Cara Cek Paket JNT

J&T atau JNT adalah salah satu perusahaan penyedia jasa ekspedisi barang yang telah mempunyai banyak cabang di Indonesia. Hal ini tak lain karena JNT termasuk jasa ekspedisi yang sudah dipercaya dan banyak dipilih, khususnya bagi para penggiat bisnis online yang memerlukan jasa ekspedisi. Dengan cara cek paket JNT yang mudah dan dapat dilakukan lewat platform apapun, juga semakin menambah banyak pelanggan yang menggunakan layanan JNT.

Bahkan sebagai bentuk promosi, perusahaan J&T Express kini telah bermitra dengan beberapa situs e-commerce terkemuka di Indonesia. Bahkan mereka kerap memberikan ongkor kirim gratis kepada para pembeli hingga gratis penjemputan paket untuk penjual online.

Penyebaran gerai JNT hingga ke seluruh pelosok Indonesia berbeda dari jasa ekspedisi yang lainnya. Jika umumnya, untuk satu kecamatan kita sering menjumpai 1-2 gerai dengan konsep franchise, akan tetapi JNT sendiri lebih fokus dengan satu gerai saja dalam satu kecamatan.

Hal ini dikarenakan menyediakan sistem sentralisasi dalam hal pendistribusian maupun penerimaan paket, dengan istilah sistem drop point. Jadi, melalui sistem inilah JNT bisa menjangkau hingga seluruh wilayah dan pelosok Indonesia. Ini artinya JNT memiliki komitmen secara lagsung untuk menyapa konsumennya.

Selain itu, di era perkembangan teknologi digital seperti saat ini, seluruh jasa ekspedisi telah menawarkan sistem pelacakan secara langsung yang sudah terintegrasi pada data base. Sehingga memungkinkan penggunanya bisa melacaknya secara online, kapan dan dimana saja. Seperti halnya cara cek paket JNT di bawah ini!

Cara Cek Paket JNT

Cara cek paket JNT
Mengecek Paket JNT

Mengecek Paket JNT Secara Online

Cara cek paket JNT secara online bisa dikatakan sebagai cara yang paling praktis yang bisa digunakan oleh pengguna jasa ekspedisi JNT itu sendiri. Bagi Kamu yang baru menggunakan layanan ini, dan penasaran ingin mengecek paket JNT secara online, simak ulasannya di bawah ini :

1. Cek Paket JNT Melalui Website Resmi J&T

JNT telah memberikan kemudahan cara cek paket JNT yang bisa diandalkan oleh para penggunanya. Salah satunya ialah melalui website resmi J&T secara langsung. Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya, seperti pengecekan ongkos kirim secara langsung melalui situs resmi J&T Express.

Pertama-tama Kamu bisa mengunjungi web resmi JNT di https://www.jet.co.id. Jika sudah terbuka, silahkan perhatikan menu pada bagian atas. Selanjutnya Kamu bisa mengklik opsi “Search”. Setelah itu, langsung pilih opsi “Trace & Track”. 

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan, selanjutnya Kamu akan diberikan perintah untuk memasukkan waybill number atau resi pengiriman yang Kamu dapatkan dari penjual/e-commerce yang memakai layanan JNT. Atau bisa juga didapat langsung dari JNT-nya, jika Kamu adalah pengirim paket.

Masukan nomor resi pengiriman di kolom yang telah tersedia, dan klik opsi “Search“. Biasanya nomor resi pengiriman akan diperoleh ketika Kamu mengirimkan paket atau barang, dan terdiri atas beberapa digit. Jadi, jangan sampai lupa menyimpannya ya!

Setelah Kamu mengikuti panduan di atas, maka Kamu akan mendapatkan informasi tentang riwayat pengiriman, kondisi barang, hingga lokasi transit barang yang dikirimkan.

2. Cek Paket JNT Melalui Aplikasi di Ponsel Pintar

Selain pengecekan lewat website resmi J&T Express. Kamu juga dapat menggunakan layanan aplikasi di ponsel pintarmu. Aplikasi tersebut dapat diunduh di Google Play Store, bagi pengguna android maupun melalui App Stre bagi pengguna iPhone atau iOS.

Setelah mengunduhnya, silahkan install aplikasi tersebut di Hpmu dan jika sudah berhasil terpasang, Kamu bisa memilih opsi “Lacak Resi” jika ingin mengecek pengiriman paket JNT. Silahkan masukkan nomor bukti pengiriman/resi di kolom yang telah tersedia.

Nah, terakhir Kamu akan melihat status tracking atau pengiriman barang, termasuk informasi posisi paketmu.

Sebenarnya jika dibandingkan harus mengunjungi website tertentu untuk mengecek paket JNT, lebih mudah lagi menggunakan aplikasi. Karena dalam sekali unduh saja, Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut kapan pun dan dimana pun sesuka hati. Asalkan Kamu memiliki kuota internet untuk bisa mengakses aplikasi ini.

3. Cek Paket JNT Melalui Email Customer Service JNT

Cara cek paket JNT online lainnya ialah dengan menggunakan surel atau surat elektronik, yakni email. Kamu bisa menanyakan posisi pengiriman paketmu sudah sampai dimana, lewat akun email di support@jet.co.id.

Kekurangan cara ini ialah mungkin Kamu akan mendapatkan pesan balasan yang cukup lama, jadi kurang tepat jika dilakukan saat sedang terburu-buru. Hanya saja, bisa diandalkan sebagai alternatif lainnya.

Mengecek Paket JNT Secara Offline

Selain cara cek paket JNT secara online, Kamu juga bisa mengandalkan beberapa cara offline berikut dengan menghubungi customer service atau datang langsung ke konter JNT terdekat. Berikut ulasannya :

1. Cek Paket JNT Dengan Menghubungi Layanan Call Center

Cara cek paket JNT offline yang pertama ialah dengan menelepon langsung layanan call center JNT. Cara ini bisa dijadikan alternatif, asalkan Kamu memiliki pulsa telepon yang cukup untuk menghubungi customer service. Silahkan hubungi nomor call center JNT di 0800-100-1188.

Selanjutnya customer service JNT akan langsung menanyakan maksud dan tujuanmu, Kamu bisa memberitahukan bahwa ingin mengecek lokasi paket pengiriman dengan menyebutkan nomor resi pengiriman dari JNT. Jika sudah, mereka akan langsung memberitahukan lokasi dan posisi paket yang dikirimkan.

2. Cek Paket JNT di Kantor Cabang J&T Express 

Cara cek paket JNT terakhir yang bisa Kamu gunakan ialah dengan langsung mengunjungi cabang atau konter J&T Express.

Silahkan datangi konter J&T Express terdekat dan langsung konfirmasikan tujuanmu untuk mengecek paket dengan memperlihatkan atau menyebutkan nomor resi pengiriman paketmu.

Tunggu sampai mereka mendapatkan informasi tentang keberadaan paket JNT yang Kamu lacak. Selanjutnya mereka akan langsung memberitahukan lokasi paket.

Cara ini sebenarnya sangat mudah, Kamu tidak perlu menghabiskan pulsa ataupun kuota internet untuk mengecek atau melacak paketmu. Hanya saja untuk melakukannya, membutuhkan waktu luang. Jadi, cara ini baru bisa dilakukan bagi Kamu yang rumahnya tidak jauh dari lokasi konter atau kantor cabang J&T Express.

Apa Pentingnya Mengecek Paket JNT?

Mengecek atau melacak keberadaan paket JNT-mu tentu sangat penting, karena Kamu bisa mengontrol tracking pengiriman barang, apakah paket yang Kamu kirimkan langsung diproses pengirimannya oleh pihak JNT ataukah tidak. Sehingga jika paketmu telat sampai, Kamu bisa memberikan keluhan ke pihak JNT perihal keterlambatan paket.

Tidak jarang paket yang kita kirimkan terkadang harus terhambat oleh beberapa hal, salah satunya karena pengiriman overload. Untuk mengantisipasinya dan selalu mengontrol keberadaan paket kiriman, alangkah baiknya untuk mengikuti cara cek paket JNT di atas.

eskipun sejauh ini, JNT selalu mendapatkan testimoni atau review positif dari para penggunanya. Mengingat mereka selalu profesional dan mengutamakan kepuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan kiriman paket dengan cepat. Selain itu, terkait cara cek paket JNT yang Kami tawarkan, silahkan pilih yang paling gampang diakses!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019