya akan dijelaskan berikut ini :

  • Langkah pertama masuklah ke pengaturan yang terdapat pada HP kamu, cari ikon roda bergerigi dan ketuk opsi tersebut.
  • Selanjutnya buka tab pada aplikasi dan gulir ke bawah dan cari aplikasi whatsapp yang bermasalah tersebut. Jika sudah selesai, lakukan proses penghapusan.
  • Jika sudah dihapus, metode selanjutnya ialah dengan melakukan pengunduhan kembali lalu masuk ke Google Play Store atau App Store. Ketikkan aplikasi “WhatsApp” dalam tab pencarian. Hal tersebut berguna agar Kamu tak repot mencarinya.
  • Lakukan penginstalan dan pastikan proses instal dilakukan sampai tuntas agar tidak terjadi masalah, semisal tidak bisa dibuka dan lain sebagainya. Jika error, maka mau tidak mau harus mendownload ulang. Hal ini tentu saja sangat merepotkan karena Kamu harus menghapus cache terlebih dahulu supaya proses instalasi whatsapp bisa kembali normal.
  • Jika proses instalasi berhasil, maka kamu tinggal membuka aplikasinya saja dan ikuti langkah – langkah. Misalnya seperti meminta nomor HP dan update foto profil. Namun ingat, kamu harus melakukan proses verifikasi yang nantinya WhatsApp akan mengirimimu kode verifikasi.
  • Setelah verifikasi berhasil maka secara otomatis akan kembali seperti semula. Jika sudah berhasil diinstall, maka WhatsApp Anda sudah berhasil diperbarui.

Itulah beberapa cara memperbarui whatsapp yang kadaluarsa dilihat dari tingkat kemudahannya, pilihlah cara yang paling gampang menurut kamu dan lakukan update WhatsApp segera. Sedikit informasi, jika kamu punya dua whatsapp sekaligus, maka kamu bisa dua duanya melakukan proses update supaya whatsapp kamu benar – benar up to date.

Related posts