Cara Membuat Toko di Shopee

  • Whatsapp

Banyak orang menanyakan cara membuat toko di Shopee, mengingat Shopee adalah surga bagi para pembeli sekaligus penjual online. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan lebih dari sekedar luasnya jangkauan pengguna Shopee. Sebut saja dengan adanya layanan gratis ongkir yang disebut-sebut sebagai fitur andalan Shopee, membuat marketplace yang satu ini selalu menjadi pilihan utama pembeli.

Kecangihan teknologi digital, sedikit banyaknya telah mempengaruhi perubahan bagi pola perilaku banyak orang. Hal ini juga berlaku untuk transaksi jual beli. Selain berjualan offline, banyak pula yang menjual produk secara online. Hanya saja dibandingkan berjualan online, berjualan offline memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan.

Read More

Kenapa dibilang banyak kekurangan? Bayangkan saja, dari segi target marketnya saja terbatas. Kamu hanya bisa membidik orang-orang di sekitar toko offline-mu saja untuk dijadikan target konsumen. Lain halnya dengan berjualan online, yang bisa menjangkau pengguna hingga di seluruh pelosok Indonesia. Kamu juga tidak akan dikenakan biaya sewa toko untuk membuka lapak secara online.

Sama halnya ketika Kamu berjualan online di Shopee dengan membuka toko online. Kamu tidak akan dikenakan biaya sepeser pun, dan tentu saja ada banyak kemudahan yang ditawarkan saat berjualan di Shopee. Lalu, bagaimana sih cara membuat toko di Shopee? Simak tutorialnya di bawah ini!

Daftar Isi

Cara Membuat Toko di Shopee

Cara Membuat Toko di Shopee
Membuat Toko di Shopee

Tutorial Membuat Toko Online di Shopee

Jika Kamu tertarik membuat toko online di Shopee, ada beberapa langkah cara membuat toko online di Shopee yang bisa Kamu coba berikut ini :

1. Mendaftar Akun Shopee

Langkah yang harus dilakukan pertama kali ialah buka web resmi Shopee via smartphone atau komputermu. Selain itu, Kamu juga bisa mendownload aplikasi Shopee resmi dari App Store atau Play Store via ponsel genggam. Jika sudah terbuka, silahkan buat akun yang baru dengan cara klik “Daftar” di samping kanan atas. Kemudian isi formulir yang tersedia dengan kelengkapan data dirimu.

2. Lakukan Pengaturan Toko

Jika akunmu sudah terdaftar, maka Kamu sudah bisa mengatur online shop-mu di Shopee. Sebenarnya untuk mengatur online shop cukup mudah. Silahkan pilih “Jual” di samping kiri atas. Namun jika membuka web di smartphone, sebaiknya akses menu tersebut lewat tab “Saya” di samping kanan bagian bawah pada layar, lalu tekan “Mulai Jual”.

Sesudah itu, Kamu pun bisa mengakses Shopee Seller Center, silahkan pilih Pengaturan Toko lalu isi profil pada toko onlinemu. Seperti mengisinya mulai dari deskripsi, banner toko, logo dan nama toko. Jika sudah terisi, ketuk “Simpan”.

3. Melakukan Pengaturan Alamat Toko dan Jasa Ekspedisi

Untuk melakukan pengaturan alamat toko, kini Kamu bisa memilih opsi Alamat Toko serta ketuk tombol untuk “Tambah Alamat Baru”. Lakukan pengisian formulir dengan alamat toko yang Kamu miliki secara rinci, lalu ketuk “Simpan”.

Sesudah itu, Kamu bisa memilih “Jasa Kirimku” apabila ingin mengatur pilihan jasa ekspedisi yang digunakan. Ketuk jasa ekspedisi sesuai keinginan sampai berubah warnanya menjadi hijau.

4. Atur Rekening Bank

Cara membuat toko di Shopee selanjutnya, tentu saja Kamu memerlukan rekening bank supaya uang bisa masuk ke rekening tabunganmu. Adapun untuk pengisian rincian akun rekening bank, buka opsi Rekening Bank. Selanjutnya masukkan password untuk melakukan verifikasi di akun Shopee.

Terkait:  Cara Membuat Wajah Glowing Untuk Remaja

Jika ingin menambahkan akun rekening bank, maka Kamu bisa ketuk “Tambah Rekening Bank” dan isi formulir dengan rincian akun rekening yang Kamu punya.

Cara Berjualan Produk di Shopee

Setelah membahas cara membuat toko di Shopee, selanjutnya Kamu harus tahu cara berjualan barang di Shopee dengan benar. Shopee sendiri menawarkan 2 cara berjualan produk, diantaranya lewat aplikasi Shopee atau lewat Seller Center.

1. Berjualan Produk Lewat Aplikasi Shopee

Apabila Kamu memilih untuk menjual produk lewat aplikasi langsung, maka Kamu bisa opsi “Toko Saya” di menu “Saya”. Kemudian ketuk “Tambah Produk Baru” lalu masukkan foto barang yang akan dijual. Setelah itu, silahkan lengkapi deskripsi mengenai produk yang ingin dijual. Sebut saja seperti deskripsi, nama produk, harga, kategori, variasi, stok, ongkos kirim dan grosir.

Setelah selesai, ketuk Simpan dan selanjutnya produkmu telah siap dicari serta dilihat semua pengguna aplikasi Shopee.

2. Berjualan Produk Lewat Seller Center

Tak hanya lewat aplikasi Shopee secara langsung, tetapi Kamu juga bisa menjual produk secara langsung lewat Shopee Seller Center. Silahlkan buka Shopee Seller Center, lalu tekan “Tambah Produk Baru”. Kemudian tulis produk apa yang ingin dijual, baik itu kategori maupun nama produk, selanutnya tekan “Lanjut”.

Setelah itu, silahkan melengkapi informasi terkait produk yang ingin dijual. Setelah selesai, tekan “Simpan” dan “Tampilkan” jika Kamu ingin menjual produk langsung. Bisa juga dengan mengklik Simpan, dan “Arsipkan” apabila ingin menjual barang tersebut di kemudian hari.

Lalu, Apa Saja Keuntungan Berjualan di Shopee?

Ada beberapa keuntungan berjualan produk di Shopee, diantaranya sebagai berikut :

1. Terdapat Fitur Live Chat

Shopee menawarkan layanan live chat untuk digunakan para penjual dalam berkomunikasi bersama konsumennya langsung. Contohnya ketika stok produk yang diorder sudah habis maupun sedang menunggu ketersediaan stok baru. Kamu dapat menanyakan ke pembeli langsung apakah bersedia menunggu produk atau mengganti dengan variasi lain, sehingga tidak di cancel langsung. Oleh karena itu, resiko memperoleh rating yang buruk dapat dikurangi.

Terkait:  Cara Menghapus Produk di Shopee

2. Mendukung Sistem yang Menguntungkan dan Memudahkan Penjual

Shopee menawarkan banyak panduan bagi penjual yang dapat diperoleh lewat https://help.shopee.co.id/ yang dapat menjawab semua pertanyaan terkait promo, fitu serta tips berjualan.

3. Produk Dapat di Up

Shopee juga telah menawarkan fitur untuk beriklan untuk para penjual Shopee, supaya produknya ada di urutan teratas. Sehingga calon konsumen langsung menemukan produkmu saat mereka mencari produk terkait. Kamu dapat menggunakan fitur yang satu ini demi meningkatkan penjualan produk. Namun ada pula yang gratis. Selain itu, Shopee juga menawarkan fitur sundulan bagi 5 produk maksimal sesuai kategorinya untuk tiap 4 jam sekali. Sehingga semakin banyak konsumen yang melihat jualanmu.

Tips Berjualan Produk di Shopee

Di bawah ini ada beberapa panduan yang dapat membantumu untuk berjualan di Shopee dengan mudah :

  • Pastikan produk jualanmu bukan yang dilarang. Shopee tidak memperbolehkan beberapa produk untuk dijual dan Kamu bisa melihat daftarnya di https://shopee.co.id/docs/3000.
  • Pada produk yang proses pengemasannya memerlukan waktu lebih lama, Kamu dapat mengaktifkan layanan pre order. Biasanya layanan ini memerlukan jangka waktu untuk pengemasan dari 7 hari sampai 15 hari.
  • Jangan lupa menambahkan hashtag di setiap deskripsi produk guna mempermudah pencarian produk yang dilakukan konsumen.
  • Ketuk “Centang” atua langsung “Simpan” sesudah semua keterangan terisi. Selain itu, produk jualanmu pun secara otomatis akan tampil pada platform Shopee.

Dengan memahami cara membuat toko di Shopee dan keuntungan berjualan di Shopee, tentu saja Kamu tak perlu ragu lagi memulai bisnis online di Shopee.

Related posts