Cara Melacak Lokasi No hp secara detail

Cara melacak lokasi no hp secara detail saat ini menjadi lebih mudah dilakukan mengingat perkembangan teknologi digital yang ada saat ini. Saat Kamu sedang mencari-cari saudara atau teman yang sulit dihuungi, kini Kamu tak perlu repot lagi sebab Kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi digital untuk melacaknya. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Cara Melacak Lokasi No Hp Secara Detail

Cara Melacak Lokasi No Hp Secara Detail
Tutorial Melacak Lokasi No Hp Secara Detail

Melacak Lokasi Nomor Hp Secara Detail

Jika Kamu ingin menemukan lokasi nomor

hp seseorang, ada beberapa cara melacak lokasi no hp secara detail yang bisa kamu coba berikut ini :

1. Tutorial Melacak Lokasi No Hp Secara Detail Dengan HLR Lookup

Cara melacka lokasi no hp secara detail yang pertama ialah melalui  HLR Lookup. Dimana HRL Lookup itu sendiri ialah sebuah metode pelacakan lokasi melalui nomor hp paling mudah dan sering digunakan serta dibahas di beberapa website yang ada di internet.

Adapun cara kerja metode ini ialah dengan cara mendeteksi dan memeriksa nomor area nomor hp itu sendiri. Sehingga lokasi tempat keberadaan nomor hp tersebut dibuat dapat diketahui.

Berikut ini langkah-langkah cara melacak lokasi no hp secara detail menggunakanHLR Lookup :

  • Langkah pertama, Kamu bisa membuka web pencarian untuk kode HLR. Kmau bisa mengunjungi website HLR Indonesia seperti di www.ceebydith.com/cek-hlr-lokasi-hp.html.
  • Jika Kamu sudah masuk ke website tersebut, selanjutnya Kamu akan menemukan kolom pencarian. Tinggal masukkan saja nomor ponsel yang ingin dilacak di kolom pencarian tersebut.
  • Ketuk “Cari” dan Kamu pun akan mendapatkan informasi HLR nomor tersebut.

Namun sayangnya, mengingat cara kerjanya mendeteksi nomor wilayah atau area saja, jadi metode ini memang tidak bisa menampilkan lokasi terbaru. Sehingga metode yang satu ini tak akan cocok jika dipakai untuk mencari ponsel yang hilang. Tetapi bisa saja berguna untuk melacak area “nomor iseng” contohnya.

2.Tutorial Melacak Lokasi No Hp Secara Detail via Aplikasi Lacak No Hp

Untuk pengguna android, cara melacak lokasi no hp secara detail yang bisa Kmau lakukan ialah dengan memakai aplikasi lacak nomor hp dan Kamu bisa mendapatkannya via Google Play. Selain itu, untuk mendownload aplikasinya juga bisa dilakukan secara gratis. Pasalnya fitur yang terdapat pada aplikasi ini memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk melakukan tracking dengan akurat dan cepat.

Adapun sumber tracking dari aplikasi pelacakan nomor hp itu sendiri dengan menggunakna navigasi di GPS melalui informasi berbentuk data visual atau peta. Biasanya aplikasi tracking yang sudah terpasang di ponsel androidmu  bisa digunakan secara langsung untuk melacak. Caranya dengan memasukkan nomor ponsel target pelacakan.

Sebaiknya pastikan ponsel androidmu telah terhubung pada jaringan internet supaya pelacakan bisa bekerja otomatis. Tida hanya itu saja, aplikasi pelacakan ini juga termasuk hasil karya dari pengembang yang ada di dalam negeri. Sehingga, sebagai pengguna aplikasi ini akan lebih dimudahkan untuk layanan bahasa yang tersedia.

3. Tutorial Melacak Lokasi No Hp Secara Detail via Truecaller Apk

Kamu juga bisa mencoba cara melacak lokasi no hp secara detail dengan aplikasi Truecaller. Aplikasi ini memiliki fitur tracking yang akan memberikan detail tentang informasi pelacakan seseorang melalui nomor target dengan akurat. Sebab mekanisme sistem kerjanya biasanya dibantu Google Maps sebagai aplikasi yang telah terintegrasi pada aplikasi ini.

Agar Kamu bisa memakai Truecaller Apk untuk alat untuk membantu pelacakan lokasi nomor hp, maka Kamu dapat menyimak panduan di bawah ini :

  • Pertama-tama, silahkan download aplikasi Truecaller dari Play Store dan install di perangkat androidmu.
  • Silahkan jalankan aplikasi lalu login lebih dahulu dan lakukan registrasi dengan cara memasukkan nomor hp yang digunakan.
  • Setelah berhasil melakukan registrasi, Kamu bisa masuk ke akun Truecaller yang dibuat sebelumnya. Selanjutnya aplikasi akan memperlihatkan laman login apk yang perlu diisi oleh nomor hp target yang dilacak.
  • Sesudha itu, aplikasi secara otomatis akan bekerja dengan cara melacak nomor ponsel secara detail. Selanjutnya akan memperlihatkan hasilnya pada layar hp android.

4. Tutorial Melacak Lokasi No Hp Secara Detail via Google Maps

Kamu juga bisa coba cara melacak lokasi no hp secara detail via Google Maps. Google Maps adalah aplikasi untuk penunjuk arah saat melakukan perjalanan. Selain itu, Kamu juga dapat memanfaatkannya guna mempermudahmu melakukan pelacakan lokasi nomor ponsel. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Karena biasanya sudah terpasang secara default, jadi kita tidak akan mengunduh dan menginstalnya kembali. Anggap saja aplikasi ini memang sudah ada di ponselmu.
  • Setelah itu, buka Google Maps memakai koneksi internet.
  • Baru kemudian tekan “Options”.
  • Jika sudah, pilih “Friend List” dan tekan “Add Friends”.
  • Silahkan invite nomor ponsel orang yang akan Kamu lacak lokasinya.
  • Lalu tekan “Friend List” untuk dilacak.
  • Maka secara otomatis, Google Maps pun akan melacak lokasi seseorang atau teman yang dilacak.

5. Tutorial Melacak Lokasi No Hp Secara Detail via Google Latitude

Di samping Google Maps, aplikasi Google yang dapat digunakan untuk melacak informasi lokasi nomor ponsel orang lain ialah dengan Google Latitude. Jika Google Maps adalah alat bantu petunjuk jalan, maka Latitude dapat dipakai untuk membantu pelacakan keberadaan/lokasi orang lewat nomor hp. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, tentu saja hp Kamu harus mempunyai fitur GPS terlebih dahulu. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Download dan install Google Latitude via Google Play Store, atau bisa juga di web http://google.com/latitude.
  • Sesudah terinstall, Kamu bisa membuka Google Latitude dan ketuk “Menu” dan pilih “Latitude”.
  • Setelah itu, silahkan tambahkan temanmu caranya pilih “Add Friends” kemudian inputkan akun email dari orang yang akan dilacak.
  • Ketuk “Latitude” dan tekan profil teman.
  • Silahkan tunggu selama beberapa detik sampai proses selesai, Kamu pun dapat mengetahui posisi keberadaan temanmu.

6. Tutorial Melacak Lokasi No Hp Secara Detail via WhatsApp

Jika ingin mengecek lokasi teman atau keluargamu, maka cara termudah ialah memanfaatkan opsi Live Location di WhatsApp. Sebenarnya cara melacak no hp secara detail sendiri sangat mudah dan ampuh dalam mengetahui posisinya. Asalkan orang tersebut ingin membagi lokasinya. Adapun langkah-langkahnya ialah berikut ini :

  • Silahkan buka Whatsapp di perangkat hpmu.
  • Ketuk ikon paperclip dan tekan location.
  • Pilih opsi “Share location”.
  • Apabila orang tersebut telah mengirim lokasinya, maka Kamu tinggal klik link dari lokasi yang sudha dikirimkan. Selanjutnya Kamu akan melihat lokasinya.

7. Tutorial Melacak Lokasi No Hp Secara Detail via Layanan Operator

Di tanah air ada berbagai macam pilihan layanan operator seluler. Baik itu XL, Telkomsel, Indosat, Axis dan lain sebagainya. Selain itu, ternyata kita bisa melacak lokasi no hp seseorang melalui provider operator. Untuk mencobanya, ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan berikut :

Bagi yang memiliki provider XL, Kamu bisa melakukan panggilan ke  *123#*573# di ponselmu. Baru selanjutnya pilih “Layanan Lacak” dan aktifkan. Sesudah itu, Kamu bisa membuka SMS dan ketik di kolom pesan “CARI(spasi) nomor ponsel yang dilacak dan kirim ke nomor 9544. Selanjutnya tunggu sampai operator mengirimkan pesan balasan.

Untuk pengguna Indosat, Kamu tinggal melakukan SMS dengan format ketik LACAK (spasi) nomor ponsel yang diinginkan dan kirim ke nomor 911.

Sementara untuk pengguna Telkomsel, Kamu tingal mengunjungi http://lbs.telkomsel.com/telkomselfinder.web.

Nah, itulah 6 pilihan cara melacak lokasi no hp secara detail yang bisa kamu coba. Kamu bisa memilih mana cara yang paling untuk diikuti!

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019