Cara Membuat Swipe Up di Instagram

  • Whatsapp

Kamu mungkin pernah menjumpai tulisan “swipe up ketika Kamu melihat Insta Story pada pengguna IG lain. Bagi Kamu yang belum tahu, mungkin penasaran, apa sih artinya swipe up dan bagaimana cara membuat swipe up di Instagram? Sebenarnya swipe up di Instagram hanya dapat dimiliki akun yang telah memenuhi syarat tertentu. Dengan adanya fitur ini, tentu saja ada banyak keuntungan yang dapat Kamu raih.

Akan tetapi, sebelum kita membahas cara membuat swipe up di Instagram, Kamu harus tahu tentang fitur swipe up yang ada di Instagram terlebih dahulu. Kemudian, apa saja sih persyaratan yang wajib dipenuhi supaya Kamu bisa memperoleh fitur tersebut?

Mengenal Fitur Swipe Up di Instagram

Swipe Up termasuk salah satu opsi fitur yang ditawarkan Instagram ketika Kamu membuat Insta Story. Dengan fitur ini, Kamu nantinya bisa menyematkan link pada sebuah halaman web, kemudian bisa diakses dengan melakukan cara swipe up itu sendiri. Fitur yang satu ini memang sangat menarik, khususnya jika ingin mempromosikan produk tertentu. Sehingga, followers-mu menjadi lebih mudah mengakses halaman tertentu yang dituju.

Jika tidak memiliki fitur swipe up di Instagram ini, maka Kamu tidak bisa menyematkan link yang aktif dalam feed IG yang diposting. Kamu hanya bisa menyematkan link yang aktif di kolom website pada bio.

Terkait:  Cara Mengetahui Password IG yang Lupa

Persyaratan Swipe Up di Instagram

Hanya saja saat ini, pilihan swipe up sendiri hanya dapat dipakai akun IG tertentu yang telah memenuhi ketentuan dan syarat yang ditetapkan. Persyaratannya ialah harus mempunyai follower di atas 10K dan harus memakai akun bisnis maupun kreator. Selain itu, bisa juga akun tersebut harus sudah terverifikasi atau memiliki centang biru.

Dengan kata lain, apabila Kamu telah memiliki followers di atas 10K namun fitur swipe up masih belum muncul pada akunmu, maka pastikan sudah mengubah akunmu ke dalam mode bisnis. Lalu, bagaimana jika followers-nya belum sampai 10K? Apakah tidak bisa swipe up? Tak perlu khawatir, Kamu tetap bisa mencobanya dengan panduan cara membuat swipe up di Instagram yang akan Kami bagikan disini!

Cara Membuat Swipe Up di Instagram

Cara Membuat Swipe Up di Instagram
Membuat Swipe Up di Instagram

Membuat Fitur Swipe Up di IG

Seperti syarat cara membuat swipe up di Instagram yang telah dibahas di atas, tentu saja Kamu sebelumnya harus mengubah akun IG Kamu ke dalam profil bisnis terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya simak panduan di bawah ini!

Panduan Membuat Akun IG ke Profile Bisnis

Langkah yang wajib dilakukan untuk dapat membuat swipe up di IG ialah mengubah akun IG personalmu ke dalam akun IG bisnis. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

1. Masuk ke Akun IG-mu

Apabila akun IG Kamu masih private, Kamu mesti mengubahnya ke dalam publik. Selain itu, jika akun saat ini sudah publik, kemudian tap “ikon profilmu”.

2. Pilih Setting

Di halaman profil Instagram, silahkan ketuk ikon garis tiga di samping pojok kanan bagian atas. Selanjutnya tap opsi settings.

3. Ubah ke Dalam Akun Bisnis

Untuk mengubah akun IG personalmu ke dalam akun bisnis, tekan opsi Account. Kemudian tap Instagram Business Tools. Silahkan pilih pada opsi “Get Instagram Business Tools”.

4. Memilih Kategori Akun Bisnis IG

Setelah itu, silahkan tap continue sampai muncul opsi “Choose categories for your business profile” yang artinya Kamu bisa memilih kategori profil bisnis Instagrammu. Kamu bisa memilih salah satu kategori, lalu tap pada tombol Next.

5. Menghubungkan Akun Email ke Facebook

Silahkan mengisikan akun emailmu lalu tap pada tombol Next, selanjutnya tap pilihan OK.

Terkait:  Cara Membuat Akun Gojek Driver

6. Hubungkan Akun Bisnis IG ke Facebook

Kamu bisa menghubungkan akun IG bisnismu ke Facebook, namun jika tidak bisa dihubungkan silahkan tap opsi “Dont connect to Facebook” kini akun IG-mu sudah berubah menjadi bisnis.

Tutorial Buat Swipe Up di Instagram Story Untuk Followers di Atas 10K

Seperti yang sudah kita bahas di atas, untuk bisa memakai opsi swipe up di akun IG, maka akunmu harus sudah mempunyai jumlah followers IG sebanyak 10.000. Selain itu, akun IG Kamu juga harus dijadikan sebagai akun bisnis.

Apabila akun IGmu tidak memenuhi syarat-syarat di atas, Kamu tentu saja tak akan bisa memakai fitur swipe up. Sementara bagi yang sudah mempunyai followers lebih dari 10K dan Kamu ingin memakai fitur swipe up, maka Kamu dapat memakai cara di bawah ini!

1. Unggah Foto ke Insta Story Milikmu

Cara membuat swipe up di Instagram yang pertama ialah upload foto ke dalam IG storymu.

2. Tap Ikon Link

Kamu bisa memilih ikon link yang terletak di bagian atas yang tampak seperti gambar berbentuk rantai.

3. Tambah URL

Cara membuat swipe up di Instagram selanjutnya, apabila ada gambar di IG yang sudah di upload, kini tambahkan link atau tautan agar ada tautan atau link halaman yang akan dibagikan. Jika sudah, silahkan tekan done.

4. Publish Insta Story

Silahkan tap opsi “Cerita Anda” atau “Kirim Ke” di bagian bawah story. Kini story IG Kamu sudah memiliki link swipe up atau see more.

Tutorial Buat Swipe Up di IG Jika Followers Tidak Mencapai 10K

Sebenarnya fitur swipe up sampai sekarang hanya dapat dipakai oleh pengguna IG yang telah menjadi akun bisnis dan mempunyai followers di atas 10K. Akan tetapi, ada alternatif atau cara lain apabila akun IGmu masih belum memenuhi ketentuan tersebut, yakni dengan menambahkan link pada bio IG-mu.

Terkait:  Cara IG Music

Jika Kamu tetap ingin memakai fitur swipe up, mau tak mau Kamu perlu mencari cara untuk menambah followers sampai 10K.

Tips dan Trik Untuk Mendapatkan 10K Followers

Jika ingin cara membuat swipe up di Instagram berhasil, tentu saja Kamu harus berupaya untuk menambah followers Instagrammu terlebih dahulu. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

1. Mengoptimasi Profil IG

Jika Kamu ingin mengikkuti seseorang, tentu yang pertama mereka lihat ialah profilnya, lain halnya dengan artis karena kebanyakan orang memang sudah mengenalinya. Jadi mereka akan langsung mengikutinya, terlebih jika artis tersebut merupakan idola mereka.

Kamu harus memasang foto profil menarik untuk mempermudah seseorang mengarahkan jempolnya memencet tombol “Ikuti” atau “follow”. Silahkan buat username dengan karakter < 30 karakter, tujuannya supaya username Kamu mudah diingat. Selain itu, buat bio menarik, singkat dan padat untuk dibaca.

2. Membuat Konten Visual yang Profesional

Kita tahu bahwa foto yang diupload di IG setiap hari sangat banyak hingga jutaan, jadi jika Kamu membuat konten biasa-biasa saja, tentu akunmu akan sulit dilirik orang. Oleh karenanya buat visual menarik dan kreatif. Kamu bisa mencoba berbagai macam ide menarik yang dapat digali untuk melakukan update postingan. Selain itu buat konten berkualitas berdasarkan gender, usia, dan passion dari followers-mu.

3. Mengadakan Event Give Away

Apabila Kamu memiliki sedikit uang yang berlebih, Kamu dapat memanfaatkan ajang give away demi mendongkrak jumlah pengikut akun Instagrammu. Orang biasanya akan sangat antusias mengikuti ajang give away, jadi bagi yang ingin mengikuti ajang tersebut harus memfollow akun IGmu terlebih dulu.

Itulah beberapa tips dan trik mendapatkan followers hingga 10K sebagai syarat untuk mendapatkan fitur swipe up di Instagram. Dengan cara membuat swipe up di Instagram di atas, setidaknya Kamu memahami bagaimana cara untuk mendapatkan fitur menarik tersebut di IG.

Related posts