Cara Rekber Shopee

Cara Rekber Shopee
Cara Rekber Shopee

Supaya transaksi lebih lancar, kini Shopee menawarkan jasa rekening bersama (rekber) untuk menjadi solusi paling tepat dan aman dalam berbelanja online. Namun tidak sedikit pengguna yang belum mengetahui cara rekber Shopee.

Rekening Bersama atau Rekber merupakan sistem pembayaran transfer melalui rekening bank sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Fungsi rekening bersama ini adalah menjadi pihak ketiga sebagai jembatan untuk transaksi keduanya.

Lain halnya dengan ShopeePay, maksud dari rekening bersama Shopee ini adalah metode pembayaran lewat rekening bersama, pengelolaannya langsung dari pihak Shopee. Rekber Shopee ini dapat membantu menghubungkan penjual dengan pembeli ketika bertransaksi pada aplikasi.

Tujuan dari rekening bersama Shopee adalah untuk mencegah terjadinya penipuan. Melalui rekening bersama ini, piha pembeli bisa berbelanja dengan tenang di Shopee tanpa perlu khawatir terjadinya tindak kejahatan atau penipuan.

Cara Rekber Shopee

Cara Rekber Shopee
Cara Menggunakan Rekber Shopee

Fitur rekening bersama dari Shopee sebenarnya tidak berbeda jauh dari rekber Tokopedia maupun yang lainnya. Selain itu, konsepnya hampir sama. Dalam hal ini, pembeli tidak langsung membayar ke penjual, tetapi harus transfer ke rekening bersama terlebih dahulu. Jika pesanan sudah diterima pembeli, maka pembayaran bisa diteruskan kembali ke penjual.

Sebenarnya Shopee adalah marketplace yang sekaligus juga berfungsi sebagai rekening bersama. Biasanya hal tersebut dibuktikan dari dari setiap pembayaran yang ditampung terlebih dahulu oleh layanan rekening Shopee.

Selanjutnya, jika transaksi sudah selesai maka Shopee langsung mengirimkan uang tersebut ke penjual. Adapun urutan tata cara rekber Shopee, antara lain :

  • Pembeli dan bank seller, keduanya menyepakati memakai metode pembayaran dengan menggunakan rekening bersama Shopee.
  • Selanjutnya, pembeli mentransfer uang menuju rekening bersama tergantung total nominal yang disepakati.
  • Rekber akan mengonfirmasikan ke penjual, jika dana telah masuk dan penjual langsung memproses pesanan pembeli.
  • Penjual memproses dan mengirimkan barang pesanan pembeli ke alamat yang dituju.
  • Selanjutnya pembeli akan mengkonfirmsi jika pesanan telah mereka terima tanpa masalah.
  • Jika sudah, rekber Shopee akan meneruskan uang tersebut ke penjual.
  • Setelah itu, penjual akan mengonfirmasi jika dana telah diterima.

Apabila penjual tidak juga mengirimkan barang yang dipesan pembeli, maka rekening bersama langsung mengembalikan dana atau refund dana ke pihak pembeli. Tentu saja harus dengan bukti jika pesanan tidak diterima atau gagal.

Cara Memakai Rekening Bersama Shopee

Ada beberapa cara yang perlu kamu ketahui untuk menggunakan rekening bersama Shopee, antara lain :

  • Pembeli dan penjual sudah sepakat terkait jumlah pembayaran transaksi secara online.
  • Pembeli akan diminta mengirimkan sejumlah uang sesuai dengan jumlah total pesanan dan biaya admin berdasarkan kesepakatan pada rekening bersama.
  • Sesudah penjual menerima konfirmasi jika pembeli telah melakukan transfer ke rekening bersama, maka penjual langsung memproses dan mengirikan orderan ke pembeli.
  • Jika pesanan telah diterima, pembeli harus konfirmasi bahwa orderan sudah selesai supaya dana diteruskan pada penjual.
  • Selanjutnya, dana ditransfer otomatis ke penjual.

Ketentuan dan Syarat Menggunakan Rekening Shopee

Shopee sebenarnya tidak menyertakan ketentuan dan syarat khusus memakai rekening bersam Shopee. Namun ada biaya tambahan admin yang nantinya dibebankan pembeli apabila memilih opsi pembayaran rekening bersama ini.

Berikut rincian biaya penggunaan rekening bersama Shopee :

  • Untuk biaya transaksi mulai dari Rp100 ribu sampai Rp500 ribu, adabiaya admin Rp10 ribu.
  • Transaksi mulai dari Rp501 ribu sampai Rp1 jutaakan dikenakan biaya admin Rp20 ribu.
  • Pada transaksi lebih dari Rp1 juta, berlaku kelipatan senilai Rp20.000.

Itulah langkah cara rekber shopee dan cara menggunakannya sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Semoga bermanfaat!

Related posts