Cara Membuat Eyeliner Sendiri

  • Whatsapp

Penggunaan eyeliner bagi wanita tentu saja sudah sangat familiar. Memakai eyeliner biasanya menyesuaikan bentuk mata penggunanya. Namun sebagian besar orang tentu tidak pernah terpikirkan tentang bagaimana cara membuat eyeliner sendiri. Apakah Kamu penasaran dengan cara pembuatan eyeliner, dan ingin mencobanya? Jika tertarik, simak terus ulasan artikel Kami di bawah ini!

Mengenali Jenis Eyeliner

Sebelum kita membahas cara membuat eyeliner sendiri, ada 2 jenis eyeliner yang paling mudah dipakai, diantaranya :

Read More

1. Liquid pencil eyeliner

Jenis eyeliner ini biasanya banyak diaplikasikan pemula bahkan untuk sekelas profesional sekalipun, karena bisa memberikan hasil tahan lama dan lebih pekat. Eyeliner ini biasanya memiliki bentuk seperti spidol atau bolpoin sehingga lebih mudah digunakan untuk menggambar bentuk garis mata. Liquid pencil eyeliner juga cocok bagi Kamu yang baru belajar menggunakan eyeliner, karena sangat mudah digunakan. Jenis ini juga memiliki tingkat ketahanan dan kepekatan yang sudah tak diragukan kembali.

2. Pensil Eyeliner

Pensil eyeliner ialah sejenis eyeliner tertentu yang gampang diaplikasikan. Biasanya para pemula sering memakai jenis eyeliner ini. Di samping tidak dapat meleber, biasanya pensil eyeiner mudah digunakan untuk membentuk garis mata. Sayangnya pensil eyeliner kurang awet sehingga perlu dilakukan touch up. Jadi kurang cocok jika dipakai oleh orang yang mempunyai aktivitas padat. Selain itu, pensil alis biasanya harus terus diraut ketika terlihat tumpul.

Terkait:  Cara Membuat Akun Gojek Driver

Cara Membuat Eyeliner Sendiri

Cara Membuat Eyeliner Sendiri
Membuat Eyeliner Sendiri

Bagaimana Membuat Eyeliner Sendiri di Rumah?

Meskipun mungkin tidak pernah terpikirkan bagaimana cara membuat eyeliner sendiri di rumah, tapi bagi Kamu yang ingin lebih kreatif tentu tak ada salahnya. Tentu saja, jika Kamu bisa membuat eyeliner sendiri, tidak akan mengiritasi kulit, karena Kamu bisa menyesuaikan bahannya dengan bahan yang ramah di kulit. Simak panduannya berikut!

Cara Membuat Eyeliner Dengan Karbon Aktif

Beli beberapa karbon aktif. Kamu bisa menemukannya baik berbentuk kapsul di toko obat herbal atau apotek. Sebab biasanya, karbon aktif dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan. Karbon aktif sangat cocok digunakan untuk pembuatan eyeliner snediri. Jika Kamu sulit menemukannya di wilayahmu, silahkan beli karbon aktif secara online.

Jika sudah mendapatkan karbon aktif, silahkan ikuti tahapan-tahapan berikutnya :

1. Menghancurkan Karbon Aktif

Setelah mendapatkan karbon aktif yang Kamu beli sebelumnya, hancurkan beberapa saja kapsul karbon aktif pada wadah kecil. Di sini Kamu bisa memakai tempat bekas lip balm atau eyeshadow atau tempat lainnya yang Kamu miliki. Setelah itu, hancurkan karbon aktif.

2. Mencelupkan Kuas Eyeliner Pada Karbon Aktif

Cara membuat eyeliner sendiri sebelumnya ialah tinggal mencelupkan kuas ke wadah yang berisi karbon aktif. Kamu bisa memakai karbon aktif murni ini untuk melindungi mata, sebab bisa menyatu dengan minyak alami di kulit, serta dapat menempel di kelopak mata. Oleh karenanya celupkan kuas pada wadah kemudian aplikasi eyeliner sendiri seperti biasa.

3. Mencoba Tekstur Berbeda

Jika Kamu lebih menyukai eyeliner dengan konsistensi seperti gel, maka campurkan karbon aktif dengan minyak atau air untuk membuatnya lebih lembab sedikit. Supaya tidak berlebihan, Kamu hanya perlu meneteskan 1-2 tetes saja lalu campurkan hingga eyeliner telah mencapai konsistensi tertentu sesuai keinginan. Jika ingin membuat eyeliner dengan tekstur lebih kering, campurkan arang aktif dengan gel lidah buaya, minyak kelapa, minyak almond, atau minyak jojoba. Pilih salah satunya saja.

Terkait:  Cara Membuat Flash Sale Shopee

Cara Membuat Eyeliner Dengan Kacang Almond Mentah

Metode yang satu ini adalah alternatif yang bisa digunakan apabila Kamu tidak mempunyai atau kesulitan mendapatkan karbon aktif. Pasalnya, jelaga dari kacang almond yang telah dibakar akan menghasilkan warna eyeliner hitam dan tampak seperti eyeliner buatan pabrik.

Kamu hanya memerlukan beberapa bahan berikut ini :

  • Kacang almond mentah yang tak diasinkan atau tidak dipanggang.
  • Pinset.
  • Pematik api.
  • Pisau dapur.
  • Piring atau bisa memakai wadah kecil yang lainnya.

Jika sudah, Kamu tinggal mengikuti langkah cara membuat eyeliner sendiri dengan kacang almond mentah berikut :

1. Panggang Kacang Almond

Silahkan pegang kacang almond memakai garpu lalu panggang. Pakai penjepit yang dapat memegangi kacang almond kuat-kuat lalu pegang pemantik api berdekatan engan bahan ini. Selanjutnya kacang almond pun perlahan akan terbakar. Kamu bisa melanjutkan hingga setengahnya almond berbentuk jelaga hitam.

Biasanya untuk pinset dari bahan logam, saat dipanaskan suhunya ikut panas bahkan bisa membakar jarimu ketika memakai pemantik api dalam waktu cukup lama. Oleh karena itu, sebaiknya pakai sarung tangan agar tanganmu terlindungi. Lalu putar almond saat memangganggnya agar keseluruhan permukaan kacang almonn terpanggang secara merata.

2. Iris Jelaga Pada Piring

Pakaipisau dapur dengan tujuan untuk mengiris jelaga kacang almond, dan simpan pada piring. Jika Kamu memerlukan lebih banyak, panggang terus kacang almond sampai mendapatkan jumlah yang Kamu inginkan. Ketika mengiris jelaga tadi dengan pisau, sebaiknya hati-hati agar potongan kacang almond yang tak terbakar tidak ikut teriris. Karena yang diperlukan untuk eyeliner sendiri hanya jelaga yang berdebu dan bertekstur halus.

Namun pastikan, sebelum Kamu memakai jelaga almond untuk melindungi mata, sebaiknya pastikan tanpa ada potongan jelaga berukuran lebih besar. Jadi sebaiknya hancurkan terlebih dulu.

3. Celupkan Kuas Eyeliner Pada Almond

Silahkan celupkan kuas riasan eyeliner-mu ke dalam bubuk jelaga almond. Kamu dapat mengaplikasikannya ke kelopak mata secara langsung. Silahkan celupkan kuas pada wadah jelaga almon lalu aplikasikan langsung sebagai eyeliner.

Nah, itulah 2 metode yang bisa Kamu pilih dalam cara membuat eyeliner sendiri di rumah. Namun sebelumnya, tahukah Kamu bagaimana cara mengaplikasikan eyeliner?

Cara Menerapkan Eyeliner Sesuai Bentuk Mata

Di bawah ini, ada beberapa cara menerapkan eyeliner sendiri sesuai bentuk mata yang bisa Kamu coba!

Terkait:  Cara Membuat Filter Aquarium

1. Mengaplikasikan Eyeliner Bagi Mata Almond

Sesuai namanya, biasanya tipe mata almond ini mempunyai bentuk layaknya kacang almond. Menariknya, hampir semua jenis eyeliner cocok diaplikasikan. Adapun bentuk eyeliner untuk menambah kecantikan riasan matamu ialah winged eyeliner. Bentuk ini akan mempercantik lengkungan pada matamu. Adapun caranya ialah ambarkan “sayap” pada eyeliner ke atas.

2. Mengaplikasikan Eyeliner Bagi Pemilik Mata Bulat

Pemilik mata bulat, biasanya memiliki mata berukuran besar serta lebar. Sama dengan mata almond, pemilik mata bulat juga cocok menerapkan winged eyeliner. Hanya saja, cara pembuatan eyeliner yang cocok bagi si mata bulat ialah dengan menggambarkan bentuk yang lebih panjang dan lebih lurus dibandingkan mata almond.

3. Mengaplikasikan Eyeliner Bagi Mata Menonjol

Pemilik mata menonjol biasanya memiliki kelopak mata yang lebih besar. Agar kelopak mata terlihat lebih kecil, siasati dengan menggunakan eyeliner tebal di bagian atas pada bulu mata. Silahkan bentuk garis pada sudut bagian dalam menuju bagian luar, menyesuaikan ukuran mata. Dengan menggambar eyeliner seperti itu bisa membantu matamu lebih terlihat proporsional.

Ya, itulah cara mengaplikasikan eyeliner bagi pemula yang baru belajar cara menggunakan eyeliner. Berdasarkan pembahasan di atas, selain Kamu lebih hemat dengan cara membuat eyeliner sendiri, Kamu juga bisa mengaplikasikan eyeliner sesuai bentuk mata.

Related posts