Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Cara mengunci aplikasi di iPhone masih belum diketahui banyak orang. Informasinya sangat berguna dan pengguna iPhone di Indonesia semakin bertambah hingga kini. iPhone masih dinilai sebagai merek smartphone terbaik dan paling bagus sampai sekarang.

Hal itu disebabkan programnya lebih canggih dan tidak pernah dimiliki gadget lain. Oleh sebab itu, iPhone selalu berinovasi untuk memanjakan para pengguna setianya dengan harga yang cukup mencengangkan.

Bukan rahasia umum bahwa cara mengunci aplikasi di iPhone terpercaya sudah dibuktikan banyak orang. Tak hanya itu, mereka yang masih memakainya gadgetnya sampai sekarang belum pernah mengalami kendala berupa pencurian data.

iPhone sudah dibekali fitur keamanan tinggi dan kalian masih bisa menemukannya meski hilang sekalipun. iPhone juga didukung kapasitas ruang sangat besar hingga ratusan GB sehingga kalian dapat menyimpan file berukuran jumbo.

Seperti yang diketahui bahwa iPhone adalah gadget paling canggih saat ini. Kalian bisa melindungi data di dalam aplikasi dari anak-anak maupun orang lain. Uraian berikutnya bakal membantu menyelesaikan masalah soal mengunci aplikasi dengan cepat dan mudah.

Selain itu, siapapun bisa mengunduh aplikasi ketiga melalui App Store yang pemakaiannya cukup ringkas. Kamu tidak perlu takut bila datanya berisiko dicuri lantaran sistem pengucian di iPhone cukup sulit diretas pihak lain.

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone

Cara Mengunci Aplikasi di iPhone
Mengunci Aplikasi di iPhone

Apple selaku produsen yang menaungi iPhone punya sistem khusus untuk keamanannya. Kalian harus mengetahui prosedur penguncian aplikasi maupun data melalui tutorial selanjutnya.

Hal ini dikarenakan gadget ini punya sistem resmi yang bisa digunakan untuk mengamankan aplikasi sistem seperti SMS, telepon sampai galeri maupun unduhan bak sosial media sekalipun ke dalam dua metode.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan yakni :

Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Restrictions

Kamu bisa mengunci aplikasi di iPhone melalui Restriction dengan dua metode berbeda, yaitu :

Untuk iOS 12 Keatas

  • Pertama, bukalah menu Pengaturan.
  • Pilihlah opsi Screen Time.
  • Bukalah menu Content and Privacy Restrictions.
  • Tekan tombol Allowed Apps.
  • Tentukan aplikasi yang ingin dikunci.
  • Selesai

Untuk iOS 11 Kebawah

  • Pertama, bukalah menu pengaturan.
  • Pilihlah opsi General.
  • Selanjutnya, tekan tombol Enable Restrictions.
  • Masukkan passcode yang kalian miliki dengan benar.
  • Tentukan aplikasi yang ingin dikunci.
  • Selesai

Prosedur di atas sangat mudah, bukan? Kalian bisa menggunakan salah satu tutorialnya sesuai dengan sistem ponsel yang tersedia saat ini. Walaupun sistemnya berbeda, namun cara mengunci aplikasi di iPhone tersebut hampir sama secara keseluruhan.

Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Touch ID

Umumnya bahwa panduan penguncian aplikasi di iPhone via touch ID masih dipakai banyak orang. Pasalnya, layanannya sangat mudah digunakan dan berfungsi untuk mengunci aplikasi pilihan penggunanya masing-masing.

Sebagian besar pemilik iPhone tidak perlu mengunduh aplikasi ketiga dengan menerapkan tutorial ini. Mereka cukup mengikuti petunjuk pemakaian touch ID supaya aplikasinya bisa dikunci.

Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah :

  • Pertama, bukalah menu Pengaturan atau Setting.
  • Pilihlah opsi Touch ID and Password.
  • Gunakan password aktif dan masukkan ke dalam kolom yang tersedia.
  • Berikutnya, aktifkan Touch ID bagi beberapa aplikasi yang ingin dikunci.
  • Apabila diminta sidik jari atau finger print, kamu cukup menekan jari pada layar atau touchpad.
  • Kembalilah ke menu Pengaturan dan buka Passcode maupun Touch ID.
  • Aktifkan Passcode dan Touch ID untuk mengunci aplikasi pilihan kalian.
  • Terakhir, pilihlah aplikasi yang ingin dikunci memakai finger print.
  • Selesai

Touch ID masih dipilih para pengguna iPhone di Indonesia. Prosedurnya sangat mudah dan bisa menggunakan finger print (tanpa pola maupun password). Kalian bisa mengikuti tutorial diatas untuk mengunci beberapa aplikasi sistem atau unduhan pada iPhone saat ini.

Aplikasi Lock iPhone Terbaik

Untuk mengunci aplikasi di iPhone tentu saja berbeda dengan android. Kalian bisa memakai beberapa aplikasi ketiga yang diunduh via App Store terlebih dahulu. Fungsi semuanya mempunyai kesamaan untuk melindungi aplikasi sistem maupun unduhan.

Kamu juga dapat menyembunyikannya dengan bantuan perangkat tersebut. iPhone menawarkan sejumlah aplikasi keamanan yang bagus dengan pemakaian sangat mudah seperti di bawah ini, yaitu :

  1. AppLocker

AppLocker adalah aplikasi pengunci yang banyak dipakai para pengguna iPhone. Hal ini dikarenakan pemakaiannya sangat mudah dan bisa diunduh secara gratis. Tak hanya itu, tampilannya sangat jernih dan dapat dikelola para pemilik iPhone yang berstatus pemula.

Meski begitu, banyak orang masih sulit memakainya karena AppLocker butuh bantuan jailbreak bak aplikasi pengunci lainnya. Hal ini mengakibatkan orang-orang lebih memilih aplikasi ketiga lain via App Store.

  1. Password Manager Key App

Password Manager Key App menjadi aplikasi ketiga yang bisa diunduh via App Store. Kamu harus mengetahui bahwa fungsinya cukup efektif dalam mengamankan aplikasi. Kalian bisa unduh secara gratis dan kapasitas penyimpanannya tidak terlalu besar.

Selain itu, penggunaannya sangat mudah dan kinerjanya memuaskan. Siapapun yang pakai akan menemukan fitur tambahan seperti menambah item tanpa batas. Bahkan, kalian juga bisa melakukan pembuatan kata sandi yang aman sampai sinkronisasi cloud.

  1. Secret Folder App Lock

Kamu juga bisa mengandalkan Secret Folder App Lock yang bisa diunduh gratis. Pengguna iPhone bakal menerima tingkat keamanan tinggi dengan penguncian aplikasi dan file. Penggunaannya sama seperti aplikasi penguncian lainnya dan kamu bisa pilih model password, serta fitur yang berguna.

Hal ini membuat aplikasi penguncian tersebut masih dipilih para pemilik iPhone di Indonesia. Secret Folder App Lock tercatat telah diunduh hingga jutaan kali.

  1. iProtect

iProtect juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi di iPhone. Kalian cukup mengunduh via App Store dan pemakaiannya sangat mudah. Kalian hanya memasangnya dan pilih aplikasi yang ingin dikunci menggunakan passcode.

Pengguna iPhone juga bisa memakai finger print, password, garis maupun lainnya untuk mengunci aplikasi pilihannya. Kalian tidak perlu mengeluarkan biaya lantaran iProtect bisa diunduh secara gratis tanpa memakan memori yang besar.

  1. Disable Launch Pro

Aplikasi terakhir yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi di iPhone adalah Disable Launch Pro. Aplikasi ini adalah software yang berguna untuk merahasiakan media atau konten pada aplikasi sistem atau unduhan.

Cara pemakaiannya sama seperti aplikasi lain dengan membuka menu pengaturan dan aktifkan aplikasinya.

Kemudian, kalian perlu menonaktifkan beberapa aplikasi tertentu yang ingin dikunci dengan menekan tombol “Activation Method”.

Tips Penting

Cara mengunci aplikasi di iPhone sama seperti gadget pada umumnya. Kalian bisa pakai aplikasi tambahan atau tidak untuk menonaktifkan aplikasi yang ingin dikunci.

Jangan pernah membagikan passcode kepada siapapun mengingat media tertentu tidak selalu boleh dilihat siapapun.

Kamu juga perlu membatasi penggunaan gadget terhadap orang lain alias jangan sering dipinjamkan. Hal terpenting lainnya adalah membuat kode sandi yang sulit dibaca orang lain.

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ... Blogger