Cara Melacak Nomor WhatsApp

  • Whatsapp

WhatsApp selain memiliki fitur percakapan atau chatting yang menarik, ternyata juga bisa digunakan untuk melacak nomor seseorang. Cara melacak nomor WhatsApp sendiri sangat mudah. Hal ini tentunya sangat membantu saat Kamu ingin bertemu teman lama namun tiba-tiba harus tersesat. Selain itu juga bisa mengetahui lokasi temanmu langsung dari aplikasi WhatsApp.

Namun jika temanmu sudah mengirim lokasinya lewat Google Maps di WhatsApp misalnya, Kamu pun tak perlu harus melacak lokasinya lagi. Akan tetapi, jika tidak bisa menghubungi temanmu serta dia tidak membagikan lokasinya, Kamu pun harus melacak nomor WhatsApp temanmu tersebut.

Fungsi Pelacakan Lokasi Orang Melalui Nomor WhatsApp

Cara melacak nomor WhatsApp orang lain tak selalu harus berkaitan dengan hal-hal yang bersifat negatif. Karena ada cukup banyak manfaat positif jika Kamu memakai metode yang satu ini. Misalnya saja, Kamu bertujuan melacak lokasi keberadaan seseorang mellaui WhatsApp, untuk mengurangi rasa khawatir dan cepat. Apalagi saat orang tersebut tak ada kabar sama sekali.

Misalnya saja, Kamu bisa melacak adik atau anak yang pergi tanpa pamit terlebih dahulusambil membawa hp dan seringkali ia mengabaikan chat WhatsAppmu padahal ia sedang online.

Apa Perbedaan Melacak dan Menyadap Nomor WhatsApp?

Apabila dilihat berdasarkan maksud dan tujuannya, melacak lokasi keberadaan seseorang menggunakan WhatsApp di ponsel termasuk hal yang masuk akal dan wajar. Lain halnya dengan menyadap, biasanya sering berhubungan dengan konteks negatif. Apa sih perbedaan menyadap dan melacak? Simak ulasannya berikut ini :

Terkait:  Cara Live Location WA

1. Melacak

Melacak atau biasa dikenal dengan istilah monitoring, biasanya memiliki pengertian mengamati, mengawasi hingga mengecek, khususnya dengan tujuan memantau. Biasanya monitoring tidak memiliki tujuan atau intensi yang merugikan seseorang. Jadi lebih kepada sebuah bentuk langkah preventif dalam mengawasi dan melindungi seseorang terhadap ancaman. Jika dilihat berdasarkan konteksinya, sudah jelas jika mengetahui lokasi WA sebaiknya masuk pada kategori melacak atau monitoring dan bukan menyadap.

2. Menyadap

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, menyadap artinya merekam atau mendengarkan informasi berbentuk pembicaraan atau rahasia orang lain dan dengan dilakukan dengan sengaja. Biasanya tanpa sepengetahuan dari oang tersebut. Biasanya menyadap dilakukan guna memperoleh informasi pribadi seseorang dengan sembunyi-sembunyi dan bukan sepengetahuan maupun sepersetujuan dari orang tersebut. Berbeda dengan melacak, menyadap biasanya memliki tujuan negatif sehingga bisa menyebabkan permasalahan hukum bersama orang lain.

Cara Melacak Nomor WhatsApp

Cara Melacak Nomor WhatsApp
Tutorial Melacak Nomor WhatsApp

Melacak Nomor WhatsApp

Dalam cara melacak nomor WhatsApp sendiri memang cukup bervariasi, Kamu tinggal memilih mana cara yang paling tepat yang benar-benar bekerja untuk menemukan lokasi nomor WhatsApp seseorang. Berikut ulasannya :

1. Tutorial Melacak Nomor WhatsApp di WhatsApp Web

Kamu bisa memakai aplikasi WA Web untuk melacak posisi seseorang lewat nomor hp yang dipakai. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka WA web di komputer atau PC.
  • Kemudian ajak seseorang sebagai targetmu untuk saling berkirim pesan.
  • Jika sudah mengakses chat terakhirnya, silahkan tekan bersamaan Ctrl+Alt+del untuk bisa mengakses Task Manager.
  • Lalu tekan secara bersamaan tombol  Windows+R, setelah muncul Task Manager.
  • Kemudian ketik CMD lalu tekan enter.
  • Saat Kamu melihat command prompt, selanjutnya ketik “netstat” lalu tekan enter.
  • Silahkan catat IP Address yang dicantumkan di command prompt.
  • Selanjutnya, tracking lokasi orang yang telah menjadi targetmu dengan mengakses situs https://www.ip-address.com/ip_tracer/ lalu inputkan IP Address yang telah didapatkan.
Terkait:  Cara Mengembalikan File Whatsapp yang Terhapus

2. Tutorial Melacak Nomor WhatsApp Memakai Google Maps

Cara melacak nomor WhatsApp lainnya ialah dengan memanfaatkan Google Maps. Metode pelacakan ini sebenarnya legal sebab targetmu harus mengetahui dan menyetujui untuk membagikan lokasi nomor hp ke Kamu. Adpaun caranya sebagai berikut :

  • Silahkan download Google Maps versi terbaru di ponselmu.
  • Kemudian instal dan jalankan Google Maps.
  • Silahkan tekan ikon garis tiga di pojok kanan bagian atas.
  • Lalu pilih cari dan ketuk Share Location untuk berbagi lokasi.
  • Selanjutnya tekan “Mulai”.
  • Terdapat 2 pilihan pembagian waktu, yaitu  jam serta tak terhingga. Pilihan tak terhingga bisa samapi Kamu menonaktifkan fitur ini. Kemudian pilih “Hingga Dinonaktifkan”.
  • Tekan opsi share-nya pada WhatsApp.
  • Kemudian cari nomor WhatsApp yang akan Kamu bagikan lokasi.
  • Kamu tinggal mengirimkan link kepada nomor hp tersebut.

3. Tutorial Melacak Nomor WhatsApp via HLR Lookup

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi HLR Lookup. Dengan HLR Lookup, Kamu dapat melacak HLR yang memberitahukan tentang lokasi dan provider pelanggan. Metode yang satu ini dapat Kamu gunakan ketika Kamu menerima pesan penipuan lewat WhatsApp. Kemudian Kmau ingin mengecek dimana lokasi keberadaan si pelaku penipuan tersebut.

Kamu bisa mengetahui lokasi keberadaan seseorang melalui WhatsApp di perangkat hp tanpa diketahui.

  • Silahkan unduh dan pasang HLR Lookup Apps. Lalu buka HLR Lookup, kemudian cukup inputkan nomor hp si penipu di WhatsApp tersebut yang akan Kamu lacak lokasinya. Setelah itu, tinggal klik “Send”.
  • Setelah itu, tunggu beberapa lama hingga Kamu diberitahu tentang layanan provider, kode area, wilayah, negara dan kota nomor tersebut. Selai itu, Kamu juga dapat berbagi informasi dengan cara mengetuk ikon “Share” pada bagian bawah.

Pilihan pelacakan nomor WhatsApp ini memang tidka begitu akurat dan tak akan memberikan lokasi yang pasti pada orang yang akan dilacak. Tapi setidaknya, Kamu telah memperkirakan pelaku tersebut berasal. Khususnya informasi lokasi nomor hp atau WhatsApp tersebut didaftarkan.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Whatsapp

Melacak WhatsApp Melalui Hp Dengan Aplikasi

Supaya Kamu dapat melacak lokasi nomor WhatsApp melalui hp, Kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi pelacak WhatsApp. Untuk lebih jelasnya, simak aplikasi pelacak hp berikut ini :

1. TruthSpy

TruthSpy merupakan aplikasi yang direkomendasikan untuk melacak nomor WA. Aplikasi yang satu ini selain untuk melacak lokasi, Kamu juga bisa meretas seluruh pesan, panggilan dan lainnya. Jika ingin memakai aplikasi Truthspy, Kamu perlu menginstanya di hp-mu sendiri maupun di hp saudara, keluarga atau temanmu. Namun ingat, Kamu harus menyembunyikan aplikasi tersebut sesudah menginstalnya di ponsel orang lain. Tujuannya agar ia tidak tahu jika Kamu sedang memata-matainya.

2. GPS Phone And Locate Any Phone

Aplikasi pelacak lokasi pengguna WA selanjutnya ialah dengan GPS Phone and Locate Any Phone. Kamu bisa mengakses bantuan aplikasi ini untuk melakukan pelacakan nomor hp orang tanpa diketahui.

3. Fone Tracker

Fone Tracker adalah aplikasi pelacak nomor WhatsApp orang yang banyak diminati. Dimana sebagian orang, khususnya orang tua memakai aplikasi FoneTracker untuk melacak anak mereka. Fonetracker tersedia secara gratis.

Caranya Kamu tinggal membuka App Store atau Play Store. Lalu cari aplikasi Fone Tracker lalu unduh aplikasinya. Selanjutnya, hpmu akan menginstalnya secara otomatis. Lalu, Kamu tinggal log in. Apabila Kamu belum mempunyai akun di aplikasi ini, Kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Silahkan lakukan pengisian data. Setelah selesai, Kamu bisa memakai aplikasi Fone Tracker saat ini.

Itulah sejumlah cara melacak nomor WhatsApp yang bisa Kamu lakukan untuk mengetahui keberadaan lokasi seseorang di WhatsApp. Semoga bermanfaat!

Related posts