Cara Membuat Sticker WhatsApp Sendiri

Cara Membuat Sticker WhatsApp Sendiri

Jika Kamu menginginkan obrolan atau aktivitas chatting-mu di Instagram lebih menarik, maka Kamu perlu menyiasatinya dengan mengirimkan atau berbagi sticker WhatsApp. Sticker default yang telah tersedia di aplikasi WhatsApp mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika Kamu membuatnya sendiri? Ya, kini ada cara membuat sticker WhatsApp sendiri yang bisa dipraktekkan.

Sticker WhatsApp Vs Line

Sebenarnya selain WhatsApp, aplikasi LINE sebelumnya telah menyediakan banyak pilihan sticker. Hanya saja, ada perbedaan antara sticker di WA dengan di LINE. Jika di WhatsApp, ada stiker-stiker lucu dan menarik yang dapat Kamu pakai secara gratis. Contohnya saja ada The Maladroits dari Cole Ott, Cuppy dari Minseung Song, dan masih banyak lagi.

Read More

Berbeda dengan platform LINE, Kamu bisa menemukan stiker gratis dan berbayar. Bagi stiker yang menawarkan berbagai bentuk dan jenis di LINE, Kamu bisa mendapatkannya dengan membeli koin lewat toko LINE.

Selain itu, pada aplikasi WhatsApp masih belum ada sticker bergerak serta dapat mengeluarkan suara. Untuk dapat membuat stiker WhatsApp sendiri, aplikasi WhatsAppmu harus sudah di upgrade ke versi yang terbaru dan telah mempunyai fitur stiker.

Cara Membuat Sticker WhatsApp Sendiri

Cara Membuat Sticker WhatsApp Sendiri
Membuat Sticker WhatsApp Sendiri

Tutorial Buat Sticker WhatsApp Sendiri

Jika Kamu ingin membuat sticker sendiri di WhatsApp, ada beberapa langkah cara membuat sticker WhatsApp sendiri yang dapat dipraktekkan. Langsung saja simak ulasan berikut :

1. Edit Gambar atau Foto

Untuk mengedit gambar atau foto yang akan dijadikan stiker WhatsApp, Kamu bisa mencoba cara berikut :

  • Langkah pertama ialah persiapkan foto favoritmu untuk dijadikan stiker WhatsApp, lalu persipakan foto untuk diedit.
  • Tujuan edit foto ini ialah untuk menghapus atau menghilangkan background foto lebih dulu.
  • Kamu bisa menghapus background gambar atau foto sesuka hati, sesuai yang Kamu butuhkan.
  • Kamu bisa memotong fotonya lebih dulu, lalu hapus background menggunakan fitur magic atau auto yang ada. Atau jika Kamu ingin menghapus manual background tersebut juga bisa.
  • Setelah itu, kreasikan sendiri seperti menambahkan teks pada foto atau lainnya.
  • Untuk editing foto, biasanya dapat dilakukan lewat Adobe Photoshop maupun aplikasi background eraser dengan fitur khusus menghapus background gambar.
  • Selain itu, Kamu juga dapat memakai aplikasi PicsArt, maupun apikasi lainnya yang sering digunakan untuk edit foto.
  • Jika Kamu kesulitan mengedit foto, Kamu pun bisa langsung mendownload foto atau gambar yang Kamu sukai yang akan dijadikan sebagai stiker WA.
  • Kemudian simpan gambar atau foto yang telah diedit lewat format PNG.

2. Download Aplikasi Pihak Ketiga

Kamu juga harus menggunakan aplikasi tambahan ke dalam cara membuat sticker WhatsApp sendiri. Tujuannya agar dapat memindahkan foto atau gambra yang telah diedit sebelumnya supaya dapat dijadikan sebagai stiker WA. Adapun aplikasi tersebut ialah Personal Sticker for WhatsApp, salah satunya.

Aplikasi ini berguna untuk mengupload atau memasukkan foto yang telah Kamu edit sebelumnya. Adapun foto yang telah diedit, bisa diunggah ke WhatsApp langsung lewat Personal Sticker for WhatsApp Apps.

Kamu tinggal mempersiapkan setidaknya 3 foto saja untuk menguploadnya ke WhatsApp, sebab Kamu tidak akan dapat mengunggah foto apabila jumlahnya hanya 1-2.

2. Masukkan Sticker dan Beri Nama

Cara membuat sticker WhatsApp sendiri berikutnya ialah jika Kamu sudah mengunduh Personal Sticker for WhatsApp, Kamu dapat memulai mengupload foto yang telah diedit. Caranya ialah cari menu create sticker pack. Kemudian tulis judul sticker yang ingin Kamu masukkan.

Selanjutnya upload gambar yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke dalam pack menggunakna opsi yang tersedia. Jika ada pertanyaan mengakses folder gambar atau foto yang diunggah, ketuk saja izinkan atau allow. Setelah itu, pastikan semua gambar atau foto yang ingin dijadikan stiker telah terunggah dan Kamu tinggal memilih save sticker saja.

3. Tambahkan Sticker yang Sudah Dibuat

Selanjutnya buka WhatsAppmu, kemudian pilih menambah emoji di samping kiri kolom pesan untuk mengetikkan teks pesan. Lalu pilih “stickers” dan selanjutnya akan terlihat tampilan stiker. Jika ingin menambahkan stiker WhatsApp yang sudah dibuat, silahkan pilih opsi (+) di samping kanan atas. Setelah itu, scroll layar ke bawah dan pilih opsi “Get More Stickers”, lalu pilih untuk dapat menambahkan stiker WA yang sudha dibuat.

Lalu secara otomatis, Kamu akan terhubung langsung pada Personal Sticker for WhatsApp aplikasi. Selanjutnya pilih saja foto-foto tertentu yang sudah Kamu edit sebelumnya. Kemudian tekan “add”, lalu foto atau gambar yang Kamu edit sebelumnya akan dikemas berbentuk paket stiker WA yang bisa digunakan segera untuk mengekspresikkan chat atau obrolan dengan lawan bicaramu.

5. Menyalin Stiker WhatsApp

Di samping cara membuat sticker WhatsApp sendiri di atas, Kamu juga bisa menyalin alias meng-copy stiker WhatsApp dari pengguna WA lainnya. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Jika Kamu menemukan stiker dari teman kontakmu atau ada di WA grup yang terlihat menarik atau lucu, maka Kamu dapat menambahkan stiker tadi ke dalam kumpulan stikermu.
  • Hal yang harus Kamu lakukan ialah memberikan bintang pada gambar stiker yang Kamu tambahkan pada koleksi stikermu.
  • Sehingga stiker WhatsApp tersebut akan muncul di dalam kumpulan stiker WhatsApp. Pastinya Kamu juga bisa memakainya sesuka hati.
  • Jika ingin mengakses stiker WhatsApp yang bukan hasil buatanmu, Kamu hanya tinggal memilih ikon yang bergambar bintang. Lalu di sana akan ada kumpulan stiker yang sudah Kamu berikan tanda favorit.

Ya, itulah panduan cara membuat sticker WhatsApp sendiri yang bisa Kamu buat. Gimana, mudah kan? Selain aplikasi Personal sticker for WhatsApp Kamu juga bisa mengakses aplikasi di bawah ini untuk membuat stiker WhatsApp sendiri.

Aplikasi Pembuat Stiker WhatsApp Lainnya

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya di atas, bahwa ada beberapa aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk membuat stiker WA. Diantaranya sebagai berikut :

1. Anime Sticker

Stiker yang tersedia pada Anime Sticker WhatsApp khusus bagi Kamu penggemar anime. Dimana aplikasi ini menyediakan berbagai macam stiker unik dan lucu yang begitu beragam melalui tema anime. Di sini Kamu bisa menemukan beberapa karakter anime yang menjadi favoritmu, seperti Kimetsu No Yaiba, One Piece, dan lainnya.

2. Sticko Text

Kamu juga bisa mencoba memakai aplikasi Sticker for Chat atau Sticko Text. Aplikasi yang berhasil dikembangkan Stickoext.com tersebut memang cukup banyak memiliki penggemar. Melalui layanan yang satu ini, Kamu bisa mengumpulkan berbagai macam stiker lewat berbagai kategori untuk berbagai ekspresi, momen spesial, serta berbagai aktivitas yang lain.

3. Gamer Sticker Packs

Terkhusus bagi pencinta gamers, Kamu juga bisa mencoba stiker menarik dari game favoritmu di Gamer Sticker Pacs. Pada aplikasi ini, Kamu bisa menjumpai beragam sticker game yang Kamu sukai dan tentu saja membuat hari-harimu menjadi lebih berkesan.

Itulah beberapa panduan cara membuat sticker Whatsapp sendiri dan beberapa aplikasi lainnya yang bisa digunakan sebagai pembuat stiker WhatsApp. Semoga bermanfaat!

Related posts