Cara Mengecek Kuota XL

Bagaimana cara mengecek kuota XL? Kebutuhan internet adalah salah satu kebutuhan yang paling mendasar saat ini, terutama bagi kaum milenial yang kesehariannya tidak bisa terlepas dari internet.

Apalagi di masa pandemi yang sedang melanda Indonesia sekarang ini, segala aktivitas pun mengharuskan kita memanfaatkan layanan internet, seperti aktivitas belajar dalam jaringan atau daringzoom meeting, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk bisa menggunakan layanan internet di ponsel, tentu saja kita butuh yang namanya kuota. Oleh karena itu, agar kebutuhan internet terus berjalan, Kamu harus memastikan ketersediaan kuota internet di Hpmu.

Tidak terkecuali bagi pengguna provider XL. Demi memastikannya, Kamu harus selalu melakukan cara mengecek kuota XL dengan berkala. Hal ini dilakukan agar Kamu tidak kebablasan berselancar di dunia maya, hingga akhirnya menghabiskan kuotamu. Lalu, saat Kamu benar-benar membutuhkannya ternyata kuota sudah ludes!

Inilah kenapa para pengguna XL penting sekali mengetahui cara mengecek kuota XL. Tentu saja provider XL sendiri telah memberikan berbagai pilihan layanan untuk mengecek kuota dengan mudah, simpel, dan tentu saja murah.

Namun sebelum Kami membahasnya, akan Kami bagikan informasi mengenai paket internet yang ditawarkan provider XL terlebih dahulu.

Jenis-Jenis Paket Internet XL

Bagi Kamu pengguna XL yang sedang mencari paket internet XL terbaik, ada beberapa pilihan paket yang bisa Kamu coba diantaranya :

  • Paket Hotrod

Paket internet yang satu ini dapat Kamu pakai dengan baik, pada jaringan 3G/2G maupun pada jaringan 4G.

Menariknya lagi, paket Hotrod dari XL tidak menawarkan sistem pembagian kuota. Kamu bisa menikmati layanan internet menggunakan paket ini dengan kecepatan sampai 100 Mbps.

Selain itu, harga yang ditawarkan pada paket ini tentu saja sangat terjangkau. Pokoknya, pas banget deh bagi Kamu yang ingin berhemat.

Selain itu, paket Hotrod yang ditawarkan bisa bulanan, mingguan, hingga harian. Tarif yang ditawarkannya mulai Rp. 1.500 sampai Rp. 220 ribu, jadi Kamu bisa leluasa memilihnya sesuai kebutuhan dan tentu saja sesuai kondisi budget-mu!

Untuk membeli paket ini, Kamu bisa mengaktifkannya melalui kode USSD ddi *!23# maupun di aplikasi MyXL.

  • Paket Super Ngebut

Paket ini ditawarkan oleh XL bagi Kamu yang masih menggunakan jaringan 3G di Hpmu. Paket Super Ngebut sangat pas jjika Kamu mencari koneksi internet super ngebut selama 24 jam full.

Apa saja fitur yang didapatkan? Ya, dengan menggunakan paket ini, Kamu bisa melakukan streaming video, chatting, hingga browsing tanpa khawatir koneksi internetmu melambat. Menariknya lagi, XL juga menyediakan tambahan kuota internet yang nggak tanggung-tanggung di malam hari.

Sama seperti paket Hotrod, Kamu bisa melakukan aktivasi paket Super Ngebut di layanan *123# atau lewat aplikasi MyXL. Sayangnya, paket Super Ngebut hanya menyediakan layanan per bulan saja karena masa berlakunya sampai 30 hari.

  • Paket Xtra Combo

Jika Super Ngebut khusus bagi pengguna XL yang memakai jaringan 3G, nah paket Xtra Combo ini bisa dinikmati oleh Kamu yang menggunakan jaringan 4G.

Keunggulannya ialah selain harganya murah, Kamu juga akan mendapatkan kuota internet lebih banyak. Untuk tarifnya sendiri mulai dari Rp. 55 ribu saja.

Apa saja sih yang didapatkan dari Xtra Combo? Ya, Kamu bisa mengakses Youtube secara gratis sampai 5GB tanpa harus mengurangi kuota internet yang biasa. Selain itu, Kamu juga bisa memperoleh akses unlmited Youtube dari jam 01.00 dini hari sampai jam 06.00 subuh.

Belum lagi, Kamu bisa menikmati kuota internetnya sepanjang hari hingga 24 jam full dan tentu saja tanpa pembagian kuota di waktu-waktu tertentu.

Keunggulan lainnya ialah Kamu akan memperoleh bonus telepon dari 20 sampai 140 menit ke seluruh operator tergantung jumlah kuota internet yang Kamu belli. Sementara masa aktif kuotanya sendiri sampai 30 hari.

Nah, itulah beberapa pilihan paket internet unggulan yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan dan budget. Bagaimana, tertarik memakai kartu XL buat internetan kan?

Sekarang, bagi pengguna baru Kami akan bagikan informasi khusus cara mengecek kuota XL dengan mudah. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Cara Mengecek Kuota XL

Cara Mengecek Kuota XL
Mengecek Kuota XL | IMG: Freepik.com

Provider XL menyediakan berbagai macam cara mengecek kuota XL dengan cepat dan mudah bagi pelanggan tercintanya. Mulai dari cara offline hingga cara online bisa Kamu gunakan sesuai kebutuhan. Ini dia ulasannya :

1. Cara Mengecek Kuota XL Via SMS

Cara mengecek kuota XL paling cepat dan mudah yang pertama ialah dengan memakai layanan SMS. Ya, layanan ini memang bisa digunakan oleh para newbies sekalipun karena tidak perlu harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana caranya?

  • Silahkan buka aplikasi SMS di Hp kesayanganmu.
  • Jika sudah ketikkan SMS melalui format : KUOTA dan kirimkan langsung ke 868 tanpa biaya alias gratis.
  • Selanjutnya Kamu akan menerima balasan SMS dari provider XL yang menginformasikan tentang sisa kuota internet XL yang Kamu miliki.

Nah, jika Kamu memilih paket internet yang menawarkan bonus kuota, Kamu bisa melakukan pengecekan bonus kuota tersebut lewat SMS melalui format berikut : BONUS3G lalu kirimkan ke nomor yang sama 868 tanpa biaya.

2. Cara Mengecek Kuota XL Via Dial

Selain via SMS, Kamu juga bisa mengecek sisa kuota XL-mu dengan metode panggilan USSD atau dial  up. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silahkan buka menu panggilan teleponmu, kemudian ketikka kode USSD *123#. Jika sudah tekan call, ok, atau yes.
  • Lalu pilih angka 7. untuk INFO lalu pilih send atau kirimkan.
  • Selanjutnya, tap angka 1 untuk Info Kartu XL-ku, tekan send.
  • Nah, tahap selanjutnya Kamu bisa tap lagi pilihan angka 1. untuk Cek Kuota lalu kirimkan.
  • Terakhir, Kamu akan mendapatkan informasi tentang jumla sisa kuota XL yang kamu miliki.

3. Cara Mengecek Kuota XL Via Website

Selain cara offline yang tidak memerlukan kuota internet, Kamu juga bisa menggunakan cara mengecek kuota XL via website.

Cara ini tentu saja mengharuskanmu memiliki kuota internet yang digunakan untuk mengecek kuota internet XL. Ini dia ulasannya :

  • Silahkan buka web browser di Hpmu.
  • Setelah itu, kunjungi situs resmi dari MyXL tepatnya di alamat : my.xl.co.id.
  • Jika sudah, Kamu akan ditampilkan 2 pilihan. Nah, Kamu bisa memilih opsi “Masuk Menggunakan Nomor XL”.
  • Lalu isikan nomor HP XL yang Kamu miliki dan pilih next atau lanjutkan.
  • Langkah selanjutnya,Kamu bisa mengisikan kode OTP yang sudah dikirimkan sebelumnya oleh provider XL ke nomor XL yang Kamu daftarkan sebelumnya.
  • Jika sudah masuk, di layar ponselmu akan langsung tertera sisa kuota internet.

4. Cara Mengecek Kuota XL Via MyXL

Cara mengecek kuota XL via aplikasi MyXL sebenarnya hampir sama seperti pada website, yang mengharuskanmu melakuka registrasi terlebih dahulu.

Selain itu, Kamu juga harus mengunduh aplikasi MyXL terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, ikuti tahapannya di bawah ini :

  • Silahkan unduh aplikasi MyXL di App Store bagi pengguna iPhone dan PLay Store bagi pengguna android.
  • Silahkan login dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang sudah terdaftar di nomor Xlmu.
  • Selanjutnya Kamu akan ditampilkan sisa kuota XL, sisa pulsa, masa aktif dan lain sebagainya.

Itulah informasi 4 cara mengecek kuota XL yang bisa Kamu lakukan dengan mudah. Silahkan praktekkan dan pilih cara termudah dari keempat cara di atas!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019