Cara Menghapus History OVO

Bagaimana cara menghapus history OVO ?. Seperti yang kita ketahui bersama jika OVO adalah salah satu dompet digital yang saat ini populer di kalangan masyarakat. Keberadaan OVO ini memudahkan kegiatan masyarakat untuk melakukan transaksi keuangan non tunai.

Selain itu jika kamu pengguna layanan Grab tentunya sudah tidak asing lagi dengan e-wallet OVO sebab salah satu metode pembayaran layanan Grab yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan dompet digital OVO ini.

Kamu hanya perlu melakukan top up saldo yang mencukupi sebelum menggunakannya untuk melakukan transaksi. Semua transaksi yang dilakukan di OVO tentunya akan ada history transaksi yang tersimpan.

Dengan history ini akan memudahkan kamu untuk melihat riwayat transaksi, namun kamu juga bisa memilih untuk menghapus history ini. Untuk caranya ikuti penjelasan pada artikel ini.

Apa Itu History OVO ?

Jika kamu pengguna baru e-wallet OVO dan belum familiar dengan istilah history transaksi OVO maka simak penjelasan berikut ini. Sama halnya dengan aplikas dompet digital yang lain setiap transaksi yang kamu lakukan di aplikasi OVO akan tersimpan menjadi sebuah riawayat transaksi.

Dengan riwayat transaksi inilah kamu bisa melihat transaksi apa saja yang pernah kamu lakukan di platform OVO seperti top up saldo OVO, melakukan pembayaran di merchandise OVO dan lain sebagainya.

Dan history transaksi pada platform dompet digital OVO biasanya akan bertahan selama 5-6 bulan sebelum akhirnya hilang secara otomatis.

Apakah History OVO Bisa di Hapus Melalui Aplikasi ?

Yang perlu kamu ketahui sebelum melangkah ke pembahasan mengenai cara menghapus history transaksi di aplikasi OVO adalah mengenai apakah history transaksi yang ada di aplikas OVO bisa dihapus secara langsung melalui aplikasi ?.

Terkait:  Cara Mendapatkan Saldo OVO Gratis

Untuk jawaban dari pertanyaan ini adalah kamu tidak akan bisa menghapus riwayat transaksi secara langsung lewat aplikas OVO karena pihak OVO tidak menyediakan fitur untuk menghapus history atau riwayat transaksi.

Cara Melihat History OVO

Selanjutnya kamu jika kamu pengguna baru OVO, kamu perlu juga mengetahui mengenai langkah-langkah untuk melihat history transaksi OVO apa saja yang pernah kamu lakukan.

Cara untuk melihat riwayat transaksi di aplikasi OVO juga mudah untuk dilakukan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya, simak ! :

  • Pertama-tama buka aplikasi OVO yang sudah ada di handphone milikmu terlebih dahulu.
  • Setelah itu masukan PIN OVO yang sebelumnya sudah kamu buat untuk keamanan akun.
  • Jika sudah untuk melihat riwayat transaksi OVO maka kamu bisa memilih opsi History.
  • Kemudian kamu akan melihat detail riwayat transaksi secara lengkap.
  • Selesai.

Itulah cara melihat riwayat transaksi di aplikasi OVO yang bisa kamu coba dan ikuti.

Cara Menghapus History OVO

Cara Menghapus History OVO
Cara Menghapus History OVO

Untuk pengguna layanan e-wallet OVO tentunya sudah tidak asing lagi dengan history atau riwayat transaksi yang dilakukan melalui layanan dompet digital ini.

Dengan adanya history platform OVO, kamu bisa melihat riwayat transaksi pembayaran yang telah kamu lakukan. Jika kamu ingin melihat history transaksi OVO, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Tokopedia, Grab, dan lain-lain yang telah terhubung dengan akun OVO milikmu.

Namun untuk menghapus history dari OVO sendiri, aplikasi OVO belum menyediakan fitur untuk menghapus history transaksi yang dilakukan oleh penggunannya.

Meskipun begitu semua riwayat transaksi OVO akan secara otomatis terhapus dalam 6 bulan. Akan tetapi ada juga cara yang bisa kamu ikuti supaya riwayat transaksi bisa terhapus dengan cepat.

Terkait:  Cara Bayar Shopee Pakai OVO

Berikut ini beberapa cara menghapus history OVO baik di smartphone Android maupun di iOS. Simak!.

1. Cara Menghapus History OVO di HP Android

Metode pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan penghapusan riwayat transaksi yang telah dilakukan di layanan  dompet digital OVO adalah dengan melakukannya di handphone Android.

Seperti yang kita ketahui jika layanan OVO bisa digunakan di semua jenis smartphone baik itu yang menggunakan sistem operasi Android maupun iOS.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti oleh pengguna HP Android jika ingin menghapus riwayat transaksi tanpa harus menunggu selama 6 bulan. Simak langkah-langkahnya :

  • Langkah pertama adalah buka handphone Android dan masuk ke menu Pengaturan (Settings).
  • Jika sudah kamu bisa scroll dan pilih menu Akun dan Pencadangan.
  • Lalu akan ditampilkan berbagai opsi yang bisa dipilih, sebelum melangkah lebih lanjut sebainya pastikan jika kamu sudah melakukan backup semua data penting yang ada di handphone kamu.
  • Setelah itu kamu bisa lanjut klik opsi Reset.
  • Kemudian langkah berikutnya adalah klik tombol Hapus Semua, dan tunggu hingga proses reset smartphone Android selesai.
  • Lalu pilih Menyalakan Ulang.
  • Selesai, kamu telah berhasil menghapus semua data riwayat transaksi OVO.

Itulah langkah-langkah untuk membersihkan riwayat transaksi pembayaran yang sebelumnya telah di lakukan di aplikasi OVO untuk handphone Android. Cukup mudah bukan ?.

2. Cara Menghapus History OVO di iOS

Selanjutnya jika kamu pengguna iOS dan ingin melakukan penghapusan data history di aplikasi OVO, kamu bisa memilih untuk mengikuti cara kedua ini.

Dengan melakukan langkah-langkah pada metode kedua ini kamu bisa membersihkan riwayat transaksi keuangan yang telah kamu lakukan di perangkat iOS. Simak penjelasan berikut ini :

  • Langkah pertama adalah buka smartphone iOS yaitu iPhone ataupun iPad.
  • Jika sudah kamu bisa mengunjungi menu Pengaturan (Settings).
  • Setelah itu, langkah berikutnya adalah tekan opsi Umum.
  • Lalu akan ditampilkan beberapa opsi yang bisa kamu pilih, untuk menghapus history kamu bisa ketuk opsi Atur Ulang.
  • Berikutnya klik opsi Hapus Konten & Pengaturan.
  • Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah pastikan jika semua data penting sudah kamu cadangkan, hal ini untuk back up data jika semua data penting hilang.
  • Jika sudah maka kamu bisa klik opsi Cadangkan dan Hapus.
  • Lalu kamu akan diminta untuk memasukan kode perangkat, kamu dapat memasukan PIN supaya proses reset ulang perangkat bisa dilakukan.
  • Langkah berikutnya adalah klik tombol Reset Ulang.
  • Selesai. Riwayat transaksi layanan OVO sudah berhasil di hapus.
Terkait:  Cara Mendapatkan OVO Point Gratis

Setelah kamu melakukan langkah-langkah untuk reset ulang smartphone iOS diatas, kamu bisa memeriksa apakah history di akun OVO milikmu sudah benar-benar terhapus atau tidak. Caranya adalah dengan melakukan log in kembali di aplikasi OVO.

3. Cara Menghapus History OVO Dari Server 

Selain kamu bisa membersihkan riwayat transaksi menggunakan perangkat Android ataupun iOS diatas, ada juga cara lain untuk menghapus history OVO yaitu dengan cara melakukan penghapusan melalui server OVO.

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menghubungi pihak OVO, namun cara ketiga ini akan memakan waktu, sebab perlu disetujui oleh pihak OVO. Biasanya akan memakan waktu beberapa hari.

4. Cara Menghapus History OVO Melalui Customer Service

Dan metode terakhir yang dapat kamu lakukan da ikuti jika ingin melakukan penghapus riwayat transaksi pada platform OVO adalah dengan cara menghubungi customer service OVO.

Caranya adalah dengan mengubungi nomor telepon di nomor 1 500 696 ataupun menghubungi melalui email yaitu [email protected] Pada saat kamu menghubungi customer service kamu bisa menyakan tentang penghapusan riwayat transaksi dan syaratnya.

Related posts