Cara Membuat EFIN Online

Cara Membuat EFIN Online

Bagaimana cara membuat EFIN online? Bagi para wajib pajak mempunyai kewajiban untuk memiliki EFIN, yang bisa digunakan untuk melakukan proses transaksi perpajakan secara digital atau elektronik. EFIN adalah singkatan dari Electronic Filing Edentification Number, yaitu nomor identitas wajib pajak bagi orang pribadi atau badan. Biasanya nomor EFIN dipakai untuk melakukan aktivitas perpajakan dengan cara elektronik.

EFIN dibutuhkan salah satunya ketika registrasi akun ASP atau PJAP atau DJP online. Saat ini, Kamu bisa dengan mudah mendapatkan EFIN online tanpa perlu mendatangi kantor pajak. Hanya melalui komputer yang terhubung pada internet, maka cara membuat EFIN online bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Read More

Cara Membuat EFIN Online

Cara Membuat EFIN Online
Membuat EFIN online

Bagaimana Membuat EFIN Online Dengan Mudah?

Ada salah satu cara membuat EFIN online yaitu dengan memanfatkan sistem e-filling atau electronic filling pajak. Dimana sistem pelaporan pajak secara online ini biasanya dibuat berdasarkan perkembangan teknologi informasi di masyarakat. Sehingga, masyarakat tak perlu lagi mengantri untuk melaporkan pajak. Biasanya wajib pajak cukup sekali melakukan registrasi ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) untuk memperoleh EFIN.

Sesudah itu, Kamu baru bisa memproses cara membuat EFIN online. Akan tetapi, Kamu perlu mengikuti batas ketentuan waktu pelaporan untuk pajak yang sudah ditentukan.

Tutorial Membuat EFIN Online

Sebenarnya cara untuk memperoleh nomor EFIN pajak online sebenarnya sangat mudah serta dapat digunakan secara langsung, bahkan tidak sampai beberapa hari. Berikut ini, ada beberapa tahapan cara membuat EFIN online bagi wajib pajak :

  • Silahkan masuk ke situs web efin.pajak.go.id, kemudian isi formulirnya jika ingin mendaftarkan akun. Lalu isi formulir untuk mengaktifkan layanan EFIN.
  • Download formulir EFINmu. Jika sudah mendaftar, Kamu akan langsung diarahkan menuju halaman EFIN selanjutnya bisa mendownload formulir EFIN. Silahkan isi kemudian lengkapi dan cetak. Setelah itu, bawa formulir pengisian EFIN tersebut dan beberapa dokumen yang diperlukan ke Kantor Pelayanan Pajak.
  • Tunjukan dokumen yang asli lalu serahkan fotokopi dokumen. Untuk badan usaha dan individu, biasanya persyaratan dokumen yang dibutuhkan akan berbeda.

Syarat Dokumen Wajib Pajak Badan Untuk Membuat EFIN Online

Untuk melanjutkan proses cara membuat EFIN online di atas, Kamu bisa menyerahkan beberapa dokumen berikut ini khusus bagi wajib pajak berbentuk  badan usaha :

  • Kartu Surat Keterangan Terdaftar atau Kartu NPWP Wajib Pajak Badan.
  • Kartu SKT atau NPWP dengan nama pengurus terkait.
  • KTP pengurus, bisa KITAS/KITAP untuk WNA.
  • Surat kuasa alias penunjukkan pengurus sebagai perwakilan wajib pajak badan.

Syarat Dokumen Wajib Pajak Kantor Cabang Untuk Membuat EFIN Online

Sementara untuk persyaratan pembuatan EFIN online bagi wajib pajak Kantor Cabang, ada beberapa dokumen yang dibutuhkan berikut ini :

  • Kartu SKT atau NPWP Wajib Pajak Kantor Cabang.
  • SKT atau NPWP dengan nama pengurus terkait.
  • KTP pengurus, baik KTP untuk WNI maupun KITAP/KITAS untuk WNA.
  • Surat yang menyatakan pengangkatan pimpinan/kepala kantor cabang.
  • Surat penunjukkan atau kuasa pengurus sebagai perwakilan wajib pajak cabang.

Syarat Dokumen Wajib Pajak Individu Untuk Membuat EFIN

Bagi wajib pajak individu atau perorangan, ada beberapa syarat dokumen yang dibutuhkan untuk pembuatan EFIN.

  • Formulir aktivasi untuk EFIN pajak yang telah diisi.
  • Akun email aktif.
  • Berkas asli dan fotokopi NPWP.
  • Berkas asli dan fotokopi KTP maupun KITAS/KITAP.

Jika sudah memperoleh EFIN untuk badan usaha atau perorangan, diharapkan Kamu untuk menjaga kerahasiannya agar menghindari terjadinya penyalahgunaan. Berikut ulasannya :

  • Lakukan pendaftaran EFIN online pajak melalui langkah-langkah di bawah ini.
  • Masuk ke dalam akun pajak online.
  • Pilih perusahaan tertentu yang akan Kamu daftarkan EFIN (untuk wajib pajak badan).
  • Ketuk e-filling pada opsi “Pengaturan” yang terdapat pada sistem navigation bar di sebelah kiri kemudian ketikkan EFIN Kamu.

Pentingnya EFIN Bagi Sebuah Perusahaan

Bagi sebuah badan usaha, EFIN memiliki beberapa manfaat diantaranya sebagai berikut :

1. Jaminan Keamanan

Manfaat EFIn yang pertama ialah dari jaminan keamanannya. Melalui EFIN, maka bisa menjamin kerahasiaan terkait data perusahaan Kamu yang dimasukkan dalam sistem pajak secara online.

2. Efisiensi

Dalam hal pengelolaan bisnis, tentu saja ketepatan atau efisiensi waktu maupun tenaga merupakan hal terpenting. Melalui aktivasi EFIN, maka wajib pajak bisa mengakses pajak secara online sekaligus melaporkan SPT tanpa harus antri di KPP. Sehingga Kamu tak perlu buang-buang waktu untuk mengurus pajak.

3. Pelaporan Pajak Lebih Otomatis

Untuk wajib pajak badan, melalui EFIN dapat mempermudah proses pelaporan pajak online, karena data badan usaha sebagai wajib pajak ini telah terekam otomatis dalam sistem pajak. Dengan demikian, bagi laporan pajak pada tahun berikutnya, perusahaan atau wajib pajak badan tak perlu lagi mengulangi pengisian data kembali.

Hal Penting Sebelum e-Filling Dalam Cara Membuat EFIN Pajak Online

Di bawah ini, ada beberapa poin penting yang perlu Kamu ketahui terkait cara membuat EFIN online :

1. Pengisian Pajak Online dan Manual Hampir Sama

Pada umumnya proses pengisian pajak secara online dengan cara manual mempunyai kesamaan. Namun dengan memakai e-filling pajak, maka wajib pajak bisa menyampaikan pemberitahuan perpanjangan terkait SPT tahunan dengan cara online lewat situs web efilling Pajak DJP Online. Selain itu juga Kamu bisa mengetahuinya melalui aplikasi yang telah disediakan oleh ASP (Application Service Provider) alias Penyedia Jasa Aplikasi.

2. eFilling Pajak Wajib Untuk Pengusaha Kena Pajak Pengguna e-Faktur

Mulai dari tahun 2016, sistem e-filling Pajak bersifat wajib untuk Pengusaha Kena Pajak atau PKP yang menggunakan e-faktur untuk proses e-filling SPT tahunan. Dalam hal ini, e-filling pajak bisa melaporkan seluruh jenis SPT badan dengan CSV file, diantaranya SPT PPN, SPT Tahunan Badan dan SPT masa PPh.

3. Aplikasi e-filling Bisa Diakses Gratis

Kamu bisa melakukan proses persiapan lapor pajak secara online melalui aplikasi e-filling. Dimana aplikasi ini bisa dipakai secara gratis. Kamu juga bisa memperhatikan batas waktu untuk pelaporan pajak badan secara online. Selain itu, perhatikan pula denda keterlambatan terkait lapor SPT secara online.

Kebijakan tentang cara membuat EFIN online telah dibuat langsung oleh pihak Direktorat Jenderal Pajak. Tujuannya demi memfasilitasi kemudahan para wajib pajak demi memenuhi kewajibannya, sehingga tidak perlu lagi harus mengantri di kantor KPP.

Jika ingin mengetahui jumlah pajak yang wajib kamu bayarkan dengan akurat sekaligus untuk menghindari kesalahan dalam pelaporan pajak. Maka Kamu juga harus mempunyai perhitungan pajak dengan benar.

Membayar Pajak Bisa Menunjukkan Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan yang selalu membayar pajak tepat waktu, entah itu pajak bulanan ataupun pajak tahunan, tentu saja bisa memberikan nilai kredibilitas tersendiri. Dengan pembayaran pajak tepat waktu inilah, membuat perusahaan bisa memperluas jaringannya dengan mudah.

Jika sebuah perusahaan mempunyai kredibilitas baik untuk pembayaran pajak, maka artinya pengelolaan keuangan perusahaan itupun juga baik. Oleh karenanya, tidak akan susah mendapatkan kolega bisnis.

Nah, itulah ulasan cara membuat EFIN online dan pentingnya bagi perusahaan untuk bisa mengontrol pelaporan pajak. Semoga bermanfaat!

Related posts